home -> Lainnya -> 10 Tips Untuk Melatih Kesabaran
09 Agustus 2022 11:10

10 Tips Untuk Melatih Kesabaran

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada February 08, 2022

Sabar adalah suatu sikap yang penting dan harus dimiliki. Dengan sabar, kita bisa lebih relaks, tenang, berpikir jernih, dan bijak dalam memilih untuk melakukan suatu tindakan. Orang yang tidak memiliki kesabaran akan rentan mengalami banyak masalah. Dari masalah pribadi hingga relasi dengan orang lain dan pasangan. Melatih kesabaran memang tidak mudah mengingat ada saja hal atau orang yang datang untuk menguji kesabaran kita. Tapi perlu diingat kembali apa tujuan kita, kesabaran bisa membawa keuntungan yang tak terduga. Bagi kalian yang memiliki masalah dengan kesabaran, berikut sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk melatih kesabaran.

10. Tertawa

laugh

Ada banyak hal yang bisa membuat kita kehilangan kesabaran, tapi tak seharusnya kita kalah dengan hal itu. Hilang kesabaran bisa saja terjadi, tapi pilihan untuk mengontrol itu ada di tangan kita. Apa kita mau marah atau melampiaskan ke hal lain. Pilihan yang bijak adalah dengan mengontrolnya dengan cara tertawa.

Sekesal apapun dengan masalah yang dihadapi, ingatlah untuk tertawa. Dengan tertawa kita bisa membuat pikiran dan tubuh kita menjadi lebih rileks. Ketika rileks inilah kita bisa berpikir ulang apa yang membuat kita kesal dan mencari cara untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dengan pikiran yang lebih jernih tentu akan mudah bagi kita untuk mengambil keputusan.

9. Lakukan Sesuatu Dengan Perlahan

work slowly

Memang ada banyak orang yang mengatakan untuk mengerjakan sesuatu dengan cepat. Dengan cepat menyelesaikan suatu pekerjaan, maka kita bisa beralih ke pekerjaan lain. Dampaknya setelah menyelesaikan semua pekerjaan tersebut, kita bisa jadi santai. Hal ini tidak bisa dilakukan kalau kita punya masalah dengan kesabaran.

Mereka yang kesabarannya sudah berada di ambang batas, mengerjakan hal dengan cepat malah akan buruk hasilnya. Yang bisa dilakukan adalah dengan bekerja dengan perlahan. Tida masalah jika agak sedikit lama selesai. Ini dilakukan agar meminimalisir kesalahan ketika bekerja. Melakukan sesuatu dengan kecepatan yang lebih lambat juga bisa menjadi salah satu cara untuk melatih kesabaran kita.

8. Istirahat

istirahat

Tidak perlu takut untuk kehilangan kesabaran. Yang perlu ditakuti adalah apa yang terjadi jika sampai kita kehilangan kontrol diri ketika rasa sabar itu hilang. Jika sampai di suatu masa kita kehilangan rasa sabar, jangan biarkan emosi mengendalikan pikiran kita. Berhenti sejenak dari apa yang kita lakukan dan menyingkir.

Istirahat penting dilakukan apabila kita tiba di masa-masa lelah dan kesabaran yang sudah berkurang. Misal berada di kantor, ada banyak tumpukan pekerjaan menanti diselesaikan. Tak ada salahnya untuk mengambil waktu istirahat sejenak. Bisa dengan melakukan sedikit berjalan, meregangkan tubuh, minum kopi, atau mendengarkan lagu.

7. Latihan Sabar

practice

Sudah tentu yang harus dilakukan untuk melatih kesabaran adalah dengan latihan. Dengan memperbanyaka latihan, maka seseorang akan semakin terlatih. Dalam hal ini yang harus dilatih dan ditingkatkan adalah kesabaran yang merupakan kunci penting dalam melakukan banyak hal. Orang yang sampai dikontrol emosi karena kesabarannya hilang adalah orang yang kalah.

Tentu melaih kesabaran ini bisa berbeda setiap orangnya. Mereka yang ekstrim bisa mencoba dengan cara mengekspos diri mereka dengan hal yang bisa membuat mereka kehilangan kesabaran. Untuk yang ingin melakukan dengan cara normal, bisa mencoba dengan melakukan hal yang sulit, membaca buku yang memiliki topik berat dan lain sebagainya.

6. Minta Pertolongan Orang Lain

minta pertolongan

Tidak perlu apabila kita mengalami suatu kesulitan lalu meminta bantuan orang lain untuk menolong. Setiap orang memiliki kemampuan yang terbatas dan kelemahan, ketika sudah mencapai batasnya, orang tersebut bisa merasa lelah. Ditambah dengan adanya hal yang bisa membuat emosi akan semakin membuat orang tersebut drop.

Ketika kalian sudah merasa di titik terendah, jangan ragu untuk meminta pertolongan. Jika bermasalah dengan pekerjaan di kantor, minta bantuan rekan kerja untuk menyelesaikan. Jika mengalami masalah dengan kesabaran, bisa juga minta teman atau keluarga untuk membantu mengatasi. Ada juga yang namanya psikolog jika masalah yang dihadapi sudah terlalu parah.

5. Mengalihkan Pikiran

alihkan perhatian

Fokus dengan hal yang ingin dikerjakan memang bagus. Tapi akan tiba masanya kita merasa kesal dan hilang kesabaran. Hal ini bisa disebabkan karena ada saja masalah yang harus diselesaikan untuk mencapai tujuan tersebut. Niat ingin masalah cepat selesai, tapi memaksakan diri di kondisi yang tidak memungkinkan malah membuat hasil yang diraih tidak maksimal. Ini malah akan menambah kesal.

Salah satu tips yang bisa dilakukan untuk melatih kesabaran adalah dengan mengalihkan pikiran. Coba untuk alihkan sejenak dari hal yang harus dikerjakan. Mungkin kalian sudah terlalu fokus yang membuat kalian lelah. Cobalah hal lain yang menyenangkan untuk sedikit meringankan pikiran yang ada di kepala.

4. Ingat Dengan Tujuan Awal

goal

Jika seseorang sampai kehilangan kesabaran dan marah-marah, apapun yang dikerjakan akan berantakan dan tujuan yang ingin dicapai bisa jadi tak akan tercapai. Hal-hal yang bisa membuat keasbaran hilang memang ada banyak, tapi jangan sampai kalian lupa dengan tujuan awal yang ingin digapai.

Membiarkan diri dikontrol emosi malah bisa membuat kita akan memperlebar jarak dengan tujuan yang ingin dinanti. Agar usaha yang dilakukan tidak terbuang sia-sia, cobalah mengingat kembali dengan rencana awal yang dibuat. Apakah emosi yang sementara itu sebanding dengan tujuan kalian? Cobalah untuk bersabar karena kesabaran akan memberikan hasil yang setimpal.

3. Terima Kenyataan

kenyataan

Satu tips lagi untuk melatih kesabaran adalah menerima kenyataan. Perlu diketahui bahwa selama hidup di dunia, ada banyak hal yang bisa terjadi. Salah satunya adalah hal yang bisa membuat orang kehilangan kesabaran. Bisa karena orang lain yang membuat kesal, kesal dengan diri sendiri, dan lain sebagainya.

Hal-hal yang tak bisa dikontrol inilah yang perlu kita sadari. Tidak semua hal bisa kita kontrol, dengan menerima kenyataan yang pahit inilah kita bisa berhenti untuk kesal atas sesuatu yang tak bisa kita kontrol. Lebih baik lakukan hal positif lain yang berguna bagi kita. Selain bisa melatih kesabaran, dengan menerima kenyataan ini bisa menjadikan kita jadi orang yang realistis.

2. Kenali Penyebab Tak Sabar

penyebab tak sabar

Kehilangan kesabaran adalah hal yang pasti terjadi. Semua orang pasti akan mengalaminya. Yang harus dilakukan bukan hanya untuk tetap menjadi orang yang sabar, hal lain yang harus dilakukan adalah mencari tahu hal apa yang menyebabkan kesabaran itu hilang. Penyebab hilang kesabaran ini yang harus diselesaikan.

Setiap orang pasti akan memiliki jawaban yang berbeda tentang hal apa yang bisa membuat mereka hilang kesabaran. Ketika berhasil menemukan apa pemicunya, apakah bisa untuk ditangani? Jika tidak, bisa minta bantuan orang lain. Jika memang tidak bisa diatasi, jauhi hal tersebut dan menerima bahwa ada hal yang memang tak bisa kita kontrol.

1. Meditasi

meditasi

Tips lain untuk melatih kesabaran adalah meditasi. Manfaat yang diberikan dari melakukan meditasi sangatlah banyak. Tak hanya pikiran saja yang bisa menjadi tenang, fisik pun juga terkena dampak dari meditasi. Mengingat sekarang banyak orang yang perduli dengan kesehatan fisik dan mental, orang yang melakukan meditasi pun juga ada banyak dan mereka membentuk komunitas.

Bolehlah kalian mencoba meditasi ini sebagai alternatif untuk meningkatkan kesabaran. Dengan meditasi, semua hal negatif yang ada dipikiran yang bisa mempengaruhi kesabaran bisa hilang. Dengan menempatkan diri di tempat yang tenang, sejuk, nyaman, sembari ditemani dengan suara yang menenangkan, tubuh bisa jadi rileks, pikiran tenang, dan fokus kembali ke semula. Mereka yang mengalami stres juga bisa diselesaikan dengan meditasi.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas