home -> Lifestyle -> 10 Tips Hidup Sehat Dan Bahagia
09 Desember 2021 07:54

10 Tips Hidup Sehat Dan Bahagia

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada November 19, 2021

Semua orang ingin mendapatkan dan menjalani hidup yang sehat dan bahagia. Hidup sehat tidak hanya memungkinkan untuk menjalani aktivitas lebih lancar dan tanpa halangan, tapi juga bisa membuat perasaan menjadi bahagia. Biar masalah apapun yang datang, dengan kondisi fisik, mental, dan pikiran yang sehat, masalah apapun bisa diselesaikan. Maka dari itu kita perlu mencari cara bagaimana untuk bisa meraih hidup sehat dan bahagia. TahuPedia akan membahas sejumlah tips yang mudah untuk dilakukan.

10. Stop Rokok

rokok

Rokok bukanlah hal yang baik untuk kesehatan. Sudah banyak penelitian yang menyatakan tentang bahaya rokok bagi kesehatan. Tapi tetap saja banyak orang yang menghisap benda berbahaya ini. Karena rokok bisa mengancam kesehatan, maka sudah seharusnya untuk menghentikan kebiasaan merokok untuk selamanya.

Untuk mendapatkan hidup yang sehat, perlu melakukan hal yang bagus untuk kesehatan dan mengurangi hal yang buruk. Hal yang buruknya adalah merokok ini. Bahaya rokok sudah tertera di bungkus rokok, tinggal pilihan kita apakah mau merokok atau tidak. Efek rokok memang tidak terasa dalam waktu dekat melainkan nanti di masa mendatang. Jangan sampai kalian menyesal karena abai dengan kesehatan.

9. Kurangi Hal Yang Bisa Membuat Stres

stres

Yang namanya hidup pasti ada masalah. Masalah bisa hadir kapan saja dan menimpa siapa saja. Tak sedikit orang yang mengalami stres akibat masalah yang terus datang dan tak kunjung bisa terselesaikan. Stres yang berkelanjutan akan berdampak pada kesehatan fisik dan mental. Fisik jadi drop dan mental jadi terganggu.

Yang namanya masalah pasti harus diselesaikan, jangan membiasakan untuk menunda masalah. Kalau bisa diselesaikan, selesaikan dengan segera. Buat skala prioritas yang mana yang harus diselesaikan lebih dahulu. Lebih cepat menyelesaikan masalah, maka kemungkinan mengalami stres berat akan berkurang.

8. Kurangi Fast Food Dan Alkohol

fast food

Di zaman yang serba sibuk seperti sekarang, orang ingin segala sesuatu yang cepat dan simpel. Makanya restoran fast food atau restoran cepat saji menjadi pilihan. Penampilan makanan yang menarik, penyajian cepat, rasa yang enak, membuat orang sulit untuk menahan diri dari godaannya. Ditambah dengan minuman soda serta alkohol, makin lengkap sudah kenikmatannya.

Tapi, ada bahaya yang mengintai dari makanan cepat saji, soda, dan alkohol. Kesehatan bisa terganggu jika terus menerus mengkonsumsi makanan ini. Meski sulit, harus bisa mengurangi konsumsi makanan fast food, soda, dan alkohol. Apabila kalian tidak mau merasakan yang namanya obesitas, diabetes, kolesterol, penyakit jantung, dan lain sebagainya, sebaiknya mulai kontrol makanan apa yang masuk ke mulut.

7. Me Time

me time

Tidak perlu itu extrovert atau introvert, pasti membutuhkan yang namanya waktu untuk sendiri alias me time. Di saat seperti inilah bisa digunakan untuk menenangkan diri. Kenapa menenangkan diri itu penting? Dengan menenangkan diri, level stres bisa diturunkan, pikiran jadi lebih rileks, tubuh tentunya juga bisa lebih fit.

Jika ingin mendapatkan hidup yang sehat dan bahagia, jangan sampai lupa dengan yang namanya me time. Tidak perlu malu atau ragu untuk melakukan me time. Ini bagus untuk fisik dan mental seseorang. Luangkan waktu yang cukup bagi kalian untuk bisa menyegarkan fisik dan pikiran sebelum kembali beraktivitas.

6. Luangkan Waktu Bersama Teman

teman

Jika ada waktu luang, coba untuk menghubungi teman dan meet up di suatu tempat. Menjaga komunikasi dengan teman juga penting dalam hidup. Dengan teman kita bisa melakukan hal yang menyenangkan bersama, bercerita tentang masalah yang dihadapi, tukar pikiran, dan bisa memberikan saran serta bantuan ke teman yang memerlukan.

Atur waktu dan tempat yang cocok agar bisa berkumpul bersama dengan teman. Maksimalkan waktu bersama teman dengan sebaik-baiknya. Mau yang sudah menikah pun juga masih bisa untuk berkumpul bersama teman jika memang memungkinkan. Apalagi yang namanya kematian tidak bisa ditebak, bisa jadi besok, bisa jadi entah kapan, jadi manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

5. Jalan-Jalan

jalan-jalan

Jalan-jalan menjadi salah satu cara untuk menghilangkan stres yang ampuh. Masalah yang dihadapi di kantor, sekolah, kehidupan, bisa dikurangi atau bahkan hilang jika kalian menyempatkan waktu untuk jalan-jalan. Jalan-jalan disini tidak terbatas oleh tempat. Mau itu jalan-jalan yang dekat atau jauh sekalipun boleh kalian lakukan.

Kalian sendiri yang menentukan ingin jalan-jalan ke tempat yang kalian mau. Mau dalam kota, dalam negeri, atau bahkan luar negeri juga tidak masalah. Jika ingin ke luar kota tentu harus mempersiapkan segala hal yang diperlukan dari waktu, akomodasi, pakaian, budget, serta tempat menginap. Tentukan tempat beserta waktu yang diperlukan untuk jalan-jalan agar kalian bisa bahagia.

4. Lakukan Hal Yang Bisa Membuat Bahagia

hal menyenangkan

Setiap orang pasti punya kesukaan. Ada yang suka olahraga, jalan-jalan, belanja, nonton, mendengarkan musik, dan lain sebagainya. Melakukan hal tersebut bisa membantu untuk menenangkan pikiran dari segala macam masalah dan stres yang dialami. Tidak ada kata salah untuk melakukan hal yang disuka jika itu memang bagus dan tidak merugikan orang lain.

Jika ada hal yang dirasa bisa membuatmu bahagia, maka lakukan. Menjaga mood agar tetap positif itu penting. Dengan mood yang bagus maka menjalani apa saja terasa mudah. Mood positif membantu untuk berpikir agar bisa mencari solusi dari masalah yang dihadapi. Jika hari Senin-Jumat disibukkan dengan pekerjaan, maka gunakan akhir pekan untuk melakukan hal yang disuka.

3. Diet

diet

Apa yang kalian makan maka akan mempengaruhi kesehatan. Tak hanya kesehatan fisik, mood, serta pikiran juga bisa dipengaruhi dari makanan yang dimakan. Maka dari itu penting bagi kita untuk mengeri makanan yang sehat dan jam makan yang tepat. Inilah yang dinamakan diet. Diet yang tepat maka akan memberikan dampak yang positif bagi kesehatan.

Tidak ada metode diet yang benar-benar sempurna. Karena tubuh orang serta metabolismenya berbeda-beda, maka diet juga berbeda-beda. Diet untuk satu orang belum tentu bisa efektif untuk oran lain. Cari informasi mengenai diet mana yang sekiranya tepat dan konsultasikan pada ahli kesehatan atau gizi agar mendapatkan informasi yang lebih banyak lagi.

2. Olahraga

olahraga

Berbagai macam alasan digunakan oleh orang untuk tidak olahraga. Padahal jika mau sehat, maka berolahraga adalah suatu hal yang wajib dilakukan. Kita tidak perlu membahas orang yang hobi berolahraga karena tanpa harus disuruh atau dimotivasi, mereka pasti akan melakukan olahraga yang disuka. Tapi bagi yang tidak suka dan malas, olahraga adalah suatu keharusan.

Olahraga membuat seluruh tubuh bergerak, membuat tubuh jadi lebih kuat dan fit. Olahraga juga bisa membantu untuk melawan penyakit karena bisa meningkatnya imun tubuh. Jangan malas berolahraga dengan alasan sibuk bekerja karena ketika sudah sakit, maka uang yang sudah didapat dengan susah payah mau tidak mau harus keluar untuk biaya berobat.

1. Istirahat

sleep

Sudah melakukan semua tips di atas, jangan lupakan yang namanya istirahat. Tubuh kita tidak bisa bekerja 24 jam. Bahkan mesin perlu istirahat agar tidak panas dan rusak. Tubuh manusia juga perlu hal yang sama. Istirahat dibutuhkan tubuh untuk mengisi kembali tenaga serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Pastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Tidur malam yang berkualitas adalah hal yang dibutuhkan oleh tubuh. Pastikan untuk mendapatkan tidur malam 7-8 jam agar tubuh benar-benar bisa memulihkan diri setelah seharian beraktivitas. Kurang tidur bisa menyebabkan lemas, tak bertenaga, dan mood berantakan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas