home -> Lainnya -> Apakah Buruk untuk Terlalu Lama Menetap di Sebuah ...
18 Juli 2018 07:53

Apakah Buruk untuk Terlalu Lama Menetap di Sebuah Perusahaan?

Oleh admin dalam Lainnya pada September 19, 2013

Kita sering mendengar bahwa berpindah-pindah pekerjaan itu tidaklah baik, apalagi dengan prospek yang tidak jelas. Tapi apakah menetap atau bekerja di suatu perusahaan dalam jangka waktu yang lama itu merupakan hal yang baik? Dulu mungkin hal itu merupakan hal yang baik tapi sekarang berbagai situasi harus dilihat. Berikut penjelasan apakah menetap di sebuah perusahaan terlalu lama itu baik atau buruk.

Menetap di satu perusahaan tanpa adanya kemajuan dapat merugikan Anda

Stay too Long on One Job can Affect Your Career

Kebanyakan orang pindah pekerjaan karena adanya peluang yang lebih baik seperti gaji yang lebih tinggi, tunjangan yang ditawarkan, atau jabatan pekerjaan yang lebih baik. Anda juga bisa mendapatkannya melalui promosi di perusahaan Anda, terlebih jika Anda telah bekerja dalam waktu yang lama. Tapi dalam era dimana tingkat pengangguran tinggi sekarang ini dan gaji yang tidak naik-naik, kemajuan tersebut bukanlah sesuatu yang dapat pasti Anda dapatkan.

Jika hal ini terjadi, maka pertimbangkanlah untuk pindah pekerjaan karena penelitian menunjukkan 18 hingga 20 persen orang yang pindah pekerjaan dapat mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan melalui promosi. Tapi tentunya Anda juga harus mepertimbangkan hal-hal lain.

Salah satu yang harus dipertimbangkan adalah umur Anda. Jika Anda sudah berumur 45 maka menemukan pekerjaan sangatlah sulit. Hal ini berarti jika Anda sudah mendekati umur 40 maka mulailah mempertimbangkan mengenai pekerjaan Anda, karena menemukan pekerjaan selanjutnya akan sangat sulit jika Anda sudah pada umur kepala 4 tersebut.

Hal lain yang harus diketahui adalah menetap di suatu pekerjaan terlalu lama juga dapat memberikan citra buruk pada resume Anda. Seseorang yang bekerja di sebuah perusahaan selama 8-10 tahun terkadang dianggap susah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Tidak berarti menetap terlalu lama itu buruk

Stay Too long on One Company not Always Bad

Walaupun penjelasan di atas mengatakan menetap terlalu lama itu buruk, tapi hal itu tidak dapat diaplikasikan ke semua orang. Anda harus mengetahui bahwa kemampuan Anda berkata lebih daripada waktu Anda menetap di sebuah pekerjaan. Jadi selama Anda mengembangkan kemampuan Anda secara terus menerus dan Anda dapat menunjukkan kapabilitas Anda, terlebih jika jaringan sosial Anda sangatlah luas, maka perkataan "terlalu lama" tidak berlaku bagi Anda. Jadi Anda dapat memikirkannya jika memang Anda menginginkannya.

Jika pekerjaan Anda menjanjikan dan membuat Anda mendapatkan peluang senioritas, kemampuan kepemimpinan dan Anda merupakan bagian yang penting dalam perusahaan Anda maka bekerja terlalu lama pada perusahaan tersebut adalah hal yang positif. Apalagi jika perusahaan Anda adalah perusahaan multinasional yang dikenal dunia.

Keahlian dan lamanya menetap di sebuah perusahaan

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, jika Anda yakin bahwa Anda selalu mengembangkan keahlian dan kehidupan sosial Anda maka lamanya menetap di sebuah perusahaan tidak relevan bagi Anda.

Job Skill\

Ada kasus dimana seorang ahli yang telah bekerja selama 20 tahun dalam sebuah perusahaan berhenti dari jabatannya dan ia mengalami kesusahan untuk menemukan pekerjaan berikutnya. Di sisi lain ada 1 orang lagi yang juga telah bekerja selama lebih dari 10 tahun dan berhenti di perusahaannya, tapi uniknya ia dapat dengan mudah menemukan pekerjaan selanjutnya. Hal ini karena orang tersebut menggunakan jaringan sosialnya dengan baik.

Yang ingin disampaikan di sini adalah bekerja di sebuah perusahaan terlalu lama itu tidak selalu buruk, tapi pastikan jaringan sosial dan kemampuan Anda terus dikembangkan seiring berjalannya waktu. Itulah yang akan menjadi daya jual Anda.

Berpindah-pindah pekerjaan mungkin ide yang bagus

Dalam artikel "Bagaimana Memilih Karir yang Benar-Benar Cocok untuk Anda" Telah dikatakan bahwa berpindah-pindah pekerjaan tidak selalu merupakan hal yang buruk. Itu dapat membantu Anda menemukan passion Anda, membangun jaringan sosial, membuat diri Anda dapat beradaptasi di semua lingkungan dan yang paling penting adalah mengetahui karir seperti apa yang memang benar-benar cocok untuk Anda.

Job Hopping

Tapi Anda harus berhati-hati jika Anda berpindah pekerjaan dalam waktu kurang dari 1 tahun, ini dapat memberikan dampak buruk bagi resume Anda. Ketahui terlebih dahulu budaya Anda, berapa waktu rata-rata seseorang dikatakan "job hopping" atau dipandang negatif karena terlalu cepat berpindah pekerjaan. Umumnya adalah 4,4 tahun sedangkan untuk mereka yang lebih muda adalah 3,2 tahun di sebuah pekerjaan.

Yang paling penting adalah begitu Anda melakukan interview untuk pekerjaan yang baru, buatlah interview itu menarik dengan menjelaskan sejarah pekerjaan Anda dalam hal yang kedengarannya bagus. Jika Anda memiliki hal yang dikatakan "job hopping" ini, tunjukkan fokus Anda dan pencapaian Anda dalam waktu yang singkat tersebut. Intinya adalah buat interview Anda seperti menceritakan kisah hidup Anda.

--

Singkatnya, menetap di sebuah perusahaan terlalu lama memang dapat berdampak buruk bagi Anda tapi tidak selalu begitu (tidak absolut). Itu semua tergantung dari situasi pekerjaan dan perusahaan Anda.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas