home -> Lifestyle -> 10 Efek Negatif Jarang Mengkonsumsi Sayuran
17 Mei 2022 01:34

10 Efek Negatif Jarang Mengkonsumsi Sayuran

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada April 08, 2022

Untuk menjaga kestabilan dan kesehatan tubuh perlu makan makanan yang bergizi dan seimbang. Protein, mineral, karbohidrat, dan lemak perlu dikonsumsi dengan takaran tepat. Tapi ada satu hal yang orang sering lewatkan yaitu sayur. Orang melewatkan sayuran karena warnanya yang tidak menarik serta rasanya yang tidak enak. Jika kalian termasuk orang yang malas makan sayur-sayuran, maka kalian akan mendapatkan serat. Serat, vitamin, dan mineral, dimana itu adalah hal yang sangat diperlukan oleh tubuh. Ada banyak efek negatif yang bisa muncul jika kalian jarang mengkonsumsi sayur.

10. Penglihatan Terganggu

blurry vision

Menjaga kesehatan indera penglihatan adalah hal yang wajib dilakukan. Selain dengan tidak melakukan hal yang bisa membahayakan kesehatan mata, kesehatan mata juga bisa dijaga dengan cara makan makanan yang sehat dan bergizi. Mencukupi kebutuhan tubuh akan sayuran bisa menentukan sehat atau tidaknya penglihatan.

Sayuran yang berwarna hijau gelap dan berwarna seperti wortel dan beetroot mengandung zat yang bernama carotenoids. Carotenoids dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan mata. Penuaan mata juga bisa dicegah dengan caretonoids. Beberapa masalah kesehatan yang bisa mengganggu mata seperti katarak juga kecil kemungkinan bisa terjadi jika rajin makan sayuran.

9. Stres

stress

Jika ada yang mengira bahwa stres hanya muncul karena banyaknya masalah yang terjadi, kalian salah. Stres juga bisa disebabkan karena salahnya pola makan. Pola makan salah seperti makan makanan cepat saji dan makanan olahan mempengaruhi tingkat stres seseorang. Justru sayuran bisa membantu menurunkan level stres.

Sayuran yang dianggap tidak enak dan menarik oleh banyak orang, mengandung magnesium yang tinggi. Magnesium membantu tubuh untuk menjadi relax. Tak hanya tubuh yang bisa menjadi relax, bahkan pikiran juga bisa. Sayuran yang berwarna hijau gelap seperti bayam adalah salah satu sumber magnesium yang baik.

8. Kulit Kusam

dull skin

Memiliki kulit kencang dan cerah adalah keingingan semua orang. Akan sangat tidak enak dilihat jika seseorang yang padahal masih muda, tapi kulitnya sudah kendur dan kusam. Makanya banyak orang yang tidak ragu mengeluarkan uang banyak untuk menjaga kesehatan kulit. Sebelum melakukan perawatan kulit ke dokter kulit, coba cek makanan hari-hari kalian.

Apakah kalian jarang makan sayur? Jika kalian jarang mengkonsumsi sayuran, maka jangan heran jika kulit kalian tampak kusam. Sayuran mengandung mineral yang tinggi. Mencukupi kebutuhan sayuran maka kulit kalian akan terjaga kelembapannya. Kulit kencang, berkilau, dan kecil kemungkinan untuk muncul keriput.

7. Mood Kacau

moody

Banyaknya masalah dan menghadapi orang yang menyebalkan memang bisa membuat mood menjadi kacau. Mood kacau atau moody sebenarnya tidak hanya disebabkan karena hal itu. Ada beberapa penyebab lain seperti kurangnya tidur dan juga tidak mengkonsumsi cukup sayur juga bisa membuat seseorang jadi moody.

Sayur-sayuran sangat kaya akan multivitamin dan mineral alami. Kedua hal ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. Apabila tidak suka dengan sayuran, mungkin kalian bisa mengolahnya menjadi jus. Minum segelas jus di pagi hari bisa membuat mood menjadi positif. Ini bisa membuat kalian menghadapi hari kalian yang padat.

6. Konstipasi

constipated

Menhindari sayuran bukanlah hal yang bagus untuk kesehatan. Ada banyak hal yang bisa terdampak jika kalian enggan makan makanan berwarna hijau ini. Salah satu efek negatif dari jarangnya makan sayuran adalah masalah buang air besar atau yang dikenal dengan istilah lain yaitu konstipasi atau sembelit.

Serat sangat berkaitan dengan lancar atau tidaknya seseorang buang air. Serat yang terkandung dalam sayur-sayuran sangat rendah kalori dan tinggi akan potasium, kalsium, dan magnesium. Jika kalian ingin buang air besar menjadi lancar, maka kalian wajib memasukkan sayuran ke dalam menu makanan kalian.

5. Selalu Lapar

hungry

Lapar adalah suatu sinyal yang diberikan oleh tubuh untuk menandakan bahwa tubuh butuh asupan makanan dan energi. Makanan yang dikonsumsi akan diolah menjadi energi yang nantinya digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Terkadang ada masa dimana kita sudah makan tapi tetap merasa lapar. Apa penyebabnya?

Jika sudah makan banyak tapi masih terasa lapar, mungkin karena kalian lupa memasukan sayur ke dalam piring makan kalian. Makanan olahan dan makanan cepat saji sangat tinggi kalori tapi tidak bisa membuat kalian kenyang dalam waktu lama. Di sisi lain, sayuran yang tinggi serat akan dicerna dalam waktu yang lama dan membuat kalian bisa kenyang lebih lama.

4. Flu

flu

Cuaca yang tidak stabil bisa membuat seseorang menjadi mudah terserang penyakit. Penyakit yang umum menyerang adalah pilek dan flu. Mereka yang memiliki daya tahan atau imun tinggi maka akan bisa bertahan dari penyakit. Tapi mereka yang daya tahannya rendah akan mudah sering terkena flu dan pilek.

Untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh bisa diperoleh dengan mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C. Vitamin C dapat ditemukan pada sayuran hijau. Jangan lupa dan malas untuk makan sayuran hijau karena sayuran hijau dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Sayuran hijau yang menjadi opsi antara lain brokoli, bayam, dan paprika.

3. Mudah Capek

tired

Seharian bekerja atau sekolah bisa membuat seseorang menjadi capek. Jika sudah capek, maka untuk bisa memulihkannya adalah dengan istirahat. Pernahkah kalian sudah istirahat cukup tapi masih tetap merasa capek? Mungkin ini karena kalian ada melupakan makan satu hal makanan yang penting yaitu sayuran.

Tetap capek meski sudah istirahat atau sering capek merupakan pertanda bahwa tubuh kekurangan iron, folate, dan vitamin B12. Kekurangan hal tersebut bisa mengakibatkan seseorang mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah. Sayuran hijau bisa membantu kalian memenuhi kebutuhan akan iron, folate, dan vitamin B12. Membuat kalian bertenaga kemabli.

2. Sering Memar dan Luka Lama Sembuh

bruise

Ketika terjatuh, besar kemungkinan kita akan mengalami luka. Luka yang mungkin saja terjadi seperti berdarah dan memar. Dalam berolahraga juga besar kemungkinan orang mengalami memar dan luka. Setelah mengalami luka, secepatnya harus diobati agar lukanya cepat sembuh. Jika berdarah segera diberi alkohol, jika memar harus segera dikompres menggunakan air dingin.

Orang yang sehat, maka mereka tidak butuh waktu lama agar luka dan memarnya bisa sembuh. Lain cerita jika mereka yang malas makan sayuran. Orang yang malas makan sayuran, ketika luka atau memar, maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh. Vitamin C yang ada pada sayuran bisa membantu produksi kolagen yang penting untuk penyembuhan.

1. Kram

muscle cramp

Ketika seseorang atau kita sendiri mengalami kram saat olahraga, mungkin kita berpikir bahwa kita kurang melakukan pemanasan. Memang benar bahwa sebelum olahraga harus melakukan pemanasan. Pemanasan dilakukan agar otot dan sendi lebih siap dalam melakukan aktivitas yang berat. Jika tidak, maka bisa mengalami yang namanya kram otot.

Namun kram otot tidak hanya disebabkan karena kurangnya pemanasan. Makanan yang tidak sehat dan tidak seimbang juga bisa menyebabkan kram. Sayuran adalah hal makanan penting yang bisa membantu performa kalian dalam berolahraga. Potasium, magnesium, dan kalsium bisa memperkecil kemungkinan kalian mengalami kram otot.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas