home -> Lifestyle -> 10 Kebiasaan Yang Bisa Merusak Hati
09 Desember 2021 07:59

10 Kebiasaan Yang Bisa Merusak Hati

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada November 23, 2021

Hati adalah salah satu organ penting yang ada di dalam tubuh kita. Fungsinya ada banyak, beberapa di antaranya adalah pencernaan, metabolisme, pembuangan racun, dan menyimpan nutrisi. Jika hati sampai rusak, maka tubuh pasti akan mengalami masalah. Maka dari itu jangan sampai kita melakukan hal-hal yang dapat membahayakan kesehatan hati demi masa depan yang sehat. Untuk menjaga kesehatan hati, tentu kita harus tahu apa saja kebiasaan yang dapat memperburuk kesehatan hati agar bisa kita hindari. Inilah dia sejumlah kebiasaan buruk untuk hati.

10. Malas Keluar Rumah

keluar rumah

Sebisa mungkin untuk keluar rumah sesekali untuk menjaga kesehatan. Terlalu malas dan lebih memilih untuk diam di rumah bisa mendatangkan masalah kesehatan. Mereka yang terlalu malas keluar rumah dan tidak mendapatkan cahaya matahari yang cukup maka kemungkinan besar akan mengalami gangguan hati.

Sinar matahari bisa memicu tubuh untuk memproduksi vitamin D. Dari beberapa hasil studi, vitamin D yang cukup bisa membantu untuk mencegah penyakit hati. Bagi mereka yang tidak mendapatkan sinar matahari secara cukup bisa mencoba mengkonsumsi vitamin D. Tentunya harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

9. Fast Food

fast food

Sulit untuk menolak godaan dari makanan cepat saji atau fast food. Restoran fast food sekarang sudah banyak jumlahnya, ada dimana-mana, dan buka 24 jam. Mereka yang super sibuk dan jam makannya tak teratur bisa mencari makanan ke restoran cepat saji. Makanannya cepat dan rasanya juga lezat. Tapi semua juga sudah tahu bahwa makanan cepat saji bukanlah makanan yang menyehatkan.

Makanan fast food diolah menggunakan minyak dan mengandung lemak trans yang tinggi. Lemak trans yang tinggi tidak bisa diterima oleh hati. Alhasil, lemak trans atau lemak jahat ini akan membuat gula dalam darah naik dan menumpuknya lemak di hati. Ditambah dengan jarang berolahraga maka akan menyebabkan banyak masalah tidak hanya di hati tapi juga jantung.

8. Makan Tak Teratur

makan tak teratur

Pola makan yang berantakan bukan cuma menyebabkan berat badan yang naik turun. Kebiasaan ini juga yang menjadi penyebab rusaknya hati. Lupa sarapan, makan terlalu banyak di siang dan malam, ngemil, serta makan makanan cepat saji bisa membuat berat badan meroket naik, obesitas, dan gangguan hati.

Perbaiki jam makan dan makanan apa yang dimakan bisa membantu untuk menjaga kesehatan hati. Usahakan untuk bisa bangun pagi dan sarapan. Karena jika sampai melewatkan sarapan, tubuh akan lapar, kekurangan tenaga, dan sulit konsentrasi. Di siang hari cenderung akan makan dalam porsi besar sebagai pengganti lupa sarapan. Hentikan kebiasaan ngemil di malam hari juga bisa berbahaya bagi kesehatan.

7. Begadang

begadang

Adakah di antara kalian yang sering begadang di malam hari? Biasanya alasan yang digunakan seperti insomnia, banyak kerjaan, belajar, dan ada juga yang begadang untuk main game. Kebiasaan begadang ini termasuk kebiasaan yang buruk karena dapat mengganggu kesehatan tubuh terutama hati. Padahal hati memiliki fungsi penting untuk mengeluarkan racun, tapi karena kebiasaan begadang ini, hati menjadi tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Ketika seseorang memutuskan untuk begadang, maka organ tubuh akan terganggu jam biologisnya. Seharusnya beristirahat tapi dipaksa untuk tetap aktif bekerja. Jam biologis ini digunakan untuk mengatus proses metabolisme pada saat tidur. Ketika tidur, tubuh akan menurunkan kerjanya menjadi minimal untuk bisa sedikit beristirahat.

6. Jarang Minum Air Putih

air putih

Ternyata kurang minum air putih bukan cuma bisa membawa masalah pada ginjal tapi juga hati. Kalian yang malas minum air putih atau yang lupa, lebih baik pikirkan baik-baik. Apa kalian ingin mendapatkan masalah kesehatan serius atau tidak. Ternyata air putih juga berperan besar untuk menjaga fungsi hati.

Air membantu mengeluarkan zat-zat yang tidak diperlukan di dalam tubuh ke luar tubuh. Ini bisa mencegah terjadinya penumpukan racun di dalam tubuh dan merusak hati. Dengan cukup minum air putih bisa memudahkan hati untuk menyaring darah dan membuang racun. Cukupi minum air putih sebelum makan, sesudah makan, sebelum tidur, dan setelah bangun tidur.

5. Menkonsumsi Obat dan Vitamin Terlalu Banyak

vitamin

Ketika kita sakit, sakit yang masih ringan seperti sakit kepala, flu, dan sakit perut, maka kita akan minum obat untuk meredakan rasa sakit tersebut. Untuk vitamin, vitamin diperlukan sebagai pelengkap atau tambahan. Baik itu obat dan vitamin memang bisa dikonsumsi tanpa resep dokter, tapi tetap harus berhati-hati.

Sembarangan minum obat dan vitamin bisa beresiko membuat hati menjadi rusak. Makanya untuk lebih amannya, lebih baik konsultasi terlebih dahulu ke dokter mengenai obat dan vitamin mana yang harus dikonsumsi. Apalagi jika kita menerima obat dan vitamin dari orang lain. Mungkin obat dan vitamin tersebut bagus untuk dia, tapi belum tentu bagus untuk kita. Sembarangan minum obat dan vitamin, ada kemungkinan hati tidak bisa mengolahnya dan justru merusak.

4. Garam

garam

Memang sebuah makanan akan lebih enak bila ditambah dengan garam. Tanpa garam, makanan akan terasa hambar dan jadi tidak nafsu makan. Selain ditambahkan dalam makanan, garam juga dapat ditemukan di banyak makanan ringan. Malah garam yang digunakan tidak kita ketahui berapa banyak. Sedangkan di masakan sendiri, kita bisa tentukan seberapa banyak garam yang dikehendaki.

Tidak mengontrol konsumsi garam bisa berakibat fatal untuk hati. Konsumsi garam yang terlalu banyak bisa menyebabkan meningkatnya tekanan darah di arteri utama hati. Ujung-ujungnya bisa menyebabkan penyakit hati kronis. Batasi konsumsi garam jika masih ingin memiliki hati yang sehat. Usahakan untuk tidak melebihi 1 sendok teh garam atau setara dengan 2300 mg per hari.

3. Terlalu Banyak Makan Gula

gula

Salah satu kebiasaan buruk lainnya yang juga dapat memperburuk kesehatan hati adalah gula. Gula bisa ditemukan di makanan manis serta menjadi sahabat kopi. Semakin banyak mengkonsumsi gula, maka hati akan terganggu. Perlu diketahui bahwa gula adalah hal yang adiktif, mengkonsumsi terlalu banyak bisa langsung memberikan dampak pada hati.

Gula sama mematikannya seperti alkohol dan adiktif. Bahkan gula hasil olahan bisa jauh lebih berbhaya dari gula alami. Di hati, gula ini bisa diubah menjadi lemak. Bila terakumulai, lemak ini bisa menyebabkan penyakit hati. Jika ingin makan makanan yang manis, beralihlah pada buah-buahan-sayur, dan kelapa. Hati bisa mengolah gula dari makanan tersebut.

2. Soda

soda

Gula saja sudah memiliki sifat adiktif yang membuat orang sulit lepas dari gula. Minuman soda bisa begitu nikmat dan juga membuat ketagihan karena adanya gula dan juga zat lain yang menjadi bahan pembuatnya. Semakin sering minum minuman yang mengandung soda maka akan berdampak buruk untuk hati.

Dari hasil penelitian, mereka yang sering minum minuman bersoda lebih rentan terkena Non-alcoholic fatty liver disease (NAFLD). Penumpukan lemak pada hati ini berkaitan dengan mereka yang mengalami obesitas, kolesterol tinggi, dan penderita diabetes tipe 2. Apabila ingin sesuatu yang manis lebih baik jangan minum soda melainkan konsumsi buah atau air kelapa.

1. Alkohol

alkohol

Jika minuman yang mengandung soda saja sudah tidak boleh diminum terlalu banyak karena dapat mengganggu fungsi hati, maka minuman beralkohol juga sama. Masalahnya, banyak orang yang suka dengan minuman mengandung alkohol. Efek alkohol yang dapat membuat rileks ini yang diincar oleh sejumlah orang.

Mereka yang hobi minum minuman beralkohol entah itu yang hanya sebagai social drinker atau sampai mabuk, perlu mengetahui bahwa hati bisa mengubah alkohol menjadi zat yang kurang beracun tapi jika dilakukan terus menerus, maka hati tidak bisa melakukan fungsi lain. Alkohol yang tidak bisa diproses oleh hati maka akan berubah menjadi formaldehida yang dapat menyebabkan peradangan hati, kematian sel hati, dan penyakit hati.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas