home -> Lifestyle -> 10 Cara Agar Terhindar Dari Kanker
29 Juni 2022 10:54

10 Cara Agar Terhindar Dari Kanker

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada March 14, 2022

Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat mengerikan. Meski tidak menular, kanker bisa muncul di mana saja di tubuh. Kanker adalah pertumbuhan sel atau jaringan yang tidak normal. Kanker memiliki sifat ganas, bisa tumbuh cepat tak terkendali dan bisa menyebar ke tempat lain. Ada sejumlah tingkatan dalam menentukan parah atau tidaknya kanker. Semakin tinggi tingkatnya, maka semakin parah kanker tersebut dan umur hidup pasien yang terserang kanker juga akan semakin pendek. Sadar betapa mengerikannya kanker, penting bagi kita semua untuk menjaga kesehatan. Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk bisa menurunkan resiko terserang kanker. Apa saja?

10. Hindari Kebiasaan Yang Berbahaya

risky behavior

Jika ingin terhindar dari kanker maka kita harus memperhatikan sejumlah kebiasaan yang dilakukan. Apakah kebiasaan tersebut baik untuk kesehatan atau tidak. Jika baik, maka lakukan secara rutin, tapi jika itu adalah kebiasaan buruk, maka sudah seharusnya untuk distop. Karena kebiasaan buruk ini bisa menjadi pemicu munculnya kanker.

Contohnya seperti menggunakan jarum suntik bekas orang atau tidak steril dan juga bergonta-ganti pasangan sex tanpa menggunakan alat kontrasepsi. Kemungkinan terserang penyakit menular seperti HIV atau AIDS jadi besar. Dua penyakit ini juga bisa meningkatkan seseorang terserang kanker rektum, hati, serviks, dan paru.

9. Stop Merokok

stop tobacco

Ada banyak kebiasaan buruk yang bisa mengganggu kesehatan dan salah satunya adalah merokok. Kebiasaan merokok adalah kebiasaan yang buruk tapi kalau kita lihat di sekitar kita, ada banyak orang yang menghisap rokok. Bahkan yang lebih berbahayanya lagi, merokok sambil berkendara. Membuat abu panasnya terbang ke mana-mana dan bisa melukai orang lain juga.

Ketika membeli rokok pastinya melihat peringatan yang tertulis di bungkusnya. Bahkan sudah ada gambar mengerikan yang bisa membuat orang ngeri. Beberapa jenis kanker yang bisa muncul karena rokok seperti kanker paru, mulut, tenggorokan, laring, pankreas, ginjal, serviks, dan kandung kemih. Jika tidak ingin terkena kanker tersebut, stop merokok.

8. Vaksin

vaccinated

Yang namanya penyakit jangan pernah dianggap remeh, apalagi jika itu kanker. Jika sudah terkena kanker, maka sulit untuk disembuhkan. Mereka yang masih berada di stadium awal punya kesempatan sembuh lebih tinggi. Tapi jika sudah sampai stadium akhir, kecil kemungkinan akan sembuh.

Sekarang ini sejumlah ilmuwan sudah berhasil menciptakan vaksin yang bisa melawan kanker. Vaksin ini bisa melawan sejumlah kanker dan juga bisa memberikan perlindungan. Intinya vaksin ini sudah bisa menurunkan resiko terserang kanker. Maka dari itu jangan malas untuk melakukan medical check up dan vaksin.

7. Tidur Cukup

sleep well

Ketika bertanya pada seseorang kenapa mereka memilih begadang, alasannya bisa ada banyak. Ada yang beralasan karena pekerjaan, tugas sekolah, kuliah, ujian, dan ada juga yang begadang karena insomnia. Kurangnya tidur bisa mengakibatkan kesehatan menurun. Ada pula yang mengaitkan kurang tidur dengan penyakit kanker.

Kurangnya tidur bisa membuat seseorang mengalami berat badan. Karena manusia butuh asupan energi di malam hari, di malam hari mereka akan makan. Belum lagi ditambah dengan kosumsi kopi agar tetap terjaga. Semua ini bisa berakhir dengan kenaikan berat badan dan obesitas. Obesitas bisa memunculkan kanker.

6. Rutin Ke Dokter

medical check up

Peribahasa lebih baik sedia payung sebelum hujan bukanlah untuk diabaikan. Peribahasa ini mengajarkan kita semua untuk berjaga-jaga sebelum terjadi sesuatu. Seperti kesehatan, sebelum terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan lebih baik kita mulai jaga kesehatan. Caranya adalah dengan rutin memeriksakan diri ke dokter.

Rutin melakukan medical check up penting dilakukan. Kita tidak tahu apa yang ada di dalam tubuh kita, bisa saja ada masalah tapi kita tidak menyadarinya. Dengan melakukan medical check up, kita bisa mendeteksi masalah lebih awal. Kebanyakan orang baru ke dokter setelah sakit parah, kebiasaan ini jelas harus dihentikan. Apalagi jika berbicara soal kanker, bisa mendeteksi kanker lebih awal bisa memperbesar harapan untuk sembuh.

5. Hindari Minuman Manis

sweet drinks

Minuman yang manis memang rasanya enak. Jus dan soda adalah beberapa yang diketahui memiliki rasa manis. Tahukah kalian bahwa gula yang digunakan untuk membuat minuman manis ini sangatlah banyak. Bahkan embel-embel no sugar tetap saja manis dan ada gulanya. Oleh sebab itu lebih baik hindari atau kurangi minuman manis ini.

Minuman yang mengandung gula dan kalori tinggi harus dibatasi. Disarankan jika ingin sesuatu manis, alihkan pilihan ke buah-buahan dan sayur yang jauh lebih aman dan menyehatkan. Selain bisa meningkatkan resiko kanker, minum minuman yang tinggi gula bisa meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2.

4. Lindungi Kulit

protect your skin

Yang namanya kanker itu bisa muncul di bagian tubuh mana saja. Mau di dalam tubuh atau luar, resiko terserang kanker itu tetap ada. Bagian terluar dari tubuh kita yakni kulit, punya resiko yang besar untuk terkena kanker. Paparan sinar ultraviolet dari Matahari bisa meningkatkan resiko terkena kanker kulit.

Radiasi ultraviolet Matahari sangat berbahaya. Jika kalian berjemur di pantai. besoknya kulit kalian pasti akan terbakar. Makanya sebelum berjemur perlu meluluri tubuh dengan pelindung UV. Jika aktivitas lebih sering di luar dan di siang hari, jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang cukup untuk melindungi kulit.

3. Batasi Konsumsi Alkohol

alcohol

Adakah di antara kalian yang hobinya minum minuman beralkohol? Bagus jika kalian bisa mengontrol diri dalam minum minuman beralkohol ini. Tapi jika sampai terlalu sering bahkan sampai mabuk, perlahan namun pasti kesehatan kalian pasti akan terganggu. Sejumlah masalah kesehatan bisa mampir ke tubuh.

Sebaiknya batasi alkohol yang masuk ke dalam tubuh. Terlalu banyak minum minuman beralkohol membuat organ di dalam tubuh jadi terganggu fungsinya. Sebutlah mulut, tenggorokan, esofagus, hati, dan usus bisa terdampak oleh alkohol. Di perempuan, alkohol juga bisa meningkatkan resiko kanker payudara.

2. Jaga Makan

healthy foods

Makanan berminyak, fast food, snack, dan makanan olahan memang enak. Selain enak, makanan ini bisa langsung dimakan hingga bisa menghemat waktu. Mereka yang sehari-harinya super sibuk, pastinya akan sulit menjaga makan mereka. Jadi pilihannya adalah makan makanan yang cepat saji. Ditambah rasanya yang enak, semakin sulit untuk lepas dari makanan ini.

Makanan ini memang sehat tapi belum tentu menyehatkan. Perlu diketahui bahwa jika ingin terhindar dari masalah kesehatan, kita harus menjaga apa yang kita makan. Sebaiknya makan makanan yang sehat dan bergizi untuk menjaga kesehatan. Dengan makan makanan yang sehat, kemungkinan tubuh sakit jadi lebih kecil.

1. Olahraga

workout

Malas bergerak bisa membuat seseorang jadi mudah jatuh sakit. Apalagi jika ditambah dengan makan seenaknya hingga berat badan naik menjadi obesitas, maka resiko terserang penyakit akan semakin besar lagi. Tidak hanya satu penyakit tapi berbagai macam penyakit bisa saja menyerang. Jika sudah demikian, menyesal juga tak akan berguna.

Apakah obesitas tidak bisa dicegah? Tentu bisa. Caranya adalah dengan rajin bergerak atau olahraga. Dengan olahraga, berat badan jadi bisa dikontrol, obesitas pun kecil bisa terjadi. Jika malas olahraga dan sampai obesitas, resiko kanker yang bisa muncul seperti kanker rahim, usus, payudara, kerongkongan, dan ginjal.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas