home -> Lainnya -> 10 Pemilik Klub Sepakbola Terkaya Di Dunia 2022
03 Oktober 2022 21:20

10 Pemilik Klub Sepakbola Terkaya Di Dunia 2022

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada June 13, 2022

Sepakbola sekarang bukan cuma berbicara soal olahraga saja tapi sudah masuk ke ranah bisnis. Dan di balik nama besar klub sepakbola, ada yang namanya owner club atau pemilik klub. Pemilik klub ini bisa terdiri dari satu orang atau bahkan lebih. Sekarang ada istilah konsorsium yang artinya kumpulan dari beberapa pengusaha yang mengelola suatu usaha, dalam hal ini adalah klub sepakbola. Pemilik klub ini menggelontorkan sejumlah uang untuk membangun timnya dan jika timnya sukses, si pemilik ini bisa mendapatkan untung. Ada 10 pemilik klub yang memiliki kekayaan luar biasa besar. Dengan uang sebanyak ini tentu saja seharusnya bisa memudahkan mereka untuk membangun tim seperti yang mereka mau. Siapa saja mereka?

10. Nasser Al-Khelaifi, Paris Saint-Germain - 8 Miliar USD

Nasser Al-Khelaifi

Berbicara mengenai klub kaya, Paris Saint-Germain sudah pasti akan masuk dalam daftar ini. Klub raksasa di Perancis ini dimiliki oleh Qatar Sports Investments. QSI adalah organisasi shareholding yang didirikan pada 2005 dan bermarkas di Doha, Qatar. QSI ini dipimpin oleh seorang pria bernama Nasser Al-Khelaifi.

Qatar Sports Investments ini membeli PSG di tahun 2011. Secara otomatis Nasser Al-Khelaifi menjadi bos dari PSG. Dengan kekayaan yang begitu banyak, Nasser Al-Khelaifi merekrut sejumlah pemain bintang untuk menciptakan sebuah tim yang bisa menjuara Ligue 1 dan sekarang ini sedang mengincar UEFA Champions League. Beberapa pemain bintang yang kini menghuni PSG antara lain Kylian Mbappe, Lionel Messi, dan Neymar.

9. Stan Kroenke, Arsenal - 9 Miliar USD

Stan Kroenke

Ada banyak pebisnis Amerika Serikat yang melebarkan sayap bisnisnya ke sampai ke Inggris. Dan Stan Kroenke adalah salah satunya. Ia melebarkan bisnisnya ke Inggris dengan membeli Arsenal. Ia membeli Arsenal pada April 2007. Pertama kali membeli, ia hanya memiliki saham sebesar 30%. Baru di April 2011 ia memegang saham sebesar 62,89%.

Dengan saham sebesar itu jelas saja ia yang jadi menguasai Arsenal. Kekayaannya diperkirakan mencapai 9 miliar USD. Selain Arsenal, Stan Kroenke juga memiliki klub olahraga lain seperti Los Angeles Rams, Denver Nuggets, Colorado Avalanche, Colorado Rapids, Colorado Mammoth, dan masih banyak lagi. Semua klub ini menjadi penyumbang kekayaan untuk Kroenke.

8. Philip Anschutz, LA Galaxy - 10,9 Miliar USD

Philip Anschutz

Berbicara soal sepakbola, memang benar bahwa sepakbola di Amerika tidak begitu populer jika dibandingkan dengan Inggris, Spanyol, Italia, dan Jerman. Tapi ada satu klub yang menarik untuk dibahas yakni Los Angeles Galaxy. Klub sepakbola ini berlokasi di Los Angeles dan dimiliki oleh The Anshutz Entertainment Group.

AEG ini adalah perusahaan hiburan musik dan olahraga di Amerika. Pendirinya adalah Philip Anschutz. LA Galaxy bukan menjadi satu-satunya sumber uang Philip Anschutz. Pria kaya asal Amerika ini juga memiliki investasi lain di Chicago Fire dan Metro Star. Kekayaannya diperkirakan mencapai 10,9 miliar USD.

7. Ricardo Salinas Pliego, Mazatlan Football Club Mexico - 15,7 Miliar USD

Ricardo Salinas Pliego

Jika Major League Soccer di Amerika saja tidak begitu dilirik oleh banyak orang, coba bayangkan dengan liga sepakbola di Meksiko. Jelas akan semakin dikucilkan karena memang liga di Meksiko tidak begitu menarik. Meski demikian, tetap tidak bisa menutup mata ketika tahu bahwa ada klub yang bermain di MX League yang pemiliknya memiliki banyak uang.

Klub tersebut adalah Mazatlan FC, sebuah klub sepakbola yang bermain di liga teratas di Meksiko. Pemiliknya adalah Grupo salinas yang merupakan perusahaan konglomerat yang terdiri dari berbagai grup. Yang menjadi area bisnis Grupo Salinas adalah TV Azteca, Grupo Elektra, Telecosmo, dan Italia. Chairman dari Grupo Salinas bernama Ricardo Salinas.

6. Dietmar Hopp, TSG 1899 Hoffenheim - 13 Miliar USD

Dietmar Hopp

Logikanya, ketika sebuah klub memiliki pemilik yang banyak uang, seharusnya klub tersebut bisa sukses. Si pemilik dengan uangnya bisa membangun tim dengan orang-orang yang kompeten mulai dari pengurus, manajer, sampai pemain. Tapi ini tidak terjadi dengan TSG 1899 Hoffenheim. Pemiliknya memang kaya, tapi klubnya tidak begitu berprestasi.

Padahal pemilik Hoffenheim yaitu Dietmar Hopp, memiliki kekayaan sebesar 13 miliar USD tapi Hoffenheim prestasinya sangat minim. Latar belakang dari Dietmar Hopp adalah seorang software engineer dan pebisnis. Dietmar Hopp menguasai Hoffeinheim dengan total saham yang dimiliki sebesar 96%.

5. Andrea Agnelli, Juventus - 19,2 Miliar USD

Andrea Agnelli

Berbicara soal Juventus ini memang menarik. Pemiliknya padahal memiliki uang yang banyak. Bisa-bisa saja jika mau membeli pemain bintang yang mahal dan tentunya masih muda. Tapi yang dilakukan malah sebaliknya. Juventus lebih sering mendatangkan pemain yang kebintangannya sudah mulai menurun akibat usia yang sudah tua.

Mungkin strategi bisnis seperti ini yang membuat sang pemilik Juventus bisa kaya. Juventus dikelola oleh Andrea Agnelis dan keluarga. Andrea Agnellli adalah seorang pebinis asal Italia yang kaya raya. Ia pernah ditunjuk sebagai UEFA Executive Committee di tahun 2015. Andrea Agnelli juga memiliki bisnis di bidang otomotif seperti Fiat, Alfa Romeo, dan Ferrari.

4. Dietrich Mateschitz, Red Bull Salzburg, New York Red Bulls, RB Leipzig - 27 Miliar USD

Dietrich Mateschitz

Penggemar minuman energi tentu sudah tak asing lagi dengan minuman Krating Daen dan Red Bull. Kedua minuman ini memiliki lambang yang sama yaitu banteng merah tapi bukan berarti mereka berasal dari satu perusahaan. Kalau Krating Daeng adalah minuman energi dari Thailand, Red Bull berasal dari Austria.

CEO dari Red Bull adalah seorang miliarder kaya dari Austria bernama Dietrich Mateschitz. Dietrich Mateschitz memiliki tidak hanya satu klub sepakbola tapi tiga klub yang ia punya. Klub sepakbola yang ia miliki memiliki nama Red Bull seperti Red Bull Salzburg, New York Red Bulls, dan RB Leipzig. Total kekayaannya ditaksir mencapai 27 miliar USD.

3. Sheikh Mansour, Manchester City - 30 Miliar USD

sheikh mansour

Kesuksesan Manchester City sekarang ini bisa dibilang adalah andil besar dari sosok Mansour bin Zayed bin Sultan bin Zayed bin Khalifa Al Nahyan atau yang lebih dikenal dengan nama Sheikh Mansour. Sheikh Mansour membeli Manchester City di tahun 2008 dan membuatnya menjadi pemilik klub sepakbola terkaya di Inggris pada saat itu.

Orang kaya asal Arab ini adalah seorang politikus dan deputy prime minister dari United Arab Emirates. Dia salah satu anggota keluarga dari keluarga yang menguasai Abu Dhabi. Sheikh Mansour melakukan investasi besar-besaran pada klub yang ia beli tersebut. Manchester City bisa merekrut Pep Guardiola dan baru-baru saja membeli striker baru, Erling Haaland dengan harga 51 juta Pounds.

2. Francois Henri Pinault, Stade Rennais F.C. - 48,5 Miliar USD

Francois Henri Pinault

Ternyata suami dari aktris Salma Hayek bukanlah pria sembarangan. Salma Hayek menikah dengan seorang pebisnis kaya asal Perancis bernama Francois Pinault. Pinault adalah pendiri grup Kering dan Artemis. Pinault mengawali bisnisnya di bidang kayu di awal tahun 1960an. Di tahun 1988, perusahaannya berganti fokus ke retail bisnis dan mengganti nama jadi PPR.

Ternyata Francois Pinault ada memiliki klub sepakbola. Klub sepakbola miliknya bernama Stade Rennais, bermain di Ligue 1 Perancis. Kekayaannya jika dibandingkan dengan pemilik PSG masih lebih menang Pinault. Tapi sayangnya klub Stade Rennais tidak sementereng PSG dan tidak mampu bersaing untuk menjuarai Ligue 1.

1. Saudi Arabia Public Investment Fund, Newcastle United - 396 Miliar USD

Saudi Arabia Public Investment Fund

Manchester City, pemilik, dan fansnya tidak bisa sombong lagi karena gelar pemilik terkaya Inggris bukan lagi jadi milik mereka. Adalah Saudi Arabia Public Investment Fund yang resmi mengakuisisi klub Newcastle United di tahun 2021. Sungguh luar biasa, Public Investment Fund ini membeli Newcastle United senilai 409 miliar USD.

Public Investment Funds merupakan yayasan kekayaan asal Arab Saudi. Yang menjadi pemiliknya adalah Pangeran Arab Saudi, Muhammed bin Salman. Bersifat konsorsium, Saudia Arabia Public Investment Fund resmi membeli Newcastle United pada 7 Oktober 2021 dari Mike Ashley. Diketahui bahwa Mike Ashley menguasai Newcastle United selama 14 tahun dan tidak begitu disukai oleh fans fanatik Newcastle. Kepindahan pemilik ini sangat dirayakan oleh fans Newcastle.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas