home -> Lifestyle -> 10 Kebiasaan Yang Disangka Buruk Tapi Ternyata Bag...
09 Agustus 2022 11:50

10 Kebiasaan Yang Disangka Buruk Tapi Ternyata Bagus Untuk Kesehatan

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada March 28, 2022

Kita selalu diajarkan untuk menghentikan kebiasaan buruk karena bisa mengakibatkan efek buruk untuk kesehatan. Tapi, sebenarnya ada juga manfaat dari melakukan kebiasaan buruk tersebut. Tentu saja kebiasaan buruk ini bisa memberikan manfaat positif untuk kesehatan jika dilakukan dalam taraf yang wajar. Jika dilakukan secara berlebihan maka akan benar bahwa kesehatan tubuh bisa jadi terganggu. Yang menjadi pertanyaan, kebiasaan buruk apa saja yang bisa memberikan manfaat kesehatan jika dilakukan dalam batas kewajaran? Inilah daftarnya.

10. Kentut

fart

Kentut, sebuah aksi yang dilakukan tubuh untuk mengeluarkan gas berlebih dari perut. Ini adalah hal yang normal dilakukan, hanya saja suara dan aromanya bisa membuat orang yang kentut jadi pusat perhatian dan malu. Semakin keras suara kentut dan aromanya busuk, maka akan semakin membuat buruk image dari orang yang kentut.

Kentut bukanlah hal yang memalukan dan buruk. Justru kentut malah menandakan orang tersebut sehat. Normalnya seseorang akan kentut sebanyak 14 kali dalam sehari. Jangan pernah menahan kentut karena gas berlebih di perut memang harus dikeluarkan. Gas yang dibuang melalui kentut mengandung karbon dioksida dan methane yang berbahaya jika terus disimpan di dalam tubuh.

9. Meludah

spitting

Meludah di sembarangan tempat memang kebiasaan yang buruk. Selain jorok, ludah bisa menularkan penyakit jika sampai terkena orang lain. Jika memang harus meludah, disarankan dilakukan di tempat tertutup agar lebih bersih dan terlihat sopan. Apakah meludah memiliki manfaat kesehatan? Tentu saja.

Normalnya kita bernafas menggunakan hidung. Tapi ketika olahraga, tidak hanya hidung, mulut juga digunakan untuk membantu menghirup udara lebih banyak. Ini membuat mulut menjadi kering dan produksi liur jadi bertambah. Produksi liur yang bertambah akan mengganggu pernafasan. Jadi, ada baiknya untuk meludah demi membuang liar berlebih agar lebih mudah bernafas saat berolahraga.

8. Minum Bir

beer

Memilih minuman haruslah yang tepat, sembarangan minum bisa beresiko terganggunya kesehatan. Dari sekian banyak jenis minuman, bir menjadi salah satu minuman yang dianggap tidak menyehatkan. Bir diketahui mengandung kalori dan alkohol yang tinggi. Minum bir bisa mengakibatkan naiknya berat badan dan mabuk.

Naiknya berat badan dan mabuk inilah yang membuat bir dinilai buruk. Tapi, jika bir dikonsumsi dalam batas tertentu, bir justru bisa menyehatkan. Bir memiliki nutrisi seperti kalsium, iron, magnesium, dan potassium. Nutrisi ini didapat karena mayoritas bir dibuat dari bahan dasar gandum. Pastikan kalian minum bir dalam jumlah yang cukup.

7. Snack

snack

Tentu kita sudah sering mendengar tentang bahanya ngemil. Ngemil bisa mengakibatkan naiknya berat badan dan berujung dengan diabetes. Hal ini memang mungkin terjadi apabila dari orangnya tidak memiliki kontrol diri. Tapi, tidak ngemil juga bisa mengakibatkan hal yang sama. Saat perut lapar, berusaha tidak ngemil, lalu di saat jam makan tiba, makanan yang dimakan jumlahnya besar sebagai kompensasi menahan lapar.

Jika sudah demikian, maka berat badan akan naik juga. Tidak masalah ngemil sebelum makan dengan tujuan agar perut sedikit ada isi. Daripada menahan ngemil lalu jam makan tiba jadi kalap, lebih baik ngemil. Pilihan snack juga bisa dipertimbangkan, bagus kalau memilih snack yang sehat seperti buah-buahan. Tapi kalau mau makan snack lain, usahakan untuk tidak melewati batas.

6. Buang Air Kecil Saat Mandi

peeing

Mandi adalah suatu hal yang wajib dilakukan. Meski mandi disangka kebiasaan yang sehat, melakukannya terlalu sering malah bisa membawa dampak buruk. Salah satunya adalah terlalu sering mandi malah bisa membuat kulit menjadi kering. Nah, apa hal lain yang dilakukan juga saat mandi? Buang air kecil adalah salah satu hal yang biasa dilakukan bersamaan dengan mandi.

Perlu diketahui bahwa buang air kecil sembari mandi bukanlah hal yang buruk. Buang air kecil adalah hal yang normal dan jika sudah saatnya memang harus dikeluarkan. Air seni yang dikeluarkan mengandung asam dan juga amonia. Tahukah kalian bahwa asam dan amonia ini bisa mencegah tumbuhnya jamur pada kuku kaki?

5. Mengulur Waktu

wasting time

Tugas sekolah atau tugas kantor mengharuskan seseorang untuk menyelesaikan dengan cepat. Tugas sekolah wajib diselesaikan dengan cepat agar bisa mendapatkan nilai yang bagus. Sementara tugas kantor diselesaikan dengan cepat agar tidak mendapat teguran dari atasan. Lama kelamaan, ini bisa membuat seseorang stres.

Mengulur waktu terkadang boleh dilakukan selama beberapa kali. Tentu akan sulit untuk seseorang untuk bisa terus produktif. Ya, sesekali bisalah kita sedikit mengulur waktu dalam bekerja. Ingat, hanya sebentar dan jangan terlalu sering. Ini bisa memberikan manfaat pada kesehatan karena bisa mencegah atau mengurangi resiko mengalami burnout.

4. Mengeluh

ngeluh

Orang tua sering mengajarkan anaknya untuk jangan mengeluh. Katanya kalau mengeluh, itu tanda orang yang tidak menghargai hidup. Ini membuat seorang anak tumbuh besar menjadi orang yang hidup tanpa mengeluh. Mau apa pun yang terjadi, diam saja tidak mengeluh. Ternyata hal ini bukanlah hal yang baik.

Mengeluh itu tidak sepenuhnya salah. Mengeluh adalah satu bentuk pelepasan stres. Yang namanya hidup pasti ada masalah yang dihadapi. Sesekali mengeluh bukanlah hal yang buruk. Ini justru bagus karena kita bisa melepas sejumlah stres dan perasaan negatif. Ada masalah dan terus dipendam malah bisa menambah beban hidup.

3. Minum Kopi

coffee

Sekarang ini sudah banyak kafe yang menjual kopi, ini menandakan bahwa orang yang minum kopi jumlahnya ada banyak. Kopi adalah salah satu minuman yang nikmat dan juga menguntungkan. Kopi mengandung kafein yang bisa memberikan tenaga ekstra saat dibutuhkan. Beberapa orang minum kopi sebelum olahraga untuk meningkatkan detak jantung.

Minum terlalu banyak memang buruk, jadi minumlah kopi sewajarnya. Batas kafein yang disarankan aman untuk dikonsumsi adalah 400 miligram. Perlu diketahui bahwa kopi mengandung yang namanya antioksidan. Antioksidan bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat zat radikal bebas.

2. Melewatkan Waktu Olahraga

skip gym

Bagi mereka yang maniak atau gila olahraga, tidak ada satu hari pun mereka lewatkan tanpa berolahraga. Orang yang sudah seperti ini, ketika mereka tidak olahraga satu hari saja rasanya ada yang kurang lengkap. Setiap hari mereka akan olahraga, meski mood sedang jelek atau lemas, mereka akan tetap berusaha untuk olahraga.

Memang olahraga bagus untuk kesehatan, tapi tetap harus ada batasnya. Tidak ada salahnya jika melewatkan satu atau dua tanpa olahraga. Tubuh butuh yang namanya waktu untuk istirahat, jika kalian sudah capek kerja atau sekolah, ditambah dengan setiap hari olahraga, pasti akan capek. Berikan waktu istirahat yang cukup untuk tubuh bisa recovery.

1. Makan Karbohidrat

carbs

Ada dua jenis karbohidrat yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Karbohidrat kompleks disarankan untuk lebih sering dikonsumsi karena lebih menyehatkan. Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti oatmeal, gandum, beras merah, dan kentang. Karbohidrat sederhana bisa ditemui di nasi putih, tepung, dan mie.

Tidak masalah jika kalian mengkonsumsi karbohidrat sederhana. Tentu jika kalian tahu batasannya maka akan lebih baik. Karbohidrat sederhana cocok dikonsumsi sebelum melakukan aktivitas berat karena bisa memberikan dorongan tenaga. Yang buruk adalah makan karbohidrat sederhana dalam jumlah yang banyak di malam hari, sebelum tidur. Ini bisa mengakibatkan naiknya gula darah.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas