home -> Lifestyle -> 10 Cara Mempercepat Metabolisme Tubuh
11 Agustus 2022 09:23

10 Cara Mempercepat Metabolisme Tubuh

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada February 18, 2022

Cepat atau lembatnya metabolisme bisa menentukan kalian sukses atau tidaknya dalam mencapai berat badan yang diinginkan. Pengertian metabolisme adalah proses kimia yang terjadi di dalam sel tubuh untuk mengubah makanan dan minuman menjadi energi. Energi inilah yang nantinya digunakan oleh tubuh untuk tumbuh dan berkembang. Jadi semakin cepat metabolisme seseorang, maka energi yang dihasilkan juga akan semakin banyak. Untuk bisa meningkatkan proses metabolisme ini, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan. Inilah contohnya.

10. Kurangi Stres

stress

Hidup di dunia memang keras, tidak heran jika orang yang tidak kuat bertahan menghadapi segala macam masalah bisa menjadi stres dan depresi. Jika sudah demikian, maka kesehatan tubuh juga akan terpengaruh. Perlu diketahui bahwa stres bisa mempengaruhi tidak hanya mental tapi juga ke fisik, metabolisme jadi terganggu karena stres.

Stres bisa membuat metabolisme jadi turun. Stres membuat proses mencerna tubuh jadi lebih lama dari normal. Tak hanya itu, proses penyerapan nutrisi juga ikut turun. Malah ada kecenderungan orang yang stres akan mengkonsumsi makanan yang tidak perlu. Contohnya makan makanan yang manis dan berlemak. Makanya jangan lupa untuk menjaga level stres ada di level terendah dengan melakukan sesuatu yang disuka. Melakukan hobi, olahraga, liburan, jalan bersama teman bisa menjadi solusi untuk mencegah stres.

9. Minum Kopi

drink coffee

Apakah kalian termasuk orang yang suka dengan kopi? Kopi memang memiliki manfaat bagus untuk kesehatan. Yang penting konsumsi kopi dalam jumlah yang wajar. Jika kalian ada yang tidak begitu suka dengan kopi, mungkin pandangan kalian bisa berubah begitu tahu bahwa kopi bisa memberikan dampak pada metabolisme tubuh.

Dalam kopi memiliki satu kandungan yang dinamakan kafein. Kafein ini jika masuk ke dalam tubuh, efeknya bisa meningkatkan metabolisme. Sekitar 3-11% metabolisme bisa meningkat sehingga bagus untuk membakar lemak. Jika metabolisme meningkat dan pembakaran lemak jadi lebih efektif, ini jelas akan berpengaruh pada perubahan berat badan.

8. Tidur Malam

sleep night

Banyak hal yang bisa terdampak pada tubuh jika seseorang lebih memilih untuk tidak tidur di malam hari alias begadang. Mau karena alasan tidak bisa tidur atau karena ada pekerjaan, sebaiknya tidak mengorbankan kesehatan untuk hal lain. Apalagi diketahui bahwa kurang tidur menjadi salah satu faktor yang bisa menurunkan metabolisme.

Kurang tidur selalu dihubungkan dengan meningkatnya resiko obesitas. Selain itu, efek lain dari kurang tidur juga bisa membuat gula dalam darah naik dan insulin resistance. Ini bisa menyebabkan dengan yang namanya diabetes tipe 2. Untuk menjaga kesehatan dan metabolisme, usahakan untuk mendapatkan tidur malam yang cukup dan berkualitas.

7. Makan Makanan Pedas

spicy food

Pecinta makanan pedas pastinya tidak akan puas jika di makanannya tidak ada cabai atau sambal. Tidak lengkap rasanya makan jika makanannya tidak pedas. Beruntung bagi mereka yang suka dan tahan dengan pedas karena makanan pedas ternya bisa memberikan manfaat untuk kesehatan. Mungkin mereka yang tidak suka pedas akan berubah pikiran ketika tahu bahwa pedas bisa membuat metabolisme menjadi meningkat.

Selain bisa meningkatkan rasa dan menambah nafsu makan, dengan membuat makanan menjadi pedas, metabolisme bisa meningkat. Ini dikarenakan di makanan yang mengandung rasa pedas mengandung yang namanya capsaicin. Capsaicin ini adalah zat yang bisa meningkatkan metabolisme. Bagi yang tidak suka pedas mungkin bisa sedikit demi sedikit belajar untuk bisa suka pada pedas jika ingin meraih berat badan yang diinginkan.

6. Minum Teh

drink tea

Teh sudah sejak lama diketahui sebagai minuman yang menyehatkan. Rajin minum teh bisa menyehatkan tubuh karena teh efektif untuk mengeluarkan racun dalam tubuh dan bagus untuk diet. Tapi bukan cuma itu yang bisa diberikan oleh teh. Sama seperti kopi, teh juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Mereka yang tidak suka dengan kopi tapi ingin meningkatkan metabolisme, bisa mengganti kopi dengan teh. Teh hijau dan oolong bisa meningkatkan metabolisme sekitar 4-5%. Kedua jenis teh ini bisa mengubah lemak menumpuk di tubuh menjadi asam lemak bebas yang dimana bisa meningkatkan pembakaran lemak sebesar 10-17%.

5. Perbanyak Protein

protein foods

Berbicara soal makanan, sejumlah makanan bila dikonsumsi bisa memberikan efek tertentu pada tubuh. Karbohidrat bisa memberikan tubuh tenaga, serat bagus untuk pencernaan, lemak bisa menjadi sumber energi, dan protein bagus untuk membangun otot serta meningkatkan metabolisme. Ingin metabolisme yang cepat bisa ditingkatkan dengan rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung protein.

Makanan yang mengandung protein itu ada banyak, kalian bisa menemukannya di telur, daging, kacang-kacangan, dan sejumlah sayuran. Mengkonsumsi protein membuat tubuh membutuhkan kalori ekstra untuk mencerna dan menyerap protein. Selain bisa membuat metabolisme meningkat, protein juga bisa membuat peru jadi lebih kenyang. Tidak hanya asal kenyang tapi kenyang yang lebih lama. Ini bisa membuat niat kalian untuk ngemil jadi berkurang.

4. Berdiri

standing

Sifat mager atau malas gerak adalah sifat yang buruk. Kalian yang punya sifat mager ini tidak heran jika tubuh terasa lemas dan metabolisme turun. Karena kerjanya malas-malasan tak heran jika metabolisme jadi turun. Setiap hari hanya duduk, tiduran, sambil makan, lama-kelamaan pasti tubuh akan menjadi gemuk.

Selain mereka yang hobinya malas-malasan, mereka yang kerjanya hanya duduk di kantor juga bisa mengalami turunnya metabolisme. Dibanding duduk, berdiri jauh lebih bagus. Berdiri dalam jangka waktu yang panjang bisa membantu membakar kalori berlebih. Jadi jika kalian ingin lebih aktif, berat badan turun, metabolisme naik, jangan malas untuk berdiri dan berjalan selama beberapa menit.

3. Minum Air Dingin

drink cold water

Pernahkah kalian mendengar bahwa minum air dingin bisa membuat seseorang jadi gendut? Entah bagaimana anggapan ini bisa muncul, katanya air dingin bisa membuat lemak jadi beku di perut dan lain sebagainya. Ini yang membuat orang jadi takut minum air putih dengan suhu dingin. Padahal minum air dingin adalah hal yang bagus.

Perlu kalian tahu bahwa minum air dingin malah justru bisa membuat metabolisme jadi lebih cepat. Kenapa bisa? Ketika air dingin masuk ke dalam tubuh, tubuh membutuhkan ekstra usaha untuk membuat suhunya sama dengan suhu tubuh. Tak perlu khawatir dengan anggapan air dingin bisa membuat gendut dan bisa membekukan lemak di perut. Air mau berapa pun suhunya, kalorinya tetap 0. Dan jika air dingin bisa membuat lemak di perut jadi beku, coba sentuh perut kalian, apakah terasa dingin seperti kulkas atau tidak.

2. Tingkatkan Massa Otot

weight lifting

Mengingat metabolisme yang cepat bisa mempercepat kita mencapai berat badan yang diinginkan, makanya penting untuk mencari tahu bagaimana bisa membuat metabolisme menjadi lebih cepat. Salah satu cara efektif dan mudah untuk membuat hal tersebut terjadi adalah dengan olahraga. Dan salah satu olahraga yang disarankan adalah olahraga angkat beban.

Ada alasan kenapa olahraga ini bisa membantu meningkatkan metabolisme. Otot adalah musuh dari lemak. Semakin besar massa otot maka metabolisme akan meningkat, lemak yang ada di tubuh juga bisa semakin berkurang. Jika enggan melakukan angkat beban maka massa otot berkurang, otomatis lemak akan naik dan metabolisme akan turun.

1. Lakukan Olahraga Interval

interval training

Olahraga memang bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Mau itu olahraga angkat beban untuk menaikkan massa otot atau juga kardio, olahraga apapun itu bagus. Tapi akan ada masa dimana tubuh mulai terbiasa dengan latihan yang dilakukan dan metabolisme hanya berhenti di satu level atau malah menurun.

Untuk mengakali hal ini, kalian perlu mengubah pola latihan. Ada satu pola latihan yang efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Olahraga itu adalah interval training. High Intensity Interval Training (HIIT) bukan hanya olahraga biasa tapi ada interval di setiap latihannya. Ini sangat efektif untuk meningkatkan metabolisme setelah olahraga selesai.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas