home -> Lainnya -> 10 Hewan Aneh Yang Pernah Terdampar Di Pantai
29 Juni 2022 11:42

10 Hewan Aneh Yang Pernah Terdampar Di Pantai

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada May 31, 2022

Laut kita adalah salah satu misteri besar yang masih belum terungkap 100%. Masih ada banyak hal yang tidak ketahui bersembunyi di lautan yang dalam. Hewan berukuran besar dan mungkin saja hewan yang bahkan belum teridentifikasi oleh para peneliti bisa saja tinggal di dasar laut yang dalam. Tapi yang biasanya bersembunyi di kegelapan dalam ternyata suatu saat bisa saja menampakan dirinya. Bukan dalam keadaan hidup tapi bisa saja dalam kondisi sudah mati. Mereka ditemukan terdampar di pantai dan membuat banyak orang terkejut karenanya. Inilah sejumlah hewan aneh yang pernah ditemukan terdampar di pantai.

10. Kematian Massal Hewan Laut

Mass die-off

Satu hewan mati dan terdampar di pantai bukanlah hal yang mengagetkan, tunggu sampai yang mati jumlahnya sangat banyak dan bukan cuma dari satu jenis hewan saja. Kejadian ini sempat terjadi di Kamchatka. Kamchatkan adalah sebuah area terpencil yang masih termasuk dalam wilayah negara Rusia. Ditemukan banyak bangkai hewan mati secara massal di sana.

Misterius? Tentu saja. Kematian massal hewan laut ini ini dicari tahu penyebabnya oleh para ahli. Kemungkinan terbesar adalah karena keracunan massal. Para ilmuwan lokal dan internasional beranggapan bahwa polusi berat yang disebabkan manusia mencemari laut. Alhasil, 95% hewan laut di Kamchatka's Avacha Bay mati. Para peselancar juga mengatakan bahwa ketika mereka berselancar, mereka merasakan sakit dan pedas di mata mereka.

9. Mysterious Sea Monster

mysterious sea monster

Ada banyak hewan misterius yang tinggal di laut. Kalau ada yang muncul ke permukaan atau terdampar di pantai, barulah muncul kesempatan bagi para ahli untuk mempelajarinya. Di bulan Juli 2018, ada satu hewan laut yang terdampar di Maine. Ukurannya juga terbilang cukup besar yakni 15 feet atau 4,5 meter.

Tak ada informasi yang jelas mengenai bangkai hewan apakah ini. Bangkai ini sulit diidentifikasi karena sudah memasuki proses pembusukan dan bentuknya benar-benar sulit dijelaskan. Meski begitu, para ahli tetap mencoba menganalisa bangkai hewan apakah ini. Akhirnya diambil kesimpulan bahwa ini adalah bangkai hewan basking shark.

8. By-the-Wind Sailors

by-the-wind sailors

Jika ada satu hewan yang terdampar di pantai, mungkin orang tidak akan membicarakannya. Kecuali kalau satu hewan itu adalah hewan yang tak dikenal. Yang berikutnya ini cukup mengejutkan karena hewannya sudah teridentifikasi, tapi jumlah yang terdampar sangat banyak hingga membuat pantai jadi susah diakses.

Kejadian ini terjadi di U.S. West Coast pada tahun 2014. Banyak by-the-wind sailors yang terdampar di pantai. by-the-wind sailors adalah hewan laut yang mirip dengan Portuguese man-o-war. Portuguese man-o-war termasuk hewan laut yang berbahaya yang harus dihindari, sedangkan by-the-wind sailors hanya mirip tapi tidak berbahaya. Namun untuk alasan keselamatan, para penjaga pantai menyarankan untuk menjauhi pantai dan hewan ini.

7. Fat Innkeeper Worm

penis fish

Melihat gambar di atas akan mengingatkan kita pada suatu hal. Jika ada yang mengira bahwa hewan tersebut mirip dengan penis, maka kalian tidak salah. Karena hewan tersebut memiliki bentuk seperti penis, makanya hewan ini dinamakan penis fish. Ukurannya kecil, mereka bisa tumbuh hingga ukuran 10 sampai 30 cm.

Meski dinamakan fish, hewan ini bukanlah ikan. Hewan ini adalah seekor cacing yang memiliki nama fat innkeeper worm. Tahun 2019, orang-orang dikejutkan karena kemunculan hewan ini di Pantai California. Kemunculan mereka bahkan sampai memenuhi pantai. Bagaimana hal ini bisa terjadi, penyebab yang ditebak adalah badai yang membawa mereka sampai ke pantai.

6. Giant Squid

giant squid

Seberapa besar cumi-cumi yang pernah kalian lihat? Jika kalian hanya melihat cumi-cumi yang ada di pasar atau supermarket, itu masih biasa. Di laut, cumi-cumi bisa tumbuh sampai ukuran yang terduga. Mereka bisa tumbuh hingga belasan meter dan memiliki berat ratusan kilogram. Yang menjadi menarik adalah, salah satu cumi-cumi raksasa sempat terlihat di pantai.

Satu cumi-cumi raksasa atau giant squid ditemukan terdampar di Pantai Spanyol. Hal ini terjadi di bulan Oktober 2013. Cumi-cumi raksasa ini ditemukan telah mati dan ukurannya luar biasa besar. Cumi-cumi yang sudah mati ini memiliki ukuran 9 meter dengan berat mencapai 180 kilogram. Di tahun 2020 ada juga cumi-cumi yang ditemukan mati di Britannia Bay, Afrika Selatan. Untuk yang ini ukurannya lebih kecil yakni 4 meter dan berat 330 kilogram.

5. Oarfish

oarfish

Sangat jarang oarfish bisa terlihat di permukaan laut. Oarfish adalah salah satu jenis ikan besar dan panjang. Mereka bisa tumbuh hingga ukuran 8 meter dan bisa ditemukan di semua laut tropis. Biasa berenang di lautan yang dalam, ada satu momen dimana ikan besar ini terlihat oleh manusia. Hal ini terjadi pada Juni 2015.

Di pantai Catalina Island, seekor oarfish terlihat. Oarfish yang terdampar di pantai ini memiliki ukuran 4 meter. Karena oarfish lebih sering menghabiskan waktu di dalam laut, sedikit informasi yang bisa digali. Dengan kemunculannya ini, para ahli biologi jadi bisa mempelajari hewan laut ini. Mulai dari kebiasaannya hingga organ dalamnya.

4. Great White Shark

great white shark

Keseraman nama great white shark bukanlah tanpa alasan. Hewan ini dikenal sangat berbahaya karena ada banyak orang yang mendapatkan serangan darinya. Hiu putih raksasa memang bukanlah hewan yang asing lagi, namun tidak dengan yang ditemukan di tepi pantai Afrika Selatan di bulan Mei 2017. Tidak hanya satu tapi tiga hiu ditemukan mati dengan beberapa organ yang hilang.

Ketiga mayat dari hiu putih raksasa ini ditemukan terdampar di pantai. Yang membuat kematian ini misterius adalah ketiga hiu putih raksasa ini ditemukan mati tanpa hati. Kecuali ada satu yang tidak hanya kehilangan hati tapi juga jantung. Menurut perkiraan, kematian mereka disebabkan oleh orca atau paus pembunuh. Memang orca dikenal sebagai pembunuh hiu dan senang mengincar organ tubuh mereka. Kenapa yang diincar hati dan jantung, alasannya karena kandungan gizi dan lemak yang tinggi.

3. Urchin

sea urchin

Pecinta makanan seafood pastinya sudah tahu dengan yang namanya sea urchin. Sea urchin atau babi laut adalah makanan laut yang sangat enak dan juga bernutrisi. Bentuknya bulat dan di sekelilingnya dilindungi oleh duri yang tajam. Yang bisa dimakan adalah bagian dalamnya. Kemunculan sea urchin di pantai bukanlah suatu hal yang mengejutkan sampai ada ratusan sea urchin terdampar di pantai.

Pantai Cornwall di United Kingdom sempat dipenuhi oleh makhluk kecil berduri ini. Pada Agustus 2018, banyak pengunjung pantai yang menemukan sea urchin memenuhi pantai. Mereka ditutupi oleh duri berwarna kuning-cokelat dan masih hidup. Para ahli meyakini bahwa sea urchin ini terdampar dalam momen kawin massal yang berjalan tak sesuai perkiraan.

2. Anglerfish

anglerfish

Semakin dalam laut, maka semakin sulit sinar matahari masuk. Karena itulah sejumlah hewan menciptakan mekanisme yang membuat mereka bisa bertahan hidup di laut dalam yang gelap. Anglerfish adalah salah satu ikan yang mengembangkan mekanisme unik dimana di kepala mereka terdapat bagian tubuh yang bisa menyala. Bagian yang menyala ini digunakan untuk menipu mangsa dan memakannya.

Anglerfish biasa hanya ditemukan di laut yang dalam, biasanya 900 meter di bawah permukaan laut. Jarang ada yang ditemukan muncul di permukaan laut, sampai suatu ketika ada satu yang menampakan diri. Seorang nelayan berhasil menemukan mayat anglerfish di Cyrstal Cove State Park di California pada Mei 2021. Diidentifikasi, anglerfish ini adalah jenis Pacific footballfish (Himantolophus sagamius).

1. Hairy Sea Monster

Hairy Sea Monster

Laut yang luas dan dalam menjadi tempat bersembunyi bagi hewan yang misterius dan berukuran besar. Karena hewan-hewan besar ini tinggal di laut dalam, tak semuanya berhasil dikenali. Ketika mereka menunjukkan diri ke permukaan air, jelas saja menjadi pertanyaan banyak orang, hewan apakah ini?

Seperti yang terjadi di Filipina pada bulan Mei 2018. Ada satu sosok hewan misterius yang terdampar di pantai. Bangkai hewan ini ditemukan oleh penduduk sekitar Oriental Mindoro. Bangkai hewan misterius ini memiliki ukuran 6 meter dan berbulu. Oleh ilmuwan, bangkai hewan raksasa dan berbulu ini diperkirakan adalah bangkai paus. Bulu yang ada pada bangkai diperkirakan adalah serat otot yang membusuk.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas