home -> Lainnya -> 10 Keju Dengan Bau Paling Menyengat Di Dunia
05 Desember 2022 03:50

10 Keju Dengan Bau Paling Menyengat Di Dunia

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada March 08, 2022

Kita semua pasti sudah sering mendengar dengan yang namanya keju. Keju adalah salah satu makanan olahan dari susu. Keju dibuat dengan cara memisahkan sejumlah zat yang ada pada susu dengan cara pengentalan atau koagulasi. Untuk melakukan proses ini, diperlukan bantuan bakteri atau enzim tertentu. Dengan menggunakan bakteri tertentu dan disimpan dalam jangka waktu yang lama bisa menghasilkan rasa dan aroma yang khas. Karena penyimpanannya yang lama juga bisa membuat keju mengeluarkan aroma yang belum tentu enak untuk dihirup alias menyengat. Sejumlah keju memiliki aroma atau bau yang sangat menyengat dan bisa membuat orang muntah hanya menghirup baunya. Inilah dia 10 keju yang dianggap memiliki bau paling menyengat di dunia.

10. Hooligan

hooligan

Jika mencari arti kata dari hooligan, kata ini memiliki arti sebagai perilaku mengganggu dan melanggar hukum. Biasanya terjadi di acara olahraga. Mungkin gambaran mengganggu inilah yang sama seperti aroma yang dihasilkan oleh keju bernama Hooligan. Bau tak sedapnya bisa membuat orang mundur beberapa langkah dari keju ini.

Hooligan adalah keju yang diproduksi di Cato Corner Farm yang ada di Connecticut, Amerika. Susu yang digunakan untuk membuat Hooligan adalah Brown Swiss dan Jersey cow's milk. Dengan usia penyimpanan selama 60 sampai 75 hari, jelas baunya pasti sudah tidak bisa diperkirakan. Soal rasa, Hooligan memiliki rasa savory, nutty, mirip dengan Muenster.

9. Muenster/Munster

muenster

Ada begitu banyak negara penghasil keju, salah satunya adalah Perancis. Ada banyak jenis keju yang dibuat di negara ini. Dari sekian banyak keju yang diproduksi di Perancis, ada yang rasanya enak, ada juga yang rasa serta aromanya busuk. Salah satu keju asal Perancis yang memiliki aroma busuk adalah Muenster. Muenster atau Munster adalah keju yang memiliki karakteristik semi soft dan memiliki origin di Alsace.

Keju ini sudah ada sejak tahun 1800an dengan teksturnya yang creamy. Keju ini sebenarnya enak, tapi jika kalian bisa tahan dengan aromanya yang tidak sedap. Julukan Monster Cheese diberikan karena alasan baunya yang benar-benar tidak bisa ditahan. Keju ini dibuat dari susu sapi mentah dan dibiarkan matang di ruang bawah tanah yang lembab. Setelah itu, dicuci secara teratur menggunakan air asin.

8. Brie de Meaux

brie de meaux

Ketika menemukan sebuah nama yang sepertinya dibaca saja sudah sulit apalagi diucap, biasanya itu dari bahasa Perancis. Dan keju yang bernama Brie de Meaux ini merupakan salah satu keju yang terkenal di Perancis. Bukan cuma karena usianya yang tua dan rasanya yang unik, keju ini memiliki aroma yang luar biasa tidak sedap.

Brie de Meaux dibuat menggunakan susu sapi dan sudah diproduksi sejak tahun 1980. Nama Meaux adalah nama kota tempat produksi keju ini. Di tahun 2003, setidaknya sebanyak 6,7 ton keju telah diproduksi. Susu ini tidak sama seperti susu hasil pasteurisasi yang biasa ditemukan di pasar. Ini benar-benar menggunakan susu sapi asli yang dimana orang Perancis sangat suka.

7. U Pecorinu

U Pecorinu

Beberapa makanan memang memiliki aroma menyengat yang sangat tidak enak di hidung. Tapi ketika bisa bertahan dari aroma tersebut, kalian bisa merasakan rasa enak yang mungkin tidak pernah kalian temukan di makanan lain. Pola pikir ini sepertinya harus kalian terapkan ketika ingin mencicipi keju U Pecurinu.

U Pecurinu dikenal sebagai salah satu keju dengan aroma paling menyengat di dunia. Baunya sangat keterlaluan sehingga bisa membuat siapa saja berpikir 2 kali untuk memakannya. U Pecurinu merupakan keju yang dibuat menggunakan susu domba. Asal dari keju ini berasal dari Corsica, sebuah pulau Mediterranean yang dipenuhi dengan banyak pegunungan.

6. Stilton

stilton

Ada satu jenis keju yang mendapat julukan King of English Cheese dan keju tersebut adalah Stilton. Keju yang berasal dari Inggris ini termasuk dalam salah satu keju paling bau di Inggris dan dunia. Keju ini berasal dari daerah Leicestershire, Nottinghamshire, dan Derbyshire. Bahan utama keju ini adalah susu sapi.

Termasuk golongan blue cheese yang bisa dilihat ada bercak biru pada keju ini, Stilton memiliki tekstur keju semi-soft dan creamy. Semakin tua, maka akan semakin creamy. Meski teksturnya menarik, keju ini memiliki bau yang amat menyengat. Semakin tua usia kejunya, maka bisa semakin bau aromanya.

5. Limburger

Limburger

Dari semua keju beraroma menyengat atau busuk, keju Limberger sudah pasti harus disebut namanya. Keju Limburger memiliki origin yang berasal dari Herve. Untuk rasanya, Limburger memiliki rasa yang tidak buruk. Limburger memiliki karakter soft, creamy, berwarna kuning dengan sedikit rasa manis.

Sebuah rasa yang tidak seburuk aromanya, Limburger memiliki aroma yang sangat buruk. Dikatakan bahwa aroma Limburger seperti aroma kaki yang tidak pernah dicuci. Bau ini disebabkan oleh bakteri yang bernama Brevibacterium linens. Bakteri ini ternyata adalah bakteri penyebab bau yang juga ditemukan pada tubuh manusia.

4. Stinking Bishop

stinking bishop

Masih dari Inggris, keju dengan aroma menyengat berikutnya bernama Stinking Bishop. Dari namanya saja stinking yang berarti bau, sudah bisa diketahui bahwa aroma dari keju bukanlah aroma yang ingin kalian hirup. Di Inggris, keju ini termasuk dalam salah satu keju tertua di dunia yang bisa ditelusuri hingga 1972.

Mencium aromanya sudah seperti tantangan luar biasa yang harus dihadapi sebelum bisa menikmati rasanya. Stinking Bishop dibuat dari susu sapi Gloucestershire, dipasteurisasi lalu dicuci dengan jus Stinking Bishop Pear. Proses ini menghasilkan keju yang memiliki tekstur seperti kulit jeruk. Ditambah dengan kelengketannya, belum tentu orang mau mencoba keju ini.

3. Camembert

camembert

Meski ada ungkapan yang mengatakan bahwa jangan menilai buku dari covernya, tapi sepertinya akan sangat sulit untuk mempraktekannya pada keju ini. Keju ini memiliki nama Camembert. rasa dari keju ini sebenarnya lumayan enak. Hanya saja aromanya yang tajam bisa membuat orang yang menciumnya jadi mengurungkan niat untuk memakannya.

Camembert memiliki tekstur moist, soft, dan creamy. Tapi jika berbicara soal aroma, aroma Camembert persis seperti campuran bahan kimia yang disatukan dalam satu wadah. Kira-kira mirip seperti ammonia, sodium chloride, dan succinic acid. Camembert de Normandy dibuat dari susu sapi yang belum dipasteurisasi. Dibiarkan matang kira-kira selama 3 minggu. Biasanya orang memakan keju ini dengan menggunakan sendok.

2. Epoisses

epoisses

Setiap negara pastinya memiliki aturan yang musti ditaati. Mau seaneh apa aturan tersebut, yang namanya aturan tetaplah aturan. Di Perancis, jika kalian menaiki transportasi publik atau transportasi umum, kalian dilarang untuk membawa keju yang bernama Epoisses. Alasannya sudah jelas, keju ini memiliki aroma busuk yang sangat menyengat.

Aroma menyengat dari Epoisses benar-benar begitu tidak enak sehingga bisa membuat orang mual. Diproduksi dengan menggunakan susu sapi, Epoisses de Bourgogne yang berbahan susu sapi mentah, melalui sejumlah proses yang dimana salah satu prosesnya adalah dicuci dengan pomace brandy yang adalah minuman beralkohol yang terbuat dari anggur.

1. Pont l’Eveque

Pont l’Eveque

Keju dengan aroma menyengat ini masih berasal dari Perancis. Sepertinya orang Perancis ini suka membuat keju dengan aroma yang menyengat ya. Jika Stinking Bishop adalah salah satu keju tertua di Inggris, kalau di Perancis, Pont l'Eveque ini adalah salah satu keju tertua dari negara tersebut. Susu yang digunakan untuk membuat keju ini adalah susu sapi.

Pont l'Eveque menjadi salah satu keju tertua di Perancis dengan sejarah yang bisa ditelusuri ke belakang sampai abad ke-13. Tekstur keju ini soft, jika dimakan, dimulut akan terasa rasa creamy, agak mirip dengan keju Camembert. Aroma menyengat keju Pont l'Eveque membuat orang harus membungkusnya dengan sangat rapat jika tidak ingin baunya menyebar ke satu ruangan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas