home -> Lifestyle -> 10 Makanan Street Food Indonesia Yang Terkenal
23 Mei 2022 05:20

10 Makanan Street Food Indonesia Yang Terkenal

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada November 29, 2021

Indonesia sangat kaya akan berbagai macam jenis kuliner. Dari kuliner yang ringan sampai yang dapat mengenyangkan perut bisa ditemukan di pinggir jalan. Jika meminjam istilah dari luar negeri, sebutannya adalah street food. Makanan street food ini ada banyak di pinggir jalan dan yang dijual juga bermacam-macam. Dari segitu banyaknya makanan khas Indonesia yang dijajakan di pinggir jalan, 10 di antaranya akan TahuPedia bahas di bawah ini. Inilah dia deretan 10 street food khas Indonesia yang populer.

10. Nasi Uduk

Nasi Uduk

Orang Indonesia menjadikan nasi putih sebagai makanan utama. Ketergantungan yang besar terhadap nasi putih sampai memunculkan anggapan bahwa makan sebanyak apapun belum dianggap makan jika tidak ada nasi putih. Nasi putih sendiri bisa divariasikan jadi bermacam-macam makanan, salah satunya adalah nasi uduk.

Nasi uduk dibuat dengan santan, serai, cengkeh, daun pandan, dan kayu manis. Dengan bahan-bahan ini menghasilkan nasi yang sangat lembut dan harum, dinamakan nasi uduk. Tentu masih kurang kalau hanya makan nasi uduk saja. Perlu ada bahan lain sebagai pelengkap seperti bawang goreng, telur, sambal, kacang, ikan, dan sambal.

9. Bubur Ayam

bubura yam

Orang-orang punya pilihan sendiri mengenai makanan apa yang harus dimakan saat pagi hari atau sarapan. Ada yang makan roti panggang, telur dadar, mie, dan ada juga yang mengkonsumsi bubur sebagai sarapan. Bubur menjadi menu sarapan yang cukup disukai karena banyak ditemukan di pinggir jalan dan harganya yang terjangkau.

Biasanya bubur ini ditambahkan topping daun bawang, cakwe, kacang, sambal, dan irisan daging ayam. Karena penggunaan daging ayam inilah yang membuatnya dinamakan bubur ayam. Meski terkesan sederhana, bubur ayam ini cukup enak dan bisa mengganjal perut sebelum mulai beraktivitas. Tidak sulit mencari bubur ayam karena sekarang bukan cuma dijual dengan gerobak tapi ada juga restoran yang memiliki spesialisasi bubur ayam.

8. Mie Aceh

mie aceh

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari banyak pulau. Masing-masing pulau memiliki kulinernya masing-masing. Ambil contohnya yaitu Aceh, kota satu ini memiliki makanan yang khas yaitu Mie Aceh. Karena rasanya yang enak, Mie Aceh ini lalu menyebar ke kota bahkan pulau di luar Aceh. Jadi kita tidak perlu jauh-jauh ke Aceh untuk mencicipi kuliner ini.

Mie Aceh biasanya berisikan mie, daging sapi, domba, seafood, sayuran seperti bawang bombay, daun bawang, bawang putih, toge, kol, dan tomat. Mie ini lalu diberi bumbu khas Aceh menggunakan cabai, bawang merah, bawang putih, kapulaha, dan jinten. Sebagai topping digunakan bawang goreng, timun, dan kerupuk.

7. Siomay

Siomay

Lanjut dengan street food selanjutnya yang dinamakan siomay. Jika ditelusuri dari sejarah, siomay ternyata berasal dari Cina. Berbicara soal Cina, memang Negara Tirai Bambu ini juga memiliki kuliner yang banyak, unik. dan tentunya enak-enak. Hubungan perdagangan di zaman dulu dan banyaknya orang Cina yang datang dan tinggal di Indonesia membawa makanan khas mereka, siomay adalah salah satunya.

Siomay adalah pangsit yang terbuat dari daging ikan, namun jika tidak ada daging ikan bisa diganti dengan daging lain seperti udang. Lalu ditambah juga dengan tahu, kubis, telur rebus, dan dibumbui dengan saus kacang. Mereka yang pecinta pedas bisa menambahkan dengan saus sambal. Hidangan ini patut kalian coba dan hampir bisa ditemukan di setiap restoran.

6. Bakso

Bakso

Bakso atau yang biasa disebut juga dengan baso, kalian juga musti coba makanan pinggir jalan satu ini. Makanan ini terbilang simpel karena terdiri dari baso, daun bawang, mie, bihun, dan kuah kaldu. Ada 3 variasi yang bisa dipilih untuk menyantap baso, antara mie baso, bihun baso, atau menggunakan mie dan bihun bersamaan.

Makanan pinggir jalan ini bisa ditemukan hampir di mana saja. Yang dulu biasanya dijual dengan gerobak, sekarang sudah banyak yang berjualan di rumah. Mie baso ini menjadi lebih populer lagi bila kalian berada di daerah pegunungan. Saat suhu sedang dingin-dinginnya, ditemani dengan mie baso ini rasanya sangat sempurna. Selain enak, tubuh juga menjadi hangat.

5. Gado-Gado

gado-gado

Berbicara tentang makanan pinggir jalan, bisakah kita makan makanan di pinggir jalan yang sehat namun tetap memanjakan lidah? Jawabannya adalah bisa. Mereka yang bilang makanan sehat tidak enak di lidah, pasti belum pernah coba yang namanya gado-gado. Dilihat dari komposisi makanannya, gado-gado bisa dibilang makanan sehat yang komplit.

Kalian bisa menemukan kentang, sayur, telur, tempe, mentimun, wortel, dan tidak lupa dengan bumbu kacang. Jadi, nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, lemak, dan serat ada lengkap di gado-gado. Gado-gado termasuk makanan khas asli Indonesia yang diperkirakan sudah ada sejak 1970an. Jika mau pedas, bisa meminta penjualnya untuk menambahkan cabai ketika membuat bumbu kacangnya.

4. Ketoprak

ketoprak

Pernah dengar yang namanya ketoprak? Makanan ini cukup banyak dan populer di Indonesia. Makanan pinggir jalan ini lumayan banyak ditemukan. Ada yang jualan di rumah, warung, dan ada juga yang menggunakan gerobak. Ketoprak yang dijual didorong ini biasanya akan berjualan di suatu area tertentu, tergantung si penjual.

Ketoprak bisa dibilang makanan street food yang lumayan mengisi perut karena komposisinya yang terdiri dari sayuran, karbohidrat, dan protein. Karbohidratnya didapat dari bihun, sayuran terdiri dari toge, bayam. Protein diperoleh dari telur, tahu, dan tempe. Semuanya dicampur dengan menggunakan bumbu saus kacang yang menggoda.

3. Martabak Telur

Martabak Telur

Telur merupakan salah satu opsi makanan yang mengandung protein. Dari telur ini bisa diolah menjadi berbagai macam makanan yang lezat. Mulai dari telur dadar, rebus, omelette, dan yang tentunya wajib untuk kalian coba adalah martabak telur. Biasanya martabak telur ini akan mulai buka di sore sampai malam.

Martabak dibuat dari tepung, telur, daun bawang, dan daging yang digoreng di sebuah penggorengan yang besar dan lebar. Makanan ini ternyata menurut sejarah berasal dari dari Arab lalu menyebar ke Asia Tenggara, Indonesia, dan Malaysia. Berbeda negara biasanya menggunakan bahan yang berbeda lagi. Yang umum ditemukan di Indonesia, variasi daging yang digunakan biasanya ayam atau sapi.

2. Sate

Sate

Tidak mungkin kalau ada orang yang tidak pernah melihat tukang sate di pinggir jalan. Sate menjadi jajanan street food yang juga populer di Indonesia. Karena Indonesia terdiri dari berbagai pulau, masing-masing pulau ini memiliki caranya sendiri untuk membuat sate menjadi makanan yang enak dan wajib untuk disantap.

Daging yang digunakan biasanya antara ayam atau kambing. Daging tersebut dipotong kecil-kecil dan ditusuk ke batang kayu lalu dibakar. Setelah selesai dibakar, maka sate tersebut akan diberi bumbu kacang serta kecap. Salah satu sate yang cukup terkenal adalah Sate Padang. Sesuai nama, sate ini berasal dari Padang.

1. Nasi Goreng

nasi goreng

Salah satu olahan nasi putih yang cukup populer di Indonesia bahkan sampai di dunia adalah nasi goreng. Di Indonesia sendiri, penjual nasi goreng di pinggir jalan itu ada sangat banyak. Di setiap jalan bahkan selalu ditemukan pedagang yang menjual nasi goreng. Mau itu pagi, siang, sore, bahkan malam ada yang jualan nasi goreng.

Karena Indonesia terkenal akan rempah-rempahnya, maka nasi goreng yang dibuat disertakan bumbu yang sudah diberi bumbu dengan rempah-rempah agar rasanya jadi lebih terasa. Ditambah dengan baso, telur, daging, udang, dan sayuran, nasi goreng sangat tepat untuk dikonsumsi kapan saja. Malah ada beberapa orang yang menambahkan bawang goreng serta kerupuk sebagai pelengkap.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas