home -> Lainnya -> 10 Tanda Kamu Memiliki Rasa Rendah Diri
29 Juni 2022 10:41

10 Tanda Kamu Memiliki Rasa Rendah Diri

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada March 04, 2022

Memiliki rasa rendah diri akan membuat seseorang sulit untuk hidup, melakukan aktivitas, dan bersosialisasi. Bukan hal yang untuk membully mereka yang mengalami rendah diri karena mungkin saja suatu saat justru kita yang bisa berada di posisi mereka. Penting bagi diri kita untuk mengecek apakah kita memiliki masalah dengan rasa percaya diri atau tidak. Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa seseorang memiliki rasa percaya diri yang rendah. Apa saja tanda yang dimaksud?

10. Postur Tubuh Selalu Membungkuk

bungkuk

Bahasa tubuh bisa menentukan banyak hal. Apakah dia orang yang percaya diri atau tidak, bisa dilihat dari postur tubuh mereka. Orang yang tidak bermasalah dengan rasa percaya diri punya postur tubuh yang tegak. Cara jalan mereka juga tegak seperti orang normal. Kalian akan melihat perbedaannya ketika melihat orang yang rendah diri.

Orang rendah diri biasanya memiliki postur tubuh yang membungkuk. Bahasa tubuh seperti ini seolah menandakan bahwa mereka tidak bangga pada dirinya sendiri. Mereka merasa diri mereka lebih kecil dan tidak berharga. Cobalah untuk bercermin dan fokus ke cermin, perbaiki cara berdiri dan berjalan dan jangan lupa untuk bangga pada diri kalian sendiri. 

9. Selalu Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

comparing

Orang yang percaya dengan dirinya sendiri tidak akan membandingkan dirinya dengan orang lain. Mereka tahu bahwa setiap manusia itu terlahir berbeda. Masing-masing punya kelemahan dan kelebihan yang berbeda. Daripada membandingkan dengan orang lain, mereka lebih memilih untuk membandingkan dirinya yang sekarang dengan dirinya yang lalu. Sudah ada perkembangan apa yang terjadi pada dirinya.

Orang yang memiliki rasa rendah diri memiliki kecenderungan membandingkan dirinya dengan orang lain. Ketika orang lain ada yang lebih sukses, orang yang rendah diri akan merasa sedih dan tak bersemangat. Mereka jadi tidak fokus dengan dirinya sendiri dan mulai mengikuti jalan orang lain. Padahal setiap orang memiliki keunikan sendiri dan jalan hidup yang berbeda.

8. Menyerah Sebelum Mencoba

give up

Hidup selalu dipenuhi dengan tantangan. Tantangan ini bisa kecil dan juga besar, tapi yang pasti adalah semua tantangan harus dihadapi. Mau nantinya gagal atau berhasil, melakukan segala yang dibisa untuk melewati tantangan itu adalah suatu hal yang pasti dan mau apapun hasilnya, kita lega telah mencoba.

Orang yang rendah diri tidak bisa merasakan hal tersebut. Jika orang yang percaya diri dihadapkan pada sebuah tantangan, mereka akan mencoba terlebih dahulu. Kalau gagal, jadikan itu sebagai pelajaran agar tidak gagal lagi. Orang rendah diri sebelum mencoba menyelesaikan tantangan akan menyerah lebih dahulu.

7. Bingung Menanggapi Pujian

compliment

Ketika seseorang melakukan suatu hal dengan baik atau merayakan keberhasilan, biasanya kita akan memberikan mereka pujian. Ucapan pujian ini bagi mereka bisa menandakan bahwa kita ikut senang dan merayakan keberhasilan mereka. Sayangnya tidak semua orang bisa bereaksi normal seperti itu.

Orang yang rendah diri memiliki reaksi yang berbeda ketika mendapatkan pujian. Ketimbang bahagia dan mengucapkan terima kasih, orang yang rendah diri justru akan bingung. Mereka bingung apakah pujian ini benar-benar ditujukan untuk mereka atau tidak. Apakah yang mereka lakukan sudah benar? Apakah pujiannya tulus atau tidak?

6. Tidak Bisa Mengambil Keputusan

decision

Setiap orang yang hidup di dunia pasti akan dihadapkan oleh pilihan. Tidak hanya satu tapi ada banyak pilihan yang harus dipilih di setiap waktunya. Sesimpel ingin makan apa hari ini adalah sebuah pilihan yang harus dilakukan. Tapi mereka yang bermasalah dengan rasa rendah diri, mengambil keputusan ini adalah hal yang sangat rumit.

Tidak perlu dihadapkan pada pilihan yang sulit, untuk hal yang mudah saja belum tentu mereka bisa menentukan pilihannya. Orang rendah diri justru akan meminta bantuan orang lain untuk memilihkan sesuatu untuk mereka. Hidup kalian adalah kalian yang menjalani. Pilihlah pilihan yang dihadapkan di depan mata dan siap menerima apa yang akan terjadi berikutnya.

5. Tidak Berani Beropini

opinion

Kebebasan beropini berarti semua orang bebas untuk mengeluarkan opini mereka tentang sesuatu. Bebas disini bukan berarti kita melakukannya dengan sebebas-bebasnya, tetap ada konsekuensi yang harus diterima jika sampai opini kita ternyata menyinggung seseorang. Meski sudah dibebaskan untuk beropini, ada sejumlah orang yang lebih memilih untuk diam.

Enggan beropini ini bisa dikarenakan oleh banyak hal. Salah satunya bisa dikarenakan ketidak percayaan diri terhadap opininya. Orang yang memiliki kepercayaan diri rendah akan memilih untuk diam. Mereka merasa bahwa dirinya tidak dianggap atau tidak penting, jadi opininya tidak akan didengarkan orang lain. Bagi kalian yang memiliki rasa percaya diri rendah, percayalah, ungkapkan opini kalian. Apakah akan didengar atau tidak, lebih baik katakan apa yang ada di kepala daripada didiamkan dan jadi kepikiran dalam waktu yang lama.

4. Menanggapi Kritik Secara Berlebihan

critics

Yang namanya kritik pasti akan selalu muncul. Kritik diberikan ketika seseorang melakukan hal yang salah atau kurang. Memang benar bahwa ada orang yang memberikan kritik dengan tepat dan baik, tapi ada juga yang memberikan kritik tanpa dipikir dulu bahasanya. Tapi itulah manusia, tidak semua orang bisa melakukan sesuai ekspetasi kita.

Jika orang yang memiliki pikiran positif, dikritik seperti apapun masih bisa berdiri tegak. Berbeda dengan mereka yang rendah diri, orang rendah diri cenderung menerima kritik secara berlebihan. Tak sedikit orang tipe ini akan memasukan kritik ke dalam hati. Mengkritik kita berarti orang ini benci dengan kita, begitulah pikirnya.

3. Ke Luar Rumah Harus Menggunakan Make Up

make up

Make up bertujuan untuk membuat seseorang menjadi menarik. Ada juga kegunaan make up lain adalah untuk menutupi jerawat atau hal lain di wajah yang memungkinkan untuk membuat penampilan jadi tidak menarik bila dilihat orang. Make up selalu dipakai ketika seseorang pergi ke luar rumah, tidak ada orang yang memakai make up di rumah sendiri.

Di rumah, kita lebih percaya diri untuk tampil apa adanya, tapi ketika di luar rumah bisa berbeda lagi. Ini adalah salah satu tanda bahwa kamu memiliki rasa rendah diri. Mereka yang selalu menggunakan make up ketika ke luar rumah menandakan bahwa mereka tidak percaya diri dengan penampilan mereka. Kalau memang sudah yakin menarik, kenapa harus ditambah dengan make up?

2. Tidak Berani Mengajukan Ketidaksetujuan

disagreement

Ketika berkumpul bersama orang lain dan terjadi diskusi, belum tentu sebuah pendapat bisa disetujui. Pastinya ada beberapa orang yang tidak setuju dan punya pendapat yang berbeda. Perbedaan ini adalah suatu hal yang wajar dan pasti akan terjadi di setiap diskusi. Masalahnya ada pada orang yang tidak setuju, apakah dia berani mengungkapkan ketidaksetujuannya atau tidak.

Orang yang tidak berani mengungkapkan ketidaksetujuannya adalah salah satu tanda bahwa orang tersebut memiliki rasa rendah diri. Daripada terjadi perdebatan yang lebih panjang atau pendapatnya justru salah, orang ini lebih memilih untuk diam dan setuju pada pendapat yang dikeluarkan orang lain. Jangan pernah ragu untuk mengungkapkan ketidaksetujuan pada sebuah diskusi. Kalau pun pendapat kita tidak diterima, ya sudah, ikhlaskan saja.

1. Selalu Minta Maaf

apologize

Pernahkah kalian melakukan kesalahan? Pastinya pernah bukan? Ketika seseorang melakukan kesalahan, hal yang harus dilakukan adalah minta maaf atas kesalahan yang sudah dibuat. Satu hal yang perlu diingat bahwa jika kalian tidak salah, jangan pernah meminta maaf pada seseorang mau seperti apa marahnya orang tersebut.

Orang yang tidak percaya diri tidak mengerti akan hal ini. Mereka merasa bahwa semua yang dilakukan salah jadi mereka akan meminta maaf atas apa saja yang mereka lakukan. Tidak tahu apakah itu salah atau benar, mereka akan minta maaf. Jika ini diteruskan, maka sikap selalu minta maaf ketika tidak ada salah ini malah akan jadi kebiasaan, tidak bisa dihilangkan, dan malah bisa dimanfaatkan oleh orang lain.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas