home -> Lainnya -> 10 Fakta Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Elon Musk
29 Juni 2022 11:30

10 Fakta Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Elon Musk

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada May 09, 2022

Siapa sih yang tak kenal dengan Elon Musk? Pria dengan nama lengkap Elon Reeve Musk FRS adalah orang terkaya di dunia, entrepreneur, investor, dan business magnate. Dia memiliki keterlibatan dalam menciptakan Paypal, executive officer di Tesla, dan mendirikan perusahaan pesawat luar angkasa SpaceX. Pada tanggal 14 April 2022 Elon Musk telah resmi membeli Twitter dengan harga 44 miliar USD. Adakah di antara kalian yang memiliki rasa penasaran lebih atau ingin mengetahui lebih jauh mengenai sosok orang sukses satu ini? Berikut 10 fakta menarik tentang sosok miliarder, Elon Musk.

10. Menciptakan Video Game Di Usia 12 Tahun

video game

Kita semua tahu bahwa Elon Musk adalah orang yang jenius di bidang teknologi. Dia adalah executive officer dalam mencitpakan mobil listrik, Tesla. Orang pasti mengira-ngira seperti apa Elon Musk pada saat masih kecil. Apakah kejeniusannya sudah terlihat sejak kecil? Ternyata memang Elon Musk kecil memang sudah pintar sedari dini.

Saat usianya masih 12 tahun, Elon Musk ternyata pernah menciptakan sebuah video game. Video game itu diberi nama Blastar. Blastar adalah video game bertemakan pertarungan di luar angkasa. Video game itu lalu dijual dengan nilai 500 USD untuk PC dan Office Technology Magazine. Jadi bisa dibilang kejeniusan dan ketertarikan Elon Musk sudah ada sejak ia kecil.

9. Hampir Menjual Tesla Ke Google

tesla

CEO dari Tesla sudah tak usah ditanya lagi adalah Elon Musk. Tesla merupakan perusahaan automotive asal Amerika yang mendesain dan menciptakan mobil bertenaga listrik. Mobil ciptaan Tesla diklaim ramah lingkungan. Perusahaan yang begitu besar ini ternyata pernah mengalami masalah yang besar.

Tesla pernah terpuruk hingga sang pemilik yaitu Elon Musk pernah terpikir untuk menjualnya. Momen hampir dijual Tesla ini terjadi pada tahun 2013. Dan yang dipredisik akan membeli Tesla adalah Google. Elon Musk mendatangi Larry Page dan menawarkan Page untuk membeli Tesla dengan harga 6 miliar USD. Musk lalu berjanji untuk melakukan investasi sebesar 5 miliar USD untuk ekspansi pabrik.

Kesepakatan tersebut ternyata batal dikarenakan penjualan Tesla Model S mengalami peningkatan.

8. Zip2 Menjadi Bisnis Pertama

zip2

Di dunia bisnis, Elon Musk sudah menjadi pebisnis yang sangat sukses. Bahkan belum lama ia sah menjadi pemilik dari Twitter. Otak bisnis yang dimiliki oleh Elon Musk ternyata sudah  ada sejak ia masih muda. Elon Musk mengawali karirnya di dunia bisnis dengan mendirikan sebuah perusahaan yang dinamakan Zip2.

Buat kalian yang tidak tahu, Zip2 adalah sebuah perusahaan surat kabar yang didirikan oleh Elon Musk. Tapi bukan surat kabar biasa, karena Elon Musk adalah orang yang sangat tertarik dengan teknologi, surat kabar tersebut disertakan juga peta dan business directory. Musk lalu menjual Zip2 dengan harga 307 juta USD ke Compaq.

7. Keluar Dari Universitas Stanford

drop out

Kuliah adalah hal yang penting bagi orang. Di level inilah kita akan mendalami lebih dalam lagi apa yang kita minati. Elon Musk juga pernah menikmati kursi universitas, dan universitas yang ia masuki bukan universitas biasa melainkan Stanford University yang menjadi salah satu universitas terkenal di California.

Elon Musk kuliah di Stanford dan mengambil degree fisika. Sayangnya, Elon Musk tidak menyelesaikan kuliahnya tersebut. Ia hanya bertahan 2 hari saja di Stanford lalu memutuskan untuk keluar. Elon Musk lebih memilih keluar dan mendirikan perusahaan Zip2. Tak sendiri, Musk mendirikan Zip2 ditemani saudaranya yaitu Kimbal.

6. Mendirikan SpaceX Di tahun 2002

spacex

Ketertarikan Elon Musk pada luar angkasa bukan hanya terjadi belakangan ini saja. Ketertarik pada luar angkasa sebenarnya sudah ditunjukkan ketika ia masih kecil. Usia 12 tahun, ia menciptakan sebuah game bernama Blastar. Game tersebut mengambil tema peperangan di luar angkasa. Dan saat dewasa, Elon Musk punya keingingan untuk bisa menjelajah luar angkasa dan kalau bisa, membangun koloni di sebuah planet.

Lalu di tahun 2002, Elon Musk mendirikan sebuah perusahaan SpaceX. SpaceX ini adalah perusahaan yang memiliki fokus dalam menciptakan pesawat luar angkasa. Elon Musk meyakini bahwa Bumi suatu saat akan tidak layak lagi dihuni. Dan salah satu opsinya adalah dengan pindah ke planet. SpaceX ini akan menciptakan pesawat luar angkasa yang nantinya bisa digunakan untuk mengangkut manusia berpindah ke planet lain.

5. Broken Home

broken home

Tidak perlu takut jika kalian adalah anak dari keluarga broken home. Elon Musk yang adalah pebisnis sukses dan jenius juga lahir dari keluarga broken home. Elon Musk lahir di Afrika Selatan dari pasangan Errol dan Maye Musk. Errol Musk adalah seorang engineer sedangkan Maye adalah model dan ahli nutrisi dari Kanada.

Elon Musk tidak begitu mendapatkan perhatian dari orang tuanya. Elon Musk lebih sering diasuh oleh asisten rumah tangga. Errol dan Maye lalu memutuskan untuk bercerai pada tahun 1980. Saudara laki-laki dan perempuannya tinggal bersama Maye. Sedangkan Elon Musk tinggal bersama sang ayah, Errol. Sang ayah, Errol, selain memiliki reputasi kejam karena pernah menembak mati penyusup, Errol adalah seorang engineer yang hebat. Inilah yang diturunkan oleh ayahnya ke Elon Musk.

4. Penuh Kontroversi

kontroversi

Setiap orang kaya pastinya memiliki kontroversi di belakangnya. Elon Musk juga tak bisa melepaskan diri dari kontroversi. Mulai dari setelah ia membeli Twitter, banyak karyawan dari Twitter mulai khawatir dengan Elon Musk yang sah menjadi bosnya. Elon Musk mengatakan akan mengembalikan semua akun Twitter yang pernah diban, termasuk itu adalah akun Twitter dari mantan presiden Amerika, Donald Trump.

Kontroversi lain yang membelenggu Elon Musk adalah dirinya dikatakan sebagai bos yang kejam dan pelit. Ini diungkapkan oleh salah satu karyawannya di Tesla. Karyawan tersebut mengatakan bahwa jam kerja yang tinggi, tidak sebanding dengan gaji yang diterima. Karyawan lain yang juga mengalami hal yang sama, bergabung membentuk aliansi yang memprotes Elon Musk. Berita miring tentang jam kerja yang terlalu tinggi dan gaji kecil tersebut dibantah oleh Elon Musk.

3. Membeli Mobil James Bond Seharga 1 Miliar USD

james bond car

Banyak orang kaya mengaku kolektor dan membeli mobil yang pernah digunakan dalam sejumlah film. Mobil tersebut dibeli dengan harga mahal, diperbaiki, dan dipajang di rumah. Elon Musk juga pernah membeli sebuah mobil yang pernah digunakan dalam film James Bond zaman dulu. Mobil tersebut adalah Lotus Esprit dari film The Spy Who Loved Me.

Yang mengikuti film tersebut pasti tahu bahwa mobil tersebut adalah mobil canggih yang digunakan oleh James Bond. Tidak hanya bisa dikendarai di darat tapi juga di dalam air. Elon Musk membeli mobil tersebut dengan harga 968.000 USD. Mobil tersebut dibeli untuk nantinya dikembangkan untuk memproduksi mobil selam.

2. Membuka Club Malam Untuk Membayar Sewa

nightclub

Tidak semua orang kaya lahir ke dunia dalam kondisi kaya. Elon Musk adalah salah satu dari sekian banyak orang kaya yang lahir ke dunia ini dalam kondisi keuangan yang mengkhawatirkan. Meski Elon Musk tidak kaya, ia masih bisa melanjutkan pendidikan ke tahap universitas. Ia kuliah di University of Pennsylvania.

Ketika masih kuliah di Penssylvania, Elon Musk sempat mengalami krisis keuangan. Agar bisa kuliah, ia berpikir untuk membuka bisnis kecil-kecilan untuk bisa membayar sewa. Musk dan temannya, Andeo Ressi, menyewa sebuah rumah besar dan mengubahnya menjadi sebuah nightclub. Nightclub tersebut mampu menampung hingga 1.000 orang.

Elon Musk sendiri bukanlah tipe orang yang suka menghabiskan waktu dengan minum dan berjoget. Musk lebih sering berada di ruangannya sendiri, bermain video game.

1. Elon Musk Inpirasi Tony Stark

tony stark

Pecinta komik dan film Marvel pasti sudah kenal dengan sosok Tony Stark. Tony Stark adalah ilmuwan dan milarder kaya raya. Tony Stark dengan kepintaran dan uang yang miliki, menciptakan armor khusus yang tahan terhadap senjata dan menamakan dirinya Iron Man. Film pertama Iron Man tayang di tahun 2008 dan disutradarai oleh Jon Favreau.

Sebagai sutradara pastinya membutuhkan sebuah sosok yang bisa menjadi inspirasi untuk Tony Stark. Dari sekian banyak orang kaya dan jenius di Bumi ini, Jon Favreau memilih sosok Elon Musk. Sang aktor pemeran Tony Stark yakni Robert Downey Jr juga sedikit banyak mengikuti gaya dari Elon Musk. Elon Musk sendiri pernah tampil sebagai cameo di film Iron Man 2.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas