home -> Lainnya -> 10 Bajak Laut Terkenal Di Dunia
29 Juni 2022 10:36

10 Bajak Laut Terkenal Di Dunia

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada March 16, 2022

Film Pirates of the Caribbean yang diperankan oleh johnny depp sedikit banyak memberikan kita gambaran tentang apa yang namanya bajak laut. Bajak laut adalah orang yang pekerjaannya melakukan perampokan di laut atau pantai. Biasanya beroperasi dengan banyak orang, bajak laut akan merampok kapal apa saja yang ditemukan. Uang dan barang yang ada di kapal akan dirampas. Bahkan tak sedikit kru kapal akan dijadikan budak atau dibunuh. Di dunia ini ada 10 bajak laut yang memiliki popularitas sangat tinggi. Siapa saja mereka? Inilah daftarnya.

10. Thomas Tew

thomas tew

Ada satu perompak terkenal asal United Kingdom, perompak tersebut bernama Thomas Tew. Di abad ke-17, tidak mungkin tidak ada orang yang tak kenal dengan sosok perompak satu ini. Banyak kapal yang berhasil ia rampok, salah satunya adalah kapal besar India. Dari hasil rampokannya, Thomas Tew berhasil mendapatkan harta sebesar 100.000 Pounds. Ia juga pernah merampok sejumlah kapal Mughai Convoy.

Yang namanya bajak laut pastinya di setiap aksi akan ada perlawanan yang dilakukan dari korbannya. Ada kemenangan, ada juga kekalahan, Thomas Tew meregang nyawa di salah satu aksinya. Meski tewas di aksi merampoknya, nama Thomas Tew tetap dihormati oleh sesama bajak laut. Thomas Tew menjadi pelopor rute yang dikenal sebagai Pirate Round.

9. Captain Samuel Bellamy

Captain Samuel Bellamy

Captain Samuel Bellamy pada awalnya dikenal sebagai seorang pelaut. Lalu ia berubah haluan dengan menjadi seorang perompak. Reputasi yang ia buat tidak bisa dianggap remeh. Aksi-aksinya serta kekayaan yang ia miliki bahkan sampai masuk buku sejarah sebagai salah satu bajak laut terkaya yang hidup di Golden Age of Piracy.

Pria asal Inggris berjuluk Black Sam ini tidak memiliki karir bajak laut yang panjang. Lahir di 23 Februari 1689, ia meninggal dunia pada 26 April 1717 di usia 28 tahun. Meninggal di usia muda namun berhasil mencatatkan namanya sebagai salah satu perompak terkaya, ini menandakan bahwa ia berhasil merompak kapal dengan barang berharga dan uang yang  banyak.

8. Francois l’Olonnais

Francois l’Olonnais

François l'Olonnais memiliki nama asli Jean-David Nau, adalah seorang bajak laut terkenal berdarah Perancis. Namanya begitu dikenal karena aksinya yang kebanyakan terjadi di era 1660an. Mereka para kapal yang melintas di Caribbean harus mewaspadai kehadiran pria satu ini. Kekejaman yang dilakukan berhasil membuatnya begitu ditakuti.

François l'Olonnais terkenal sadis terhadap siapa saja. François l'Olonnais tak hanya jago melakukan perang di laut tapi juga di darat. Selain merampok kapal, François l'Olonnais juga berhasil melakukan penjarahan di sejumlah kota. Sebut saja Maracaibo dan Venezuela yang menjadi korban François l'Olonnais. Menurut cerita, François l'Olonnais pernah memakan jantung dari prajurit Spanyol yang ia tangkap.

7. Benjamin Hornigold

Benjamin Hornigold

Lahir di tahun 1680, Benjamin Hornigold merupakan bajak laut terkenal yang berasal dari Inggris. Aksi merompaknya dilakukan di Golden Age of Piracy. Ia menjadi bajak laut di tahun 1713. Sebagai bajak laut pemula, Benjamin Hornigold memulai dengan menyerang kapal dagang yang berlabuh di sekitaran Bahamas.

Agak berbeda dengan bajak laut lain yang tak segan untuk menyiksa dan membunuh tahanan, Benjamin Hornigold justru memperlakukan tahanan dengan baik. Benjamin Hornigold menjadi bajak laut yang disegani di New Providence Island, memiliki kontrol di Fort Nassau, dan melindungi area tersebut. Tahun 1718, Benjamin Hornigold beralih menjadi pemburu bajak laut.

6. Edward Lowe

Edward Lowe

Sebelum menjadi seorang bajak laut, Edward Lowe bertahan hidup dengan cara menjadi pencuri. Lahir di Westminster, Edward Lowe lalu pindah ke Boston. Di kota baru, ia sempat melakukan pekerjaan yang normal lalu akhirnya bergabung dengan sebuah gang pencuri. Dari pencuri, Edward Lowe beserta teman-temannya beralih menjadi perompak.

Sebagai perompak, Edward Lowe sukses menjarah banyak kapal yang berlabuh di Port Roseway. Melebarkan areanya ke Caribbean, namanya menjadi semakin dikenal. Aksi brutal dan sadisnya meliputi membunuh hingga memakan daging musuhnya. Meninggalnya Edward Lowe dengan cara digantung di tahun 1724.

5. William Kidd

William Kidd

Tak ada pernah terlintas dalam pikiran William Kidd untuk menjadi seorang perompak. William Kidd adalah seorang privateer yang merupakan seseorang yang bertugas untuk mengawal kapal bersenjata milik swasta. Sampai suatu ketika terjadi satu kejadian yang membuat William Kidd berubah haluan.

Kru kapalnya dibunuh oleh bajak laut secara sadis. Semenjak saat itu, William Kidd memutuskan untuk menjadi bajak laut. William Kidd menjadi bajak laut yang sangat sadis, dia tidak ragu untuk membunuh orang yang melawan. Tidak takut menghadapi siapa saja, William Kidd akhirnya berjasil ditangkap dan dihukum mati di London di tahun 1701.

4. The Barbarossa Brothers

the barbarossa brothers

Di tahun 1500an tidak ada yang tidak kenal dengan The Barbarossa Brothers. The Barbarossa Brothers begitu dikenal dan juga ditakuti di laut karena aksi merompaknya. The Barbarossa Brothers terdiri dari Aruj dan H?z?r Hayrettin Pasha atau pendeknya H?z?r Reis. Mereka adalah Ottoman corsair atau bajak laut Muslim yang terkenal karena dominasinya dalam mengamankan Mediterranean di pertengahan abad ke-16.

The Barbarossa Brothers beraksi di sekitar laut Afrika Utara. Sudah banyak kapal yang berhasil mereka serang dan kebanyakan targetnya adalah kapal asal Spanyol. Dalam suatu pertempuran, Aruj sampai kehilangan salah satu tangannya. Di tahun 1516, Sulta Ottoman memerintahkan Aruj sebagai penanggung jawab Barbary Coast. Posisi itu kemudian diambil alih oleh Hizir setelah saudaranya meninggal dunia.

3. Henry Morgan

Henry Morgan

Berbicara soal Henry Morgan, cukup sulit untuk menjelaskan sebenarnya dia ini bajak laut atau bukan. Memang betul bahwa ia pernah melakukan penyerangan terhadap beberapa kapal di laut, tapi ia juga diketahui memiliki lahan perkebunan. Bahkan di kehidupannya, Henry Morgan sempat menjadi gubernur Jamaika.

Beberapa aksi yang dikenang dari sosok Henry Morgan adalah penyerangannya terhadap kapal-kapal asal Spanyol dan penjarahan terhadap beberapa kota, salah satunya adalah Puerto Principe. Dia salah satu bajak laut yang beraksi di Craibbean Sea. Aksinya sebanyak bajak laut terjadi di pertengahan tahun 1600an.

2. Sir Francis Drake

Sir Francis Drake

Dari sekian banyak bajak laut yang namanya begitu ditakuti di lautan, ada satu nama yang kisahnya begitu unik. Dia adalah Sir Francis Drake. Sir Francis Drake memiliki latar belakang yang unik dimana dia bukan cuma dikenal sebagai bajak laut saja tapi juga sebagai explorer dan juga memiliki darah bangsawan.

Di masa hidupnya, Sir Francis Drake tidak hanya melakukan eksplorasi mengelilingi dunia, dia diketahui pernah mengalahkan Armada Spanyol di tahun 1588. Sebagai bajak laut, Sir Francis Drake terlibat dengan beberapa aksi perompakan dan perbudakan. Salah satu serangannya yang bersejarah adalah ketika ia menyerang koloni Spanyol di Amerika Tengah. Ia pun mendapatkan nilai buronan yang cukup tinggi akibat aksi perompakannya.

1. Edward Teach "Blackbeard"

Edward Teach

Beberapa film yang menceritakan kisah tentang bajak laut ada menyebutkan nama Blackbeard. Bahkan di manga Jepang terkenal, One Piece, nama Blackbeard juga muncul. Tentu bukan tanpa sebab kenapa nama Blackbeard ini digunakan dan dimunculkan dalam beberapa cerita. Memang harus diakui bahwa Blackbeard adalah salah satu dari sekian banyak perompak terkenal di laut.

Blackbeard memiliki nama asli Edward Teach. Dia merupakan bajak laut yang beraksi di era 17an. Area yang ia kuasai meliputi Caribbean Sea dan tepi pantai South Carolina dan Virginia. Kapal yang ia gunakan bernama Queen Anne's Revenge. Ketika awal mula beraksi sebagai bajak laut, hanya butuh waktu 2 tahun bagi Blackbeard untuk membuat namanya ditakuti. Tak sedikit kru kapal yang menyerah tanpa perlawanan begitu diserang oleh Blackbeard.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas