home -> Lifestyle -> 10 Mitos Salah Tentang Kesehatan Yang Banyak Diper...
09 Agustus 2022 19:56

10 Mitos Salah Tentang Kesehatan Yang Banyak Dipercaya Orang

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada April 19, 2022

Semua orang sekarang menjadi perduli dengan yang namanya kesehatan semenjak pandemi muncul. Menjaga kesehatan diri bisa dengan istirahat cukup, olahraga teratur, dan makan makanan yang bergizi. Informasi lebih lengkapnya bisa dicari di internet dengan membaca artikel di suatu website. Tapi membaca juga tidak bisa asal-asalan karena tidak semua informasi yang ada di internet itu informasi yang benar. Bisa saja itu adalah informasi palsu atau hoax atau hanya mitos. Perlu diketahui bahwa ada banyak mitos yang salah seputar dunia kesehatan yang sebaiknya tidak dipercaya begitu saja. Inilah mitos salah tentang dunia kesehatan yang perlu kalian ketahui.

10. Olahraga Malam Hari Bisa Membuat Susah Tidur

workout

Olahraga menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Dengan berolahraga, maka imunitas tubuh bisa meningkat sehingga tubuh bisa lebih kuat ketika ada virus atau bakteri menyerang. Olahraga bisa dilakukan kapan saja, mau itu pagi, siang, sore, atau malam juga boleh. Lalu bagaimana dengan orang yang mengatakan bahwa olahraga malam tidak boleh dilakukan?

Ada anggapan bahwa olahraga malam bisa membuat orang jadi susah tidur. Benarkah demikian? Ternyata tidak. Memang ada orang yang jika melakukan olahraga di malam hari malah menjadi segar dan sulit tidur. Tapi ada juga orang yang justru setelah olahraga malah merasa relax dan bisa tidur dengan cepat. Ketahui kalian tipe orang yang mana sebelum melakukan olahraga malam. Kalau ternyata kalian bisa langsung tidur setelah melakukan olahraga di malam hari, ya berarti itu bukanlah masalah.

9. Rutin Berolahraga Membuat Bebas Makan Apa Saja

bebas makan

Kalian yang berolahraga pasti setidaknya pernah mendengar orang yang mengatakan bahwa kalau olahraga itu bisa membuat orang makan dengan bebas. Mendengar ini jelas membuat banyak orang senang, karena dengan makan apa saja, mereka tidak perlu takut untuk naik berat badannya karena nanti bisa ditebus dengan olahraga.

Ini jelas adalah mitos salah yang harus dihentikan. Untuk mencapai berat badan yang diinginkan dan tubuh yang sehat, tidak hanya harus melakukan olahraga saja. Kita juga harus menyeimbangkannya dengan pola makan yang tepat. Kalau olahraga digabung dengan makan seenaknya, maka percuma saja olahraga yang dilakukan. Jangan kaget kalau ternyata berat badan malah menjadi naik.

8. Mengangkat Beban Berat Bisa Membuat Wanita Berotot Seperti Pria

woman workout

Ada banyak macam olahraga yang bisa dilakukan. Jadi sebenarnya tidak ada alasan untuk tidak suka olahraga dan malas melakukannya. Ada salah satu jenis olahraga yang efektif untuk menaikan massa otot yaitu angkat beban. Dengan mengangkat beban atau istilahnya ngegym, maka lemak bisa turun sementara massa otot naik. Membuat tubuh tidak hanya langsing tapi juga berisi.

Sayangnya, olahraga angkat beban juga tak lepas dari mitos. Mitos yang paling sering didengar adalah wanita yang mengangkat beban bisa memiliki tubuh kekar layaknya pria. Perlu diingat bahwa mau mengangkat beban seberat apa pun, wanita tidak akan bisa sekekar pria. Ini karena tubuh pria dan wanita berbeda. Hormon yang mendukung pembentukan otot yakni testosteron yang berbeda juga membuat wanita tidak bisa menjadi kekar seperti pria.

7. Olahraga Setiap Hari Agar Sehat

olahraga setiap hari

Memiliki target memiliki tubuh yang kuat dan sehat adalah target banyak orang. Terkadang untuk mencapai target tersebut, orang sampai melakukan olahraga setiap hari. Apalagi ditambah quote-quote yang mengatakan bahwa olahraga setiap hari agar cepat mencapai target yang diingikan dan juga tak ada istilah yang namanya overtraining membuat orang lupa diri dan melakukan olahraga setiap hari.

Melakukan olahraga rutin memang bisa membuat sehat dan berat badan yang diinginkan tercapai. Tapi bukan berarti bisa melakukan olahraga setiap hari. Tubuh juga butuh yang namanya istirahat. Terus menerus olahraga malah membuat tubuh lelah. Kurangnya istirahat malah membuat perkembangan menjadi lambat atau malah tidak ada perkembangan sama sekali. Bahkan malah bisa mengakibatkan cidera.

6. Makan Malam Menyebabkan Berat Badan Naik

eating at night

Satu lagi mitos yang mengatakan bahwa makan malam bisa membuat berat badan naik. Kalian semua pasti pernah mendengar hal ini bukan? Jam 8 atau 9 malam adalah batasan untuk makan malam. Lewat dari jam tersebut tidak disarankan untuk dimakan. Hal ini sebenarnya tidak begitu tepat dan harus dipikir ulang.

Makan malam dengan menu makan yang berat seperti fast food, goreng-gorengan, dan karbohidrat yang besar memang tidak sehat. Makan makanan tersebut malah bisa membuat tubuh cepat lelah, ngantuk, lalu tidur. Terus dilakukan malah bisa membuat berat badan naik. Tapi jika memilih makanan lain seperti salad atau buah-buahan, jauh lebih aman untuk dikonsumsi meski sudah lewat malam.

5. Energy Drink Bisa Meningkatkan Performa

energy drink

Ada banyak minuman yang menurut iklan bisa meningkatkan performa saat berolahraga. Energy drink atau minuman energi bisa kalian temukan di mana saja dan harganya sangat terjangkau. Minum satu-dua kaleng maka olahraga jadi lebih semangat sehingga bisa membakar kalori lebih banyak lagi.

Meski di komposisinya tertulis banyak vitamin dan zat yang kita tak familiar mendengarnya, bukan pilihan yang bijak untuk mengkonsumsi minuman energi. Minuman energi adalah minuman buatan, daripada minum minuman energi, kenapa tidak mengalihkan pilihan ke kopi yang lebih aman? Kafein di dalam energy drink juga ada di kopi yang dimana kafein ini bisa meningkatkan performa saat berolahraga.

4. Membunyikan Persendian Bisa Menyebabkan Arthritis

cracking knuckles

Adakah di antara kalian yang hobi membunyikan sendi di tangan atau sendi lain di tubuh? Membunyikan sendi sampai terdengar suara "krek" benar-benar terdengar enak di telinga dan juga membuat lega di sendi yang dibunyikan. Tapi ternyata ada informasi yang mengatakan bahwa membunyikan sendi adalah hal yang berbahaya dan bisa menyebabkan arthritis.

Arthritis adalah peradangan pada salah satu atau lebih sendi, menyebabkan nyeri dan kekakuan yang dapat memburuk seiring usia. Membunyikan sendi selalu dihubungkan dengan arthritis ini. Ternyata membunyikan sendi tidak menyebabkan arthritis. Bunyi tersebut disebabkan oleh gelembung gas yang terbentuk di antara tulang lalu berbunyi "krek" saat membunyikan sendi.

3. Menahan Lapar Untuk Menurunkan Berat Badan

tahan lapar

Ada banyak cara yang orang lakukan untuk menurunkan berat badan. Salah satunya adalah dengan menahan lapar. Dengan tidak makan dalam jangka waktu yang lama tentunya akan membuat perut lapar. Lapar adalah tanda yang ditunjukan oleh tubuh menandakan perut kosong dan butuh asupan makanan. Baru nanti makanan yang dimakan akan diolah menjadi energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas.

Menahan lapar dipercaya oleh banyak orang bisa membuat berat badan jadi turun. Memang benar karena dengan tidak makan dalam waktu yang lama akan membuat berat badan turun. Tapi mau seberapa sering dan lama kalian menahan lapar? Menahan lapar dalam jangka waktu yang lama malah membuat kalian semakin lapar dan lemas. Ketika jam makan tiba, kalian malah bisa kalap dan makan dalam jumlah yang besar. Ujung-ujungnya berat badan malah naik juga.

2. Gula Menyebabkan Anak Jadi Hyperactive

sugar

Pernahkah kalian ketika kecil dilarang oleh orang tua untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung gula? Ketika ditanya apa alasannya, banyak alasan yang diberikan mulai dari gigi rusak, diabetes, dan hyperactive. Sakit gigi dan diabetes memang benar bisa disebabkan dari makanan manis, tapi kalau hyperactive?

Hyperactive adalah kondisi anak yang tidak bisa diam. Anak yang hyperactive cenderung akan berlari kesana-kemari dan senang bermain karena kelebihan energi. Banyak orang tua zaman dulu yang percaya bahwa kondisi hyperactive ini disebabkan karena terlalu banyak makan gula. Padahal gula bukan penyebab anak menjadi hyperactive.

1. Sarapan Untuk Menurunkan Berat Badan

breakfast

Sarapan dipercaya oleh banyak orang menjadi salah satu faktor penentu berat badan turun. Dengan sarapan, maka membuat seseorang jadi tidak terlalu lapar. Dengan kondisi yang tidak terlalu lapar maka memperkecil kemungkinan makan dalam jumlah banyak saat jam makan siang tiba. Terdengar masuk akal bukan?

Ternyata ini tidak 100% benar. Ada juga orang yang tidak melakukan sarapan dan tidak kelebihan makan di saat jam makan siang. Hasilnya, mereka tetap bisa menurunkan berat badan. Ini seperti mitos yang mengatakan bahwa olahraga malam tidak bagus karena bisa membuat susah tidur. Melewatkan sarapan tidak sepenuhnya salah karena ada orang berat badannya berhasil turun. Yang terpenting bisa menjaga porsi makan di jam berikutnya.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas