home -> Lifestyle -> 10 Tips Mudik Lebaran Agar Aman dan Nyaman
29 Juni 2022 17:23

10 Tips Mudik Lebaran Agar Aman dan Nyaman

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada April 27, 2022

Selama beberapa tahun ini banyak orang tak bisa melakukan mudik ke kampung halaman dikarenakan pandemi yang tak kunjung usai. Kangen? Tentu saja. Untungnya kali ini mudik sudah diperbolehkan dan tentu memberikan kabar gembira pada banyak orang yang memang sudah lama ingin bertemu kangen dengan keluarga di kampung halaman. Mudik kali ini dipastikan akan ramai dan sangat sibuk. Agar mudik menjadi nyaman dan aman, banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum keberangkatan. Berikut ini sejumlah tips mudik lebaran agar nyaman dan aman.

10. Memeriksa Kondisi Kendaraan

service kendaraan

Mudik bisa dengan menggunakan kendaraan apa saja. Kalau kalian yang memilih mudik dengan kendaraan umum mungkin tidak akan begitu dipikirkan tips yang ini. Tapi kalau kalian mudik dengan kendaraan pribadi agar lebih cepat, irit, dan private, bisa menggunakan kendaraan pribadi. Bisa itu menggunakan motor atau mobil.

Sebelum mudik, pastikan kalian sudah memeriksa kondisi kendaraan kalian. Periksa bensin apakah sudah terisi penuh, mengganti oli, radiator, AC, aki, mesin, tekanan angin ban, dan lain sebagainya. Jika terlalu ribet untuk melakukannya sendiri, bisa memeriksakan dan melakukan service kendaraan di bengkel resmi.

9. Menyiapkan Peta

peta

Peta adalah salah satu barang yang wajib ada ketika berkendara. Meski sekarang sudah ada smartphone yang bisa menjadi pengganti peta, tapi tidak menjamin bahwa kita bisa mengakses peta yang ada di smartphone. Kalau smartphone kamu sedang low battery atau sinyal lemah, tentu kamu tak bisa mengakses peta.

Untuk berjaga-jaga, selain peta yang di smartphone, lebih baik membawa peta biasa. Jika sebelum era smartphone selalu dibagikan peta mudik di beberapa pos, di era sekarang sepertinya sudah jarang ada yang membagikan peta mudik gratis. Jadi lebih baik kita mencari dan membeli peta sebelum berangkat mudik.

8. Mengisi Penuh Baterai Gadget

charging smartphone

Tidak mungkin mudik ke kampung halaman jika tidak membawa gadget. Mau itu smartphone dan juga tablet, semua gadget dibawa untuk menemani perjalanan mudik yang panjang dan lama. Kareng fungsi gadget sangat penting, pastikan sebelum bepergian melakukan pengisian daya baterai sampai penuh.

Sangat merepotkan jika harus berhenti untuk melakukan pengisian daya selama perjalanan. Sangat memakan waktu tentunya jika sampai harus numpang mengisi daya. Agar tidak perlu melakukan perhentian yang tidak penting, beli juga adapter charger di kendaraan kalian. Jadi kalian bisa mengisi daya sembari berkendara.

7. Membawa Hiburan Selama Di Perjalanan

hiburan

Melakukan perjalanan panjang pastinya akan membosankan. Butuh sesuatu untuk bisa membuat perjalanan menjadi fun. Kalau kita orang yang sudah dewasa pastinya akan membawa gadget seperti smartphone, tablet, atau gadget lain sebagainya. Alat-alat ini berguna sebagai hiburan selama perjalanan. Bisa buat main, menonton video, dan memutar musik.

Kita yang sudah dewasa sudah bisa mengatasi bagaimana untuk mengusir rasa bosan selama melakukan perjalanan panjang. Tapi bagaimana bagi mereka yang mudik membawa anak kecil? Anak kecil akan lebih sulit untuk ditenangkan jika mereka sampai bosan. Solusinya adalah dengan membawa mainan favorit si kecil agar anak tidak mudah bosan.

6. Bawa Obat-Obatan Khusus

obat

Masing-masing orang memiliki masalah kesehatan sendiri-sendiri. Ada alergi, batuk, pilek, dan yang berhubungan dengan perjalanan jauh adalah mabuk perjalanan. Akan sangat merepotkan dan tidak nyaman jika sampai penyakit ini sampai kambuh di tengah perjalanan. Untuk itulah perlu menjaga kesehatan dengan baik dan tentunya membawa obat selama perjalanan.

Kita tidak pernah tahu masalah kesehatan apa yang bisa datang saat melakukan mudik. Jadi, perlu menyiapkan segala macam obat-obatan yang bisa mendukung kesehatan tubuh selama mudik. Bagi yang alergi bawa obat untuk alergi, bagi yang mudah mabuk perjalanan bawa obat anti mabuk. Bawa dan simpan obat ini di tempat yang mudah untuk dijangkau jika suatu saat penyakitnya kambuh.

5. Istirahat Sebelum Melakukan Perjalanan Panjang

sleep before going

Bahagia bisa bertemu dengan keluarga besar bisa dipahami, tapi jangan biarkan kebahagiaan ini berlangsung terlalu lama dan membuat kalian jadi terlalu semangat dan sampai lupa tidur. Kalian perlu ingat bahwa kalian harus melakukan perjalanan panjang terlebih dahulu sebelum bisa bertemu keluarga. Ini membutuhkan tenaga dan stamina yang banyak.

Agar tubuh tetap sehat dan bertenaga, pastikan untuk mencukupi kebutuhan tidur. Bukannya tidur cukup di H-1 tapi memperbaiki pola tidur dan makan sejak jauh hari sebelum mudik. Ini membuat tubuh memiliki waktu untuk beradaptasi dengan perubahan yang cepat ini. Melakukan perjalanan jauh dalam waktu yang lama sangat menguras tenaga, jadi pastikan kalian dalam kondisi fit.

4. Membawa Pakaian Penting dan Seperlunya

pakaian

Berencana mudik ke kampung halaman akan memerlukan pakaian yang banyak. Bukan cuma pakaian yang dipakai selama melakukan perjalanan tapi juga pakaian selama berkumpul bersama keluarga di kampung halaman tercinta. Banyak orang mungkin akan mengambil jalan singkat dengan membawa pakaian yang banyak ke dalam koper, tapi sebaiknya ini tidak dilakukan.

Bijaklah dalam mengenakan dan membawa pakaian selama mudik. Gunakan pakaian yang senyaman mungkin selama di perjalanan. Lalu perhitungkan juga mau berapa lama tinggal di kampung halaman. Bawalah pakaian yang sekiranya penting dan dalam jumlah yang seperlunya. Ini dilakukan agar tidak memenuhi bagasi kendaraan dengan barang yang tidak penting.

3. Menyiapkan Uang Cash dan E-Money

cash dan e-money

Tidak mungkin mudik jika tidak membawa uang. Bagaimana nanti jika harus berhenti di restoran dan membeli makanan? Atau kendaraan harus diisi bensin, pasti momen-momen ini membutuhkan uang untuk membayar. Dan karena kemajuan teknologi, sekarang uang bukan cuma dalam bentuk cash tapi juga digital yang sekarang disebut dengan e-money.

Ketika memutuskan untuk melakukan mudik, alangkah baiknya tidak hanya membawa uang cash saja tapi juga e-money. Bawa uang cash secukupnya jika memang ada momen untuk membayar dengan uang cash. Tapi jangan lupa juga isi e-money dengan jumlah yang cukup untuk membayar sesuatu yang memang harus dibayar dengan cara online.

2. Menentukan Jalur

route

Meski sudah terbiasa mudik, bukan berarti tidak menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk mudik. Jika sebelumnya sudah dijelaskan betapa pentingnya membawa peta, baik itu peta di smartphone atau juga peta biasa, kita juga harus menentukan rute mana yang harus dipilih. Tentukan rute mana yang paling cepat, aman, dan titik-titik penting untuk istirahat dan pom bensin.

Tidak bisa langsung memilih rute tercepat jika jalan yang dilalui tidak aman dan juga minim tempat peristirahatan dan pom bensin. Pemilihan rute ini bisa memakan waktu yang lama karena setiap hari bisa saja ada peristiwa terjadi yang bisa mempengaruhi jalan yang akan dilalui. Makanya selalu ikuti berita terbaru sembari memeriksa kembali rute yang akan dilalui. Apakah rutenya sudah tepat dan aman atau belum.

1. Istirahat Ketika Merasa Lelah

rest area

Tips mudik terakhir yang tidak kalah penting adalah istirahat kalau sudah capek. Seringkali orang yang mudik enggan untuk berhenti untuk istirahat meski sudah capek dan ngantuk. Di dalam pikirannya, lebih baik tetap melanjutkan perjalanan tanpa henti agar bisa cepat sampai di tujuan dan punya waktu liburan yang lebih lama. Padahal ini sangatlah berbahaya.

Jika memang sudah capek dan ngantuk, tidak ada salahnya untuk berhenti di rest area. Istirahat sampai tubuh sudah tidak capek lagi dan rasa ngantuk hilang. Berkendara dalam kondisi capek dan ngantuk tidak hanya bisa membahayakan diri sendiri tapi juga penumpang yang ikut serta dalam perjalanan. Jangan korbankan keselamatan hanya supaya cepat sampai di tujuan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas