home -> Unik -> 10 Fakta Menarik Tentang Tikus
29 Juni 2022 10:28

10 Fakta Menarik Tentang Tikus

Oleh serba_tahu dalam Unik pada June 06, 2022

Semua orang pasti benci dengan yang namanya tikus. Hewan pengerat ini termasuk hama karena memilliki banyak sisi negatif dan tidak ada manfaatnya. Selain dikenal jorok, tikus juga bisa merusak perabotan rumah, dan menyebarkan penyakit. Makanya banyak orang yang berusaha sebisa mungkin agar rumahnya tidak dimasuki oleh hewan menyebalkan satu ini. Tapi terlepas dari semua pandangan buruk mengenai tikus, sebenarnya tikus memiliki banyak fakta menarik. Fakta menarik ini patut disimak, mungkin saja dari fakta ini kita bisa mencari cara untuk mengusir hewan merugikan satu ini.

10. Gigi Yang Tajam

gigi

Tikus bisa merusak segala macam benda dikarenakan mereka dilengkapi dengan senjata. Senjata yang mereka miliki adalah gigi. Gigi tikus sangat tajam dan kuat dan bisa terus tumbuh selama mereka hidup. Gigi ini digunakan bukan hanya untuk makan tapi juga merusak. Jika ada penghalang, mereka akan menggunakan giginya untuk menghancurkan penghalang tersebut.

Gigi tikus sangat efektif untuk membuat lubang menembus dinding atau atap. Tapi senjata mereka ini ternyata juga punya efek buruk. Jika tikus tidak bisa mengontrol giginya, gigi tersebut bisa tumbuh tak terkendali dan justru bisa membunuh si tikus itu sendiri. Makanya mereka menajamkan gigi dengan cara mengunyah atau menggerogoti benda keras seperti aluminium, kayu, plastik, dan kabel.

9. Ekor Yang Sangat Bermanfaat

ekor

Pada hewan berekor kebanyakan, ekor adalah bagian tubuh yang panjang bukan tanpa fungsi. Justru ekor memiliki fungsi yang sangat penting. Setiap hewan memiliki bentuk ekor yang berbeda dengan fungsi yang berbeda. Tikus, memiliki ekor yang panjang dan tebal. Ekor ini sangat membantu tikus untuk menjaga keseimbangan.

Saat melompat atau mendarat, tikus menggunakan ekornya yang panjang untuk membantu mereka menyeimbangkan tubuh. Ada manfaat lain dari ekor ini yakni sebagai komunikasi dengan sesama tikus. Fungsi terakhir dari ekor tikus adalah sebagai pengatur suhu. Ekor ini akan mengatur suhu tubuh mereka, menaikan atau menurunkan suhu sesuai dengan kebutuhan.

8. Jago Memanjat, Melompat, dan Berenang

berenang

Pernah berpikir bagaimana caranya tikus bisa masuk ke rumah? Padahal kita sudah memeriksa rumah dengan baik bahwa tidak ada celah sekecil apapun yang memungkinkan tikus untuk masuk tapi tetap ada tikus di dalam rumah. Hal ini ternyata disebabkan oleh kemampuan tikus dalam hal memanjat, melompat, dan berenang.

Semua jenis tikus sangat hebat dalam hal  memanjat, melompat, dan berenang. Meski kalian sudah menutup celah, mereka tetap bisa masuk dari lubang wc, memanjat dinding, dan melompati pagar. Tikus hitam sangat jago dalam hal memanjat, tikus coklat mampu melompat 77 cm secara vertikal dan 120 cm secara horizontal. Tikus dapat berenang dan mengarungi air hingga 3 hari dan bisa menahan napas dalam waktu yang lama.

7. Buta Warna dan Penglihatan Buruk

buta

Tidak ada makhluk hidup yang tidak memiliki kelemahan. Tikus yang memiliki banyak kemampuan ternyata juga memiliki kelemahan. Kelemahan tikus terdapat pada penglihatan mereka. Fakta unik mengenai penglihatan tikus, ternyata tikus memiliki penglihatan buruk. Ditambah lagi dengan mereka memiliki masalah dalam membedakan warna atau buta warna.

Mata tikus hanya bisa melihat semua hal dengan warna abu-abu. Orang mungkin berpikir bahwa ini membuat tikus menjadi sulit untuk berjalan, ternyata tidak. Penglihatannya memang buruk, tapi tikus sangat sensitif. Tikus menggunakan kumis mereka yang banyak sebagai sensor. Sensor ini bisa membantu mereka untuk menentukan arah dan mendiskriminasi makanan.

6. Mudah Curiga

curiga

Kebedaan tikus di dalam rumah memang sangat mengganggu. Makanya dilakukan beberapa cara untuk menangkap, mengusir atau membunuhnya. Salah satu caranya adalah dengan memasang perangkap. Tapi memasang perangkap juga tidaklah mudah. Seringkali sudah memasang perangkap tapi tak berhasil menangkap tikus. Kenapa?

Jika kalian sering menemukan perangkap yang kosong, ini wajar saja. Tikus ternyata memiliki tingkat kewaspadaan yang tinggi. Tikus sangat curiga terhadap suatu hal yang baru. Butuh waktu yang cukup lama sampai tikus terbiasa dengan perangkap. Mungkin di hari pertama kalian tidak akan mendapat apa-apa. Tapi setelah 2-3 hari barulah perangkap tersebut terisi dengan tikus.

5. Penciuman Yang Tajam

penciuman tajam

Ketika membahas hewan dengan indera penciuman yang tajam, hewan apakah yang terlintas di kepala kalian? Apakah itu anjing atau kucing? Kedua hewan itu memang memiliki penciuman yang tajam, tapi keduanya masih kalah dibandingkan dengan tikus. Tikus diketahui memiliki 1.207 reseptor dalam hidung mereka.

Dengan reseptor sebanyak itu, tikus dapat mencium dengan sangat baik. Manusia saja hanya memiliki sekitar 396 reseptor. Dengan penciuman yang tajam ini, tikus dapat mencium dimana letak makanan. Meski makanan itu sudah ditutup rapat dan disembunyikan, masih ada kemungkinan mereka dapat mencium dan menemukannya.

4. Hewan Yang Bersih

bersih

Kita sering melihat tikus berada di tempat yang kotor. Sebut saja tempat sampah bahkan di saluran air juga bisa ditemukan tikus. Tempat-tempat yang kotor inilah yang membuat kita menganggap bahwa tikus adalah hewan yang jorok. Padahal kenyataannya, tikus adalah hewan yang suka pada kebersihan.

Tampaknya kita tidak bisa menilai tikus dari luarnya saja. Tikus sangat suka pada kebersihan dan justru sangat benci kotor. Di saat berada di tempat yang aman, tikus akan membersihkan diri mereka sendiri secara reguler. Bahkan dalam sehari, mereka bisa membersihkan diri mereka berkali-kali. Mereka membersihkan diri mirip seperti kucing dan bahkan jauh lebih sering daripada kucing.

3. Dapat Berkembang Biak Dengan Cepat

berkembang biak

Yang namanya hewan pasti akan berkembang biak. Ada yang berkembang biak secara cepat, ada juga yang lambat. Untuk tikus, hewan pengerat ini ternyata bisa berkembang biak dengan sangat cepat. Hidup mereka kalau tidak hanya untuk makan, lainnya adalah untuk berkembang biak. Mereka bisa berkembang biak tanpa henti dalam jangka waktu yang pendek.

Tikus bisa mencapai masa dewasa hanya dalam waktu 4 sampai 5 minggu. Di masa kawin, tikus betina bisa melahirkan sebanyak 6 kali dalam setahun. Dalam sekali melahirkan, tikus bisa melahirkan hingga 12 bayi tikus. Ini berarti, populasi tikus bisa naik secara drastis dari yang semula 2 tikus menjadi 1.000an tikus dalam setahun.

2. Hewan Sosial

sosial

Beberapa hewan ada yang hidup dengan cara individu dan sosial. Untuk tikus, hewan pengerat satu ini diketahui hidup dengan cara sosial. Mereka tidak bisa hidup sendiri, mirip seperti kita manusia. Jika manusia sangat terikat dengan keluarganya, maka tikus juga sama. Mereka hidup dalam kelompok, mungkin bisa sampai belasan tikus dalam satu kelompok.

Jadi ketika kalian menemukan dan berhasil menangkap satu tikus di rumah, lebih baik kalian jangan senang dulu. Ada kemungkinan besar bahwa masih ada tikus lain yang masih bersembunyi. Mereka bisa bersembunyi di tempat yang kecil dan gelap lalu di saat kita lengah, mereka akan mencuri makanan kita tanpa kita ketahui.

1. Memiliki Ingatan Yang Baik

good memory

Sejumlah eksperimen yang dilakukan ilmuwan seringkali menggunakan hewan sebagai kelinci percobaan. Dari sekian banyak hewan, yang paling sering digunakan adalah tikus. Kenapa demikian? Itu dikarenakan tikus termasuk hewan yang memiliki intelligent tinggi alias pintar. Mereka bisa mengingat suatu ruangan dengan sangat baik.

Memiliki ingatan yang sangat baik inilah yang membuat tikus bisa memetakan setiap sudut ruangan di rumah dengan baik. Meski kalian sudah menutup celah dan meletakkan makanan di tempat yang tersembunyi, tikus masih bisa menemukannya. Tikus bisa mencari jalan baru dan mengingat rute yang sudah ia lalui.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas