home -> Lifestyle -> 10 Dampak Buruk Terlalu Sering Olahraga
29 Juni 2022 16:45

10 Dampak Buruk Terlalu Sering Olahraga

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada January 26, 2022

Tujuan dari olahraga adalah untuk menyehatkan tubuh. Jika nantinya tubuh berubah menjadi kekar berotot bagi pria dan seksi berisi untuk wanita, itu hanyalah bonus. Manfaat positif tersebut hanya bisa didapat jika melakukan olahraga secara rutin dan tentunya tidak berlebihan. Apapun yang dilakukan secara berlebihan makanya dampaknya akan buruk bagi kesehatan, begitu juga dengan olahraga. Ada banyak dampak buruk yang bisa muncul jika terlalu sering berolahraga dan melupakan yang namanya istirahat. Berikut ini sejumlah dampak negatif jika kamu terlalu sering berolahraga.

10. Detak Jantung Tak Beraturan

heart problems

Jantung yang merupakan salah satu organ penting dalam tubuh bisa menjadi terlatih dan sehat dengan rajin olahraga. Jantung yang sehat memungkinkan seseorang sulit untuk mendapatkan masalah dengan jantung. Olahraga yang berfokus untuk melatih jantung seperti berenang, sepakbola, basket, dan voli.

Apakah kalian pernah merasa detak jantung kalian tak beraturan? Jika iya, bisa jadi itu dikarenakan kalian terlalu sering olahraga. Overtraining bisa mendatangkan masalah pada jantung. Mulai dari detak jantung tinggi pada saat normal dan ventricular arrhythmia. Ventricular arrhythmia adalah kondisi di mana ventrikel jantung berdetak terlalu cepat karena adanya gangguan aliran listrik pada jantung. Akibatnya, jantung tidak bisa memompa darah secara efektif sehingga tubuh kekurangan oksigen.

9. Cidera

injury

Seseorang bisa mengalami cidera saat berolahraga bisa disebabkan oleh banyak hal. Mungkin saja karena tekniknya salah atau mendapatkan benturan yang keras dari seseorang atau sesuatu. Atau bisa juga karena mereka terlalu sering berolahraga. Terlalu sering olahraga sampai lupa istirahat membuat tubuh menjadi lemas dan tak bertenaga.

Otot, sendi, serta tenaga tak pulih secara sempurna akibat terlalu sering olahraga. Jadi ketika melakukan olahraga, meski dengan intensitas rendah, bisa membuat seseorang mengalami cidera. Jika sudah mengalami cidera berat, maka harus mendapatkan perawatan tergantung lokasi cidera dan seberapa parah cidera tersebuht. Belum lagi harus menunggu waktu sembuh baru bisa berolahraga kembali.

8. Gangguan Hormon

hormonal dysfunction

Tubuh kita bisa menghasilkan sejumlah hormon. Kalian pasti pernah mendengar yang namanya hormon kortisol. Hormon kortisol ini bisa membuat seseorang menjadi depresi, stres, sulit konsentrasi, sulit tidur, dan lain-lain. Hormon ini biasanya dihasilkan akibat stres. Sedikit orang yang sadar bahwa terlalu sering olahraga juga bisa menyebabkan hormon ini muncul.

Olahraga berlebihan bisa membuat tubuh mengalami gangguan hormon. Akan muncul banyak masalah ketika hormon di dalam tubuh diproduksi dalam jumlah lebih, apalagi hormon kortisol ini. Tujuan olahraga adalah untuk menyehatkan tubuh dan pikiran, bukannya malah membuat tubuh menjadi stres dan mood berubah-ubah.

7. Sendi Bermasalah

sendi

Melakukan olahraga bukan cuma melatih otot dan jantung tapi juga sendi. Melakukan olahraga yang cukup bisa membuat sendi menjadi terlatih dan lebih kuat. Sendi yang lebih sehat dan kuat maka akan membuat kita bisa melakukan aktivitas lebih mudah. Tak ada lagi keluhan mengenai sendi sakit karena kita rajin olahraga.

Tapi ketika tubuh kalian sendinya sering sakit, kalian perlu cek apakah kalian melakukan olahraga dengan benar atau tidak. Melakukan olahraga terlalu sering bisa membuat sendi menjadi sakit. Sendi yang sakit memerlukan waktu pemulihan yang lama. Sangat beresiko jika sendi sudah sakit tapi masih dipaksakan untuk olahraga.

6. Urin Menjadi Gelap atau Merah

urine

Memeriksa kesehatan seseorang bisa dilakukan dengan sejumlah cara simple. Salah satuna adalah dengan memeriksa urine. Mereka yang urinenya berwarna bening, tandanya orang tersebut terhidrasi dengan baik. Mereka rajin minum air putih yang cukup sehingga tubuhnya dapat bekerja dengan baik.

Orang yang terlalu sering berolahraga bisa mengakibatkan perubahan warna urine. Meski sudah minum cukup, ada masalah lain yang ada di dalam tubuh yang membuat warna urine berubah. Kerusakan otot yang dinamakan rhabdomyolysis membuat warna urine bisa berubah menjadi gelap atau merah. Ini juga bisa menyebabkan masalah ginjal jika kebiasaan olahraga berlebihan ini tak dihentikan.

5. Tubuh Nyeri

nyeri

Orang yang sudah tergila-gila dengan olahraga biasanya akan terus olahraga meski tubuh sudah capek dan nyeri. Apakah salah melakukan hal yang disuka? Tidak. Menjadi salah jika melakukannya secara berlebihan. Tubuh lelah dan nyeri otot adalah sinyal bahwa tubuh butuh yang namanya istirahat. Jika kurang istirahat, nyeri bisa berlangsung lama dan bisa diperparah menjadi cidera.

Tubuh sama seperti mesin yang butuh istirahat setelah dipakai seharian. Jika sudah merasa nyeri pada tubuh, segera berhenti olahraga. Tunggu sampai nyeri tersebut hilang barulah lanjutkan olahraga. Jika sudah istirahat lama tapi nyeri masih terasa, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

4. Sulit Tidur

sulit tidur

Tidak sedikit orang yang mengalami insomnia. Cara mengatasinya ada banyak, salah satunya adalah dengan olahraga. Dengan menghabiskan tenaga dan membuat tubuh lelah bisa membuat seseorang jadi mudah tidur. Tapi tentu saja tidak semua orang bisa menggunakan cara ini. Ada yang tidak bisa tidur justru karena melakukan olahraga secara berlebihan.

Suka dengan olahraga boleh saja, tapi jangan sampai melakukan olahraga sampai terlalu lama dan sering. Jika olahraga bisa membuat tubuh rileks dan tidur cepat, olahraga secara berlebihan bisa membawa efek kebalikannya. Seseorang jadi sulit untuk tidur karenanya. Sulit tidur bisa membuat tubuh menjadi lemas, tak bertenaga, tak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan recovery.

3. Kesehatan Mental Terganggu

mental health

Siapa bilang bahwa olahraga hanya bisa memberikan manfaat positif bagi fisik saja? Olahraga yang dilakukan dengan tepat juga bisa memberikan manfaat untuk kesehatan mental seseorang. Dengan mental yang sehat, maka orang tersebut bisa terhindar dari pikiran buruk. Yang dipikirkan hanyalah hal positif yang bisa dan akan dilakukan.

Di sebuah jurnal Preventative Medicine, ditunjukkan efek buruk dari terlalu sering berolahraga. Mereka yang olahraganya lebih dari 7,5 jam dalam seminggu, rentan mengalami anxiety dan depresi. Bila kebiasaan ini terus dilakukan, tak menutup kemungkinan tubuh akan mengalami kebingungan, mudah marah, dan mood swing.

2. Tak Bertenaga

tenaga

Olahraga membutuhkan tenaga yang besar, jauh lebih besar daripada melakukan aktivitas biasa. Olahraga yang cukup bisa membuat tenaga seseorang bertambah. Alhasil orang tersebut bisa melakukan aktivitas hari-hari dengan lebih bertenaga dan bersemangat. Hal yang berbeda didapat bagi mereka yang olahraganya terlalu sering.

Mereka yang olahraganya terlalu sering maka akan mengalami yang namanya tenaga drop. Turunnya tenaga disebabkan tubuh tak mendapatkan waktu yang cukup untuk istirahat. Istirahat sangat dibutuhkan untuk tubuh untuk melakukan pemulihan. Kalian perlu memperhatikan jika ada mengalami tanda ini, maka sebaiknya segera istirahat. Tunggu tenaga sampai pulih baru kembali berolahraga.

1. Performa Turun

performance

Orang yang latihannya terjadwal dan menyeimbangkannya dengan pola makan dan istirahat yang tepat pastinya akan merasakan dampak positif dari olahraga. Performa yang meningkat adalah salah satu manfaat yang bisa didapat. Yang semula bisa lari selama 10 menit lalu bertambah menjadi 30 menit. Atau berat beban yang diangkat meningkat juga bisa dikatakan performanya meningkat.

Berbeda cerita dengan mereka yang overtraining atau terlalu sering berolahraga. Bukannya performanya meningkat, yang ada malah menurun. Ini dikarenakan tubuh sudah terlalu lelah untuk melakukan olahraga. Performa yang turun ini juga berakibat pada sulitnya melakukan aktivitas normal. Tubuh selalu merasa lelah dan ingin istirahat.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas