home -> Lainnya -> 10 Orang Sukses Yang Tidak Pernah Lulus Kuliah
03 Oktober 2022 22:02

10 Orang Sukses Yang Tidak Pernah Lulus Kuliah

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada June 08, 2022

Berbicara soal kesuksesan, ada banyak orang di dunia ini yang sangat sukses. Perusahaannya memiliki cakupan yang luas, karyawan banyak, kantornya ada di banyak negara, dan lain sebagainya. Melihat suksesnya orang-orang ini membuat banyak orang berpikir, pendidikan seperti apa yang mereka dapatkan selama sekolah? Atau mungkinkah mereka semua lulus kuliah atau tidak? Ternyata, ada banyak orang sukses yang berhasil bisa seperti sekarang meski tidak lulus kuliah. Bukan berarti kalian sekarang berpikir untuk berhenti kuliah dan beralih profesi begitu saja. Tentu perjalanan hidup orang lain belum tentu sama dengan kita. Tapi bisa menjadi gambaran kasar bahwa memang ada orang yang sukses meski tanpa lulus dari universitas.

10. Richard Branson

richard branson

Ketika punya cita-cita, bekerja keraslah untuk bisa mencapai cita-cita tersebut. Pelajaran ini yang bisa didapat dari sosok Richard Branson. Di saat masih kecil, Richard Branson memiliki cita-cita untuk menjadi pebisnis sukses. Dia berhasil melakukannya dengan sekarang ia berhasil menjadi salah satu orang terkaya dunia dengan kekayaan mencapai 5,3 miliar USD.

Sir Richard Charles Nicholas Branson adalah orang sukses dari British. ia adalah seorang entrepreneur dan business magnate. Di tahun 1970an, ia mendirikan perusahaan bernama Virgin Group. Perusahaan ini mengontrol lebih dari 400 perusahaan dengan berbagai bidang. Perlu diketahui bahwa Richard Branson menderita dyslexia dan dia tidak pernah lulus kuliah.

9. Paul Allen

paul allen

Ketika membangun Microsoft, Bill Gates tidak membangun perusahaan tersebut seorang diri. Bill Gates menghubungi temannya untuk bersama-sama mendirikan Microsoft. Teman yang dihubungi oleh Bill Gates adalah Paul Gardner Allen. Paul Allen adalah seorang business magnate, programmer, researcher, investor, dan philanthropist.

Bersama dengan Bill Gates, mereka berdua mendirikan Microsoft Corporation di tahun 1975. Paul Allen pernah menjadi mahasiswa di University of Washington namun keluar hanya dalam waktu 2 tahun. Alasan Paul Allen keluar saat itu adalah untuk menjadi Honeywell's programmer. Paul Allen meninggal dunia pada 15 Oktober 2018 dikarenakan syok septik yang berhubungan dengan kanker.

8. Jack Dorsey

jack dorsey

Ada banyak sosial media yang muncul di tahun 2000an. Selain Facebook, ada sosial media berlambang burung dengan latar belakang warna biru yang dikenal dengan nama Twitter. Seperti sosial media pada kebanyakan, pasti ada satu orang yang menjadi pencipta dari Twitter. Untuk Twitter ini, penciptanya adalah Jack Patrick Dorsey.

Oleh banyak orang, Jack Dorsey adalah seorang internet entrepreneur dan philanthropist asal Amerika. Dialah pendiri dan ex CEO Twitter. Tahun 2021, Jack Dorsey benar-benar keluar dari Twitter dan mendirikan Block, Inc. Block, Inc adalah sebuah perusahaan financial payments. Jack Dorsey menjadi pendiri sekaligus CEO. Jack Dorsey adalah mahasiswa yang keluar dari Missouri University of Science and Technology.

7. Michael Dell

Michael Dell

Dell sempat menjadi perusahaan yang menempati posisi satu dalam hal penjualan komputer di seluruh dunia. Tentu ini bukanlah hal yang mudah dilakukan jika tidak memiliki pemimpin yang hebat. Orang yang berperan besar dalam kesuksesan Dell sekaligus menjadi pendiri Dell, dia adalah Michael S. Dell.

Dell yang memiliki markas di Round Rock, Texas, bergerak dalam hal mengembangkan, menjual, memperbaiki, dan mendukung segala macam hal yang terkait dengan komputer. Michael Dell sang pendiri Dell Inc., dia pernah kuliah di University of Texas di Austin. Setelah tahun pertama kuliah, Michael memutuskan untuk keluar dan mendirikan perusahaan komputer dengan nama Dell.

6. Ted Turner

ted turner

Berita merupakan suatu hal yang sangat penting yang dibutuhkan oleh banyak orang. Sekarang ini semua orang butuh berita terbaru di setiap saat. Dan CNN adalah salah satu media berita yang bisa menyediakan hal tersebut. Cable New Network adalah broadcasting company yang memiliki markas di Atlanta, Amerika Serikat.

Orang yang mendirikan CNN ini adalah Robert Edward Turner III atau yang bisa dipanggil dengan Ted Turner. Diketahui bahwa Ted Turner sempat menimba ilmu di Brown University. Sayangnya, ia melakukan kesalahan yang menyebabkan ia dikeluarga dari universitas tempat ia belajar. Ia diketahui menyimpan teman perempuan di asrama. Ini mengakibatkan ia dikeluarkan. Ia lalu bekerja untuk ayahnya di advertising firm. Ted Turner mengembangkannya sampai menjadi CNN.

5. Gautam Adani

gautam adani

Ketika ingin jadi pebisnis yang sukses, orang akan berpikir harus mengambil kuliah dengan jurusan yang sesuai. Menggali ilmu sebanyak-banyak, lulus, dan memulai bisnis. Tapi tidak semua pebisnis sukses berhasil menyelesaikan kuliahnya. Contohnya saja Gautam Adani, pria berdarah India ini justru sukses meski tidak lulus kuliah.

Gautam Adani adalah pendiri Adani Group. Adani Group sendiri merupakan perusahaan konglomerat multinational yang bergerak di banyak bidang. Sebutlah industri pelabuhan, kedirgantaraan, energi panas, dan juga batu bara. Gautam Adani mendirikan perusahaan ini sendiri dari tahun 1988 dan sekarang kekayaannya mencapai 88,5 miliar USD.

4. Larry Ellison

Larry Ellison

Dunia software tidak akan bisa lupa dengan sosok Larry Ellison. Bagaimana tidak, dialah orang yang berhasil menemukan software Oracle. Dia menciptakan software tersebut bersama perusahaan yang ia dirikan bernama Oracle Corp. Larry Ellison mendirikan perusahaan tersebut pada tahun 1977. Kantor pusatnya berada di Austin, United States.

Bisa menciptakan software sebagus dan begitu berguna seperti Oracle, mungkin kita akan berpikir bahwa Larry Ellison sangat cerdas dan lulus dengan grade yang tinggi. Larry Ellison memang pernah belajar di University of Chicago tapi tidak sampai selesai. Ia hanya sanggup menyelesaikan satu semesterlalu melanjutkan untuk membuat software firm sendiri yang ia namakan Oracle.

3. Mark Zuckerberg

mark zuckerberg

Facebook pertama kali muncul di tahun 2004 dan hingga kini terus masih aktif. Facebook menjadi salah satu sosial media paling favorit dan banyak penggunanya. Orang yang berada dibalik kesuksesan Facebook ini, tidak lain adalah Mark Elliot Zuckerberg atau biasa yang disebut dengan nama pendek, Mark Zuckerberg.

Pria ini adalah seorang internet entrepreneur dan philanthropist yang berasal dari United States. Sempat berkuliah di Harvard University, Mark Zuckerberg memutuskan untuk berhenti kuliah di tahun 2005. Mark lebih memilih untuk fokus mengembangkan Facebook. Pilihan tersebut ternyata tidak salah, dia berhasil sukses seperti sekarang berkat pilihannya untuk membesarkan Facebook.

2. Steve Jobs

Steve Jobs

Meski sudah tiada, kita tidak mungkin lupa dengan yang namanya Steve Jobs. Ketika muncul, Steve Jobs selalu mengenekan kaos polos berwarna hitam. Tapi, siapakah sosok ini sampai ia bisa begitu dikenal dan dihormati? Steve Jobs adalah pria yang berperan besar di dunia teknologi dengan mendirikan perusahaan Apple Inc. dan Pixar.

Kalau kalian menggunakan produk dari Apple, itu adalah salah satu dari ide yang lahir dari kepala Steve Jobs. Steve Jobs memang orang yang sangat jenius, ia memilih Reed College yang ada di Portland untuk menimba ilmu. Namun ia keluar setelah satu semester. Sempat belajar Eastern spiritualism di India lalu akhirnya kembali ke United States dan mengajak temannya yang bernama Steve Wozniak untuk mendirikan perusahaan.

1. Bill Gates

Bill Gates

Keterlaluan sekali kalau ada orang yang tidak kenal dengan yang namanya Bill Gates. Dia adalah seorang business entrepreneur, software devveloper, investor, author, dan philanthropist yang berasal dari United States. Dia sangat sukses dan namanya selalu masuk dalam daftar orang terkaya di dunia selama beberapa tahun.

Dialah sosok yang mendirikan perusahaan Microsoft. Kisahnya selalu dibicarakan oleh banyak orang karena Bill Gates lebih memilih untuk keluar dari Harvard demi menciptakan Microsoft. Tidak sendiri, Bill Gates mengajak temannya yaitu Paul Allen untuk bersama-sama membesarkan Microsoft. Kekayaannya sekarang ini ditaksir mencapai 134.1 miliar USD.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas