home -> Unik -> 10 Hal Yang Sering Didengar Namun Tidak Tahu Artin...
29 Juni 2022 16:40

10 Hal Yang Sering Didengar Namun Tidak Tahu Artinya

Oleh serba_tahu dalam Unik pada February 25, 2022

Begitu banyak hal atau benda di dunia ini yang sering kita dengar setiap hari namun artinya tidak diketahui secara jelas. Kita tahu namanya tapi informasi lengkap tentang hal tersebut masih sangat kurang. Dari sekian banyak hal yang tidak diketahui tersebut, 10 diantaranya akan dibahas pada artikel ini. Inilah 10 hal yang sering didengar namun tidak tahu artinya.

10. Cinta dan Perasaan

love and feeling

Kita merupakan makhluk hidup paling sempurna yang pernah diciptakan. Tidak seperti hewan yang hanya diberikan naluri untuk bertahan hidup, manusia memiliki kelebihan karena kita diberikan akal budi serta cinta dan perasaan. Hal tersebut itulah yang membuat kita menjadi spesial. Tapi apakah sebenarnya cinta dan perasaan tersebut? Kenapa kita bisa merasakan cinta? Atau kenapa kita bisa menangis saat sedih?

Cinta, kesedihan, amarah, bahagia, hal itu semua merupakan bagian dari apa yang dinamakan dengan perasaan. Perasaan yang dimiliki manusia ini memiliki hubungan yang erat dengan kata emosi. Tidak ada ilmu pengetahuan yang dapat dengan jelas menjelaskan bagaimana cara kerja dari perasaan manusia. Satu hal yang pasti adalah bahwa perasaan manusia dapat berubah suatu waktu bila ada suatu aksi yang dapat menyentuh perasaan.

9. Kalori

kalori

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet pasti sudah tidak aasing lagi dengan kata kalori. Tapi apa sebenarnya arti dari kalori? Kalori adalah suatu satuan yang digunakan untuk mengukur energi. Energi ini dibutuhkan oleh tubuh untuk bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Kalori yang dibutuhkan setiap orang tentunya berbeda-beda tergantung dari kebutuhan fisik dan aktivitas yang dilakukan. Semakin berat atau padat aktivitas yang dilakukan, maka orang tersebut membutuhkan asupan kalori yang lebih banyak. Biasanya kalori tersebut dapat diperoleh dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Terlalu banyak menimbun kalori dapat berujung dengan kenaikan berat badan. Bila aktivitas yang kita lakukan tidak terlalu banyak sedangkan kalori yang kita konsumsi besar, maka akan terjadi penumpukan kalori di dalam tubuh. Penempukan secara terus menerus dapat berujung dengan naiknya berat badan.

8. Mimpi

mimpi

Mimpi adalah rangkaian dari gambaran, ide, emosi, dan sensasi yang terjadi tanpa sadar ketika kita sedang tidur. Walaupun sudah menjadi topik pembicaraan sejak lama namun masih belum ada yang bisa memecahkan isi dan tujuan dari mimpi. Biasanya mimpi terjadi ketika kita memasuki alam tidur kita yang disebut dengan istilah REM (Rapid Eye Movement). Kita biasanya tidak bisa mengontrol kapan terjadinya mimpi dan seperti apa mimpi yang kita inginkan. Namun saat ini ada istilah yang dinamakan Lucid Dream, dimana dalam keadaan tidur, orang tersebut sadar bahwa ia sedang bermimpi dan di dalam mimpi tersebut dirinya bisa mengatur mimpinya sesuka dirinya.

7. Kehidupan

kehidupan

Kehidupan adalah suatu perjalanan makhluk hidup di bumi dari awal mula terbentuk sampai ajal menjemput. Selama perjalanan hidup itu, manusia akan mengalami masa-masa bayi, kemudian perlahan tumbuh dan berkembang menjadi dewasa. Selama perjalanan hidup tersebut, kita akan mengalami banyak cobaan untuk menguji apakah kita sanggup hidup di dunia yang keras ini.

Selama menjalani kehidupan demi menjadi orang dewasa, kita akan diberikan banyak pilihan hidup. Setiap pilihan yang kita pilih tersebut masing-masing memiliki efek positif dan juga negatif. Yang terpenting adalah bagaimana cara kita mengisi kehidupan kita dengan hal-hal yang berguna.

6. Ketombe

ketombe

Di televisi tentunya ktia sering melihat adanya iklan shampoo yang mengatakan mampu menghilangkan ketombe. Mungkin banyak dari kalian yang masih belum mengetahui apa itu ketombe. Ketombe adalah suatu kondisi pengelupasan kuliat mati di kepala secara berlebihan. Sebenarnya pengelupasan kulit kepala itu adalah suatu hal yang wajar apabila terjadi tidak terlalu sering. Namun ada beberapa orang yang memiliki masalah dengan ketombe. Dimana pengelupasan kulit di kepala terjadi secara terus menerus dan juga menyebabkan iritasi. Biasanya ketombe ini terjadi karena penggunaan shampoo yang tidak cocok dengan kulit kepala, penggunaan gel atau minyak rambut berlebihan, stres, cuaca panas, dan jamur.

5. Internet

internet

Sekarang ini siapa saja pasti sudah menggunakan internet di rumahnya. Bahkan di handphone pun juga sudah dapat menggunakan internet. Tapi apa kalian tahu apa itu internet? Internet yang merupakan kependekan dari Interconnection-Networking merupakan sebuah sistem yang berguna untuk menghubungkan 2 komputer atau lebih. Dengan adanya internet maka pertukaran informasi akan menjadi lebih mudah. Contohnya adalah ketika kalian menggunakan komputer dan mengetik google.com, maka komputer kalian dan google akan terhubung dan saling melakukan pertukaran informasi.

4. AIDS

aids

AIDS atau Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome adalah suatu gejala yang muncul diakibatkan karena turunnya sistem kekebalan tubuh manusia akibat serangan virus. Virus yang menyerang sistem kekebalan manusia tersebut disebut dengan HIV (Human Immunodeficiency Virus). orang yang diserang oleh virus HIV ini biasanya akan mudah sekali terserang penyakit karena kekebalan tubuhnya yang menurun. Bahkan penyakit simple seperti flu dapat berakibat fatal bagi orang penderita HIV.  Sampai saat ini belum ditemukan obat yang dapat benar-benar menyembuhkan penyakit ini. Virus HIV ini dapat menyebar dengan cepat melalui hubungan intim yang sembarangan dan penggunaan jarum suntik yang tidak steril.

3. Laser

laser

Pernah melihat guru atau dosen mengajar dengan menggunakan bantuan laser? Laser yang merupakan singkatan dari Light Amplifiation by Stimulated Emmission Radition ini adalah suatu alat yang dapat memancarkan cahaya yang berasal dari radasi elektromagnetik. Sinar yang dihasilkan dari lasar umumnya hanya 1 warna saja. Disaat ini, teknologi laser ini bukan hanya bisa digunakan untuk membantu presentasi saja namun dapat juga digunakan untuk memotong besi baja dan bahkan mengukur jarak bumi dengan bulan. 

Proses terjadinya sinar laser disebabkan oleh adanya suatu proses yang menyebabkan partikel atom di dalam laser bergerak dari energi rendah menuju energi tinggi. Pergerakan atom yang menghasilkan foton itulah yang nantinya bisa mengerluarkan cahara yang kuat.

2. Kematian

kematian

Kematian merupakan kata yang paling sering kita dengar dan pasti dialami oleh semua orang. Tapi apakah arti sebenarnya dari kematian? Kematian adalah akhir dari suatu kehidupan. Baik itu hewan, manusia, dan tumbuhan pasti akan menghadapi apa yang disebut dengan kematian. Penyebab kematian bermacam-macam, bisa karena penyakit, umur, atau kecelakaann.

Namun yang masih menjadi misteri adalah seperti apa kehidupan setelah kematian? Apa yang kita rasakan setelah kita mati? Jika dikaitkan dengan agama, tentunya masing-masing agama memiliki jawaban yang mungkin berbeda satu dengan yang lain. Tapi meskipun begitu, tidak ada yang tahu secara pasti apa yang kita rasakan setelah kita meninggal.

1. Upil

upil

Adakah diantara kalian yang gemar mengupil? Cobalah tanya pada mereka apakah mereka tahu apa artinya upil dan bagaimana upil bisa terbentuk. Kebanyakan dari mereka pasti menjawab tidak tahu. Di Indonesia kebanyakan orang mungkin hanya mengenal kata upil saja tapi ternyata upil memiliki kata lain yaitu mukus kering. Upil terbentuk karena hasil pengerasan dari mukus hidung cair atau lebih yang lebih dikenal dengan sebutan lendir atau ingus. Ingus yang mengeras ini akan menggumpal dan akhirnya membentuk upil.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas