home -> Lainnya -> 10 Cara Mengusir Tikus Dari Rumah
03 Oktober 2022 22:45

10 Cara Mengusir Tikus Dari Rumah

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada June 07, 2022

Jika sebelumnya sudah pernah membahas mengenai fakta tentang tikus, kini adalah saatnya untuk membahas bagaimana cara mengusir tikus dari dalam rumah. Membiarkan hewan ini tetap berada di dalam rumah adalah keputusan yang buruk. Harus segera diusir sebelum menyebabkan kerugian yang lebih besar. Jika kalian di rumah memiliki masalah dengan tikus, mungkin beberapa cara di bawah ini bisa kalian pertimbangkan untuk dicoba.

10. Ikat dan Taruh Sampah Di Tempat Yang Tepat

tempat sampah

Membuang sampah di tempatnya memang sudah seharusnya dilakukan. Tapi apakah kalian benar-benar sudah melakukannya? Tikus adalah hewan pengerat dengan penciuman yang tajam. Dia akan mencari makanan ke mana saja selama penciuman mereka bisa mencium bau makanan. Tempat sampah adalah tempat yang sempurna bagi tikus untuk mencari makanan.

Agar rumah kalian tidak menjadi sarang tikus, pastikan kalian sudah mengikat sampah dengan kencang dan buang di tempat yang jauh. Karena jika kalian tidak mengikuat dengan baik dan membiarkannya di tempat sampah rumah, tikus bisa mencium bau tersebut. Mereka bisa mengacak-ngacak tempat sampah kalian yang alhasil akan membuat sampah menjadi berantakan ke mana-mana.

9. Simpan Makanan Dengan Baik

simpan makanan

Ketika ada makanan nganggur, hal ini bisa mengundang tikus untuk datang. Jika selama ini kalian menaruh makanan di meja makan lalu membiarkannya semalaman, lalu di pagi harinya sudah hilang, itu tandanya makanan tersebut sudah dimakan oleh tikus. Tentu kalian tidak mau hal ini sampai terjadi bukan?

Untuk mencegahnya, kita perlu menyimpan makanan di tempat yang tertutup. Simpan makanan di wadah yang kedap udara lalu tempatkan di tempat penyimpanan yang aman. Kenapa harus ditaruh di wadah tertutup? Ini karena penciuman tikus yang sangat tajam. Jika mereka sampai ada mencium bau makanan, mereka bisa melacak lokasi makanan tersebut dan mengambilnya.

8. Tutup Celah

close gap

Tikus adalah hewan pengerat yang merugikan. Tidak ada orang yang ingin tempat tinggal atau rumahnya menjadi sarang tikus. Hebatnya tikus, mereka bisa menemukan rute dan masuk melalui celah meski seberapa sulit rute tersebut dan seberapa kecil celah tersebut. Tikus bisa masuk melalui celah atau lubang kecil dengan mengecilkan tubuhnya.

Kemampuan tikus bisa masuk melalui celah kecil ini yang harus kita waspadai. Periksa sekeliling rumah untuk menemukan apakah ada celah kecil atau tidak. Meski kita sering lihat tikus memiliki tubuh yang besar dan mengira mereka tidak bisa masuk melalui celah kecil, hapuslah anggapan tersebut. Tutup semua celah, mau sekecil apapun celah tersebut, bisa dimanfaatkan tikus sebagai lubang masuk dan keluar.

7. Gunakan Bahan Alami Pengusir Tikus

natural remedies

Ada banyak cara untuk mengusir tikus. Kita tahu bahwa tikus memiliki penciuman yang tajam, penciuman tajam ini mereka perlukan untuk mencari makanan. Di sisi lain, penciuman yang tajam juga bisa memberikan dampak buruk. Ada sejumlah bau yang sangat tidak disuka oleh tikus. Inilah yang bisa kita manfaatkan sebagai bentuk perlindungan.

Beberapa bahan alami yang mampu membuat tikus menjauh seperti peppermint oil, cabai rawit, lada hitam, dan cengkeh. Bahan-bahan ini memiliki aroma yang sangat kuat dan sangat dibenci oleh tikus. Pastikan kalian taruh benda-benda ini di area yang sekiranya bisa dimasuki dan dilewati oleh tikus. Ketika tikus mencium aroma ini, mereka pasti akan menjauh.

6. Jaga Kebersihan Taman

garden

Memiliki taman memang menarik karena bisa membuat rumah bisa terlihat jadi lebih hijau dan sejuk. Bisa menjadi masalah kalau si pemiliknya tidak menjaga kebersihan tamannya. Taman yang kotor, ada daun, ranting, dan kayu tergeletak, ini bisa menjadi tempat sembunyi dari tikus. Tak menutup kemungkinan nanti tikus akan masuk ke dalam rumah.

Menjaga kebersihan taman bukan cuma akan membuat rumah dan taman terlihat indah, tapi juga memperkecil kemungkinan tikus datang dan membuat sarang. Tumpukan sampah dari daun dan kayu bisa dimanfaatkan tikus untuk membuat sarang. Tikus sangat suka di tempat yang tertutup, gelap, dan sejuk.

5. Gunakan Dry Ice

dry ice

Pernahkah kalian mendengar yang namanya dry ice? Dry ice atau biang es biasa digunakan untuk mengawetkan jenazah dan mengawetkan makanan. Bahkan dry ice juga dimanfaatkan di dunia perfilman untuk menciptakan efek asap. Jika kalian bisa mendapatkan dry ice, dry ice bisa digunakan untuk membunuh tikus.

Ketika tikus menghirup asap dari dry ice, ini bisa membius dan membunuh mereka. Ini dikarenakan dry ice menghasilkan asap yang mengandung karbon dioksida. Kalian bisa taruh dry ice di tempat yang mungkin dijadikan tempat bersembunyi tikus. Hati-hati menggunakan dry ice dan gunakan sarung tangan karena dry ice bisa merusak kulit.

4. Rajin Membersihkan Rumah

cleaning house

Rumah yang kotor dan berantakan bisa mendatangkan banyak masalah bagi penghuninya. Selain kesehatan yang bisa terganggu, rumah yang kotor dan jarang dibersihkan bisa menjadi sarang dari hewan yang tidak ingin kalian harapkan ada yaitu tikus. Untuk kebaikan bersama, lebih baik kalian rajin membersihkan rumah.

Rajin membersihkan rumah adalah salah satu cara paling mudah untuk mengusir tikus. Bersihkan setiap sudut rumah dari sampah. Kumpulkan, ikat, dan buang sampah di tempatnya. Makanan juga harus disimpan di wadah yang tetutup agar baunya tidak mengundang tikus. Bersihkan pula pipa-pipa yang ada sampai bersih.

3. Pelihara Predator Tikus

predators

Kebanyakan hewan memiliki predator alami, tikus juga demikian. Hewan kecil ini adalah mangsa bagi sejumlah hewan. Sebut saja burung hantu, ular, dan kucing yang menjadi predator alami tikus. Jika kalian memiliki masalah dengan tikus, kalian bisa mempertimbangkan untuk memelihara salah satu dari sekian predator tikus.

Yang mungkin bisa dipelihara di rumah mungkin kucing. Melepas ular di dalam rumah memiliki resiko ular akan kabur entah kemana. Memelihara burung hantu masih bisa dilakukan dengan syarat kalian melepasnya di dalam rumah dan memastikan tidak ada celah atau lubang yang memungkinkannya untuk terbang ke luar. Tapi kucing paling mudah dan terbaik untuk memburu dan mengusir tikus dari rumah.

2. Racun Tikus

poison

Menggunakan bahan beracun untuk menyingkirkan tikus adalah salah satu cara yang sangat efektif dan banyak dipilih. Tidak ada yang lebih bagus daripada langsung membunuh tikus daripada membiarkan mereka hidup. Apalagi mendapatkan racun tikus sangat mudah dan murah. Di beberapa supermarket sudah menjual racun tikus.

Kalian tinggal beli dan taruh racun tikus di sebuah wadah. Letakkan wadah yang berisi racun tikus itu di beberapa tempat di rumah. Tikus yang memakan racun tersebut hanya akan bertahan beberapa menit atau jam sampai akhirnya mereka mati keracunan. Kalian tinggal mencari sekeliling rumah untuk mencari bangkai tikus dan membuangnya ke tempa sampah.

1. Memasang Perangkap

trap

Menggunakan perangkap tikus bisa dijadikan salah satu solusi untuk menangkap tikus. Cara ini bisa dibilang cukup murah dan mudah. Perangkap tikus bisa kalian beli di pasar atau mencarinya di e-commerce. Atau kalian termasuk orang yang kreatif dan punya ide unik, bisa kalian buat perangkap tikus sendiri dari bahan sederhana.

Pastikan kalian gunakan perangkap yang besar jadi bisa menampung tikus dalam jumlah yang banyak. Mengingat tikus sekarang ukurannya sudah besar, perangkap kecil ditakutkan tak efektif untuk menjebak tikus. Taruh sesuatu yang bisa menarik perhatian tikus, bisa itu selai kacang, keju, dan lain sebagainya yang menarik perhatian tikus. Taruh jebakan tersebut di tempat yang strategis dan tunggu hingga beberapa hari.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas