home -> Lainnya -> 10 Pekerjaan yang Akan Hilang Seiring Perkembangan...
18 Januari 2018 07:10

10 Pekerjaan yang Akan Hilang Seiring Perkembangan Zaman

Oleh admin dalam Lainnya pada September 24, 2013

Dalam kebudayaan modern yang terus berkembang sekarang ini, banyak pekerjaan yang harus beralih bidang kerja, dan beberapa lainnya terancam hilang. Berikut 10 pekerjaan yang pada akhirnya akan hilang seiring perkembangan zaman.

1. Pembaca Meteran (Meter Reader)

Meter Reader

Pembaca meteran atau tukang baca meteran baik meteran air ataupun meteran listrik adalah salah satu pekerjaan yang terancam keberadaannya, hal ini disebabkan karena meteran listrik semakin canggih dimana meteran analog terus berkurang sedangkan meteran digital yang sangat mudah dibaca terus meningkat. Bahkan beberapa meteran digital dapat dicek langsung dari jarak jauh oleh perusahaannya.

Beberapa perusahaan mengatakan bahwa mereka akan melatih karyawannya untuk dapat memiliki keahlian melakukan pekerjaan lain, tapi walaupun begitu sebagian besar pembaca meteran pasti terancam akan kehilangan pekerjaan.

2. Desktop Publisher

Desktop Publisher

Desktop publisher bekerja untuk perusahaan yang berjalan di bidang penerbitan atau percetakan dimana bidang kerjanya adalah mendesain tata letak dari media cetak terkait, baik itu brosur, buku, kalendar, koran ataupun majalah.

Walaupun kebutuhan akan desktop publisher masih sering terlihat, pada akhirnya hanya desktop publisher yang memiliki keahlian mendesain susunan digital seperti web, mahalah online dan sejenisnya yang dibutuhkan. Hal ini disebabkan karena seiring perkembangan zaman semua media cetak akan berjalan pada bidang digital dan hanya desktop publisher yang memiliki keahlian terkait yang dapat bertahan. Perlu diketahui bahwa desktop publisher yang mendesain web disebut sebagai web designer, bukan desktop publisher.

3. Agen Perjalanan (Travel Agent)

Travel Agent

Tugas dari agen perjalanan ini adalah menunjukkan penawaran terbaik terkait perjalanan ke berbagai tempat baik luar negeri atau luar kota dimulai dari memesan tiket pesawat, hotel, hingga alur tur adalah pekerjaan mereka.

Hal ini tidaklah semudah sekarang dimana dengan hanya mencari beberapa menit di Internet maka berbagai macam penawaran terkait perjalanan yang Anda inginkan dapat Anda lihat. Sekarang ini orang-orang dapat dengan mudah memesan tiket pesawat, menyewa mobil dan memesan kamar hotel secara online. Jadi setiap kali Anda memesan hal seperti ini di Internet itu berarti Anda ikut serta dalam mengancam pekerjaan para agen perjalanan ini. Walaupun tidak akan lenyap secara keseluruhan, hanya beberapa agen perjalanan ternama yang dapat bertahan sekarang ini dan bidang kerja mereka juga telah berubah.

4. Petugas SPBU

gas station attendant

Anda pasti menyadari bahwa pekerjaan ini adalah salah satu pekerjaan paling terancam. Jika kita mengisi bensin ke SPBU atau pom bensin, sekarang mungkin kita masih bisa melihat petugas SPBU yang membantu kita mengisi bensin kendaraan, beberapa lainnya kita harus mengisi sendiri dimana hanya satu petugas yang bidang kerjanya menerima bayaran.

Di negara-negara modern, petugas SPBU seperti ini sudah sangat jarang terlihat dan jika-pun ada maka hal itu dapat dikatakan sangatlah langka. Ini adalah salah satu pekerjaan yang mungkin akan hilang dalam waktu dekat.

5. Operator Elevator (Lift)

Elevator Operator

Pekerjaan ini memang sudah jarang terlihat dan hanya beberapa bangunan ternama yang mempekerjakan operator elevator dengan tujuan di samping mempermudah pengunjung, akan memberikan suasana lebih berkelas.

Tahukah Anda bahwa pada zaman dahulu elevator tidak secanggih sekarang ini, para operator elevator harus menaik-turunkan tuas elevator untuk memastikan elevator tersebut berhenti pada lantai yang tepat. Akan tetapi sekarang ini semuanya sangatlah mudah, para pengunjung cukup menekan lantai yang mereka inginkan dan elevator akan membawa mereka ke lantai tersebut. Bidang pekerjaan operator elevator sudah sangat berbeda jauh dibandingkan aslinya jadi dapat dikatakan bahwa operator elevator yang asli sudah tidak ada.

6. Akuntan Keuangan

Accountant

Akuntan adalah sebuah pekerjaan yang membutuhkan keahlian dan tingkat pengetahuan serta keetelitian tertentuan. Akuntan sangatlah penting di berbagai perusahaan untuk mengontrol keuangan mereka dan beberapa akuntan juga bertindak sebagai auditor yang mengklarifikasi statement keuangan tersebut.

Sayangnya, software atau aplikasi seperti ERP juga sangatlah ahli dan beberap software akuntansi yang berakualitas, dapat memberikan semua statement keuangan tersebut dengan sangat cepat dan kelebihannya adalah mudah digunakan. Kebutuhan akan akuntan terus berkurang sekarang ini dan bidang kerjanya juga telah diperluas dimana beberapa akuntan akan menjadi manajer keuangan yang merangkap bidang kerja dasarnya. Perlu diketahui bahwa akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen adalah kedua hal yang berbeda.

7. Semiconductor Processor

Semiconductor Processor

Walaupun kebutuhan akan semiconductor di chip-chip komputer sangatlah tinggi, pekerjaan terkait akan hal ini tidaklah secerah yang dibayangkan. Semakin kecil chip tersebut maka akan semakin cepat dan kuat, Proccessor tipe i Intel berukuran nanometer, yang merupakan bidang kerja dari mesin dan interaksi manusia sangatlah sulit.

Sebagai tambahan, debu dan partikel lain yang ada di tubuh kita dapat mengganggu produksi chip tersebut. Faktor-faktor seperti inilah mengapa yang dulunya chip-chip ini membutuhkan campur tangan manusia sekarang ditangani oleh komputer. Kebutuhan akan pekerjaan ini sekarang setidaknya harus menjalani tingkat diploma atau program pelatihan khusus, berbeda halnya dengan dulu.

8. Pekerja Pos terkait Pemilahan, Pemrosesan dan Operator Mesin

Postal Services

Bukanlah berita baru bahwa jasa pos terus mengalami penurunan seiring berjalannya waktu. Hal ini dikarenakan semuanya diganti dengan jasa digital seperti email dan sejenisnya serta dalam penyaringan dan pemilahan barang semuanya ditangani oleh mesin. Hal ini membuat para pekerja pos terkait pengiriman surat dan pengiriman uang terancam.

Diperkirakan penurunan terkait pekerjaan ini akan turun sebanyak 48% di beberapa dasawarsa (dekade) ke depan. Teknologi terbaru memungkinkan sebuah pos untuk dipilah dan diproses secara efisien dan lebih baik daripada adanya campur tangan manusia

9. Jurnalisme Cetak

Journalism Media

Seperti yang dibahas terkait Desktop Publisher, Media cetak terus mengalami penurunan karena semuanya telah mengarah ke bidang digital. Minat pembaca akan koran dan berita juga terus mengalami penurunan, sebagai hasilnya mencari orang yang mau memasang iklan di media cetak tidaklah semudah dulu, hal ini tentunya akan mengarah ke gaji serta kebutuhan akan pekerjaan ini.

Untungnya para jurnalis dapat berpindah ke media digital seiring pembaca pada lingkup tersebut terus meningkat dan kebutuhan terkait pekerjaan di media digital juga diharapkan akan terus bermunculan. Diperkirakan dalam dekade (dasawarsa) berikutnya, 1 di antara 13 jurnalis akan terancam kehilangan pekerjaannya.

10. Manajer promosi dan pengiklanan

Advertising Manager

7 tahun belakangan ini, pekerjaan terkait promosi dan pengiklanan terus mengalami penurunan hingga puluhan ribu dan para ahli percaya hal ini terkait kemunculan teknologi-teknologi baru seperti media digital seperti iklan Internet dan iklan aplikasi smartphone.

Beberapa pengiklan percaya bahwa keberadaan produk mereka dapat dibuat lebih besar melalui media digital dibandingkan melalui promosi nyata seperti spanduk, brosur, billboard dan sejenisnya. Hal ini dikarenakan media digital memiliki luas pasar yang jauh lebih besar.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas