home -> Lifestyle -> 10 Penyebab Kaki Bau Tak Sedap
09 Agustus 2022 12:51

10 Penyebab Kaki Bau Tak Sedap

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada May 24, 2022

Kaki mengeluarkan bau busuk atau bau tak sedap berarti menandakan ada yang tak beres pada bagian tubuh satu ini. Penyebab paling umum kaki seseorang bisa bau adalah karena jarang dicuci. Tapi sebenarnya ada juga penyebab lain yang membuat kaki bisa menjadi bau. Cara untuk mencegah agar kaki tidak bau ada banyak, tapi alangkah baiknya untuk mengetahui alasan kenapa kaki bisa beraroma tak sedap. Mungkinkah ada masalah kesehatan serius yang terjadi?

10. Tidak Mencuci Kaki Dengan Bersih

cuci kaki

Memiliki kaki yang memiliki aroma tak sedap pastinya sangat mengganggu. Ya kalau bagi si pemilik kaki mungkin tak merasa terganggu, tapi ketika dia membuka sepatu dan kaos kakinya di dekat orang banyak, aroma tak sedap itu jelas akan mengganggu orang di sekitarnya. Kalau ada orang yang menegur dan menjauh, jangan marah.

Salah satu penyebab yang membuat kaki menjadi bau adalah jarang mencuci atau merawat kaki. Kalau kaki jarang dibersihkan dan dirawat, maka kaki akan mudah sekali dihinggai dengan bakteri dan jamur. Bakteri dan jamur ini bila didiamkan akan membuat kaki menjadi bau. Makanya rajin-rajinlah membersihkan kaki setelah melakukan aktivitas.

9. Menggunakan Kaos Kaki Berkali-Kali

kaos kaki

Memiliki aktivitas yang mengharuskan ke luar rumah paling enak menggunakan sepatu. Jika memakai sepatu, pastinya akan butuh yang namanya kaos kaki. Kaos kaki bisa membuat memudahkan memasukan kaki ke sepatu dan jelas akan nyaman selama memakai sepatu jika ada kaos kaki. Tapi menggunakan kaos kaki juga harus berhati-hati.

Kaos kaki juga bisa membuat kaki menjadi bau. Ketika kaos kaki terus menerus dipakai, tidak pernah dicuci, atau kalau dicuci langsung dipakai tanpa menunggu kering. Ini bisa membuat kaki menjadi bau. Pastikan selalu mengganti kaos kaki agar kaki tidak bau. Kalau pun dicuci, tunggulah sampai kering baru pakai kaos kaki tersebut lagi. 

8. Sepatu Basah

sepatu basah

Sudah disinggung sebelumnya mengenai sepatu. Tahukah kalian bahwa sepatu juga bisa menyebabkan kaki kamu menjadi bau? Memang benar kalau beraktivitas di luar rumah itu butuh sepatu. Olahraga juga paling enak menggunakan sepatu. Semakin sering sepatu digunakan maka kita juga harus merawatnya.

Salah satu merawat sepatu adalah dengan mencucinya. Kalau sudah dicuci, pastikan untuk dijemur sampai kering. Meski sedang terburu-buru, bukan hal yang baik untuk menggunakan sepatu yang masih basah. Ketika kamu mengenakan sepatu yang basah, udara di dalamnya masih lembap dan kelembapan adalah tempat yang paling sempurna untuk tumbuhnya jamur dan bakteri penyebab bau kaki.

7. Stres dan Cemas

stress and anxiety

Biasanya orang akan mengira bahwa bau kaki hanya karena jarang mencuci kaki saja tapi tidak melirik ada kemungkinan lain yang mungkin saja bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan kaki. Dan ternyata memang ada salah satu penyebab yang orang jarang ketahui bisa membuat kaki menjadi bau. Penyebab itu adalah stres dan cemas.

Stres dan cemas memang bisa mengarah ke berbagai masalah kesehatan lain. Dan ternyata kaki juga bisa terpengaruh. Ketika stres dan cemas menyerang, ada kecenderungan tubuh akan memproduksi keringat lebih banyak. Karena kaki jarang diperhatikan kebersihannya, keringat ini bisa membuat kaki menjadi bau.

6. Keringat

sweating feet

Keringat adalah hal yang normal terjadi pada manusia. Ini adalah salah satu mekanisme tubuh untuk menjaga suhu tubuh agar tetap normal. Pada saat kepanasan, maka tubuh akan memproduksi keringat untuk menurunkan suhu. Meski ada manfaat positif dari keringat, keringat juga bisa membuat tubuh menjadi bau jika tidak dibersihkan.

Tinggal di daerah perkotaan yang panas dan berdebu, kombinasi kedua hal ini bisa menciptakan suasana yang enak bagi bakteri untuk berkembang biak. Bakteri bisa berkembang di mana saja, termasuk di kaki. Jadi jika kalian sering berkeringat dan jarang membersihkan diri, tidak heran kalau kaki bahkan bagian tubuh tertentu mengeluarkan bau tak sedap.

5. Jamur dan Bakteri

fungus on feet

Ada banyak jamur dan bakteri yang bisa menyebabkan kaki mengeluarkan aroma busuk. Salah satu cara untuk mencegah bau kaki adalah mencucinya. Tapi jika tidak dibersihkan, bakteri dan jamur akan tumbuh dan berkembang biak. Semakin dibiarkan, maka akan semakin sulit nantinya untuk menghilangkan bau tersebut.

Bakteri dan jamur nisa semakin tumbuh dan berkembang dengan baik begitu dikombinasikan dengan suhu panas, keringat, dan kelembapan. Bisa saja nanti bukan hanya mengeluarkan bau tak sedap, tapi bisa saja kamu bisa mengalami masalah pada kulit kaki. Rajinlah membersihkan kaki menggunakan sabun dan bersihkan sampai ke sela-sela jari.

4. Diabetes

diabetes

Adakah di antara kalian yang sudah divonis menderita diabetes? Atau mungkin kalian memiliki kenalan yang menderita diabetes? Orang yang sudah divonis menderita diabetes biasanya akan dibarengi dengan masalah kesehatan lain. Salah satu masalah kesehatan lainnya yang muncul adalah masalah bau kaki.

Mereka yang memiliki masalah gula darah tinggi bisa membuat kerusakan saraf yang ada di kaki. Ini membuat orang jadi tak bisa merasakan sakit ketika kaki ada luka. Luka tersebut dibiarkan maka akan cepat sekali mengalami infeksi. Efek lebih lanjutnya akan berujung pada aroma tak sedap pada kaki. Dan karena diabetes ini juga yang membuat infeksi akan sulit untuk disembuhkan dan bau kaki juga susah untuk diatasi.

3. Perimenopause dan menopause

Perimenopause and menopause

Tidak hanya berasal dari luar tubuh, penyebab kaki mengeluarkan aroma tak sedap juga bisa disebabkan dari dalam. Maksudnya disebabkan dari dalam tubuh adalah hormon. Perubahan hormon dalam tubuh seseorang bisa menyebabkan banyak hal. Termasuk salah satunya adalah membuat kaki menjadi bau.

Pada perempuan dikenal yang namanya perimenopause dan menopause. Menopause menandakan bahwa perempuan sudah memasuki masa tua. Sedangkan perimenopause adalah masa sebelum masuk masa menopause. Di dua momen inilah akan terjadi perubahan hormon yang besar dalam tubuh. Ini bisa membuat produksi keringat jadi tak terkontrol dan membuat tubuh menjadi bau.

2. Hyperthyroidism

Hyperthyroidism

Pernah mendengar yang namanya hyperthyroidism? Hyperthyroidism adalah masalah kesehatan dimana tubuh memproduksi hormon secara berlebihan. Ini disebabkan karena adanya masalah pada kelenjar tiroid yang terletak di bagian leher. Ketika ada produksi hormon berlebih ini bisa menghasilkan banyak masalah kesehatan.

Keringat berlebih dan masalah bau badan bisa saja muncul jika seseorang mengalami hyperthyroidism. Keringat berlebih bisa terjadi di tubuh, termasuk kaki. Apabila kamu sudah mencuri kaki dengan bersih, rajin mengganti kaos kaki, dan membersihkan sepatu tapi masih memiliki bau kaki, bisa jadi itu dikarenakan hyperthyroidism.

1. Keracunan Mercury

mercury poisoning

Orang-orang mungkin tak menyadari penyebab bau kaki yang satu ini. Penyebab ini adalah keracunan mercury. Yang orang banyak tahu bahwa mercury adalah zat berbahaya yang tidak boleh sampai masuk ke dalam tubuh. Lalu bagaimana caranya zat berbahaya ini bisa masuk ke dalam tubuh kita?

Caranya adalah melalui makanan seafood. Terlalu banyak makan makanan seafood maka memperbesar kemungkinan mercury masuk ke dalam tubuh. Semakin dilanjutkan maka akan terjadi penumpukan mercury dalam tubuh. Ketika tubuh sudah terganggu oleh mercury maka dampaknya bisa banyak seperti kemampuan motorik terganggu, pusing, dan penglihatan ganda.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas