home -> Lainnya -> 10 Tips Untuk Mengusir Bad Mood
29 Juni 2022 17:18

10 Tips Untuk Mengusir Bad Mood

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada March 30, 2022

Bad mood atau mood jelek memang bisa mengacaukan semuanya. Misalnya saja kita bangun pagi dengan mood yang jelek, maka bisa dipastikan satu hari itu semuanya akan terasa sangat menyebalkan. Kesalahan kecil saja bisa membuat emosi meledak hanya karena bad mood. Makanya penting bagi kita untuk menjaga mood kita agar tetap positif. Tapi jika memang mood lagi jelek, kira-kira bagaimana caranya untuk bisa mengembalikan mood agar kembali positif? Inilah tips yang bisa kalian gunakan untuk mengusir bad mood.

10. Cari Tahu Penyebabnya

cari penyebab

Ketika bad mood memang semuanya akan terasa menyebalkan dan rumit. Mau berpikir yang mudah saja jadi susah karena mood sedang jelek. Tapi tetap saja selama kita beraktivitas pasti harus berpikir. Maka dari itu, ketika bad mood terjadi, jangan biarkan pikiran kita dikuasai olehnya. Kita harus berpikir apa yang membuat kita jadi bad mood.

Tidak ada asap jika tidak ada api, meski mood sedang buruk, kita tetap harus tenang. Di saat menenangkan diri inilah kita berpikir apa sih yang membuat kita menjadi bad mood. Jika sudah menemukan penyebabnya, coba untuk menghindari penyebab bad mood tersebut. Apabila masih diselimuti bad mood, bisa coba curhat ke teman, keluarga, atau psikolog.

9. Makan

Percaya atau tidak, faktanya makan bisa membawa efek yang banyak pada seseorang. Tidak hanya tubuh, pikiran, dan mood juga bisa dipengaruhi oleh makanan yang kita makan. Mungkin kalian yang sedang bad mood karena pekerjaan, teman yang menyebalkan, atau bahkan lapar juga bisa membuat seseorang jadi mudah marah.

Cobalah untuk makan, ini adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki mood yang sedang kacau. Apalagi ada banyak makanan yang memiliki efek menenangkan. Makanan seperti cokelat terbukti bisa membuat mood yang berantakan menjadi bagus kembali. Jika mau yang rendah gula bisa coba dark chocolate.

8. Olahraga

exercise

Tidak ada orang yang tidak pernah mengalami mood rusak. Bad mood bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Jika sudah terjadi, orang yang tidak salah apa-apa bisa jadi sasaran amarah dari orang yang sedang bad mood. Ini akan membahayakan hubungan pertemanan atau bahkan hubungan dengan pasangan juga bisa rusak.

Agar tidak terjadi dampak yang lebih buruk, salah satu tips yang bisa dilakukan untuk menenangkan mood adalah dengan olahraga. Olahraga bukan cuma bagus untuk menurunkan berat badan tapi bisa juga membuat seseorang jadi bahagia. Ketika olahraga, tubuh akan merilis hormon yang bisa membuat bahagia. Hormon tersebut adalah dopamine, endorphin, dan serotonin.

7. Dengarkan Musik

listen to music

Siapa di antara kalian yang tidak suka dengan yang namanya musik? Seharusnya tidak ada ya. Musik adalah suatu hal yang ajaib. Dengan mendengarkan musik, seseorang bisa menjadi sedih, senang, dan galau. Orang mungkin akan beralasan bahwa liriknya pas, musiknya enak, atau penyanyinya memiliki suara yang bagus, intinya musik bisa membawa perubahan pada perasaan.

Inilah yang bisa menjadi cara ampuh untuk mengusir bad mood. Dengan mendengarkan musik yang tepat, seseorang yang sedang bad mood bisa berubah moodnya menjadi baik. Karena genre atau tipe musik ada banyak, kalian tentukan sendiri musik mana yang sekiranya bisa diputar untuk membuat mood kalian berubah menjadi lebih baik.

6. Tarik Nafas Panjang

take a deep breath

Bernafas menandakan seseorang hidup. Tapi tahukah kalian bahwa ada banyak teknik pernapasan yang tercipta untuk tujuan tertentu? Ada teknik pernapasan untuk olahraga serta ada juga teknik pernapasan untuk mereka yang ingin menenangkan pikiran dan perasaan. Kalian yang sedang bad mood bisa mencari tahu teknik pernapasan apa yang sekiranya cocok untuk membuat pikiran dan perasaan tenang.

Sesimpel menarik napas yang dalam lalu hembuskan secara perlahan-lahan selama beberapa menit, itu sangat ampuh untuk membuat pikiran dan hati tenang. Mereka yang meditasi menggunakan cara ini untuk membuat pikiran dan hati tenang. Tentu meditasi ini dilakukan di tempat yang sejuk dan tenang agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

5. Senyum

smile

Orang yang memiliki wajah muram bisa menjadi penanda bahwa orang tersebut sedang mengalami suatu hal yang tidak mengenakan yang membuat wajahnya cemberut. Meski memang ada juga orang yang berwajah cemberut dari sejak kecil, tapi mayoritas orang yang cemberut berarti moodnya sedang tidak dalam keadaan baik.

Mood yang jelek bisa membuat seseorang memasang ekspresi yang jelek pula. Tentu bukan suatu hal yang mengenakan jika melihat seseorang yang tak punya senyum. Jika sadar akan hal itu, ketika kita ada mengalami masalah yang membuat mood jelek dan senyum hilang, cobalah untuk tersenyum. Meski sulit, mencoba untuk tersenyum bisa membuat perasaan yang jelek sedikit berubah menjadi baik.

4. Hubungi Teman

friends

Tidak ada satu orang pun yang tidak memiliki teman. Bahkan orang yang memiliki kepribadian introvert punya teman. Hanya saja, orang introvert memiliki lingkup pertemanan yang sedikit. Mereka yang ekstrovert memiliki lingkup pertemanan yang luas. Teman ini yang bisa menjadi penolong ketika ada di antara temannya sedang mengalami masalah.

Seseorang bisa menjadi rusak moodnya ketika ada hal tak menyenangkan terjadi. Ketika kalian mengalami masalah dan menjadi bad mood, jangan coba untuk memendamnya sendiri. Memendam masalah sendiri terkadang tidak menyelesaikan masalah malah membuat tambah parah. Curhat pada teman yang bisa dipercaya agar beban pikiran menjadi berkurang.

3. Konsultasi Pada Ahli

consult

Dulu orang beranggapan bahwa melakukan konsultasi pada psikolog atau psikiater menandakan orang tesebut sedang mengalami masalah kejiwaan atau gila. Sekarang, anggapan tersebut perlahan mulai bergeser. Konsultasi pada psikolog bukan berarti orang tersebut gila, tapi hal tersebut dilakukan karena adanya masalah berat yang dihadapi.

Daripada masalah semakin menumpuk dan membebani pikiran, lebih baik konsultasikan pada yang ahlinya. Menjaga kesehatan mental adalah hal yang penting. Jangan menilai orang yang berkonsultasi pada psikolog adalah orang yang mengalami gangguan kejiwaan. Siapa tahu ketika kita mengalami masalah, kita juga membutuhkan bantuan psikolog.

2. Menyendiri

menyendiri

Ketika bad mood, kita bisa mudah marah dan orang yang ada di sekitar kita bisa terkena imbasnya. Padahal orang tersebut hanya melakukan kesalahan sepele, tapi karena kita sedang dalam kondisi tak baik, kesalahan simpel bisa menjadi besar yang berakibat kita bisa menimbulkan masalah dengan ribut dengan orang tersebut.

Untuk menghindari masalah yang lebih besar, alangkah baiknya bagi kita untuk menyendiri. Ketika tahu bahwa sedang dalam kondisi bad mood, segera menyingkir atau menjauh dari orang sekitar. Ini dilakukan agar orang sekitar tidak menjadi sasaran amarah. Cari tempat yang sepi dan tenang untuk menyendiri untuk menenangkan diri. Jika sudah tenang, barulah kembali ke aktivitas normal.

1. Bermain Dengan Hewan Peliharaan

pet

Hewan peliharaan tidak bisa dianggap remeh. Anjing dan kucing misalnya, kedua hewan yang sering dijadikan peliharaan ini jika dirawat dengan baik dan benar, maka mereka bisa memberikan manfaat pada pemiliknya. Selain bisa menjadi penjaga rumah dari hewan asing dan orang jahat, hewan peliharaan juga bisa membuat kita hiburan.

Ternyata hewan peliharaan bisa membuat pemiliknya menjadi senang. Hewan peliharaan sering melakukan hal-hal lucu yang bisa membuat pemiliknya tertawa. Ini bisa membuat kalian yang moodnya sedang kacau bisa berubah menjadi positif. Cobalah untuk memelihara anjing atau kucing dan ajak mereka bermain, mereka bisa membantu membuat mood menjadi baik.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas