home -> Lainnya -> 10 Hewan Penghisap Darah Seperti Drakula
09 Desember 2021 08:12

10 Hewan Penghisap Darah Seperti Drakula

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada November 15, 2021

Drakula atau vampir adalah makhluk mitos yang terkenal karena hobinya menghisap darah. Siapa saja yang darahnya dihisap maka akan berubah menjadi drakula atau vampir. Di dunia hewan ada banyak sekali hewan yang bertahan hidup dengan cara menghisap darah. Darah ini bisa didapat dari sesama hewan atau bahkan manusia. Mengingatkan dengan vampir atau drakula bukan? Penasaran hewan apa saya yang makannya dari darah korbannya, simak penjelasannya di bawah ini.

10. Candiru

candiru

Orang Brazil pastinya sudah familiar dengan yang namanya candiru. Candiru ini merupakan ikan yang menjadi mimpi buruk bagi pria. Kenapa? Ikan ini memiliki ukuran yang sangat kecil dan tertarik dengan air seni. Mereka bisa berenang ke salurang kencing pria, masuk ke dalamnya, menempel, dan menhisap darah dari sana.

Ketika candiru sudah menempel di saluran kencing seseorang, butuh naik ke meja operasi untuk bisa melepasnya. Di habitatnya yakni di perairan Amazon, candiru akan berenang dan menempel pada insang ikan lain dan menghisap darahnya. Mereka yang berenang di perairan Amazon bukan hanya harus berhati-hati dengan piranha, tapi juga candiru.

9. Assassin Bug

Assassin Bug

Assassin bug sebenarnya adalah sebuah istilah yang digunakan untuk mengacu pada satu serangga yang dinamakan Reduviidae. Mereka bisa disebut assassin atau pembunuh karena mereka termasuk serangga agresif yang hidup dengan cara membunuh serangga lain. Mereka termasuk penghisap darah mengerikan di dunia hewan.

Assassin bug menggunakan saliva atau air liur sebagai anestesi. Ini membuat korban dari assassin bug tidak merasa sakit ketika diserang dan darahnya dihisap. Assassin bug juga dikenal dengan nama lain yakni kissing bug. Assassin bug tidak hanya menghisap darah hewan tapi juga manusia. Bekasnya akan terlihat merah mirip digigit nyamuk.

8. Vampire Finch

vampire finch

Burung pemakan darah benarkan ada di dunia ini? Jawabannya adalah ada. Salah satunya adalah Vampire ground finch. Burung ini termasuk burung berukuran kecil dan sangat banyak ditemukan di Galapagos Islands, terutama di Wenman Island dan Darwin Island. Burung ini dianggap sebagai sub-spesies dari sharp-beaked ground finch.

Meski Vampire finch diketahui makan biji-bijian dan serangga, ternyata vampire ground finch ada kesukaan terhadap darah. Yang biasa menjadi mangsa dari vampire ground finch adalah burung booby. Uniknya, burung booby seperti tidak terganggu darahnya dihisap oleh vampire ground finch. Burung booby adalah burung laut yang termasuk dalam keluarga Sulidae.

7. Oxpecker

oxpecker

Tidak semua burung itu lucu, ada juga burung yang mengerikan yang bernama Oxpecker. Oxpecker adalam burung dari keluarga Buphagidae yang memiliki kesukaan terhadap darah. Mendengar ini, masihkah kalian berpikir bahwa semua burung itu lucu? Oxpecker endemik di savana Afrika dan bersimbiosis dengan hewan besar seperti sapi.

Oxpecker membantu sapi dengan memakan kutu, ulat, dan lalat yang hinggap pada hostnya. Tidak hanya makan dari serangga itu, Oxpecker tak jarang mematuk dan mengkonsumsi darah dari si sapi. Dengan mematuk dan makan darah sapi, Oxpecker membuat luka yang ada pada sapi tersebut jadi lebih lama sembuh.

6. Bed Bug

bed bug

Pernahkah kalian bangun tidur lalu menemukan bekas ruam di tubuh. Bekas ruam ini kecil, banyak, merah, dan terasa gatal. Mungkin kalian berpikir ruam ini disebabkan oleh nyamuk, tapi kamar kalian sudah disemprot dengan pembasmi serangga dan dipasangi kawat nyamuk, jadi tidak mungkin ada nyamuk yang masuk. Lalu, siapakah yang bertangguh jawab atas ruam yang gatal ini?

Jawabannya adalah bed bug. Bed bug adalah serangga kecil yang kesukaannya adalah menghisap darah manusia. Mereka suka tinggal di ranjang yang jarang dibersihkan dan menghisap darah manusia pada saat malam hari, ketika orang tidur. Mereka yang dihisap darahnya oleh bed bug, ketika bangun akan menemukan bekas merah dengan rasa gatal yang mengganggu.

5. Kutu

flea

Tidak ada orang yang lupa dengan yang namanya The Black Death. Penyakit mematikan satu ini menjadi penyebab berkurangnya 1/4 populasi manusia di Eropa di tahun 1346 sampai 1353. Penyakit mematikan ini disebarkan oleh dua hewan yang termasuk hama yakni tikus dan kutu. Tikus tidak makan dari darah, tapi kutu iya.

Ketika tikus mati, kutu menjadi satu-satunya hewan yang menyebarkan penyakit pes sembari mencari makan dengan menghisap darah manusia dan hewan. Ada sebanyak 2.500 spesies kutu yang berhasil diidentifikasi. Mereka semua termasuk hewan parasit yang mencari mangsa hewan atau manusia dan menghisap darah mereka.

4. Lamprey

lamprey

Lamprey adalah salah satu ikan yang sudah tinggal di Bumi sejak lama. Mereka termasuk dalam ikan tanpa rahang dari ordo Petromyzontiformes. Yang terkenal dari ikan ini adalah bentuk mulut dan giginya yang unik mengarah menyeramkan. Tahukan kalian bahwa bentuk mulut ini sangat membantu mereka dalam makan? Makanan mereka darah.

Ikan yang bentuknya mirip belut ini sudah ada di Bumi lebih dari ratusan atau bahkan jutaan tahun yang lalu. Lamprey menggunakan mulut mereka untuk menempel pada ikan lain. Ketika lamprey menempel, mereka akan memakan darah dan jaringan tubuh dari inangnya. Lamprey bisa hinggap pada satu ikan selama berminggu-minggu.

3. Lintah

leech

Mungkin di antara kalian ada yang banyak merasa geli dan takut dengan hewan lintah. Dengan cara yang tepat dan dilakukan oleh ahli, lintah justru dijadikan sebuah terapi kesehatan. Terapi lintah diketahui sangat efektif melancarkan peredaran darah sekaligus mencegah penyumbatan pembuluh darah. Caranya adalah membiarkan lintah menempel pada tubuh dan menghisap darah.

Lintah memiliki menu utama darah untuk bisa bertahan hidup. Di alam liar, lintah akan hinggap di tubuh hewan dan menghisap darahnya. Sekali lintah menempel pada inang dan menghisap darahnya, akan sulit untuk melepasnya. Tapi oleh para ahli, lintah bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan sejak abad-19.

2. Vampire Bat

vampire bat

Ada tiga jenis vampire bat atau kelelawar vampir yang hidup dengan cara menghisap darah. Mereka adalah common vampire bat, hairy-legged vampire bat, dan white-winged vampire bat. Ketiga jenis vampire bat ini memiliki karakteristik yang sama dimana mereka memiliki gigi kecil setajam silet dalam jumlah yang banyak.

Vampire bat menu utama mereka adalah darah. Mereka tidak perduli darah hewan mana yang mereka harus minum. Selama itu ada hewan di depan mereka, mereka akan memakannya. Vampire bat setidaknya harus makan setiap dua hari sekali. Jika tidak ada hewan, tak menutup kemungkinan vampire bat akan mengalihkan fokusnya pada manusia.

1. Nyamuk

mosquito

Tidak ada orang yang tidak kenal dan tidak pernah diganggu dengan keberadaan nyamuk. Serangga menyebalkan ini memilih darah sebagai menu makanan utama mereka. Hampir semua negara kecuali Antartika yang tidak memiliki masalah dengan nyamuk karena iklimnya yang sangat dingin. Sedangkan negara tropis pasti memiliki masalah dengan nyamuk.

Nyamuk betina yang biasanya paling sering menghisap darah hewan atau manusia. Mereka membutuhkan protein dalam darah untuk bisa bertelur. Selain bisa menyebabkan bentol dan gatal, beberapa jenis nyamuk bisa menyebarkan penyakit berbahaya seperti malaria, yellowe fever, malaria, dan filariasis.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas