home -> Lifestyle -> 10 Obat Alami Untuk Meredakan Sakit Tenggorokan
17 Mei 2022 01:09

10 Obat Alami Untuk Meredakan Sakit Tenggorokan

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada April 12, 2022

Sakit tenggorokan membuat tenggorokan tak hanya terasa saki, tapi juga akan terasa gatal dan iritasi. Jika sudah sakit tenggorokan maka efeknya akan sulit untuk menelan makanan dan juga minuman. Perlu diobati dengan segera agar tidak mengganggu saat istirahat dan makan. Ada sejumlah bahan alami yang bisa digunakan untuk meredakan sakit yang mengganggu tenggorokan. Inilah bahan alami yang bisa kalian pakai.

10. Coconut Oil

coconut oil

Minyak kelapa sudah diketahui dari zaman dulu memiliki manfaat kesehatan yang banyak dan luar biasa. Dari penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil dimana minyak kelapa efektif untuk melawan infeksi bakteri dan mengurangi inflamasi. Jelas saja ini bisa membuat tenggorokan lega dan cepat sembuh dari radang.

Minyak kelapa diketahui bisa melegakan tenggorokan dengan membantu dahak menjadi encer sehingga bisa dikeluarkan dengan mudah. Sejumlah ide yang bisa digunakan untuk mengkonsumsi minyak kelapa seperti mencampurkannya dengan teh panas atau coklat panas. Bisa juga dicampurkan ke dalam sup atau langsung ditelan.

9. Ginger Root Tea

ginger root tea

Indonesia terkenal akan rempah-rempah. Rempah-rempah tidak hanya bisa digunakan sebagai bumbu masak tapi juga obat herbal. Salah satu rempah-rempah yang sangat favorit dan mudah ditemukan adalah jahe. Manfaat kesehatan yang diberikan dari jahe sudah tidak perlu diragukan. Makanya ada banyak obat buatan yang menggunakan jahe sebagai komposisinya.

Tapi lebih baik menggunakan jahe alami untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Jahe sangat bagus untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Anti bakteri dan anti inflamasi dari jahe sangat efektif untuk melegakan sakit tenggorokan. Bisa kalian olah jadi jus atau teh, minum secara rutin agar sakit tenggorokan cepat sembuh.

8. Air Lemon

lemon water

Tidak perlu takut dan panik ketika mengalami sakit tenggorokan. Ada banyak bahan alami dan sederhana yang bisa digunakan sebagai remedi atau obat. Air lemon adalah salah satu obat alami  yang dimaksud. Jika stok cadangan lemon di rumah habis, bisa mencarinya dengan pergi ke pasar atau supermarket.

Lemon adalah salah satu buah yang tinggi akan vitamin C. Seperti yang sudah banyak orang tahu bahwa vitamin C bisa meningkatkan imun tubuh. Makan lemon atau meminum air perasan lemon bisa membuat sakit tenggorokan jadi sembuh. Sifat antioksidannya bisa melawan inflamasi dan meredakan stres. Kombinasikan air lemon dengan air hangat, madu, atau air garam untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

7. Peppermint

Peppermint

Pernahkah kalian memiliki masalah dengan yang namanya bau mulut? Bau mulut bisa membuat kepercayaan diri seseorang luntur. Tentu tidak akan percaya diri jika berbicara dengan orang dalam kondisi mulut yang mengeluarkan bau tak sedap. Apalagi jika berbicara dengan gebetan atau pacar, malunya bisa tak terobati.

Salah satu cara untuk mengatasi bau mulut adalah dengan menggunakan daun peppermint. Tahukah kalian bahwa daun peppermint juga bisa digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan? Daun peppermint mengandung menthol, menthol ini yang bisa membantu mengencerkan lendir serta meredakan sakit tenggorkan dan batuk. Campurkan minyak peppermint dengan minyak esensial lain agar sakit tenggorokan hilang.

6. Fenugreek

Fenugreek

Sakit tenggorokan memang tidak mengenakan, mau makan dan minum rasanya tidak nyaman dan sakit. Untuk mengobatinya kalian bisa menggunakan fenugreek. Fenugreek adalah salah satu bahan alami yang biasa digunakan sebagai obat herbal. Fenugreek atau klabet ini juga termasuk dalam golongan rempah-rempah.

Tidak perlu pusing dengan cara mengkonsumsi fenugreek. Kalian bisa menemukan fenugreek dalam berbagai macam bentuk. Mulai dari bentuk biji, topical oil, dan juga teh. Efek sehat dari fenugreek bisa melegakan tenggorokan. Bakteri yang menyebabkan iritasi atau inflamasi bisa disingkirkan dengan mengkonsumsi fenugreek.

5. Bawang Putih

garlic

Setiap orang pasti ada menyimpan bawang putih di rumahnya. Bawang putih adalah satu dari sekian banyak bumbu yang bermanfaat untuk membuat masakan menjadi enak. Fungsi lain dari bawang putih adalah sebagai obat herbal. Bawang putih memiliki sifat anti bakterial yang berguna untuk melawan berbagai macam bakteri.

Sakit tenggorokan biasanya disebabkan oleh infeksi bakter. Gunakan bawang putih ini untuk melawan bakter penyebab sakit tenggorokan. Allicin yang terkandung dalam bawang putih inilah yang berperan penting dalam hal melawan bakteri. Memakan bawang putih secara rutin bisa membuat sakit tenggorokan reda dan mencegah terserang flu.

4. Apple Cider Vinegar

Apple Cider Vinegar

Apple cider vinegar adalah obat alami untuk melawan bakteri. Ini membuat apple cider vinegar sangat efektif untuk melawan infeksi. Cuka apel memiliki sifat asam yang bisa membantu mengencerkan lendir yang hinggap di tenggorokan. Sifat anti bakterialnya membuat bakteri tidak bisa menyebar ke area lain.

Jika suatu saat kalian mengalami sakit tenggorokan, kalian bisa menggunakan apple cider vinegar sebagai obat. Cukup campurkan 1 sampai 2 sendok makan apple civer vinegar ke dalam segelas air hangat. Minum sampai habis lalu ulangi setiap jam. Jangan lupa untuk tetap minum air putih yang cukup selama selang waktu tersebut.

3. Chamomile Tea

chamomile tea

Teh, minuman dengan sejuta manfaat kesehatan ini wajib kalian coba jika ingin tenggorokan kalian lega. Teh telah lama dimanfaatkan sebagai minuman menyehatkan dan juga bisa membantu dalam hal diet. Dari sekian banyak manfaat kesehatan yang didapat, salah satunya adalah untuk mengobati sakit tenggorokan.

Teh yang bisa dicoba adalah teh chamomile. Seperti kebanyakan teh, teh chamomile memiliki manfaat sebagai anti-inflamasi dan anti oksidan. Tenggorokan sakit adalah salah gejala dari flu, hal ini bisa diredakan dengan meminum teh chamomile. Teh chamomile bisa meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan infeksi yang menyebabkan tenggorokan sakit.

2. Air Garam

salt water

Tidak mungkin ada orang yang tidak menyimpan garam di dapurnya. Garam adalah salah satu bumbu masak yang sangat krusial yang bisa membuat masakan menjadi gurih. Jadi, sudah pasti setiap orang punya cadangan garam. Selain bisa digunakan untuk menyedapkan makanan, garam juga bisa membuat tenggorokan lega saat terjadi radang.

Ambil setengah sendok teh garam lalu campurkan ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga rata lalu minum sampai habis. Air garam bisa melegakan tenggorokan yang sakit. Jangan lupa kumur-kumur dengan air galam untuk mencegah pembengkakan dan membuat tenggorokan bersih. Lakukan setiap 3 jam atau lebih agar tenggorokan cepat sembuh.

1. Madu

honey

Tidak perlu langsung mencari obat ke apotek untuk meredakan sakit tenggorokan. Madu bisa kalian jadikan salah satu pilihan untuk mengobati tenggorokan. Madu mudah ditemukan baik itu di supermarket bahkan di pasar juga ada banyak yang menjual hasil produksi dari lebah ini. Rasanya enak, manis, dan melegakan.

Kalian bisa langsung meminum madu untuk meredakan tenggorokan yang sakit. Minum di malam hari agar tenggorokan terasa lebih lega sehingga tidur bisa lebih nyenyak. Madu juga bisa dicampurkan dengan teh. Kombinasi madu dengan teh tentu saja akan semakin mempercepat penyembuhan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas