home -> Lifestyle -> 10 Benda Yang Wajib Dimiliki Anak Motor
03 Oktober 2022 22:16

10 Benda Yang Wajib Dimiliki Anak Motor

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada April 22, 2022

Motor dulu hanya jadi sebuah kendaraan yang digunakan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Motor menjadi favorit karena harganya lebih murah dari mobil, cepat, irit, biaya perawatan, serta pajaknya jauh lebih murah daripada mobil. Sekarang, motor fungsinya bertambah menjadi gaya. Sudah banyak orang yang menggunakan suatu motor, berkumpul dengan sesama pengguna motor sejenis lalu membentuk komunitas. Anak motor pasti paham istilah sunmori dan satmori. Satmori adalah Saturday Morning Ride sedangkan sunmori adalah Sunday Morning Ride, sebuah momen berkumpulnya anak-anak motor. Menjadi anak motor tentu harus dilengkapi dengan sejumlah benda. Benda ini jelas bukan cuma gaya-gayaan tapi ada fungsinya. Apa saja benda yang wajib dimiliki oleh anak motor?

10. Tas

riding bag

Memang ada orang yang mengatakan bahwa membawa tas ketika naik motor itu merepotkan. Tapi percayalah, membawa tas saat naik motor itu sangatlah berguna. Tas riding bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam perlengkapan yang dibutuhkan saat naik motor. Mau itu toolkit, jas hujan, charger, dan lain sebagainya.

Mereka yang menggunakan motor yang tidak memiliki bagasi tentu akan membutuhkan tas ini. Semakin banyak barang bawaan yang dibawa, maka tasnya akan semakin besar. Berbeda cerita kalau motor yang digunakan memang memiliki bagasi dengan kapasitas yang besar. Biasanya jarang orang akan membawa tas.

9. Phone Holder

phone holder

Pernahkah kalian mengalami yang namanya tersesat? Ingin pergi ke suatu tempat tapi tidak tahu arahnya lalu tersesat di suatu tempat bukanlah hal yang baru. Motoran sendiri atau bersama teman juga bisa terjadi yang namanya tersesat. Jika sudah tersesat maka akan merepotkan karena harus berhenti menanyakan jalan pada orang sekitar atau buka smartphone untuk melihat peta.

Jika terus-terusan berhenti untuk membuka peta pasti akan membuang-buang waktu. Alangkah baiknya kalian menyiapkan yang namanya phone holder. Phone holder berguna sebagai tempat menaruh smartphone saat berkendara. Dengan adanya phone holder, kalian tidak perlu lagi berhenti di pinggir jalan untuk membuka handphone. Cukup taruh handphone di phone holder dan kalian bisa melihat peta sembari tetap berkendara.

8. Toolkit

toolkit

Bukan anak motor namanya kalau tidak punya perlengkapan toolkit motor. Tidak perlu toolkit yang sangat lengkap, cukup beberapa toolkit standard yang perlu kalian miliki dan tentunya bawa saat berkendara. Jadi ketika ada masalah pada motor, dengan toolkit yang dibawa, kalian bisa menyelesaikan masalah sendiri.

Kenapa harus punya dan bawa toolkit sederhana saat berkendara? Namanya motor, kita tidak kapan motor kita akan mengalami masalah. Kita juga tidak tahu apakah di daerah kita berkendara akan ada bengkel atau tidak. Jadi, akan jauh lebih aman jika membawa perlengkapan toolkit standard motor. Misal jika ada baut yang kurang kencang, bisa dikencangkan menggunakan toolkit yang sesuai.

7. Jas Hujan

raincoat

Indonesia hanya memiliki dua musim yakni musim panas dan hujan. Kalau anak motor tentunya sangat suka dengan cuaca cerah. Cuaca cerah membuat kita tidak takut dengan genangan air yang tentunya tak perlu mencuci motor setelah berkumpul dengan sesama anak motor lain. Tapi jika hujan turun, inilah yang menjadi masalah.

Riding di saat hujan bisa membuat pakaian menjadi basah. Agar tetap bisa motoran tanpa takut basah, perlu yang namanya jas hujan. Sudah tahu Indonesia hanya memiliki dua musim yakni panas dan hujan, masa iya kita tidak mempersiapkan jas hujan? Apalagi mengingat cuaca tidak bisa ditebak, siang terik bisa saja hujan turun secara tiba-tiba.

6. Intercom

intercom

Dulu memang tidak kenal dengan yang namanya intercom. Tapi sekarang, zaman sudah semakin maju, teknologi juga makin canggih, munculah sebuah benda yang dinamakan intercom. Apa sih intercom itu? Intercom adalah alat yang digunakan oleh sesama rider untuk berkomunikasi dengan rider lainnya.

Intercom biasanya dipasang di samping helm. Jadi jika kalian melihat ada anak motor yang di samping helmnya ada alat yang besar dan menonjol, itulah intercom. Intercom sekarang menjadi alat yang wajib dimiliki oleh anak motor. Tidak hanya untuk berkomunikasi dengan sesama rider, intercom juga bisa digunakan untuk mendengarkan musik, menjawab panggilan telepon, dan mendengar petunjuk dari GPS.

5. Action Cam

action cam

Tahun 2010an, era motovlogger sedang naik daun. Motovlogger adalah sebutan bagi orang yang berkendara naik motor dan merekam setiap momennya saat berkendara. Untuk merekam momen saat berkendara dibutuhkan sebuah alat yang dinamakan action cam. Action cam bisa diletakkan di motor atau juga helm.

Jika kalian mencari action cam di online shop, kalian bisa menemukan berbagai macam merk action cam dengan harga yang bervariasi. Pastikan kalian mencari tahu terlebih dahulu perihal action cam mana yang ingin dibeli. Jika budget masih tipis, bisa diakali dengan merekam menggunakan smartphone. Tak hanya sekedar mereka momen berkendara, tapi action cam juga berguna sebagai barang bukti jika suatu saat terjadi kejadian yang tidak diinginkan di jalan.

4. Sepatu

riding shoes

Yang namanya naik motor pastinya membutuhkan perlindungan yang lengkap dan aman. Kenapa harus lengkap? Perlu diingat bahwa motor berbeda dengan mobil. Hanya butuh sedikit senggolan saja bisa membuat motor hilang kendali dan jatuh. Jika sudah jatuh, maka sang pengendara motor bisa mengalami luka.

Salah satu perlingdungan wajib yang dimiliki oleh anak motor adalah sepatu. Mau itu menaiki motor matic atau motor sport, pastikan menggunakan sepatu yang layak. Sepatu yang layak harus bisa menutupi hingga mata kaki. Dengan menggunakan sepatu yang layak maka bisa memperkecil kemungkinan terjadinya cidera parah pada kaki.

3. Sarung Tangan

riding gloves

Sepatu bukanlah satu-satunya perlengkapan pelindung yang wajib dimiliki oleh anak motor. Masih ada beberapa alat pelindung lain yang juga wajib dimiliki. Yang kali ini adalah sarung tangan. Sarung tangan berguna untuk melindungi tangan apabila terjadi kecelakaan. Jadi ketika terjadi gesekan dengan aspal, tangan tidak mengalami luka yang parah.

Selain melindungi tangan saat terjadi kecelakaan, sarung tangan juga bisa membuat grip pada stang motor jadi lebih enak. Apabila melakukan perjalanan jarak jauh dalam cuaca dingin, sarung tangan bisa membuat tangan tetap hangat. Carilah sarung tangan yang sesuai dengan ukuran tangan dan phone sensitive supaya tak perlu repot buka sarung tangan untuk mengakses handphone.

2. Jaket

riding jacket

Lanjut dari sarung tangan ke jaket. Termasuk sebagai alat pelindung juga saat bermotoran, jaket memiliki fungsi yang sangat banyak. Mulai dari menutupi tubuh agar jika jatuh tidak mengalami luka berat, tetap membuat tubuh hangat, dan melindungi diri dari terpaan angin yang kencang. Bahkan sekarang ini jaket malah berguna sebagai alat fashion bagi anak motor.

Ada banyak merk jaket berkualitas di internet. Pastikan yang kalian cari memang betul jaket untuk motor, Jaket untuk naik motor biasanya dibuat dari bahan khusus yang bisa tahan terhadap gesekan dan panas. Ditambah lagi biasanya jaket motor terdapat pelindung di sejumlah bagian tubuh seperti bahu, lengan, dan dada. Biasanya semakin bagus kualitas jaket akan semakin mahal juga harganya.

1. Helm

helmet

Alat pelindung terakhir yang wajib dipakai saat naik motor adalah helm. Di Indonesia, kesadaran para pemotor untuk menggunakan helm sepertinya masih kurang. Padahal helm sangat berguna untuk melindungi kepala jika terjadi kecelakaan. Mereka yang cuek, lebih memilih naik motor ke tempat yang mereka mau tanpa menggunakan helm.

Mau jarak dekat atau jauh, menggunakan helm adalah hal yang wajib. Gunakannya helm untuk alasan keselamatan. Tapi ada juga orang yang menggunakan helm hanya alasan takut ditilang polisi. Jika tidak ada polisi, maka malas menggunakan helm. Bisa membeli motor yang begitu mahal, tapi kenapa tidak bisa membeli helm yang harganya ratusan ribu. Padahal ini mengenai keselamatan diri sendiri.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas