home -> Lifestyle -> 10 Cara Mencegah Munculnya Jerawat
06 Desember 2022 15:27

10 Cara Mencegah Munculnya Jerawat

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada February 02, 2022

Munculnya jerawat di kulit wajah adalah mimpi buruk semua orang. Penyebab munculnya jerawat ada bermacam-macam, bisa karena stres, perubahan hormon, bakteri, polusi, dan keturunan. Jerawat muncul bisa membuat kepercayaan diri seseorang turun dan membuat penampilan jadi tidak menarik. Semua orang bisa memiliki masalah dengan jerawat. Tapi ini bukan berarti kita tidak bisa mencegahnya. Ada sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya jerawat. Tipsnya mudah dan kalian pasti bisa mengikutinya.

10. Produk Anti Jerawat

anti acne products

Menjaga kesehatan dan kebersihna kulit wajah adalah hal yang penting agar terhindar dari masalah acne atau jerawat. Tidak hanya wanita, pria juga bisa mengalami jerawat jika tak merawat kulit wajah dengan baik. Untungnya sekarang sudah ada banyak produk yang bisa menunjang kesehatan dan kebersihan wajah.

Produk anti jerawat wajib digunakan jika ingin terhindar dari masalah jerawat yang meresahkan. Tentu tak menggunakan sembarangan produk, pastikan dulu seperti apa tipe wajah kalian baru menentukan produk mana yang sekiranya cocok. Produk anti jerawat biasanya mengandung zat seperti benzoyl peroxide, salicylic acid, dan sulfur yang bagus untuk mencegah dan melawan jerawat.

9. Antibiotik

antibiotic

Ketika memang sudah sebisa mungkin melakukan hal untuk mencegah jerawat, kemungkinan kena masih ada. Ada yang bisa cepat sembuh, ada juga yang sembuhnya lama. Jika jerawat yang muncul banyak dan lama sembuh, bisa menggunakan antibiotik. Konsumsi antibiotik yang memang ampuh untuk melawan jerawat.

Tentu yang namanya konsumsi obat antibiotik terlebih dahulu harus berkonsultasi dengan dokter. Menggunakan antibiotik bisa membantu tubuh untuk melawan jerawat dan membuat sembuh lebih cepat. Namanya antibiotik harus diminum sampai habis karena jika tidak, bakteri penyebab jerawat malah bisa beradaptasi dan bertambah kuat dari efek antibiotik.

8. Hindari Stres

stress

Entah kalian sadar atau tidak, stres juga bisa menyebabkan jerawat. Bagaimana caranya hal tersebut bisa terjadi? Stres bukan hanya membebani pikiran tapi juga tubuh. Orang yang stres, tubuhnya akan memproduksi sejumlah hormon yang bisa memproduksi minyak. Minyak berlebih inilah yang bisa menyebabkan jerawat muncul.

Kalau tidak mau stres dan jerawatan, harus cari tahu apa yang bisa membuat kita stres. Jauhi hal-hal yang bisa membuat pikiran jadi stres. Andaikan harus menghadapi hal tersebut dan tidak bisa menghindar stres, harus cari cara untuk bisa mengurangi dan bahkan menghilangkan stres. Olahraga, meditasi, melakukan hal yang disuka, atau apa saja kegiatan yang bisa menghilangkan stres.

7. Jaga Makanan

healthy foods

Apa yang kita makan juga menjadi penentu apakah kita akan berjerawat atau tidak. Jadi kita harus menentukan makanan apa yang harus dimakan atau tidak. Makanan yang bisa memicu timbulnya jerawat seperti makanan cepat saji, makanan berminyak, makanan olahan, gula, susu dan olahannya, serta alkohol.

Jadi jika tidak ingin wajahnya muncul jerawat, makanan tersebut harus dikurangi. Mungkin kalian perlu mengatur diet sebaik mungkin agar tidak jerawatan. Dan untuk menentukan diet yang tepat selain bisa mencoba-coba sendiri, bisa juga bertanya pada dokter atau ahli gizi. Dengan konsultasi ke ahli gizi juga bisa mencatat kira-kira makanan apa yang lebih harus dihindari.

6. Gunakan Pelembab

moisturizer

Untuk menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari masalah jerawat bisa dengan menggunakan yang namanya pelembab. Kita yang masuk dalam generasi milenial lebih beruntung daripada orang zaman dulu. Zaman dulu belum begitu mengenal yang namanya moisturizer. Sekarang sudah banyak produk moisturizer yang dijual di toko dan supermarket.

Menggunakan moisturizer bisa membantu menjaga kulit agar tetap lembab. Kalau wajah seseorang kering, kulit akan memproduksi minyak sebagai bentuk untuk melindungi kulit dari kekeringan. Kelebihan minyak ini merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat. Moisturizer bisa berguna untuk mencegah hal ini terjadi.

5. Cukup Minum Air Putih

drink water

Ternyata penyebab jerawat juga bisa dikarenakan tubuh kekurangan cairan. Iklim panas dan terlalu sering berada di ruangan ber-AC ditambah dengan kebiasaan yang kurang air minum bisa memicu timbulnya jerawat. Cuaca panas dan dinginnya Ac bisa membuat kulit menjadi kering. Kulit kering bisa membuat produksi minyak meningkat dan bakteri.

Untuk membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik, satu-satunya cara adalah dengan minum air putih yang cukup. Setidaknya minum sekitar 8 gelas air dalam satu hari. Ini bisa bertambah jika cuaca sedang panas, lama di ruangan bersuhu dingin, dan juga ketika olahraga. Jangan tunggu sampai haus baru minum air putih.

4. Jarang Makeup

makeup

Kebiasaan makeup yang dulunya hanya dilakukan oleh wanita, kini dilakukan juga oleh pria. Sadarkah kalian bahwa makeup bisa memicu terjadinya jerawat? Memang benar bahwa menggunakan makeup sangat penting untuk penampilan. Mereka yang kerjanya di dunia entertainment juga wajib mengenakan makeup.

Bagi yang mengalami jerawat, makeup digunakan untuk menutupi jerawat tersebut. Lalu bagi mereka yang belum berjerawat, bisa jadi mengalami jerawat jika penggunaan makeup yang berlebihan. Jika memang harus menggunakan makeup, pilih produk makeup yang non-comedogenic dan bebas penwangi agar kulit tidak iritasi. Jika sudah tidak diperlukan, bersihkan makeup dari wajah sampai bersih.

3. Stop Menyentuh Wajah

touching face

Beberapa di antara kita mungkin ada yang merasa gatal untuk menyentuh wajah dengan tangan. Entah karena refleks, gatal, bahkan mereka yang suka gugup juga memiliki kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan. Kebiasaan ini harus dihindari jika ingin memiliki kulit wajah bersih karena kita tidak tahu seberapa bersih tangan kita.

Tangan bisa menjadi media berpindahnya bakteri. Bakteri bisa pindah dari tangan tersebut ke wajah. Makanya jangan biasakan menyentuh wajah dengan tangan. Kalau memang ada sesuatu di wajah dan ingin menyentuhnya, bersihkan tangan terlebih dahulu. Atau bisa juga menggunakan handuk atau tisu yang bersih.

2. Kenali Jenis Kulit

skin type

Banyak orang yang cenderung memakai sembarangan produk untuk terhindar dari jerawat. Mereka tidak sadar bahwa tidak semua produk bisa cocok untuk seseorang. Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, jadi tugas dari kita sebelum menggunakan suatu produk adalah dengan mengetahui jenis kulit kita sendiri.

Memeriksa jenis kulit bisa dilakukan ke dokter atau ahli kulit. Apakah kalian memiliki kulit dengan tipe kering, berminyak, kombinasi, atau sensitif. Dengan mengetahui jenis kulit, kita jadi bisa menyeleksi produk apa yang sekiranya cocok untuk kulit wajah. Menggunakan sembarangan produk malah tak bisa mendapatkan efek yang diharapkan atau malah memperburuk kondisi jerawat.

1. Mencuci Wajah

washing face

Salah satu penyebab terjadinya jerawat adalah karena peran bakteri ditambah dengan debu polusi di kota yang sangat padat. Kombinasi ini membuat bakteri penyebab jerawat berkembang biak dengan baik. Di kita, selain jerawat yang muncul, akan terasa lengket kotor dan tidak nyaman di wajah. Cara agar tidak mengalami hal tak mengenakan ini adalah dengan mencuci wajah.

Dengan rajin mencuci wajah setidaknya 2x kali dalam sehari bisa meminimalisir munculnya jerawat. Tentu mencuci wajah dengan menggunakan produk pembersih wajah yang tepat dan membilasnya dengan air bersih. Ini bisa menyingkirkan minyak, kotoran, dan keringat dari wajah. Jangan lupa juga untuk mengeringkannya dengan handuk bersih.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas