home -> Lifestyle -> 10 Tanda Kamu Mengalami Burnout
09 Agustus 2022 21:19

10 Tanda Kamu Mengalami Burnout

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada April 05, 2022

Pernahkah kalian mendengar istilah burnout? Biasa terjadi di dunia kerja, burnout adalah istilah yang digunakan ketika fisik dan emosi sudah mengalami kelelahan. Jika burnout dibiarkan, maka bisa mengakibatkan terganggunya kesehatan fisik dan juga mental seseorang. Terkadang seseorang tidak sadar bahwa dirinya mengalami burnout. Tahu-tahu mood berubah dan bisa jatuh sakit. Agar tidak berujung ke yang lebih parah, simak beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kalian sedang mengalami burnout.

10. Lifestyle Berubah

bad lifestyle

Kesehatan adalah hal yang utama. Ketika kita sehat, maka kita bisa beraktivitas seperti biasa. Tapi ketika sakit, tidak hanya sulit beraktivitas, waktu, dan uang jadi terbuang karena berusaha untuk mengembalikan kesehatan. Pemilihan lifestyle atau gaya hidup juga bisa menentukan sehat atau tidaknya seseorang.

Ketika seseorang mengalami yang namanya burnout akibat bekerja dalam jangka waktu yang panjang, akan muncul kecenderungan melakukan lifestyle yang tidak seharusnya. Lifestyle yang dipilih malah lifestyle yang bisa membuat kesehatan jadi turun. Sering begadang, merokok, minum minuman beralkohol, makan jadi tak teratur adalah contoh dari lifestyle yang tidak sehat.

9. Tidak Bahagia Dengan Hasil Kerja

hasil kerja

Rasa puas bisa muncul ketika kita berhasil melakukan sesuatu dengan baik dan hasilnya pun baik. Lain cerita jika kita gagal melakukan sesuatu, pasti akan muncul rasa kecewa, sedih, dan kesal. Entah kalian sadar atau tidak, ketika di kantor kalian sudah melakukan kerja dengan baik, tak ada masalah apa-apa tapi merasa tidak bahagia, bisa jadi kalian burnout.

Tidak puas dengan pekerjaan di kantor, hasilnya bagus tapi tetap tak bahagia, dan tidak bahagia dengan hidup bisa jadi ciri-ciri orang yang mengalami burnout. Rasanya yang dilakukan seperti tidak ada makna dan prosesnya hanya di situ-situ saja. Perlu konsultasi pada yang ahli jika kalian mengalami tidak bahagia dengan hidup kalian agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

8. Jatuh Sakit

sick

Biasanya kita bisa sakit karena terserang bakteri, virus, kurang istirahat, salah makan, dan perilaku buruk lain yang dilakukan yang bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Stres saja bisa membuat seseorang jatuh sakit, jadi tak menutup kemungkinan jika burnout juga bisa memberikan efek yang sama pada kesehatan.

Jangan terlalu gila kerja sampai kalian mengorbankan kesehatan diri sendiri. Sampai kalian mengalami yang namanya burnout, ini akan membuat tubuh jadi drop. Pencernaan terganggu, nafsu makan turun, masalah jantung, depresi, dan obesitas bisa terjadi jika terus menerus bekerja sampai burnout dan stres.

7. Masalah Kognitif

cognitive

Burnout yang dibiarkan secara terus menerus bisa membuat seseorang menjadi stres. Tak perlu menunggu sampai stres, bahkan baru di tahap burnout saja efeknya bisa terasa sekali pada fisik dan mental seseorang. Kemampuan kognitif seseorang juga bisa ikut terdampak apabila orang tersebut mengalami burnout.

Yang dimaksud dengan kemampuan kognitif adalah kemampuan otak untuk berfungsi. Berfungsi untuk berpikir, konsentrasi, memutuskan sesuatu, adalah sejumlah hal yang termasuk dalam kemampuan kognitif. Jika burnout terjadi, kemampuan kognitif akan terpengaruh dan turun. Sulit konsenstrasi, sulit mengingat, serta sulit berpikir bisa terjadi pada kalian.

6. Pikiran Negatif

pikiran negatif

Ketika sedang stres, pikiran akan dipenuhi dengan hal-hal negatif. Tidak hanya saat stres, bahkan ketika kamu bekerja secara terus menerus sampai akhirnya mencapai titik capek, kamu akan mengalami burnout. Dan burnout juga bisa menyebabkan munculnya pikiran negatif. Tidak hanya satu tapi banyak pikiran negatif yang memenuhi kepala.

Hal negatif seperti pesimis, sinis, frustasi, adalah beberapa tanda dari pikiran negatif. Mengalami hal ini jelas akan membuat semangat kerja jadi tidak ada. Menjalani hidup biasa juga mungkin saja jadi tak semangat lagi. Ambil waktu yang sekiranya dibutuhkan. Untuk apa? Gunakan waktu tersebut untuk istirahat atau liburan sampai fit kembali untuk bekerja.

5. Masalah Personal Di Rumah dan Kantor

masalah personal

Setiap orang pasti memiliki masalah. Masalah bisa di kantor atau rumah, intinya ketika terjadi masalah harus segera diselesaikan. Jika dibiarkan dan terus menumpuk masalah bisa meledak membuatnya bertambah buruk dan bisa saja membuat orang jadi stres dan depresi. Burnout, satu masalah ini bisa menambah parah masalah yang dihadapi.

Burnout bisa membuat masalah yang dihadapi jadi semakin parah dan rumit. Yang tadinya masalah hanya dialami di kantor tapi bisa terbawa sampai ke rumah. Orang-orang di rumah bisa terkena imbas dari masalah buruk yang dihadapi di kantor. Tak menutup kemungkinan juga masalah yang dihadapi di rumah juga terbawa ke tempat kerja. Membuat masalah menjadi campur aduk, semakin rumit untuk diselesaikan.

4. Hilang Motivasi

hilang motivasi

Dengan adanya motivasi, maka seseorang bisa semangat menjalani hidup. Tanpa adanya motivasi, orang bisa hilang arah ketika menjalani hidupnya. Bekerja memang penting, ketika malas melanda, motivasi membantu kita untuk kembali semangat kerja. Dengan kerja, dapat gaji yang bisa digunakan untuk berbelanja kebutuhan hidup, membayar tagihan, dan bersenang-senang.

Tapi ketika motivasi tidak kunjung datang, apa yang akan terjadi? Seseorang pasti jadi tidak semangat lagi kerja. Tidak bisa dianggap sepele, kehilangan motivasi dalam jangka waktu yang panjang bisa menjadi penanda bahwa kamu menglami yang namanya burnout. Hanya sekedar untuk bangun pagi lalu berangkat kerja, rasanya sangat malas dan berat sekali.

3. Memikirkan Pekerjaan Meski Hari Libur

memikirkan pekerjaan

Normalnya orang bekerja adalah di hari Senin-Jumat. Hari Sabtu dan Minggu digunakan untuk istirahat. Ada pula yang namanya cuti, cuti diambil oleh seseorang dalam kurun waktu tertentu hingga sampai waktu cuti habis, baru kembali bekerja seperti biasa. Kalau orang normal, hari libur akan dinikmati selayaknya hari libur. Tapi orang yang mengalami burnnout tidak akan bisa merasakan atau menikmati hari libur.

Orang burnout akan terus memikirkan pekerjaan. Jadi mau itu hari libur di Sabtu dan Minggu atau saat cuti, yang ada di pikirannya hanyalah pekerjaan di kantor. Jelas ini adalah hal yang tidak bagus. Meski tubuh ada di rumah, tapi pikiran masih tersangkut di kantor. Jika hari libur jadi tak ada beda dengan hari biasa, akan sulit bagi kalian untuk benar-benar istirahat, memberi waktu rileks pada tubuh, mental, dan pikiran jadi tidak bisa.

2. Performa Kerja Turun

performa turun

Tidak banyak orang yang sadar bahwa mereka mengalami burnout. Mungkin mereka hanya merasa lelah biasa, istirahat sehari bisa membuat fisik dan mental kembali kondisi semula. Tapi hal tersebut tidak akan terjadi jika sudah dalam kondisi burnout. Bahkan performa kerja turun bisa disalah artikan sebagai hal biasa.

Banyak hal terpengaruh ketika dalam kondisi burnout. Performa kerja menurun adalah salah satu hal yang bisa terjadi. Ketika melakukan pekerjaan simpel dan yang sudah sering dilakukan, waktu yang diperlukan jadi bertambah lama, hasilnya pun tidak sama seperti sebelumnya. Kalian perlu berhati-hati, kalian bisa saja sudah mengalami burnout.

1. Capek Setiap Hari

tired

Salah satu tanda jelas yang menunjukkan bahwa kamu mengalami burnout sudah pasti adalah lelah atau capek. Lelah atau capek yang dirasakan saat burnout berbeda dengan lelah atau capek biasa. Jika kamu setiap hari merasa lelah, mau sudah makan, dan juga istirahat cukup tetap capek, kalian perlu melakukan sesuatu karena kalian sudah terlalu keras bekerja.

Bekerja boleh-boleh saja, tapi perlu diperhatikan juga kondisi fisik. Jika sampai sudah kecapekan, jangan lupa istirahat. Memaksakan diri bekerja malah membuat energi jadi turun. Capek pun pasti dirasakan oleh tubuh. Malah bukan hanya capek fisik, tapi mental serta emosi juga bisa terkuran gara-gara terlalu keras bekerja.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas