home -> Lifestyle -> 10 Makanan Yang Bisa Meredakan Hangover
29 Juni 2022 16:03

10 Makanan Yang Bisa Meredakan Hangover

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada February 16, 2022

Apa saja yang dikonsumsi secara berlebihan akan membawa dampak buruk bagi kesehatan. Alkohol jika dikonsumsi dalam batas wajar memang bagus untuk kesehatan, tapi jika berlebihan maka bisa membuat banyak masalah. Mabuk adalah salah satu tanda orang sudah kelebihan alkohol di dalam tubuhnya. Orang mungkin berpikir setelah tidur atau istirahat akan bisa hilang rasa mabuk tersebut. Itu belum tentu, ada efek yang bisa datang setelah minum alkohol dalam jumlah banyak yakni hangover. Hangover adalah efek tak enak yang terjadi pada tubuh setelah terlalu banyak minum alkohol. Mereka yang sedang hangover bisa merasakan sakit kepala, tidak enak badan, pusing, ngantuk, bingung, dan haus. Rasa tidak enak ini bisa diredakan dengan mengkonsumsi makanan tertentu. Apa saja makanan yang bisa meredakan hangover?

10. Air Kelapa

coconut water

Haus adalah tanda yang menunjukkan bahwa tubuh kita kekurangan air. Cuaca panas, terlalu lama di ruangan ber-AC, dan olahraga bisa membuat tubuh kekurangan cairan. Jika sudah demikian, segeralah minum. Bisa itu minum air putih atau yang lebih menyegarkan lagi yakni air kelapa. Air kelapa dengan es pastinya sangat menggiurkan.

Selain bisa mengembalikan cairan tubuh, air kelapa juga bagus untuk mengatasi yang namanya hangover. Perlu diingat bahwa alkohol memiliki sifat diuretic yang bisa membuat seseorang jadi haus. Air kelapa bisa mengembalikan cairan yang hilang. Kalsium, potassium, dan magnesiumnya bisa membuata perut menjadi nyaman.

9. Jahe

ginger

Berbicara rempah-rempah, Indonesia sangat terkenal yang namanya rempah-rempah. Saking banyaknya rempah-rempah yang ada di Indonesia, zaman dulu ada banyak negara yang datang ke Indonesia untuk membeli rempah-rempah. Dari sekian banyak rempah-rempah tersebut, jahe yang sangat berguna untuk mengatasi hangover.

Wajar jika kalian mengalami hangover setelah minum alkohol. Tidak perlu bingung, hangover ini bisa diatasi dengan jahe. Rasa pusing yang muncul setelah minum alkohol bisa dihilangkan dengan mengunyah jahe. Jika tidak kuat dengan rasanya, solusi lainnya bisa dengan dijus. Campurkan jahe dengan buah lain dan jus agar bisa diminum.

8. Semangka

watermelon

Minum minuman yang mengandung alkohol haruslah dengan bijak. Tahu kapan harus minum dan kapan harus berhenti. Jika sampai terlalu banyak, maka akibatnya bisa mabuk. Tidur tidak akan enak, bangun tidur pun juga akan merasakan yang namanya hangover. Jika sudah terjadi, maka menyesal juga percuma.

Bagi kalian yang merasakan hangover setelah minum alkohol, ada banyak cara untuk menghilangkannya. Salah satunya adalah dengan semangka. Buah satu ini sangat ampuh untuk meredakan sakit kepala, pusing, mual, akibat alkohol. Semangka dapat membantu untuk mengembalikan level gula darah dalam tubuh. Karena 90% semangka mengandung air, maka tubuh pasti akan terhidrasi dengan sangat baik.

7. Acar

pickles

Pickle atau yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan acar, entah kalian termasuk orang yang suka dengan acar atau tidak. Acar memiliki bentuk yang tak menarik dan rasanya asam serta asin, tidak heran jika ada orang yang tidak suka dengan yang namanya acar. Meski begitu, makanan ini adalah makanan yang menyehatkan dan juga menyegarkan.

Biasa masuk dalam menu diet ibu hamil, acar juga bisa digunakan sebagai obat hangover. Sudah disebutkan bahwa acar memiliki rasa yang asam dan juga manis, rasa ini bisa mengembalikan elektrolit yang hilang akibat sifat diuretic yang ada pada alkohol. Jadi jika kalian mengalami hangover, jadikan saja acar ini sebagai camilan.

6. Ubi

sweet potato

Orang Indonesia memiliki tipikal sangat bergantung pada nasi. Nasi mengandung karbohidrat, tapi ada makanan lain yang juga mengandung karbohidrat. Ubi adalah salah satu makanan mengandung karbohidrat yang bisa menjadi pengganti nasi. Ubi adalah tanaman yang memiliki umbi atau bagian akar yang membesar dan bisa dijadikan makanan.

Ubi mengandung nutrisi yang banyak. Karena mengandung karbohidrat sama seperti nasi, makanan satu ini bisa membuat perut kenyang. Dan jika kalian mengalami hangover setelah kebanyakan minum alkohol, ubi ini bisa menjadi solusinya. Ubi bisa membantu meredakan hangover, membuat perut kenyang, dan menetralkan gula serta alkohol dalam tubuh.

5. Salmon

salmon

Siapa yang tak suka dengan yang namanya salmon? Dari sekian banyak jenis ikan, salmon menjadi salah satu yang paling favorit. Selain harganya terjangkau, salmon mudah ditemukan. Popularitas salmon bukan cuma dari rasanya yang enak tapi juga nutrisi yang terkandung di dalamnya. Lemak omega 3 nya bagus untuk diet.

Tapi ternyata manfaat salmon tidak hanya sampai di sana saja. Kalian yang sering minum alkohol dan mengalami hangover, salmon bisa dimakan untuk mengatasi masalah hangover tersebut. Selain ada lemak omega 3, salmon juga  ada vitamin B12. Ketika nutrisi ini masuk dalam tubuh, level alkohol yang ada di dalam tubuh bisa berkurang. Kombinasikan salmon dengan sayuran seperti asparagus untuk meredakan hangover.

4. Air Lemon

lemon water

Alkohol bisa memberikan efek menenangkan setelah masuk ke dalam tubuh. Tidak heran banyak orang yang capek dan stres, lari ke arah alkohol.  Apabila diminum dalam batas wajar memang bisa membuat rileks, tapi jika terlalu banyak malah bisa membawa dampak buruk. Hangover sudah pasti muncul jika kadar alkohol dalam tubuh sudah terlalu tinggi.

Jika sudah demikian, maka rasanya pasti tidak akan menyenangkan. Untuk mengatasi hal ini bisa dengan minum air lemon. Air lemon bisa membantu untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Alkohol memiliki sifat diuretic yang bisa membuat orang jadi dehidrasi. Minum air lemon tidak hanya mengeluarkan racun dalam tubuh tapi juga mengembalikan mineral dalam tubuh.

3. Yogurt

yogurt

Yogurt bukan lagi makanan yang asing untuk kita. Makanan satu ini jadi salah satu pilihan bagi mereka yang tidak bisa menikmati susu karena masalah laktosa. Yogurt lebih ramah bagi pencernaan mereka yang tidak bisa minum susu karena tetap bisa mendapatkan nutrisi sama seperti minum susu.

Sering dibicarakan mengenai manfaatnya, yogurt juga bermanfaat untuk mereka yang merasa sakit kepala di pagi hari setelah malamnya menenggak banyak alkohol. Kebanyakan alkohol membuat perut jadi kembung dan tidak nyaman. Mengkonsumsi yogurt dengan rasa vanilla atau polos bisa membuat pencernaan menjadi sedikit lebih nyaman. Gula darah dan kembung juga bisa reda dengan yogurt.

2. Pisang

bananas

Panjang dan berwarna kuning, pisang menjadi salah satu buah yang bisa dimakan ketika kalian mengalami yang namanya hangover. Ketika minum alkohol terlalu banyak, tubuh akan bereaksi dengan memunculkan rasa yang tidak nyaman ketika bangun. Kepala sakit, mual, kembung, ini bisa diatasi dengan buah pisang.

Buah satu ini memiliki kandungan magnesium. Magnesium bisa melancarkan peredaran darah, meredakan sakit kepala, dan kaya akan vitamin B6. Vitamin B6 ini diyakini ampuh untuk mengurangi gejala hangover. Vitamin B1, B2, B3, dan B6 bagus untuk hati dan bisa mempercepat proses detoksifikasi.

1. Telur

eggs

Anak-anak yang maniak dengan fitness pasti harus ada protein di setiap menu makanan. Protein sendiri bisa didapat dari banyak makanan. Bisa dari protein hewani seperti ayam, sapi, dan telur. Protein nabati bisa didapati dari kacang-kacangan. Telur yang menjadi salah satu makanan mengandung protein, bisa kalian gunakan sebagai obat hangover.

Cara memasak telur ada banyak, kalian bisa dadar, poach, boiled, atau goreng, terserah kalian saja. Telur yang kaya akan protein ini dan memicu tubuh untuk memproduksi hormon yang namanya serotonin. Serotonin ini yang bisa membantu untuk mengurangi rasa tak nyaman akibat alkohol. Cysteine yang ada pada telur bisa mengeluarkan racun alkohol yang ada di dalam tubuh.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas