home -> Unik -> 10 Tanaman Aneh Di Dunia
03 Oktober 2022 22:28

10 Tanaman Aneh Di Dunia

Oleh serba_tahu dalam Unik pada April 01, 2022

Tidak hanya ada hewan yang aneh tapi tumbuhan juga ada yang aneh. Tidak hanya satu tapi banyak tumbuhan aneh yang bisa ditemukan di dunia ini. Salah satunya di Indonesia yang terkenal adalah rafflesia arnoldii atau yang biasa dikenal dengan nama bunga bangkai. Selain rafflesia arnoldii, masih ada tanaman atau tumbuhan lain yang juga memiliki keanehan, baik dari bentuk, cara bertahan hidup, dan aroma. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

10. Wolffia Angusta

wolffia angusta

Mengawali tanaman aneh dengan tanaman yang dinamakan Wolffia Angusta. Tanaman ini masuk dalam keluarga Araceae. Tumbuh dengan baik di daerah berair membuat tanaman ini masuk golongan tanaman akuatik. Salah satu yang membuat tanaman ini unik adalah bentuknya yang terbilang kecil.

Wolffia angusta termasuk dalam salah satu tanaman terkecil. Ukurannya hanya sekitar 0,6 mm untuk panjangnya dan lebarnya 0,33 mm. Karena ukurannya yang sangat kecil, Wolffia angusta sampai masuk dalam catatan rekor, Guinness Book of World Records. Ia masuk sebagai tanaman paling kecil di dunia.

9. Dracunculus Vulgaris

Dracunculus Vulgaris

Genus Dracunculus memiliki bermacam-macam jenis tanaman yang semuanya bisa dibilang aneh. Salah satu jenis tanaman dari genus Dracunculus adalah Dracunculus vulgaris. Namanya menggunakan drakondia bukan tanpa sebab. Dracunculus vulgaris memiliki bagian bernama spadix yang mirip seperti naga kecil yang sedang bersembunyi.

Tanaman ini endemik di Balkans, tersebar sampai ke Yunani, Crete, Aegean Islands, dan Anatolia. Jika bunga pada umumnya mengeluarkan aroma yang harum, tanaman ini tidak. Tanaman ini tidak disukai oleh banyak orang karena Dracunculus vulgaris mengeluarkan aroma yang tak sedap. Aromanya seperti daging busuk yang bisa menarik perhatian lalat.

8. Baseball Plant

baseball plant

Tanaman aneh berikutnya memiliki bentuk yang bisa membuat kalian teringat bola baseball. Tanaman ini dinamakan Baseball plant karena bentuknya yang memang mirip bola baseball. Tidak bisa ditemukan di Indonesia, tanaman ini merupakan tanaman asli dari negara Afrika Selatan. Ukurannya sama persis seperti bola baseball.

Tanaman ini adalah tanaman spesial, aneh, sekaligus tanaman yang dilindungi oleh pemerintah Afrika Selatan. Baseball plant bisa tumbuh hingga ukuran 20 cm dan tidak memiliki cabang. Sangat langka dimana tumbuhan jantan dan betina tumbuh di tanaman yang berbeda. Jangan coba-coba menyentuh tanaman ini karena bisa membuat kulit jadi iritasi.

7. Mimosa Pudica

mimosa pudica

Pernahkah kalian ketika kecil, menemukan sebuah tanaman kecil, lalu menyentuhnya dan dalam sekejap tanaman tersebut bergerak dan menutup daunnya? Kalau pernah, masa kecil kalian termasuk indah karena hanya memainkan tanaman ini saja bisa merasa bahagia. Tanaman ini dinamakan Putri Malu atau nama ilmiahnya Mimosa pudica.

Tanaman Putri Malu bisa ditemukan di seluruh dunia dan bisa tumbuh dengan baik di area yang teduh. Tanaman Putri Malu memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi. Ketika ada sesuatu yang menyentuhnya, tanaman ini akan menutup daunnya. Termasuk tanaman liar, ternyata tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai obat kuat.

6. Hydnellum Peckii

hydnellum peckii

Ketika melihat tanaman yang memiliki bentuk aneh, jangan langsung mendekatinya atau bahkan menyentuhnya. Hydnellum Peckii adalah tanaman yang memiliki warna sangat mencolok dan bentuknya yang aneh. Warnanya merah dan bentuknya yang tidak abstrak. Tanaman ini diketahui masih termasuk dalam jenis fungi.

Hydnellum Peckii adalah fungi yang bisa menghasilkan cairan yang berwarna merah, mirip seperti darah atau jus dari buah yang berwarna merah. Fungi ini banyak ditemukan di Amerika Utara dan juga Eropa. Memang benar bahwa Hydnellum Peckii bisa dimakan, tapi itu jika kalian bisa tahan dengan baunya yang menyengat. Rasa dari cairan merah yang dikeluarkannya memiliki rasa pahit.

5. Rafflesia Arnoldii

rafflesia arnoldii

Tidak mungkin membahas tanaman aneh jika tidak memasukkan nama Rafflesia arnoldii. Kita mungkin lebih mengenalnya dengan sebutan bunga bangkai. Bunga bangkai merupakan tanaman besar sekaligus aneh yang dapat ditemukan di Indonesia, terutama di hutan yang ada di Pulau Sumatera. Nama Rafflesia arnoldii adalah nama penemu tanaman ini.

Yang membuat tanaman ini aneh adalah ukuran bunganya yang sangat besar. Selain itu, bunga ini mengeluarkan bau yang sangat menyengat seperti bau bangkai. Bunga bangkai termasuk bunga yang unisexual. Artinya, bunga ini memiliki alat reproduksi jantan dan betina sekaligus. Ia bisa tumbuh hingga sebesar 3 kaki atau 91 cm.

4. Welwitschia Mirabilis

welwitschia mirabilis

Melihat gambarnya mungkin kalian mengira bahwa ini adalah gambar dari tanaman yang sudah mati. Kalian salah jika mengira tanaman ini adalah tanaman mati, memang tanaman ini terlihat seperti mati tapi tidak. Namanya adalah Welwitschia mirabilis dan kalian bisa menemukannya jika pergi ke Gurun Pasir Namibia.

Selain kaktus, Welwitschia mirabilis adalah tanaman yang bisa bertahan hidup di kondisi yang kering seperti gurun pasir. Tanaman satu ini ternyata memiliki usia yang panjang. Welwitschia mirabilis bisa hidup selama 500 sampai 1500 tahun. Dia bisa bertahan di kondisi yang ekstrim dimana tidak ada air. Tanaman jantan dan betinanya bisa ditemukan di tanaman yang terpisah.

3. White Baneberry

White Baneberry

Mungkin ketika kalian ke hutan dan menemukan tanaman ini, kalian ingin sekali mendekat untuk melihatnya lebih dekat. Bentuknya yang aneh namun bisa membuat seseorang mendekat karena tertarik. Bentuknya mirip seperti bola kecil dengan titik hitam yang membuatnya terlihat seperti mata hewan. Nama dari tanaman ini adalah White Baneberry.

White Baneberry bisa ditemukan di hutan daerah Amerika Utara. Tingginya hanya sekitar 60 cm dan memiliki daun yang jarang. Memiliki warna batang merah dan berrynya putih. Tidak disarankan untuk mencoba memakan buah dari White Baneberry. Berry dari tanaman ini berbahaya kareng mengandung racun.

2. Hydnora Africana

hydnora africana

Tanaman dengan bentuk aneh dapat ditemukan di Afrika Selatan. Tanaman yang dimaksud bernama Hydnora africana. Bentuknya aneh seperti dari mimpi buruk membuat siapa saja yang melihatnya pasti takut. Tanaman yang termasuk dalam keluarga Hydnoraceae ini tergolong tanaman liar, tidak memiliki klofofil dan tidak melakukan fotosintesis.

Dengan tidak memiliki kemampuan fotosintesis jelas membuat kita bertanya-tanya, bagaimana tanaman ini bisa tumbuh? Hydnora africana bisa bertahan hidup dengan menyerang akar tumbuhan lain. Bersifat parasit,  Hydnora africana akan menyerap nutrisi dari tumbuhan yang menjadi inangnya. Tanaman ini memiliki enzim yang bisa membuat akarnya menempel pada akar inang.

1. Pitcher Plant

pitcher plant

Yang namanya makhluk hidup pastinya butuh makan untuk bertahan hidup, tanaman juga demikian. Beberapa tanaman memiliki cara yang aneh untuk bisa bertahan hidup. Tanaman bernama Pitcher plant memiliki cara yang unik untuk makan dan bertahan hidup. Dia bertahan hidup dengan makan dari hewan yang masuk ke dalamnya.

Pitcher plant termasuk dalam salah satu tanaman karnivor yang memakan hewan apa saja yang terjebak di dalamnya. Pitcher plant memiliki bentuk daun seperti kantung dengan penutup di atasnya. Hewan yang masuk ke dalam kantungnya dipastikan tidak akan bisa keluar karena licin. Di dalam kantung tersebut berisi cairan yang berguna untuk mencerna mangsanya.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas