home -> Lifestyle -> 10 Masalah Kesehatan Yang Umum Dialami Anjing
09 Agustus 2022 11:06

10 Masalah Kesehatan Yang Umum Dialami Anjing

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada May 27, 2022

Memiliki hewan peliharaan sangat bermanfaat. Selain bisa digunakan sebagai penjaga rumah, memilki hewan peliharaan bisa menjadi teman bermain di saat bosan. Bisa juga membantu menjaga kesehatan mental seseorang. Dan salah satu hewan yang sangat populer untuk dijadikan peliharaan adalah anjing. Bagi mereka yang memelihara anjing pastinya harus memperhatikan kesehatan si anjing agar dia tidak mudah sakit dan mati. Ada 10 masalah kesehatan atau penyakit yang bisa saja menyerang anjing peliharaan kalian. Kalian sebagai pemilik mau tidak mau harus mengerti tentang berbagai macam penyakit yang bisa menyerang peliharaan kalian ini.

10. Parvovirus

Parvovirus

Mengawali penyakit yang umum terjadi pada anjing dengan parvovirus. Parvo atau CPV ini menyerang organ usus dan jantung. Kalian wajib waspada dengan penyakit ini karena anjing yang menderita parvovirus sulit untuk disembuhkan dan menular. Anjing yang terserang CPV beresiko meninggal dunia.

Parvovirus bisa menular dari kotoran yang sudah terinfeksi. Salah satu cara mencegah anjing terserang CPV adalah dengan memberikan vaksin. Beran badan turun, muntah, diare, lesu, dan depresi adalah gejala yang muncul pada anjing yang terserang CPV. Anjing harus sampai menginap di rumah sakit apabila sampai terkena CPV.

9. Leptospirosis

Leptospirosis

Ketika anjing kalian mengalami masalah kesehatan, sebaiknya kalian jangan terlalu tenang. Bisa saja masalah penyakit yang dialami oleh hewan menular ke manusia. Salah satu penyakit menular hewan yang bisa ditularkan ke manusia adalah leptospirosis. Ada sejumlah bakteri yang bisa menyebabkan penyakit ini. Tapi hewan perantaranya adalah anjing.

Leptospiroris bisa menyerang hewan peliharaan kalian jika ada melakukan kontak dengan hewan yang terinfeksi. Bisa juga ditularkan melalui daging, feses atau urin. Gejalanya cukup beragam seperti haus, sering buang air, lesu, sakit pada otot, dan kaku pada sendi. Apakah bisa disembuhkan? Jawabannya bisa. Penyakit ini bisa disembuhkan dengan memberikan antibiotik.

8. Rabies

Rabies

Tidak mungkin ada orang yang tidak pernah mendengar yang namanya rabies. Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang bisa ditularkan oleh hewan. Anjing menjadi salah satu hewan yang bisa menularkan penyakit ini. Penyakit ini tidak hanya menular ke sesama hewan tapi juga bisa menyerang manusia. Maka dari itu kita perlu berhat-hati.

Penyakit ini sangat berbahaya dan mematikan. Cukup dari cakaran atau gigitan bisa terinfeksi. Biasanya virus membutuhkan waktu 2 sampai 8 minggu untuk bisa menunjukan gejala. Sulit mendeteksi anjing mana yang mengalami rabies sampai mereka menunjukan gejala. Ciri hewan yang terkena rabies antara lain gelisah, takut, tak bisa diem, sensitif, mudah marah, dan demam.

7. Kanker

Kanker

Banyak masalah kesehatan yang bisa menyerang anjing. Apalagi jika anjing sudah berumur, maka akan ada banyak masalah kesehatan yang bisa dialami. Maka kalian musti siap untuk menghadapinya. Salah satu masalah kesehatan yang bisa dialami anjing, terutama anjing yang sudah berumur adalah kanker.

Kanker bisa muncul dan menyerang di beberapa bagian tubuh seperti lymphoma, melanoma, payudara, kulit, dan prostat. Pastikan apakah ada perubahan aneh pada tubuh peliharaan kalian. untuk kanker kulit bisa mudah diketahui karena biasanya ada benjolan atau bintik di tubuhnya. Meski kecil, bukan berarti itu tidak berbahaya. Cara mengatasi kanker adalah dengan melakukan operasi.

6. Cacing

Cacing

Manusia bisa mendapatkan masalah dengan cacing, anjing juga sama. Cacing yang biasanya menyerang anjing adalah cacing hati. Cacing jenis ini bisa tumbuh di dalam tubuh anjing sampai ukuran yang sangat panjang. Mereka bisa tinggal di dalam hati dan juga paru-paru. Butuh waktu hingga bertahun-tahun sampai muncul gejala.

Ketika sudah muncul gejala, biasanya masalah yang dihadapi sudah serius. Bisa saja masalah ini membuat anjing kehilangan nyawanya. Dulu, anjing yang terjangkiti cacing hati maka besar kemungkinan akan mati, sekarang tidaklah demikian. Dengan melakukan tes darah bisa diketahui apakah anjing terserang cacing hati atau tidak.

5. Kutu

kutu

Pecinta anjing pastinya sudah paham bahwa anjing sangat rentan diserang oleh kutu. Hewan yang berjenis parasit ini merupakan salah satu musuh besar dari anjing. Kutu bisa menyerang semua jenis anjing. Kutu juga bisa berpindah dari satu hewan ke hewan lain. Kutu bisa menyebabkan rasa gatal yang luar biasa.

Jangan menganggap remeh jika anjing mengalami kutuan. Meski hanya satu kutu, kutu bisa menyebabkan rasa gatal yang luar biasa. Dan jika sudah gatal, maka anjing otomatis akan menggaruk dan menggigit bagian tubuh yang gagal. Bisa saja ini menyebabkan luka, radang, iritasi, dan infeksi.

4. Diare

diare

Kalian pernah merasakan yang namanya diare? Pastinya tidak enak bukan? Anjing juga bisa mengalami diare. Masalah ini cukup umum ditemukan pada anjing. Penyebabnya bisa ada banyak, beberapa di antaranya seperti makanan yang tidak bersih, mengganti pola diet atau bisa juga karena pencernaan yang sensitif.

Karena mengalami diare, cairan dalam tubuh anjing bisa berkurang dengan drastis. Anjing yang mengalami diare bisa merasa lemas, malas beraktivitas, pingsan, dan kejang-kejang. Dalam beberapa kasus, ada anjing yang bisa sembuh dari diare dengan memberikan makanan yang tepat dan istirahat. Namun, diare parah bisa jadi gejala dari penyakit lain seperti radang usus, ginjal atau hati.

3. Infeksi Telinga

ear infection

Telingat yang tidak dibersihkan juga bisa mendatangkan masalah kesehatan. Infeksi telinga umum dialami oleh anjing. Memang tidak semua jenis anjing mengalami infeksi telinga, anjing yang memiliki ciri khas bertelinga panjang sering mengalami masalah ini. Anjing yang juga sering menghabiskan waktunya bermain di luar rumah juga rentan terkena infeksi telinga.

Debu, kotoran, dan benda asing lain bisa masuk dan bersarang di telinga anjing. Jika tidak diperiksa dan dibersihkan, hal ini bisa menyebabkan iritasi yang berujung pada infeksi. Tanda paling jelas anjing mengalami infeksi pada telinganya adalah dengan seringnya si anjing menggaruk bagian telinganya dan menggelengkan kepala.

2. Arthritis

Arthritis

Beberapa penyakit yang ada pada manusia juga bisa ditemukan pada anjing. Salah satu penyakit yang dimaksud adalah arthritis. Arthritis adalah istilah untuk perubahan abnormal pada sendi. Penyakit ini biasa ditemukan pada anjing yang sudah berumur. Jika tidak ditangani bisa menyebabkan kerusakan permanen pada sendi.

Arthritis bisa terjadi pada pinggul, lutut, bahu, dan siku. Ketika anjing kamu mulai lambat saat bangun dan menjadi tidak aktif dari biasanya, bisa dicurigai bahwa anjing tersebut mengalami arthritis. Tahap awal biasanya tidak akan terlihat karena anjing biasanya bisa menyembunyikan rasa sakit dan tidak nyaman yang dirasakan. Melakukan olahraga, mengontrol berat badan, dan memberikan obat bisa membantu anjing untuk tidak merasakan sakit dari arthritis.

1. Katarak

katarak

Jika manusia bisa mengalami yang namanya katarak, maka anjing juga bisa. Hewan imut sahabat manusia ini bisa saja terkena katarak pada matanya. Mungkin anjing yang masih muda jarang mengalaminya, tapi anjing yang sudah tua biasanya akan mengalami masalah ini pada penglihatan mereka.

Katarak adalah sebuah penyakit mata dimana lensa mata mengalami masalah yang membuat cahaya tidak bisa mencapai retina. Katarak bisa menyerang satu atau bahkan kedua mata anjing. Penyakit ini bisa berkembang dengan perlahan atau cepat. Anjing yang mengalami katarak maka akan mengalami kesulitan melihat bahkan sampai kebutaan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas