home -> Lifestyle -> 10 Manfaat Mengkonsumsi Dark Chocolate
11 Agustus 2022 10:08

10 Manfaat Mengkonsumsi Dark Chocolate

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada February 15, 2022

Coklat adalah salah satu makanan yang sanga enak dan disukai banyak orang karena rasanya yang manis dan enak. Rasanya pun ada beraneka macam, ada yang rasa coklat, vanilla, strawberry, dan lain sebagainya. Tapi perlu diingat bahwa coklat memiliki rasa manis yang tinggi sehingga bisa membuat gula naik dan berat badan naik jika dikonsumsi secara berlebihan. Namun ada jenis coklat lain yang justru aman untuk dikonsumsi apalagi disarankan dimasukkan dalam menu diet. Coklat yang dimaksud adalah dark chocolate. Dark chocolate memiliki kandungan gula yang tinggi dan cenderung pahit. Mengkonsumsi dark chocolate dengan cukup bisa memberikan manfaat bagi kesehatan. Apa saja yang bisa didapat bila mengkonsumsi dark chocolate ini?

10. Kaya Nutrisi

nutrisi

Jika itu adalah coklat biasa, memang kita perlu untuk mempertimbangkan mengkonsumsi makanan manis satu ini. Jika makan dalam jumlah terbatas masih ok, tapi jika takut akan ketagihan, lebih baik jangan mengkonsumsi coklat biasa. Coba pilih coklat lain yang jauh lebih aman untuk kesehatan. Pilihan itu bisa diperoleh dengan memilih dark chocolate.

Dark chocolate mengandung banyak nutrisi yang lebih baik daripada coklat biasa. Nutrisi ini diperlukan oleh tubuh. Dalam dark chocolate ada serat, copper, magnesium, iron, selenium, zinc, potassium, kafein, dan anti oksidan. Tentu dengan konsumsi yang tidak berlebihan, maka bisa dipastikan kita akan mendapatkan manfaat kesehatan yang diinginkan.

9. Bagus Untuk Ibu Hamil

ibu hamil

Ibu hamil harus memperhatikan makanan dengan baik. Makanan yang dimakan tentunya harus yang bergizi. Karena ibu hamil tidak hanya makan untuk dirinya sendiri tapi juga untuk bayi yang ada dalam kandungan. Maka dari itu perlu mengikuti diet khusus ibu hamil yang sudah disarankan oleh dokter dan ahli kesehatan.

Salah satu makanan yang bagus dan boleh disisipkan dalam menu diet untuk ibu hamil adalah dark chocolate. Dark chocolate memiliki nutrisi yang jauh lebih sehat dan banyak dibandingkan dengan coklat biasa. Vitamin dan mineral dari dark chocolate bagus untuk kesehatan ibu dan janin. Iron, zinc, magnesium, dan nutrisi penting lain di cocoa ditambah anti oksidan bagus untuk ibu hamil.

8. Membantu Tidur

sleep better

Adakah di antara kalian yang memiliki masalah dengan tidur? Susah tidur di malam hari bisa membuat tubuh menjadi lemas di pagi hari. Ini karena tubuh tidak mendapat waktu yang cukup untuk istirahat dan regenerasi. Mood juga bisa jadi berantakan jika kurang tidur. Istilah untuk orang yang sulit tidur adalah insomnia.

Mengatasi insomnia ini bisa dimulai dari makanan. Dark chocolate adalah salah satu makanan yang bisa mengatasi masalah insomnia. Dark chocolate bisa membuat tidur jadi lebih berkualitas. Kandungan magnesium di dark chocolate bisa membuat otot jadi rileks. Otot yang lebih rileks bisa mempermudah tubuh untuk istirahat.

7. Memperbaiki Mood

good mood

Masalah mood bisa menentukan hari-hari seseorang apakah hari tersebut menjadi hari yang menyenangkan atau jadi suram. Mereka yang memiliki mood yang mudah berubah atau biasa disebut mood swing atau moody, akan menghadapi hari-hari yang lebih berat dari orang yang moodnya bisa diatur.

Masalah mood harus segera diselesaikan agar tidak mengacaukan hari-hari. Ada berbagai macam cara untuk membuat mood yang rusak menjadi baik, salah satunya adalah dengan makan dark chocolate. Kenapa harus dark chocolate? Dark chocolate bisa memicu produksi hormon serotonin yang bertugas untuk membuat mood menjadi baik. Dark chocolate juga bisa menjadi salah satu cara untuk meredakan depresi.

6. Mengontrol Gula Dalam Darah

blood sugar

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis bisa berdampak pada naiknya gula dalam darah. Diteruskan lagi maka bisa berakibat pada diabetes. Jika sudah terkena diabetes, maka tubuh akan mudah diserang berbagai macam masalah kesehatan. Coklat menjadi salah satu makanan manis yang bisa bikin ketagihan karena rasa manisnya yang memang enak.

Jika ingin mencari coklat jenis lain yang aman untuk kesehatan, alihkan pilihan pada dark chocolate. Dark chocolate tidak memiliki kandungan gula setinggi coklat biasa. Dark chocolate justru mengandung kafein dan anti oksidan yang bagus untuk tubuh. Dua hal ini bisa membantu untuk menurunkan resiko terserang diabetes tipe 2.

5. Meningkatkan Kolesterol Baik

cholesterol

Sebagai pengingat, kolesterol itu dibagi menjadi dua yaitu kolesterol baol (LDL) dan kolesterol jahat (HDL). Jadi ketika mendengar kata kolesterol, kita tidak langsung ketakutan karena tidak semua kolesterol itu jahat. Kolesterol baik justru dibutuhkan untuk tubuh dan bisa didapat dengan mengkonsumsi sejumlah makanan.

Tahukah kalian bahwa dark chocolate ternyata bagus untuk kolesterol? Dark chocolate memiliki kandungan anti oksidan yang dinamakan flavonoid. Flavonoid ini mampu untuk meningkatkan kolesterol baik atau LDL dalam tubuh. Efek lainnya, flavonoid bisa membantu untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat atau HDL.

4. Meningkatkan Konsentrasi

concentration

Penting untuk berkonsentrasi dalam mengerjakan sesuatu. Hilang konsentrasi bisa berakibat buruk dimana hal yang sedang dikerjakan bisa jadi berantakan. Hasilnya pun bisa tak sesuai yang diharapkan. Sekarang ini sudah ada banyak suplemen yang dibuat untuk membantu meningkatkan konsentrasi. Daripada langsung mengkonsumsi suplemen, coba dulu dari makanan.

Dark chocolate ternyata bagus untuk meningkatkan konsentrasi. Selain kopi, dark chocolate juga ada terkandung kafein. Dengan kombinasi kafein dan anti oksidan dalam dark chocolate, ini diketahui ampuh untuk membantu meningkatkan konsentrasi seseorang. Sirkulasi darah ke otak juga bisa jadi lancar karenanya.

3. Bagus Untuk Kulit

good skin

Menghindar dari coklat bukanlah hal yang bijak. Ini dikarenakan tidak semua coklat itu buruk untuk kesehatan. Masih ada beberapa jenis coklat yang justru menyehatkan. Jadi, sangat disayangkan jika kita saking bencinya pada coklat hingga harus melupakan coklat yang ternyata bagus untuk kesehatan. Coklat yang patut dipertimbangkan untuk dikonsumsi adalah coklat jenis dark chocolate.

Ada begitu banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi dark chocolate. Salah satunya adalah kulit yang bisa terdampak oleh dark chocolate. Kalian yang sering bermasalah dengan kulit seperti jerawat, bisa dicegah dengan dark chocolate. Dark chocolate memiliki manfaat anti inflamasi karena ada kandungan kafein di dalamnya. Anti oksidannya juga bisa membantu menyehatkan kulit.

2. Menurunkan Berat Badan

berat badan

Untuk memperoleh berat badan yang ideal dibutuhkan diet dan juga olahraga. Hanya melakukan olahraga saja tapi makan masih sembarangan, jangan harap berat badan yang diimpikan bisa dicapai. Mengatur pola makanan ini sangat penting karena kita hanya olahraga selama 1 jam, lalu sisa harinya kita harus memilih mana yang harus dimakan.

Tak sedikit orang menghindari yang namanya coklat dalam diet. Coklat biasa memang harus distop, tapi tidak untuk dark chocolate. Dark chocolate justru bisa membantu kita untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan. Dark chocolate terbuat dari cocoa butter yang ternyata bisa membuat seseorang kenyang lebih lama. Dark chocolate juga bisa mengatur level insulin yang dapat membantu menurunkan berat badan.

1. Menyehatkan Jantung

heart

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang sangat menakutkan. Penyakit jantung ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Orang yang terlihat sehat bisa saja mendadak kena serangan jantung. Untuk itulah penting untuk menjaga kesehatan jantung, bukan cuma dari rajin olahraga tapi juga dari makanan.

Diketahui bahwa dark chocolate bisa memberikan manfaat bagi jantung kita. Dark chocolate mengandung anti oksidan yang bisa meningkatkan elastisitas dari pembuluh darah. Jelas ini akan menurunkan resiko terkena masalah jantung. Untuk memperoleh manfaat ini, konsumsi dark chocolate dengan kadar minimal 70%.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas