home -> Lainnya -> 10 Alat Medis Mengerikan Di Zaman Dulu
23 Mei 2022 05:53

10 Alat Medis Mengerikan Di Zaman Dulu

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada January 05, 2022

Untuk membantu pekerjaan dokter, dibutuhkan alat-alat medis yang beraneka macam. Begitu banyak alat medis yang diciptakan untuk melakukan sejumlah hal terkait mendukung kegiatan dokter. Bisa dalam operasi ataupun sekedar memeriksa kesehatan dari pasiennya. Di zaman dulu, ketika teknologi masih terbatas, dokter harus tetap berusaha keras untuk bisa melakukan pengobatan dengan alat yang ada. Beruntung kita hidup di zaman sekarang karena di zaman dulu alat medisnya benar-benar terbatas dan memiliki bentuk yang mengerikan. Mungkin beberapa di antara kita melihat alat itu seperti alat siksa daripada alat medis.

10. Dental Key

dental key

Tidak di zaman sekarang atau zaman dulu, yang namanya sakit gigi bukanlah hal yang diinginkan. Gigi sakit karena berlubang sangat tidak nyaman karena bukan cuma ngilu tapi bisa menurunkan nafsu makan seseorang. Semakin dibibiarkan dan tidak diobati, kepala juga bisa sakit. Ketika ke dokter gigi meski diobati, tapi harus menghadapi dulu sejumlah alat menyeramkan dan sakit.

Mengalami sakit gigi di tahun 1700an, orang jelas akan takut karena harus dihadapkan dengan sebuah alat yang dinamakan dental key. Alat ini berupa jepit yang bagian ujungnya ada pegangan yang bisa berguna sebagai pegangan. Dokter akan memegang pegangan ini, menjepit gigi yang sakit dengan penjepit lalu memutar dan menarik gigi yang sakit tersebut.

9. Lithotome

Lithotome

Kalian tahu penyakit yang namanya batu ginjal? Penyakit ini bisa terjadi saat urin mengandung zat pembentuk kristal. Pembentukan batu ginjal juga dapat terjadi saat tubuh kekurangan zat yang dapat mencegah batu saling menempel. Jika sudah terjadi batu, maka ketika mengeluarkan urin akan terasa sangat sakit.

Ketika teknologi kesehatan belum semaju sekarang, dokter di zaman dulu menggunakan sebuah alat yang dinamakan lithotome. Alat ini digunakan untuk mengobati mereka yang mengalami batu ginjal. Lithotome terdiri dari dua bilah yang dapat disesuaikan. Bilah digunakan untuk memotong dan melebarkan leher kandung kemih. Dokter kemudian akan memeriksa dengan forsep untuk mengecek adanya batu atau tidak

Operasi ini bisa berlangsung selama 5 menit. Bayangkan 5 menit alat ini membuka kandung kemih kalian tanpa menggunakan anestesi. Pasti akan sangat sakit. Makanya proses operasi dilakukan secepat mungkin.

8. Iron Lung

iron lung

Penting bagi kita untuk menjaga kesehatan terutama paru-paru. Ketika paru-paru rusak dan tidak berfungsi, maka besar kemungkinan orang tersebut akan sulit bernafas dan meninggal dunia. Sulit untuk menggantikan fungsi paru-paru sampai diciptakan sebuah alat yang dinamakan iron lung. Alat ini digunakan oleh mereka yang paru-parunya tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Iron lung diciptakan pada tahun 1928 sebagai alat support kehidupan. Mereka yang menderita polio, kesulitan bernafas, dan masalah pernafasan lain, bisa diselamatkan dengan menggunakan alat ini. Iron lung akan menghirup dan mengeluarkan udara melalui ruangan khusus. Ini membuat paru-paru pasien bisa berkontraksi dan membuat mereka bisa bernafas dengan normal.

Beberapa pasien ada yang beruntung bisa kembali bernafas dengan normal tapi ada juga yang tidak. Mereka yang tidak bisa sembuh harus menerima nasib hidup selamanya di dalam alat ini.

7. The Jugum

jugum

Di abad ke 18, masturbasi adalah hal yang sangat memalukan dan dianggap sebagai penyakit. Bagi mereka para pria yang sering masturbasi akan dibawa ke dokter untuk diobati. Jangan berharap kalian akan mendapatkan obat atau perawatan khusus yang nyaman untuk mengatasi masalah kecanduan masturbasi. Justru kalian akan menerima nasib dipasang sebuah alat yang dinamakan jugum.

Jugum atau pollutions ring adalah sebuah alat khusus untuk mencegah seseorang bermasturnasi. Alat ini terdiri dari klip baja dan dilengkapi dengan deretan gigi tajam. Alat ini akan dipasang di penis pasien untuk mencegah ereksi yang tidak diinginkan. Alat ini digunakan juga untuk mengobati masalah kesehatan disfungsi seksual yang disebut dengan spermatorrhoea.

6. Ecraseur

ecraseur

Melihat penampakan alat ini mungkin kalian akan bertanya-tanya fungsinya untuk apa. Alat ini dinamakan ecraseur. Di masa lalu, sudah ada orang yang menderita tumor, polip, wasir, dan kista yang muncul di kerongkongan, laring, rahim, atau ovarium. Nah, ecraseur ini digunakan untuk menghilangkan penyakit tersebut.

Lingkaran yang ada di ujung ecraseur memiliki bentuk rantai bergigi gergaji, ada juga yang menggantinya dengan kawat. Gunanya adalah untuk mencekik dan menghancurkan pertumbuhan tumor dan kawan-kawannya. Bisa juga digunakan untuk mencegah pendarahan dengan membatasi suplai darah seperti torniket. Setelah mengikat pangkal tumor, dokter akan memutar skrip untuk memberikan tekanan.

Alat ini diketahui pernah juga digunakan oleh dokter hewan untuk mengebiri hewan ternak seperti sapi dan domba.

5. Prostate Warmer

prostate warmer

Penyakit prostat adalah salah satu penyakit mengerikan yang sering menimpa pria. Prostat adalah kelenjar kecil yang terletak di bagian dasar kandung kemih. Kelenjar ini bagian dari sistem reproduksi dan posisinya mengelilingi saluran urin dari kandung kemih ke penis. Jadi ketika ada masalah dengan organ ini, maka pria tersebut akan mengalami masalah dengan urin dan reproduksi.

Di tahun 1918, diciptakan sebuah alat yang dinamakan prostate warmer. Sesuai denga namanya, alat ini digunakan untuk menghangatkan prostat. Seperti yang kalian tahu bahwa sperma bisa bertahan hidup di tempat yang hangat, dan inilah kegunaan alat tersebut. Sebuah probe dengan panjang 5 inci dimasukan ke dalam rektum untuk menghangatkan prostat. 

4. Trepan dan Trephine

Trepan and Trephine

Tulang tengkorak manusia termasuk dalam salah satu tulang yang sangat keras. Kekerasan ini berguna untuk melindungi otak dari benturan. Jika ada masalah di kepala atau otak yang membutuhkan pembedahan, tentu membutuhkan alat yang kuat untuk bisa menembus tulang tengkorak. Inilah gunanya dari alat trepan dan trephine.

Alat ini digunakan pada era 1600an di pre-modern Eropa. Trepan dan trephine digunakan untuk membuat lubang pada tulang tengkorak pasien. Mereka yang pada masa itu memiliki masalah epilepsi dan tengkorak retak, dirawat dengan menggunakan alat ini. Di bagian tengah terdapat pin logam yang digunakan untuk membuat lubang. Lalu dokter akan memutar sampai tengkorak berlubang.

Coba bayangkan, di masa itu belum dikenal yang namanya obat bius. Jadi, tidak bisa dibayangkan betapa sakitnya proses pengobatan yang dilakukan oleh dokter. Orang yang mengalami masalah mental juga menjalani prosedur kesehatan menggunakan alat mengerikan ini.

3. Osteotome

osteotome

Ketika ada anggota tubuh yang bermasalah sehingga harus diamputasi, maka dokter akan menggunakan alat yang bernama osteotome. Bukan alat yang ingin kalian hadapi ketika harus menjalani operasi amputasi. Selain bentukmnya yang mengerikan, rasa sakit yang dihasilkan dari alat ini juga tidak bisa dibayangkan.

Osteotome digunakan di era 1800an untuk melakukan amputasi. Perlu kalian ketahui bahwa pada masa itu belum dikenal dengan yang namanya anestesi. Jadi, proses amputasi akan terasa sangat menyakitkan sekaligus mematikan. Ketika ada organ rusak yang harus segera diamputasi, dokter akan menggunakan osteotome untuk mempercepat prosedur sekaligus mengurangi resiko komplikasi.

Osteotome akan diputar secara manual dengan menggunakan rantai dan gigi pemotong yang tajam. Lalu organ tersebut akan dipotong menggunakan osteotome ini.

2. Artificial Leeches

Artificial Leeches

Penggunaan lintah sebagai cara untuk mengobati orang yang memiliki gangguan dengan darah. Beberapa contohnya seperti penyumbatan pembuluh darah, gangguan sirkulasi darah, penyakit kardiovaskular, dan untuk melancarkan peredaran darah. Pengobatan menggunakan lintah bukan hanya populer sekarang ini tapi juga sudah sejak lama.

Kalau dokter bisa menemukan lintah, bagaimana kalau tidak berhasil menemukan lintah? Untuk tetap bisa mengobati pasien, diciptakanlah alat yang dinamakan artificial leeches. Alat ini diciptakan pada tahun 1840 untuk mengobati mereka yang memiliki masalah dengan darah dan operasi terhadap mata dan telinga. Di dalamnya terdapat beberapa pisau tajam yang bisa berputar untuk menembuh kulit pasien.

Silindernya berfungsi untuk menghisap darah dari pasien. Jadi alat ini digunakan sebagai pengganti dari lintah jika dokter yang bertugas tidak bisa mendapatkan hewan penghisap darah tersebut.

1. Tonsil Guillotine

tonsil guillotine

Ada baiknya jika di zaman dulu, orang tidak memiliki masalah dengan amandel. Amandel atau tonsil adalah organ kecil yang berada di belakang tenggorokan. Organ ini berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Di zaman dulu, orang yang memiliki masalah amandel pastinya akan berhadapan dengan alat yang dinamakan tonsil guilotine.

Melihat dari bentuknya saja sudah tidak terbayang bagaimana cara menggunakan alat ini dan rasa sakitnya. Dokter akan memposisikan amandal di dalam cincin dan menarik pegasnya. Bukan pengalaman yang menyenangkan tentunya karena si pasien akan merasakan rasa sakit yang luar biasa. Tak sedikit pasien mengalami pendarahan akibat alat ini.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas