home -> Lainnya -> 10 Warna Yang Cocok Untuk Ruangan Kantor
29 Januari 2022 14:54

10 Warna Yang Cocok Untuk Ruangan Kantor

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada January 12, 2022

Menciptakan ruangan kerja yang baik adalah tugas dari seorang pemimpin. Ruangan kerja yang baik bisa membuat para karyawan bisa bekerja dengan baik, semangat, dan fokus. Penataan barang dan pemilihan warna musti diperhatikan dengan baik. Jangan sembarangan memilih warna karena bisa memberikan efek yang tidak diharapkan pada karyawan. Untuk memilih kira-kira warna apa yang cocok untuk ruangan kantor? Berikut TahuPedia rekomendasikan sejumlah warna yang mungkin cocok.

10. Ungu

purple

Memulai daftar warna yang cocok untuk ruangan kantor dengan ungu. Ada beberapa warna yang diidentikan dengan perempuan yaitu pink, merah, dan ungu. Karena stigma inilah yang mungkin menjadikan sejumlah orang berpikir ulang untuk menghias sebuah ruangan dengan warna ungu, apalagi teruntuk sebuah kantor.

Tak ada yang salah dengan warna ungu. Sebagai informasi, warna ungu diasosiakan dengan spiritual dan kemewahan. Dengan menghias warna ruangan dengan ungu, bisa menghadirkan kesan mewah pada ruangan tersebut. Tapi jika digunakan berlebihan atau tonenya salah, bisa memberikan efek yang sebaliknya

9. Orange

orange

Rasa nyaman bisa membuat seseorang betah berada di suatu tempat atau bersama dengan seseorang. Di kantor, sebuah tempat yang sibuk, penuh dengan kerjaan, dan tekanan, pastinya membuat seorang karyawan menjadi stres dan tertekan. Jadi penting untuk menciptakan suasana kantor sebaik mungkin untuk karyawan bisa bekerja dengan baik dan maksimal.

Pemilihan warna yang tepat bisa membuat seorang karyawan menjadi nyaman. Mungkin kalian yang berencana membangun sebuah kantor, bisa memilih untuk menggunakan orange sebagai warna dasar sebuah ruangan. Orange bisa menciptakan rasa nyaman dan memiliki asosiasi dengan makanan dan kehangatan. Sebuah warna yang natural dan fun untuk diaplikasikan ke kantor atau lounge.

8. Putih

white

Mencari warna yang cocok untuk ruangan kantor, warna putih menjadi favorit sejumlah orang. Warna ini dianggap sebagai warna yang netral. Enaknya menggunakan warna putih, putih bisa dikombinasikan hampir dengan warna apa saja. Untuk pencahayaan ruangan yang kurang, warna putih sedikit banyak bisa menambah kecerahan.

Warna putih yang diartikan suci dan murni, dipercaya bisa membuat karyawan menjadi tenang dan bahagia bekerja. Pikiran menjadi bersih serta hati yang tenang bisa membuat setiap pekerjaan berat yang dilakukan jadi tidak terasa berat. Tapi resiko menggunakan warna putih adalah cepat kotor. Jadi perlu berhati-hati untuk menjaga kebersihannya.

7. Hijau

green

Tidak ada yang lebih menarik daripada menggunakan warna hijau sebagai warna interior sebuah kantor. Apalagi sekarang sedang trending mengenai green office, jadi tidak ada salahnya mencoba mewarnai ruangan kantor dengan warna hijau. Tidak harus dengan cat tapi juga bisa menggunakan tanaman hijau.

Warna hijau bisa menghadirkan keseimbangan. Tidak lupa juga bahwa warna hijau mewakili harmony dan alam. Karyawan yang bekerja dalam waktu yang lama tentu merasa lelah. Warna hijau selain bisa menenangkan hati dan pikiran, hijau juga bisa membuat mata menjadi rileks. Menghiasi ruangan dengan warna hijau entah dari cat atau tanaman hijau, bisa menjadi pilihan yang menarik.

6. Merah

red

Siapa di antara kalian yang suka dengan warna merah? Bendera Indonesia menggunakan kombinasi warna merah-putih dengan merah yang melambangkan keberanian dan putih suci. Banyak orang yang menganggap bahwa warna merah lebih cocok dipakai oleh wanita. Padahal tidak ada satu pun warna yang diciptakan untuk pria atau wanita saja. Semua boleh saja menggunakan warna apapun yang diinginkan.

Bukan sesuatu yang aneh apabila ruangan kantor didominasi dengan warna merah. Merah berarti keberanian, kekuatan, dan ketertarikan. Ini merupakan warya yang cocok dijadikan warna dominan di ruangan kantor. Akan lebih cocok jika digunakan di ruangan yang memang membutuhkan kekuatan fisik yang besar agar bisa memberikan tenaga tambahan pada karyawan.

5. Hale Navy

hale navy

Begitu seringnya melihat warna biru digunakan sebagai warna utama dalam sebuah ruangan bisa membuat seseorang menjadi bosan. Perlu warna lain yang mirip dengan biru sebagai bentuk variasi. Jika ingin menggunakan warna biru sebagai warna utama tapi tidak mau warna biru yang biasa, bisa mencoba warna hale navy.

Warna hale navy masih termasuk sebagai warna biru tapi dengan sejumlah campuran menjadi warna birunya menjadi spesial. Dengan menggunakan warna ini sebagai warna dasar, bisa memberikan rasa tenang dan damai. Memberikan shade gelap bisa memberikan efek intelligence dan kekuatan. Jadi, warna ini cukup fleksibel mau dimodifikasi dengan warna apa.

4. Pale Oak

pale oak

Sekarang ini sudah bermunculan berbagai macam warna yang unik. Dengan campuran ini dan itu maka jadilah sebuah warna yang baru. Contohnya adalah warna yang dinamakan pale oak ini. Pale oak atau yang biasa disebut dengan taupe, adalah sebuah warna yang dianggap netral, posisinya berada di antara abu-abu dan beige.

Kalian bisa menjadikan warna pale oak ini menjadi warna utama ruangan kerja kalian. Karyawan yang menghabiskan waktu kerjanya menatap komputer, membutuhkan sesuatu yang bisa membuat mata mereka rileks. Warna pale oak ini diyakini bisa membuat mata menjadi rileks. Bisa juga menurunkan stres sampai titik minimum.

3. Abu-Abu

grey

Beberapa warna mewakili netral. Selain putih yang sudah disebutkan barusan, ada satu lagi warna yang mewakili netral. Warna yang dimaksud adalah grey atau abu-abu. Mereka yang tidak suka warna terlalu terang, ramai, atau gelap, bisa mencoba untuk menggunakan abu-abu sebagai warna utama di ruangan kerja.

Jika warna abu-abunya tepat, maka abu-abu tersebut bisa menciptakan rasa tenang baik di pikiran dan hati. Tidak perlu takut bahwa ruangan tersebut jadi terkesan polos. Justru warna abu-abu bisa memberikan kesan mewah bagi yang melihatnya. Tapi jika komposisinya salah, warna abu-abu malah bisa membuat seseorang menjadi depresi dan menurunkan rasa percaya diri.

2. Kuning

yellow

Bagi mereka yang tidak terlalu suka dengan warna cerah mungkin tidak akan memilih warna kuning sebagai warna utama. Tapi ini tidak berarti warna kuning adalah warna yang jelek. Warna ini cukup bagus dijadikan warna utama, terutama untuk ruangan kantor. Seperti warna lain, warna kuning memiliki arti dan juga efek psikologis bagi mereka yang bekerja di ruangan dengan warna kuning.

Berdasarkan arti, kuning adalah warna yang emosional. Kuning mewakilu kreatifitas. friendliness, optimisme, dan percaya diri. Para karyawan yang kurang aspek tersebut mungkin bisa termotivasi apabila warna ruangan diubah menjadi kuning. Jika karyawan menjadi kreatif, optimis, positif, dan bisa bekerja sama dengan baik, maka bukan tidak mungkin tujuan yang ingin dicapai bisa terwujud.

1. Biru

blue

Biru menjadi salah satu warna yang cukup umum digunakan sebagai warna ruangan untuk sebuah kantor. Seperti laut, warna biru seperti membawa aura tenang. Ketenangan ini yang diharapkan bisa dirasakan oleh para karyawan. Tentu dengan kombinasi yang tepat maka bisa menciptakan suasana kantor yang lebih suportif.

Biru dianggap sebagai warna yang intelektual. Warna ini merepresentasikan kepercayaan, logic, komunikasi, dan efisiensi. Menggunakan warna biru sebagai warna utama di sejumlah ruangan di kantor dipercaya bisa menambah fokus para karyawan. Tidak hanya itu, biru juga bisa meredakan rasa tegang.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas