home -> Lifestyle -> 10 Manfaat Makan Makanan Pedas Untuk Kesehatan
17 Mei 2022 01:20

10 Manfaat Makan Makanan Pedas Untuk Kesehatan

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada April 11, 2022

Rasa pedas bisa didapat tidak hanya dari cabai saja tapi juga makanan lain seperti rempah-rempah. Rasa pedas bisa dikatakan sangat membantu dalam meningkatkan rasa suatu makanan. Anggapan itu mungkin dikatakan oleh mereka yang suka pedas tentunya. Tapi bagi yang tidak suka pedas akan mengatakan hal lain. Selain menambah rasa, apakah ada manfaat yang didapat untuk kesehatan jika makan makanan pedas? Tentu saja ada. Inilah beberapa manfaat kesehatan yang didapat jika memakan makanan pedas.

10. Anti Inflamasi

inflammation food

Inflamasi adalah reaksi kekebalan alami yang dimiliki tubuh untuk melawan berbagai serangan penyakit. Ketika tubuh mengalami infeksi, panas, cedera, atau terkena racun, inflamasi ini akan melawannya. Jika terjadi inflamasi berlebihan, maka efeknya akan buruk. Sel inflamasi bisa memicu bengkak pada area tubuh yang mengalami kerusakan dan rasa nyeri.

Untuk mencegah inflamasi atau peradangan yang akut ini, bisa dicoba dengan mengkonsumsi turmeric. Turmeric adalah salah satu jenis rempah-rempah yang memiliki rasa pedas. Ada juga jahe dan kunyit yang juga dikenal sebagai obat alami anti inflamasi. Ketiga makanan ini telah lama digunakan untuk menyembuhkan masalah arthritis, auto imun, sakit kepala, dan mual.

9. Memperpanjang Umur

longevity

Jika ditanya siapa yang ingin memiliki umur panjang, mungkin semuanya akan menjawab mau. Ada banyak orang yang ingin memiliki usia panjang, tapi apa yang dilakukannya justru malah membuat kesehatan mereka terganggu. Begadang, merokok, mabuk-mabukan, makan fast food rutin adalah beberapa hal yang bisa membuat kesehatan terganggu dan bisa saja membuat usia pendek.

Ada salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa memiliki umur panjang. Caranya adalah dengan makanan cabai. Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health dan Chinese Academy of Medical Sciences, mereka melakukan penelitian terhadap 500 partisipan. Partisipan ini mengkonsumsi makanan pedas selama lebih dari 5 tahun. Dan hasilnya, mereka yang makanan makanan pedas 6 sampai 7 kali seminggu memiliki 14% lebih rendah untuk meninggal di usia muda.

8. Melegakan Hidung Tersumbat

Congestion Relief

Memiliki masalah dengan hidung pastinya tidak menyenangkan. Hidung tersumbat karena flu membuat bernafas menjadi sangat sulit. Jika sudah tersumbat parah, mau tidak mau harus bernafas menggunakan mulut. Jika hidung tersumbat terjadi di malam hari maka akan membuat kita sulit untuk tidur. Besok harinya bukan cuma hidup yang tersumbat tapi kepala pusing dan capek karena kurang tidur.

Selain bisa disembuhkan dengan obat, ada cara alami yang mudah dilakukan untuk bisa meredakan hidung tersumbat. Caranya adalah dengan makan makanan pedas. Makanan pedas memiliki kandungan capsaicin, capsaicin ini yang dapat membantu melegakan hidung yang tersumbat. Jika tidak begitu suka pedas tapi sudah kesal dengan masalah hidung tersumbat, bisa menggunakan sedikit cabai untuk melegakan hidung.

7. Menurunkan Resiko Diabetes

diabetes

Dulu, penyakit diabetes lebih sering menyerang mereka yang sudah berusia tua. Sekarang, diabetes banyak diderita oleh mereka yang berusia muda. Gaya hidup yang tidak sehat seperti terlalu banyak makanan yang manis ditambah dengan malas bergerak membuat mereka terserang diabetes. Tepatnya diabetes tipe 2.

Aktif bergerak dan mengontrol apa yang masuk ke dalam mulut menjadi cara untuk mencegah terserang diabetes. Makanan makanan yang sehat bisa membantu menurunkan resiko terserang diabetes. Dan makanan yang mengandung pedas ternyata bisa membuat kalian sulit terserang diabetes. Makan cabai secara teratur bisa mengurangi kebutuhan insulin tubuh dan bisa mengurani resiko terkena diabetes tipe 2.

6. Mengurangi Stres

stress

Jangan pernah mengejek orang yang sedang mengalami stres. Kita tidak tahu apa yang mereka hadapi sehingga membuat mereka stres. Lagi pula, bisa saja suatu saat nanti kita yang akan merasa stres. Jika sudah stres, dari mood hingga kesehatan bisa terganggu. Mencari pemicu stres perlu dilakukan sebagai bentuk pencegahan. Tapi jika sudah sampai terkena, harus mencari jalan keluarnya.

Bagi kalian yang sudah pernah merasakan stres dan tidak mau mengalaminya lagi atau menguranginya, bisa dengan memilih makanan yang tepat. Mungkin kalian bisa memasukan cabai ke dalam makanan kalian. Ketika seseorang makan makanan pedas, rasa pedasnya bisa merangsang tubuh untuk memproduksi hormon yang bisa membuat bahagia, contohnya adalah serotonin. Serotonin ini membantu untuk memblok rasa sakit dari makanan pedas dan membantu meredakan stres.

5. Menurunkan Tekanan Darah

blood pressure

Apakah kalian kenal dengan istilah hipertensi? Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi dimana seseorang memiliki tekanan darah yang berada di ambang batas. Jika tidak mendapat penanganan yang tepat, hipertensi bisa berujung dengan penyakit serius seperti gagal jantung, penyakit ginjal, dan stroke.

Tentu tidak mau kan di usia muda sudah memiliki masalah dengan hipertensi. Untuk mencegahnya, kita bisa dengan mengkonsumsi cabai atau makanan pedas lainnya. Makan makanan pedas bisa meningkatkan suhu tubuh serta meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Vitamin A dan vitamin C nya bisa membantu kekuatan otot dinding jantung.

4. Anti Kanker

cancer

Karsinogen adalah pemicu yang bisa memunculkan penyakit kanker. Karsinogen tidak terbatas pada zat berbahaya saja tapi bisa juga dari makanan, bahan kimia, virus, dan obat-obatan tertentu. Jika sudah terkena kanker, maka akan membutuhkan waktu yang lama untuk bisa menyembuhkannya. Kalau level kankernya sudah tinggi, sulit rasanya untuk bisa sembuh.

Ada berbagai macam cara untuk bisa menurunkan resiko terkena kanker. Kalau kalian suka makanan pedas, makanan pedas dapat membantu untuk mencegah terserang kanker. The American Association for Cancer Research menjelaskan bahwa capsaicin yang ada pada cabai bisa melawan sejumlah sel kanker, disebutkan salah satunya adalah leukemia.

3. Menyehatkan Jantung

heart

Dari sekian banyak masalah kesehatan yang bisa terjadi, masalah dengan jantung adalah salah satu yang sangat menakutkan. Masalah jantung seperti serangan jantung bisa menyerang siapa saja tanpa perduli jenis kelamin dan usia. Dan bahkan serangan jantung bisa terjadi dimana saja. Jadi tak ada jaminan untuk siapa pun yang bisa aman dari masalah jantung.

Untuk menjaga kesehatan jantung harus mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Dengan memakan makanan yang tepat, bisa membuat jantung lebih sehat. Makanan pedas adalah salah satu makanan yang dapat memberikan manfaat itu. Capsaicin yang terkandung pada makanan pedas bisa membantu menurunkan inflamasi dan menurunkan resiko terkena serangan jantung.

2. Menurunkan Berat Badan

lose weight

Punya masalah dengan berat badan? Tak perlu panik, ada banyak orang yang punya masalah dengan berat badannya. Yang terpenting adalah mencari cara untuk mengatasi hal tersebut. Selain olahraga, mengatur pola makan juga bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Apalagi jika kalian memasukan makanan pedas, itu sangat efektif menurunkan berat badan.

Orang yang memakan makanan pedas, maka tubuh mereka akan membakar lebih banyak kalori daripada mereka yang memakan makanan biasa. Hal ini bahkan sudah berhasil dibuktikan dari sejumlah studi.  Capsinoid yang ada pada cabai bisa meningkatkan suhu tubuh dan merangsang produksi brown fat yang bisa meningkatkan metabolisme.

1. Meningkatkan Metabolisme

metabolism

Menyenangkan sekali jika memiliki tubuh dengan metabolisme cepat. Memiliki metabolisme cepat bisa membantu tubuh membakar makanan menjadi energi dengan cepat. Dampak pada bentuk tubuh, orang dengan metabolisme cepat memiliki tubuh yang kurus. Tanpa harus olahraga keras dan pola makan yang biasa, mereka tetap memiliki berat badan yang stabil.

Tidak perlu iri dengan orang yang memiliki metabolisme cepat. Ada banyak cara untuk bisa mempercepat metabolisme tubuh. Kalian bisa memasukan cabai pada makanan kalian jika mau. Makanan yang mengandung peras seperti cumin, cinnamon, turmeric, pepper, dan cabai bagus disantap untuk mempercepat metabolisme.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas