home -> Lainnya -> 10 Cara Mengatasi Rasa Rendah Diri
09 Agustus 2022 11:14

10 Cara Mengatasi Rasa Rendah Diri

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada February 23, 2022

Apakah di antara kalian ada yang merasa rendah diri? Rasa rendah diri adalah sebuah sikap tidak percaya dengan dirinya sendiri. Orang yang merasa rendah diri selalu merasa dirinya rendah dan tidak berharga dibanding orang lain. Ketika melihat ada orang yang merasa dirinya rendah, kita seharusnya membantunya untuk bisa mengembalikan rasa percaya dirinya. Tapi bagaimana jika yang memiliki masalah rendah diri adalah diri kita sendiri? Sebelum membantu orang yang memiliki rasa rendah diri, pastikan kita tidak memiliki masalah dengan kepercayaan diri. Tapi jika di antara kalian ada yang bermasalah dengan rasa percaya diri, cara ini bisa dilakukan untuk mengurangi rasa rendah diri.

10. Merayakan Keberhasilan

celebrate

Orang rendah diri akan berpikir lama sebelum melakukan sesuatu. Sudah dipikir lama, hal tersebut urung untuk dilakukan. Mereka tidak mau melakukannya karena mereka tidak percaya diri kalau hal yang akan dilakukan bisa berhasil. Jadi, buat apa susah payah jika hal yang dilakukan akan gagal. Padahal sebenarnya mereka mampu, tapi rendah diri ini malah menjadi dinding penghalang.

Sekalinya mereka melakukan dan berhasil, tidak banyak orang yang akan melirik keberhasilan tersebut. Tidak usah perduli dengan orang lain, selama yang dilakukan itu baik dan hasilnya bagus, patut untuk dirayakan. Jika orang lain tidak mau mengapresiasi dan merayakan, kita lah yang harus memberikan apresiasi dan merayakan keberhasilan kita sendiri.

9. Stop Membandingkan Dengan Orang Lain

stop comparing

Sudah berulang kali dijelaskan bahwa setiap manusia itu unik. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya. Belum lagi ditambah dengan jalan hidup serta pilihan yang diambil bisa berbeda. Seharusnya ini menjadi alasan untuk berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain karena kita tidak akan bisa menjadi orang lain.

Diri kita ya kita sendiri, stop membandingkan diri dengan orang lain. Pola pikir yang berbeda, jalan hidup yang berbeda, dan keputusan yang berbeda bisa membuat hal yang kita hadapi berbeda dari orang lain. Membandingkan diri dengan orang lain justru akan membuat kita jadi semakin minder. Justru jalani saja hidup ini sendiri, jika ada orang lain yang sukses, jadikan itu sebagai motivasi saja.

8. Olahraga

workout

Siapa bilang kalau rendah diri tidak bisa dihilangkan dengan olahraga? Justru olahraga ini efektif untuk mengatasai rasa ketidakpercayaan dengan diri sendiri. Olahraga tidak hanya bagus untuk tubuh, menurunkan berat badan, tapi juga bisa memberikan dampak positif pada pikiran dan membangun rasa percaya diri.

Karena olahraga ada banyak macamnya, kalian bisa bebas memilih mau melakukan olahraga yang mana. Pastikan pilih dan lakukan olahraga yang kalian suka dan bisa. Jangan lupa lakukan secara rutin untuk bisa mendapatkan efeknya. Ketika berolahraga, tubuh akan merilis hormon endorphin yang nisa membuat perasaan jadi senang dan relax.

7. Sayangi Diri Sendiri

love yourself

Diri kita hanyalah kita yang tahu. Ada saatnya kita keras pada diri sendiri sebagai pelajaran untuk bisaa menjalani hidup yang keras ini. Tapi tidak selalu kita harus keras pada diri sendiri, apalagi sampai menyiksa diri dengan pikiran yang negatif dan stres. Masalah kalian yang ada malah jadi semakin berat, rasa rendah diri tidak akan hilang.

Sayangilah diri kalian sendiri, jangan terus menerus menyiksa diri dengan segala kesalahan yang sudah dilakukan, dengan masa lalu yang buruk. Lupakan itu semua dan mulai lagi yang baru. Mulai menyayangi diri sendiri, perlahan namun pasti, rasa percaya diri kalian pasti akan bangkit. Jangan pernah berharap atau bergantung pada orang lain untuk membahagiakan diri sendiri.

6. Jalani Hidup Saat Ini

live at the moment

Memiliki rasa rendah diri memang sulit untuk dihilangkan. Apalagi jika kalian mengalaminya sejak kecil dan terus sampai dewasa. Akan sangat sulit untuk bisa membuat rendah diri itu hilang. Tapi lebih baik dicoba terlebih dahulu daripada menyerah sebelum mencoba bukan? Salah satu caranya adalah dengan menjalani hidup sekarang ini.

Sejumlah orang bisa menatap jauh ke depan dan merencanakan apa yang harus dilakukan. Orang rendah diri lebih baik fokus dengan apa yang dihadapkan sekarang ini. Memikirkan hal yang jauh di depan malah justru bisa memunculkan kekhawatiran dan bisa jadi overthinking. Lebih baik fokus dengan apa yang terjadi sekarang ini dan jangan terlalu memikirkan masa lalu dan masa depan.

5. Singkirkan Hal Negatif

negativity

Hidup ini ada hal yang positif dan ada juga yang negatif. Hal positif seharusnya kita serap dan pelajari sedangkan hal negatif itu seharusnya dihindari. Masalahnya adalah, jika hal negatif tersebut ada di pikiran kita, teman-teman kita negatif, atau bahkan orang tua juga membawa pengaruh negatif, apa yang harus dilakukan?

Semua hal negatif harus disingkirkan. Dengan meninggalkan hal-hal negatif, kita bisa menjalani hidup lebih tenang. Tidak dipusingkan dengan hal yang tidak penting bisa membantu kita berpikir lebih jernih. Kita bisa jadi terhindar dari situasi buruk dengan pikiran yang lebih positif. Kalau pun terjadi hal buruk, kita bisa mengambil sisi positif dari pengalaman buruk tersebut.

4. Bergaul Dengan Orang Yang Berpikiran Positif

positive friends

Dengan siapa kita berteman bisa menentukan pola pikir, sifat, dan karakter seseorang. Anggapan ini bisa dibilang ada benarnya. Orang yang memiliki teman yang berpikiran negatif, selalu pesimis, mudah menyerah, dan rendah diri, kemungkinan besar akan tertarik ke arah negatif juga. Makanya memilih teman harus hati-hati.

Jika kalian menyadari bahwa memiliki masalah dengan rasa kepercayaan diri, jangan berteman dengan orang yang juga punya masalah dengan kepercayaan diri rendah. Apalagi berteman dengan orang yang suka membully, kalian malah bisa dibully karena minder. Tempatkan diri kalian di lingkungan pertemanan positif dan suportif. Ini bisa membantu kalian keluar dari masalah rendah diri dan jika ada masalah, kalian bisa mendapatkan dukungan serta bantuan yang tepat.

3. Mencoba Hal Lain

try something new

Apakah kalian termasuk orang yang merasa rendah diri? Apa hal yang membuat kalian merasa bahwa kalian itu tidak bisa melakukannya? Atau kalau melakukannya sudah pasti gagal? Setiap orang pasti akan mengalami yang namanya kegagalan. Ini karena adanya batas kemampuan yang tiap orang miliki. Kita juga pastinya ada batasan kemampuan.

Mungkin di satu hal kita ini kurang bisa melakukannya, tapi kenapa tidak coba hal lain? Setiap orang yang memiliki kelebihan yang berbeda. Terus coba melakukan hal yang baru bisa saja membuat kalian bisa menemukan bahwa disinilah keahlian yang kita miliki. Lalu dengan melakukan hal tersebut, perlahan-lahan kita bisa menghilangkan rasa rendah diri kita.

2. Melihat Perspektif Berbeda

perspective

Ketika menghadapi suatu hal, perspektif atau cara pandang kita akan masalah tersebut bisa menentukan hasilnya. Beberapa orang, apalagi mereka yang memiliki masalah rendah diri biasanya akan langsung pesimis begitu dihadapkan pada sebuah masalah. Bukannya menyelesaikan masalah tersebut, yang dipilih adalah melarikan diri. Hal ini dilakukan karena takut apa yang sudah dilakukan malah gagal.

Perspektif ini harus diubah jika tidak ingin terus menerus dikuasai oleh rasa rendah diri. Kenapa harus menyerah sebelum mencoba? Lebih baik coba dulu baru lihat hasilnya nanti. Begitulah yang seharusnya ada di pikiran. Kadang dengan pikiran yang lebih positif, hasilnya juga bisa jadi positif. Belum tentu hal yang dipikirkan buruk, sulit, atau akan gagal akan benar-benar terjadi.

1. Relax

relax

Banyaknya hal yang dipikirkan bisa membuat seseorang jadi rendah diri. Hidup di dunia keras dan banyak masalah memang benar, tapi bukan berarti setiap saat kita membebani pikiran kita dengan masalah yang harus dihadapi. Ada saatnya untuk kita relax atau menenangkan diri. Ini bisa membantu mengatasi rasa rendah diri.

Menenangkan diri ini berbeda orang bisa berbeda juga caranya. Yang paling umum dilakukan adalah dengan yoga atau meditasi. Meditasi atau yoga bisa membuat beban pikiran menjadi berkurang. Dengan berkurangnya beban pikiran, kita bisa melakukan hal dengan lebih baik. Mengambil keputusan juga jadi lebih tenang dan matang.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas