home -> Lainnya -> 10 Teh Termahal Di Dunia
05 Desember 2022 04:48

10 Teh Termahal Di Dunia

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada November 26, 2021

Teh sudah dari sejak lama dikenal sebagai salah satu minuman sehat. Beberapa manfaat yang bisa didapat dengan meminum teh antara lain seperti memperbaiki sel rusak, menghaluskan kulit, antioksidan, mencegah kanker, penyakit hantung, menurunkan kolesterol, dan menurunkan berat badan. Dengan segudang manfaat tersebut, tak heran banyak orang mau mengkonsumsi minuman sehat ini. Teh sendiri ada banyak jenis dan berasal dari beberapa negara. Semakin bagus, langka, dan rumit pembuatan teh, maka akan membuatnya menjadi mahal. Penasaran seberapa mahal harga yang bisa diraih oleh teh? Inilah daftar 10 teh termahal di dunia.

10. Tienchi Flower Tea - 170 USD/Kg

Tienchi Flower Tea

Berbicara soal teh akan selalu membahas tentang Cina. Cina dikenal sebagai negara penghasil teh terbesar. Ada begitu banyak jenis teh yang dipanen dan dijual dari Negeri Tirai Bambu tersebut. Dan dari sekian banyak teh, sebanyak 6 teh asal Cina yang masuk dalam daftar teh termahal dunia. Dan yang pertama ini adalah Tienchi Flower Tea.

Berbicara soal harga, ini termasuk teh yang masih terbilang murah dibandingkan dengan teh lain dalam daftar. Harga teh ini dihargai 170 USD/kg. Teh ini sangat terkenal di dunia dan dijadikan sebagai minuman obat. Tienchi Flower Tea digunakan untuk menyembuhkan sejumlah masalah kesehatan seperti insomnia, alergi, dan untuk detoks. Rasanya mirip seperti brokoli.

9. Gyokuro - 650 USD/Kg

Gyokuro

Selain Cina, ada satu negara juga di Asia yang memproduksi teh. Negara tersebut adalah Jepang. Selain karena budaya, tujuan liburan, makanan yang unik dan enak, Jepang ternyata memiliki sebuah teh yang sangat unik. Teh tersebut dinamakan Gyokuro. Dan ternyata, Gyokuro ini menjadi salah satu teh termahal dunia karena harganya bisa mencapai 650 USD/kg. 

Termasuk dalam teh hijau, Gyokuro memiliki warna hijau yang sangat cantik. Teh ini diperoleh di Uji district. Jika daun teh lain diproses dengan cara digiling, daun teh Gyokuro ini tidak melalui proses penggilingan. Hasilnya mendapatkan sebuah teh yang memiliki rasa manis dan aroma yang khas. Tanaman teh ini hanya bisa tumbuh dengan baik di daerah sejuk dan membutuhkan waktu 2-3 minggu untuk bisa dipanen.

8. Poo Poo Pu-Erh Tea - 1.000 USD/Kg

poo poo pu-erh tea

Cina memang terkenal akan minuman tehnya yang menyehatkan. Bahkan negara satu ini memiliki banyak ide untuk menciptakan sebuah teh. Salah satu ide unik yang muncul ke permukaan adalah membuat sebuah teh dari kotoran hewan. Apa itu mungkin dilakukan? Tentu saja, buktinya adalah teh Poo Poo Pu-Erh Tea.

Poo Poo Pu-Erh Tea adalah sebuah teh spesial yang dibuat dengan campuran kotoran hewan. Kotoran hewan yang digunakan adalah dari serangga. Kotoran tersebut dikumpulkan secara hati-hati dan ditambahkan ke teh hitam ini. Hasilnya ternyata mengejutkan, Poo Poo Pu-Erh Tea memiliki rasa yang enak dan dipercaya memiliki khasiat menyembuhkan. Harganya dijual senilai 1.000 USD/kg.

7. Silver Tips Imperial Tea - 1.850 USD/Kg

silver tips imperial tea

Salah satu teh termahal di dunia dapat kalian temukan di India. Satu kota di India bernama Darjeeling menjadi kota tempat asal teh yang bernama Silver Tips Imperial Tea. Pada saat teh ini pertama kali diperkenalkan, harga jualnya hanya sekitar 400 USD/kg. Namun seiring berjalannya waktu, di tahun 2014 harganya naik menjadi 1.850 USD/kg.

Didapat di Darjeeling, Silver TIps Imperial Tea ditanam di Makaibari Tea Estate. Dimana area tersebut adalah area yang dimiliki oleh Luxmi Tea. Luxmi Tea dikenal sebagai kebun teh pertama yang ada di dunia. Teh ini memiliki rasa yang nikmat dan aroma yang wangi. Harganya bisa naik menjadi 1.850 USD/kg karena ada 3 pembeli yang berasal dari negara USA, UK, dan Jepang yang membelinya dengan harga tinggi.

6. Tieguanyin - 3.000 USD/Kg

Tieguanyin

Satu lagi teh mahal yang berasal dari Cina, teh ini dinamakan Tieguanyin. Namanya diambil dari nama dewi dari kepercayaan orang Cina yaitu Dewi Guanyin. Dewi Guanyin atau Kuan Yin adalah dewi yang terkenal karena belas kasihnya yang besar. Teh ini diketahui dijual dengan harga yang tinggi yakni 3.000 USD/kg.

Menurut legenda, teh ini merupakan teh yang diberikan oleh Dewi Guanyin kepada seorang yang miskin. Setelah menanam teh tersebut, hidup dari pengemis tersebut berubah dan berhasil menghidupi warga lain di desanya. Cerita lain seputar teh ini adalah ada seorang pelajar yang menemukan tanaman ini di bawah Batu Guanyin. Pelajar tersebut memberikannya pada Emperor Quilong dan memberinya nama Guanyin Tea.

5. Yellow Gold Tea Buds - 3.000 USD/Kg

yellow gold tea buds

Apa saja barang yang dilapis dengan emas pasti harganya bisa meroket tajam. Dari sekian banyak hal yang bisa ditambahkan dengan emas, tak ada yang menyangka bahwa teh juga bisa dilapis dengan emas. Teh berlapis emas ini bernama Yellow Gold Tea Buds. Dan jelas saja ini membuat harganya menjadi sangat mahal.

Yellow Gold Tea Buds dijual dengan harga 3.000 USD/kg. Teh ini bisa begitu mahal karena daun tehnya dilapisi dengan emas asli 24 karat. Tidak hanya itu, daun yang digunakan juga sangat langka. Tanaman teh ini hanya bisa tumbuh di suatu tempat yakni Singapura dan hanya bisa dipanen sekali dalam setahun. Saat daun teh terbuka, teh langsung dibungkus dengan enas dan dikatakan bagus untuk kesehatan.

4. Narcissus Wuyi Vintage Oolong Tea - 6.500 USD/Kg

Narcissus Wuyi Vintage Oolong Tea

Di mitologi Yunani ada seorang pemburu yang sangat tampan bernama Narcissus. Namanya lalu digunakan sebagai nama sebuah teh yaitu Narcissus Wuyi Vintage Oolong Tea. Nama Wuji sendiri adalah nama sebuah gunung yang ada di Cina. Gunung Wuyi merupakan tempat dimana teh ini dibudidayakan.

Termasuk dalam Oolong tea, teh ini teroksidasi menjadi 60%. Untuk mendapatkan rasa yang enak, teh ini harus disimpan dalam waktu yang lama. Semakin bertambah usianya, maka rasanya akan semakin enak. Agar teh yang sudah tua tidak rusak, teh dibakar setiap 2 tahun dan ini membantu meminimalisir kelembapan. Dengan rasa yang unik dan metode pembuatannya, teh ini diberi harga 6.500 USD/kg.

3. Panda Dung Tea - 70.000 USD/Kg

panda dung tea

Mendengar bahan yang menjadi pembuatan teh ini mungkin beberapa di antara kalian ada yang akan membatalkan niat untuk meminum tehnya. Tapi dengan harganya yang dihargai dengan 70.000 USD/Kg tentu akan membuat penasaran seperti apa rasa dari teh ini serta apa manfaat yang bisa didapatkan dari teh yang dinamakan Panda Dung Tea.

Panda Dung Tea adalah teh yang berasal dari Cina. Ketika teh ini muncul, banyak orang yang menggelengkan kepalanya begitu mengetahui bahan pembuatannya. Panda Dung Tea dibuat dengan bantuan kotoran panda. Kotoran panda dijadikan pupuk untuk membuat teh ini bisa tumbuh subur. Orang yang memiliki ide membuat teh ini adalah An Yanshi. Teh ini diperkenalkan di tahun 2012 dan menjadi salah satu teh termahal di dunia.

2. Diamond Tea Bags by PG Tips - 15.000 USD/Bag

Diamond Tea Bags by PG Tips

Teh sudah menjadi minuman sehat yang sudah lama ada di Inggris. Banyak brand terkenal yang ada di sana, sebut salah satunya adalah PG Tips. Dimiliki oleh Unilever, PG Tips sudah ada sejak tahun 1930 dan sampai sekarang masih terus memproduksi teh yang berkualitas. Sampai di tahuh 2005 ada satu teh yang dijual dengan harga spesial.

Teh yang dijual oleh PG Tips tersebut dijual dengan harga yang gila yakni 15.000 USD/bag. Hanya satu kantung kecil teh saja diberi harga 15.000 USD, sungguh harga yang mahal untuk sebuah teh. Teh ini dibuat dari Silver Tips Imperial Tea dan memiliki bungkus spesial yang dihias dengan berlian sebanyak 280 buah. Bentuk bungkus teh yang mewah ini adalah desain dari Boodles Jewelers.

1. Da-Hong Pao Tea - 1,2 Juta USD/Kg

da-hong pao tea

Dengan harga 1,2 juta USD/kg menjadikan Da-Hong Pao Tea menjadi teh termahal yang ada di dunia. Pastinya ada beberapa faktor yang menjadikan teh ini begitu spesial dan mahal. Da-Hong Pao Tea adalah teh yang biasa dikonsumsi oleh orang-orang kerajaan. Untuk membuatnya cukup sulit karena tanaman teh ini hanya bisa didapat di Wuyi Mountains.

Da-Hong Pao Tea masuk termasuk dalam keluarga Oolong dan memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan peminumnya. Teh ini menjadi salah satu minuman yang berhasil mengobati masalah kesehatan yang dialami oleh Penguasa Ming. Mendengar hal tersebut, sang Raja memerintahkan agar tanaman teh Da-Hong Pao ditutup menggunakan jubah kerajaan. Makanya nama lain dari teh ini disebut dengan Imperial Red Robe dan dijual dengan harga sangat mahal.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas