home -> Lainnya -> 10 Tempat Dengan Tingkat Radiasi Tinggi Di Dunia
05 Desember 2022 05:50

10 Tempat Dengan Tingkat Radiasi Tinggi Di Dunia

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada April 06, 2022

Bahan, zat, ataua elemen radioaktif adalah hal yang berbahaya bagi makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan. Bahkan tidak menutup kemungkinan lingkungan sekitar yang terekspos dengan radiasi elemen radioaktif juga bisa terkena dampaknya. Beberapa elemen atau zat radioaktif yang berbahaya seperti plutoniom dan uranium yang sering digunakan sebagai sumber tenaga listrik dan juga senjata nuklir. Jika dikelola dengan baik, maka aman-aman saja. Tapi jika sampai terjadi kecelakaan yang membuat zat radioaktif tersebut bocor keluar, bisa membahayakan kesehatan makhluk hidup. Contohnya saja insiden di Chernobyl. Chernobyl menjadi salah satu tempat radioaktif yang terkenal di dunia. Tidak disarankan dan bahkan dilarang untuk masuk ke tempat tersebut karena radiasi zat radioaktifnya yang masih tinggi. Selain Cherbobyl, masih ada tempat lain yang juga memiliki tingkat radioaktif yang tinggi. Apa saja? 

10. Mayak, Rusia

Sebagai salah satu negara superpower, Rusia memiliki persenjataan yang mengerikan. Apalagi jika bukan senjata nuklir yang membuat Rusia begitu ditakuti. Kawasan industri di Mayak menjadi salah satu tempat produksi plutonium dan pembuatan nuklir. Insiden nuklir yang diberi nama Kyshtym Incident, terjadi di Mayak.

Kejadian ledakan radioaktif terjadi di tahun 1957. Kejadian tersebut berhasil ditutupi oleh pemerintah Rusia hingga baru terkuak di tahun 1970an. Sebanyak 80 ton zat radioaktif kelyar akibat sebuah ledakan. Material nuklir menyebar ke sejumlah area seluas 52.000 km2. Di tahun 1950an, limbah dari pabrik dibuang ke Lake Karachay, membuat air di danau tersebut tercemar.

9. Sellafield, Inggris

sellafield

Cold War yang terjadi di tahun 1947 sebenarnya melibatkan 2 negara yaitu United State dan Uni Soviet. Tapi masing-masing negara memiliki sekutu yang akhirnya juga ikut terlibat. Jadi ada 2 kubu yakni Western Bloc dan Eastern Bloc. Inggris jadi salah satu negara yang masuk dalam Western Bloc dan sekutu United State.

Inggris memiliki pembangkit listrik tenaga nuklir yang terletak di Sellafield. Sekarang, tempat tersebut digunakan untuk pemrosesan ulang dan dekomisioning nuklir. Sebanyak 2,3 juta gallon atau 9 juta liter limbah nuklir diproduksi dan dibuat ke laut setiap harinya. Limbah tersebut dibuang ke Irish Sea dan membuatnya menjadi laut dengan tingkat radioaktif yang tinggi.

8. Zapadnyi Mining and Chemical Combine, Kyrgyzstan

Zapadnyi Mining and Chemical Combine

Bila membicarakan mengenai kota yang menyedihkan, mungkin Mailuu-Suu bisa dikatakan adalah kota yang memang menyedihkan. Kota pertambangan yang adai di Kyrgyztan ini berada di atas limbah nuklir. Jika ada terdengar berita penduduk kota Mailuu-Suu terkena kanker dan masalah kesehatan lain, ini dikarenakan radiasi nuklir di sana yang memang tinggi.

Mailuu-Suu memang bukan tempat uji coba senjata nuklir, power station, atau produksi, tapi memang Mailuu-Suu sangat kaya akan uraniu. Uni Soviet melakukan penambangan uranium secara besar-besaran di Mailuu-Suu. Apabila terjadi aktivitas seismik bisa menyebabkan uranium ini keluar dan mencemari sungai di Mailuu-Suu.

7. Siberian Chemical Combine, Rusia

Siberian Chemical Combine

Untuk berjaga-jaga sebelum terjadi perang, Uni Soviet sudah menyiapkan senjata nuklir untuk menaklukan negara musuh. Uni Soviet membangun fasilitas nuklirnya di Siberian Chemical Combine, Seversk, Rusia. Sebagian besar senjata nuklir yang digunakan oleh Uni Soviet, dibangun di tempat itu. Tempat tersebut masih berfungsi memproduksi senjata nuklir sampai Uni Soviet pecah.

Uni Soviet pecah di 1991, membuat fasilitas tersebut berhenti memproduksi plutonium dan uranium. Tempat itu kini dijadikan tempat penyimpanan senjata nuklir yang berbahaya. Tak hanya menjadi tempat penyimpanan, sisa pembuangan sampah nuklir juga disimpan di sana. Tak heran tingkat radiasinya sangat tinggi.

6. Coastline of Somalia, Somalia

coastline of somalia

Somalia menjadi salah satu negara di dunia yang bermasalah dengan kemiskinan. Angka kemiskinan yang tinggi membuat banyak orang yang berbuat kriminal untuk bertahan hidup. Makanya tidak disarankan untuk berlibur ke negara ini. Selain dikenal karena angka kriminal yang tinggi, ada satu tempat di Somalia yang memiliki tingkat radioaktif yang tinggi.

Tempat yang dimaksud adalah tepi pantai Somalia. Tepi pantai Somalia dimanfaatkan oleh banyak orang untuk membuang sampah ilegal. Gejolak politik yang tidak kunjung usai membuat pemerintah Somalia tidak bisa mengendalikan apa yang terjadi di negaranya. Terus menerus membuang sampah olegal ini membuata lingkungan tersebut tercemar. Radiasi tinggi membuat kehidupan bawah laut dan tepi pantai menjadi rusak parah.

5. The Instituto Goiano De Radioterapia, Brazil

the instituto goiano de radioterapia

Ths Instituto Goiano De Radioterapia adalah sebuah istitusi radioterapi yang berlokasi di Goiana, Brazil. Di tahun 1985, institusi memindahkan institusi ke lokasi lain. Tentu barang-barang yang penting ikut dipindahkan. Sayangnya ada sejumlah barang yang sebenarnya harus dibawa namun tertinggal di lokasi lama.

Sampai akhirnya di tahun 1987, ada sekelompok perampok yang ingin mengambil barang berharga yang masih tertinggal di tempat lama. Perampok ini mencuri teletherapy termasuk cesium-137. Ini mengakibatkan zat radioaktif keluar dan menyebar ke area yang besar. Sebanyak 250 orang terkena radiasi radioaktif dan 4 meninggal dunia.

4. Hanford Site, Amerika

hanford site

Cold Ward yang melibatkan kubu Barat dan Timur, membuat banyak negara berlomba-lomba untuk membuat senjata nuklir. Tujuannya apalagi jika bukan untuk berjaga-jaga jika suatu saat terjadi perang. Amerika menjadi salah satu negara yang sangat bersemangat dalam membuat senjata yang bertenagakan nuklir.

Produksi senjata nuklir Amerika saat itu dilakukan di Hanford Site. Sebanyak senjata 60.000 senjata nuklir diproduksi di sana. Termasuk itu adalah bom nuklir yang menakutkan dinamakan Fat Man. Fat Man digunakan untuk menghancurkan Nagasaki di tahun 1945. Meski sudah dinonaktifkan, level radioaktif di area tersebut masih sangat tinggi. Meski USD Departmen of Energy mengatakan sudah mengubur sampahnya di bawah tanah, air di dalam tanah sudah terlanjut terkontaminasi.

3. Semipalatinsk Test Site, Kazakhstan

semipalatinsk test site

Sebuah negara yang memiliki senjata nuklir pastinya menjadi negara yang ditakuti. Ketika senjata nuklir dikeluarkan, efek kerusakannya bukan hanya terjadi di saat itu saja tapi juga bisa berlangsung lama. Efek radiasi dari nuklir bisa berdampak panjang. Sebelum menggunakan senjata nuklir, pastinya akan dilakukan tes terlebih dahulu.

Saat Uni Soviet masih ada, Kazakhstan menjadi lokasi uji coba senjat nuklir. Lokasi tepatnya ada di Semipalatinsk, sebanyak 4556 bom nuklir dijatuhkan di tempat tersebut. Penduduk sekitar masih ingat ada begitu banyak awan jamur akibat bom nukllir. Jelas radiasi dari nuklir menjadi ancaman bagi kesehatan penduduk sekitar. Pemerintah Kazakhstan yang tidak tertarik pada senjata nuklir, menyerukan dengan keras International Day Against Nuclear Tests.

2. Chernobyl, Ukraina

chernobyl

Siapa yang tak pernah mendengar dengan insiden yang terjadi di Chernobyl. Insiden di Chernobyl ini bahkan sampai dibuat mini drama di tahun 2019. Sepanjang sejarah, kejadian di Chernobyl menjadi salah satu kecelakaan reaktor nuklir terburuk di dunia. Efeknya tak hanya terasa di Ukraina tapi juga sampai setengah Eropa ikut terkena dampaknya.

Chernobyl adalah pembangkit listrik tenaga nuklit yang berada di dekat Pripyat. Terdiri dari beberapa reaktor, reaktor nomor 4 mengalami ledakan. Ledakan ini membuat material radioaktif keluar dalam jumlah besar, menyebar di seluruh kawasan Uni Soviet dan Eropa. Kejadian ini terjadi pada 26 April 1986. Sekarang, area tersebut masih ditutup dan dibiarkan terbengkali. Tidak disarankan untuk masuk ke area tersebut karena ditakutkan bisa terkena dampak efek radiasi.

1. Fukushima Daini Nuclear Power Plant, Jepang

Fukushima Daini Nuclear Power Plant

Di Jepang pun juga ada satu tempat yang memiliki level radiasi yang sangat tinggi. Tempat tersebut ada di kota Tomioka yakni Fukushima Daini Nuclear Power. Fukushima Daini Nuclear Power adalah reaktor nuklir milik Jepang. Reaktor nuklir tersebut sanggup memproduksi tenaga listrik hingga 4.400 MW dari total 4 reaktor yang ada.

Semua berjalan normal hingga terjadi sebuah bencana di tahun 2011. Terjadi gempa bumi dengan kekuatan 9,1 magnitudo yang menyebabkan tsunami. Reaktor selamat dari gempa bumi, tapi tsunami menyebabkan pompa air laut mati. Air yang berfungsi untuk mendinginkan reaktor nuklir yang panas, tak bekerja. Alhasil, 3 reaktor mengalami kebocoran material radioaktif.

Meski kejadian tersebut sudah lama terjadi dan reaktor nuklir sudah ditutup, level radioaktif yang ada di daerah tersebut masih tinggi. Sampai sekarang pemerintah Jepang masih berupaya mencari cara untuk menurunkan tingkat radiasi supaya tidak mengancam kesehatan manusia dan lingkungan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas