home -> Lainnya -> 10 Dessert Populer Di Indonesia
23 Mei 2022 06:54

10 Dessert Populer Di Indonesia

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada November 30, 2021

Setelah makan besar paling enak ditutup dengan makanan yang bisa menyegarkan mulut atau biasa yang disebut dengan dessert. Makanan pencuci mulut yang ada di Indonesia ini sangatlah banyak dan rasanya sangat enak. Mustahil untuk bisa menolak godaan dessert ini karena dari bentuknya saja sudah sangat menggiurkan. Cuma perlu hati-hati jangan makan terlalu banyak agar berat badan kalian tidak meroket nanti. Inilah dia 10 dessert Indonesia yang musti kalian coba.

10. Es Cendol

es cendol

Indonesia yang beriklim panas membuat orang harus sering minum. Jika tak hanya ingin melepas dahaga tapi juga mengincar manis, cobalah dessert yang bernama es cendol. Es cendol menjadi salah satu pilihan dessert favorit di kala panas. Dessert yang berupa minuman ini bisa mengusir haus dan rasa manisnya benar-benar luar biasa.

Es cendol adalah minuman yang dibuat dari tepung beras lalu dibentuk dengan penyaring, dan dicampur dengan air gula dan santan. Tetesan tepung beras hijau, santan, dan sirup gula aren menjadikan minuman ini sangat nikmat. Tak perlu khawatir dengan warna hijaunya karena warna hijau ini didapat dari bahan alami, daun pandan.

9. Es Campur

es campur

Selesai makan dan ingin yang segar-segar, pilihannya bisa jatuh pada es campur. Bisa diberi nama es campur karena bahan pembuatan es ini terdiri dari banyak makanan. Yang menjadi utamana adalah buah dan buah yang biasa dicampurkan ke makanan ini adalah pepaya, melon, lychee, kelapa, dan nangka.

Masih belum cukup, es campur ditambah dengan sirup, susu, dan parutan es. Disajikan di gelas atau piring, dessert ini terbilang dessert yang sehat karena ada banyak buah yang dicampurkan di dalam satu wadah. Pada saat Ramadan, es campur menjadi menu dessert yang wajib disajikan. Biasanya disajikan di pagi atau malam.

8. Nagasari

nagasari

Dibungkus menggunakan daun pisang atau pandan hijau dan memiliki rasa yang enak, inilah yang dinamakan nagasari. Nagasari atau nogosari adalah salah satu jenis kue basah tradisional yang sangat terkenal di Indonesia. Bahan pembuatan nagasari adalah tepung beras, tepung sagu, santan, gula, dan pisang. Dessert ini sudah menjadi makanan yang turun-temurun.

Karakteristik nagasari ini halus, creamy, mirip pudding, dan harum karena dibungkus menggunakan pandan. Mungkin agak sulit jika mencari nagasari di supermarket. Namun jika kalian pergi ke pasar tradisional, kemungkinan besar kalian bisa menemukan makanan ini. Nagasari juga cukup sering dijadikan dessert di acara pernikahan atau ulang tahun.

7. Kue Cucur

kue cucur

Dessert sekaligus snack yang bisa mengenyangkan jika dimakan dalam jumlah banyak. Inilah dia kuee cucur. Tak hanya di Indonesia, kue cucur juga bisa ditemukan di Malaysia dan Thailand. Malaysia menyebut makanan ini dengan nama kuih cucur, sedangkan Thailand menyebutnya dengan khanim fak bua.

Kue cucur dibuat dari bahan gula jawa, tepung beras, dan santan. Lalu digoreng hingga menjadi crispy. Kue yang memiliki rasa manis yang khas ini memiliki bentuk yang unik dimana di bagian pinggirnya memiliki bentuk yang pipih dan keriting namun bagian tengahnya yang tebal. Di Thailand, kue ini dijadikan hidangan ketika ada pasangan yang mengadakan acara pernikahan.

6. Lapis Legit

Lapis Legit

Dessert selanjutnya adalah kue lapis atau lapis legit. Dinamakan kue lapis karena memang memiliki lapisan yang cukup banyak. Kue ini sudah ada sejak zaman kolonial dan sampai sekarang masih ditemukan dan banyak penggemarnya. Di Indonesia, kue lapis biasa dijadikan sebagai hidangan di masa liburan seperti natal, imlek, dan lebaran.

Oleh sebagian orang, kue lapis digunakan sebagai hadiah untuk teman, saudara, atau keluarga. Indonesia terkenal akan rempah-rempah, kue lapis ini dibuat menggunakan rempah-rempah seperti kapulaga, kayu manis, cengkeh, fuli, dan adas manis. Bahan lain yang digunakan untuk membuat kue ini antara lain tepung, kuning telur, dan mentega.

5. Klepon

klepon

Yang cocok dijadikan dessert adalah makanan yang kecil dan memiliki rasa manis. Jika kalian mencari dessert yang memiliki kriteria tersebut, bisa mencoba yang namanya klepon. Klepon termasuk salah satu makanan tradisional indonesia yang bisa ditemukan di pasar dan harganya cukup murah.

Klepon dibuat dari tepung beras ketan yang dibentuk menjadi bola kecil. Di dalamnya diisi dengan gula merah lalu direbus di dalam air mendidih. Klepon yang panas ini akan ditaburi parutan kelapa dan diletakkan di atas daun pisang. Jika kalian ada mendengar orang yang menyebutnya dengan onde-onde tidak perlu bingung karena onde-onde dan klepon adalah makanan yang sama.

4. Kue Putu

kue putu

Mencari dessert yang ringan dan manis, pilihannya ada banyak. Kalian bisa mencoba salah satu dessert satu ini yang dinamakan kue putu. Kue putu biasanya dijual di gerobak dan penjualnya akan berkeliling di suatu wilayah. Biasanya pedagang kue putu ini baru muncul di sore hingga malam hari. Jadi sangat cocok dijadikan menu penutup.

Kue putu adalah dessert tradisional yang sudah ada sejak lama. Kue ini dibuat dari bahan tepung yang diisi dengan gula jawa. Toppingnya menggunakan parutan kelapa. Kue ini dikukus dengan menggunakan tabung bambu. Ketika ada suara khas uap yang lewat di depan rumah, itu adalah tanda penjual kue putu sedang lewat.

3. Pisang Goreng

Pisang Goreng

Ada banyak buah yang bisa kita temukan di Indonesia, pisang adalah salah satunya. Buah satu ini terkenal karena kaya akan vitamin B, C, dan kalium. Jika bosan dengan makan buah pisang yang begitu-begitu saja, kalian bisa mencoba varias lain dari pisang yaitu digoreng. Kalian bisa menemukan pedagang pisang goreng di pinggir jalan, berjualan di pagi, siang, bahkan malam.

Sebelum digoreng, pisang akan dibaluri dengan tepung. Jadi ketika selesai digoreng, pisang goreng ini memiliki tekstur yang garing ketika digigit. Beberapa restoran menjadikan pisang goreng ini sebagai menu dessert atau pencuci mulut. Ditambah dengan gula, kayu manis, atau es krim, makanan ini bisa menjadi penutup yang pas setelah menyantap menu utama.

2. Pisang Coklat

pisang coklat

Masih menggunakan pisang, buah satu ini memang paling fleksibel karena bisa diolah menjadi makanan apa saja. Selain digoreng dan disajikan dengan gula pasir,  pisang juga bisa diolah menjadi pisang coklat. Pisang diberikan coklat lalu diselimuti dengan tepung lalu digoreng. Ketika masak, jadilah pisang coklat yang bila digigit, coklatnya akan lumer di mulut.

Pisang coklat atau disingkat piscok ini sangat terkenal dan banyak ditemukan di pinggir jalan. Tak hanya jadi makanan penutup, pisang coklat juga bisa dijadikan snack dan sarapan. Di pasar tradisional atau di dekat sekolah biasanya ditemukan penjual pisang coklat. Selain coklat, bisa juga menggunakan keju sebagai penggantinya.

1. Martabak Manis

Martabak Manis

Belum lengkap rasanya jika tidak memasukan makanan satu ini sebagai dessert populer di Indonesia. Melihat gambarnya kalian pasti sudah tahu ini apa, martabak manis. Martabak manis memiliki nama yang berbeda di beberapa daerah seperti martabak terang bulan, kok lo pan, dan kue bulan. Mungkin daerah kalian tinggal juga memiliki istilah lain untuk dessert ini.

Martabak manis adalah dessert yang cukup besar dan berisi topping coklat, keju, dan mentega. Menjadikan makanan ini sebagai makanan penutup mulut yang mengenyangkan. Karena menggunakan bahan-bahan manis seperti gula, mentega, coklat, dan keju yang banyak, rasanya sudah pasti sangat manis. Sekarang ini sudah banyak varian topping seperti matcha, oreo, kit kat, dan nutella.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas