home -> Lainnya -> 10 Cara Menikmati Hidup Meski Tanpa Pasangan
29 Juni 2022 10:55

10 Cara Menikmati Hidup Meski Tanpa Pasangan

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada June 21, 2022

Tentu kalian pernah mendengar bahwa hidup dengan pasangan akan indah, jadi ada yang menemani dan menyemangati. Mendengar ini, mereka yang single, jomblo, atau tidak punya tentu akan merasa ada beban dalam hidupnya. Mereka jadi ingin cepat-cepat mencari pasangan agar tidak sendirian dan merasa sedih. Tapi mencari pasangan terlalu cepat juga bukan hal yang baik karena bisa saja salah plilih pasangan dan hubungan yang dijalani malah tidak sehat. Dan lagi, siapa bilang bahwa hidup tanpa pasangan atau jomblo itu tidak bahagia? Tetap ada mereka yang single tapi bahagia menjalani hidup. Bagi kalian yang single tapi bingung bagaimana agar tetap bisa tegar dalam menjalani hidup, ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

10. Latihan Mencintai Diri Sendiri

love yourself

Tidak punya seseorang yang bisa dicintai? Apa kamu yakin dengan ucapan tersebut? Kalau memang tidak punya pasangan, bukan berarti tidak ada orang yang tak bisa dicintai. Kamu bisa kok mencintai diri sendiri. Istilah yang sering digunakan atau populernya adalah self love atau mencintai diri sendiri. Bisa loh kamu memberikan cinta yang banyak pada diri sendiri.

Bagaimana caranya? Caranya ada banyak. Kamu bisa memberikan apresiasi pada setiap hal yang sudah kamu lakukan. Merawat diri juga merupakan salah satu bentuk dari mencintai diri sendiri. Ini harus dilakukan karena semua orang pantas dicintai. Kalau tidak ada orang yang mencintai mu, diri mu lah yang harus mencintai diri sendiri.

9. Meningkatkan Apa Yang Menjadi Kekurangan

improving yourself

Manusia pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Apa yang menjadi kelebihan harus tetap dilatih dan ditingkatkan, sedangkan kelemahan harus diupayakan sebagaimana mungkin agar kelemahan itu bisa menghilang atau bahkan bisa menjadi kelebihan. Tinggal bagaimana cara kalian mengakui dan melakukan sesuatu dengan kelemahan itu.

Dengan hidup sendiri tanpa pasangan, berarti ada waktu luang yang bisa diisi. Kalian bisa gunakan waktu luang ini untuk introspeksi diri. Kalau ada kelemahan, apa yang harus dilakukan untuk menghilangkan kelemahan tersebut. Inilah momen yang harus kalian lakukan di saat sendiri dan ada waktu lebih. Dengan membuat kekurangan menjadi kelebihan, kalian akan menjadi individu yang baru dan berbeda.

8. Single Berarti Finansial Lebih Aman

financial stable

Menjalani hubungan asmara dengan kekasih tidak hanya membutuhkan waktu tapi juga uang. Kencan, makan, minum, jalan-jalan, memberikan hadiah, bahkan membeli kuota internet untuk chatting bersama dia juga membutuhkan uang. Dengan tidak memiliki pasangan, tentu tak ada pengeluaran.

Karena tidak ada pengeluaran untuk pasangan, jadi ada uang lebih untuk ditabung. Yang tadinya finansial agar terganggu, karena masih sendiri membuat kondisi finansial lebih baik. Ada kesempatan untuk menabung. Gunakan kesempatan ini untuk mengumpulkan uang demi menghadapi entah apa di ke depannya yang mungkin membutuhkan uang.

7. Luangkan Waktu Untuk Keluarga

family

Tidak punya pasangan bukanlah mimpi buruk. Tidak ada alasan untuk bersedih dengan status single karena ada orang yang masih perduli dengan kita. Contohnya adalah keluarga. Keluarga yang normal pastinya akan perduli dengan anggota keluarganya. Tidak akan membiatkan ada anggota keluarga yang sedih.

Daripada memikirkan kenapa masih sendiri, manfaatkan waktu sendiri ini untuk menghabiskannya bersama dengan keluarga. Contoh simple seperti melakukan makan bersama atau kumpul di ruang keluarga dan berbincang-bincang bisa kalian lakukan. Bahagiakan keluarga sendiri selama mereka hidup daripada menyesal di kemudian hari.

6. Fokus Kerja

focus work

Terkadang punya waktu 24 jam dalam sehari itu terasa tidak cukup. Apalagi bagi mereka yang super sibuk. Waktu harus dibagi untuk keluarga, me time, hobi, kerja, dan pasangan jika kalian punya. Kalian yang masih sendiri masih ada kemungkinan untuk tidak stres karena tidak punya waktu yang cukup karena kalian tidak perlu meluangkan waktu untuk pasangan.

Tidak punya pasangan berarti kalian ada waktu kosong atau nganggur. Daripada dibiarkan kosong tak berguna, kenapa tidak digunakan untuk melakukan hal yang berguna. Misalnya seperti bekerja. Kalian bisa fokus untuk mengejar karir yang diimpikan. Fokus dan nikmati saja perjalanan karir kalian, mungkin saja nanti kalian bisa bertemu jodoh nantinya.

5. Mencoba Hal Baru

try something new

Jika ada hal yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu ketika status masih single, hal tersebut adalah mencoba hal baru. Ada banyak hal menarik dalam hidup yang bisa dicoba dan selama masih hidup, kita bisa mencobanya. Jika masih ada pacar, belum tentu pacar kalian akan memperbolehkan untuk mencoba melakukan yang kita penasaran.

Selama masih sendiri, ini adalah salah satu kesempatan emas untuk mencoba hal yang baru. Selain bisa menjadi latihan, siapa tahu saja kalian malah menemukan sesuatu yang baru yang bisa dijadikan kesukaan. Bisa juga memberikan kalian kemampuan baru yang mungkin bisa berguna di masa depan nanti.

4. Buat Rencana

make a plan

Tidak semua hal harus dilakukan bersama pasangan, justru ada banyak hal yang bisa dilakukan sendiri dan tentunya tak kalah seru dan lebih bebas. Yang diperlukan adalah dengan membuat rencana mengenai apa-apa saja yang mau dilakukan. Kamu mau belanja, olahraga, jalan-jalan, atau liburan ke luar negeri?

Mau pilih kegiatan apa saja, kalian buat saja rencana yang matang untuk membuat kegiatan kalian bisa dilakukan dengan lancar. Mau butuh pendamping juga bisa direncanakan. Mau mengajak teman atau keluarga, tinggal kalian cocokan saja jadwal yang sesuai. Kalau perlu cuti dari kantor, manfaatkan saja waktu cuti tersebut.

3. Berkumpul Dengan Teman

Sebenarnya meski kalian tidak punya pacar bukan berarti kalian tidak bisa bersenang-senang. Selain bisa bersenang-senang sendiri, kenapa tidak mengajak teman untuk ikut bersenang-senang. Daripada stres dan galau sendiri, lebih baik habiskan waktu bersama teman dekat. Lakukan kegiatan menyenangkan bersama.

Hubungi satu per satu teman yang kalian punya dan rencanakan untuk melakukan sesuatu. Bisa jalan-jalan, shopping, liburan bersama, atau hal lain yang tak kalah seru. Selain bersenang-senang bersama, teman juga bisa menjadi penyemangat di saat kita bersedih. Jadi bukan cuma pacar saja yang bisa menghibur kita tapi teman juga bisa.

2. Beli Sesuatu Yang Bisa Membuat Bahagia

shop alone

Jomblo bukan berarti tidak bisa menikmati hidup. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat bahagia dan kalian harus melakukannya. Kenapa? Karena di saat sedih, kita tidak punya orang lain untuk menghibur, jadi kita sendiri yang harus menghibur diri sendiri. Jika kalian suka belanja, maka lakukan saja.

Belanja lah barang yang memang bisa membuat kalian bahagia. Tentu tetap harus ada kontrol diri agar tidak banyak uang yang terbuang sia-sia. Belanja sendiri lagi pula adalah hal yang menyenangkan. Biasanya bersama pasangan akan dikontrol mana barang yang boleh atau dibeli, karena kita sendiri, kita bebas membeli apa yang kita suka.

1. Hiatus Dari Sosial Media

social media hiatus

Sosial media bisa memberikan manfaat dan juga memberikan efek negatif. Manfaat positifnya bisa membuat kita terhubung dengan mereka yang jauh, tapi di sisi lain juga bisa membuat kita iri. Apalagi jika di saat kita sedang sendiri lalu melihat ada quotes tentang cinta dan foto teman kita bersama kekasihnya.

Supaya tidak terpengaruh dengan postingan dari teman tentang betapa romantisnya hubungan mereka, lebih baik singkirkan sosial media. Kalau tidak ada urusan penting, lebih baik lakukan detoks sosial media atau hiatus dari sosial media. Kecuali mereka yang pekerjaannya berhubungan dengan sosial media akan sulit menutup diri dari sosial media. Tapi bisa diakali dengan tidak perlu melihat postingan orang.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas