home -> Lainnya -> 10 Tanda Seseorang Tidak Percaya Diri
09 Desember 2021 07:38

10 Tanda Seseorang Tidak Percaya Diri

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada November 10, 2021

Memiliki rasa percaya diri sangat diperlukan untuk menghadapi segala sesuatu. Tanpa adanya rasa percaya diri, seseorang akan mudah merasa down, lemah, dan menyerah sebelum melakukan sesuatu. Rendahnya rasa percaya diri ini jelas adalah masalah gawat yang harus diselesaikan. Sebelum memberikan tips bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri, seperti apa tanda seseorang yang tidak memiliki rasa percaya diri? Inilah dia tandanya.

10. Postur Tubuh Yang Membungkuk

postur tubuh

Seseorang bisa dinilai berdasarkan bahasa tubuh yang dilakukan. Meski tidak 100% akurat, setidaknya kita bisa sedikit mendapatkan gambaran mengenai karakter dan apa yang terjadi dengannya. Bahkan orang yang memiliki masalah dengan kepercayaan diri juga bisa dilihat dari postur tubuhnya.

Orang yang memiliki kepercayaan diri tinggi cenderung memiliki postur tubuh yang baik. Postur tubuh baik yang dimaksud seperti berdiri atau berjalan tegak, tidak menunduk. Berbeda dengan orang yang tidak percaya diri. Mereka cenderung menyembunyikan diri, menundukkan kepala, serta postur tubuh yang agak membungkuk. Melihat sebentar, kita bisa tahu bahwa orang tersebut sedang memiliki masalah.

9. Membandingkan Diri Sendiri Dengan Orang Lain

membandingkan diri

Bukan hal yang baik apabila kita membandingkan diri sendiri dengan orang lain karena masing-masing memiliki kelebihan, kekurangan, dan jalan hidup yang berbeda. Mereka yang sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain biasanya mereka yang memiliki masalah dengan kepercayaan dirinya. Mereka merasa bahwa orang lain selalu lebih baik dari dirinya.

Perlu disadari bahwa setiap individu berbeda, stop membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Masing-masing memiliki masalah yang berbeda dan kemampuan yang berbeda juga. Jika memang lemah di suatu hal, tak perlu minder. Coba untuk memperbaikinya, kalau memang tetap tidak bisa, memang inilah kekurangan kita. Daripada terus minder, lebih baik latih apa yang menjadi potensi kita agar ada suatu hal yang bisa kita banggakan.

8. Ragu-Ragu Ketika Ingin Memutuskan Sesuatu

ragu-ragu

Setiap manusia pasti akan dihadapkan dengan pilihan. Pilihan ini akan menentukan apa yang akan terjadi berikutnya dan tidak bisa kita lari dari pilihan tersebut. Terkadang ada pilihan yang rumit tapi ada juga pilihan yang mudah. Apakah kalian termasuk orang yang sulit memutuskan sesuatu meski itu adalah hal yang simpel? Bisa jadi kamu tidak memiliki percaya diri yang cukup.

Seseorang yang percaya dirinya rendah akan sulit memutuskan sesuatu. Mereka bingung apa yang harus mereka pilih. Jika menentukan pilihan saja sulit, biasanya mereka juga akan kesulitan untuk memikirkan apa dampak dari pilihan yang mereka ambil. Perlu melatih diri untuk bisa memutuskan sesuatu agar bisa menunjukan bahwa kita percaya diri. Jika sulit, bisa meminta support dari orang terdekat.

7. Mudah Menyerah

give up

Salah satu tanda yang paling jelas dari orang yang kurang percaya diri adalah mudah menyerah. Tidak perduli masalah apa yang dihadapi, mau itu mudah atau sulit, yang langsung terlintas di pikirannya adalah dirinya tidak sanggup melakukannya. Pun mencoba melakukannya pasti akan gagal. Selalu negatif yang ada di pikirannya.

Sifat yang selalu mudah menyerah ini yang bukan cuma akan menghalanginya untuk maju tapi juga membuatnya dijauhi oleh orang-orang. Orang yang mudah menyerah tidak akan diikutsertakan dalam kegiatan apapun karena yang di pikirannya hanya ada kata menyerah. Lebih baik gagal karena mencoba daripada menyerah sebelum melakukan.

6. Tidak Mau Keluar Rumah Tanpa Make Up

make up

Kehadiran make up memang berguna karena bisa membuat seseorang lebih menarik. Yang dulu make up diidentik dengan wanita, kini pria juga banyak yang menggunakan make up untuk membuat penampilan lebih menarik. Kecuali kalau memang profesi mereka model memang diperlukan make up karena penampilannya harus bagus ketika difoto atau direkam. Tapi kalau hanya keluar rumah saja butuh make up, bisa jadi orang tersebut mengalami masalah dengan kepercayaan diri.

Menarik atau tidak itu tergantung dari orang yang melihat. Mungkin bagi seseorang, kita dinilai tak menarik. Tapi ada juga yang bilang kita menarik meski kita tak menggunakan make up. Biasanya wanita yang sering mengalami masalah ini. Akhirnya mereka menggunakan make up sebelum pergi ke luar rumah. Dan meski sudah menggunakan make up, penampilan kita akan dinilai kembali dan penilaian bisa berbeda tiap orang. Ada yang melihat kita menarik, ada yang menilai tidak menarik.

5. Menganggap Kritik Sebagai Serangan Personal

kritik

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Semua orang pasti punya kelemahan dan pernah melakukan kesalahan. Dan ketika kita dikritik karena kelemahan dan kesalahan, bukan berarti orang tersebut ingin menjatuhkan kita. Justru itu menjadi peringatan bahwa kita ada kekurangan dan harus berubah lebih baik. Orang yang percaya diri pastinya yakin bahwa dirinya bisa berubah, tapi orang yang tak percaya diri tak bisa menanggapi kritikan dengan positif.

Orang yang tak memiliki kepercayaan diri cenderung melihat kritikan sebagai serangan personal. Mereka menganggap yang mengkritik adalah orang-orang yang ingin menjatuhkan kita dan melihat kita sengsara. Memang orang seperti itu ada tapi bukan berarti semua orang seperti itu. Ada pula yang ingin kita berubah menjadi lebih baik. Perlu mengubah pola pikir menjadi positif untuk bisa membedakan mana yang kritik dan mana yang serangan personal.

4. Enggan Mengeluarkan Pendapat

pendapat

Pernahkah kalian terlibat dengan kerja kelompok atau meeting dengan karyawan di kantor? Dalam kerja kelompok atau meeting pastinya akan ada sesi bertukar pendapat. Di momen inilah kita bisa mengeluarkan pendapat kita dan mendengarkan pendapat orang lain. Coba kalian perhatikan sekitar kalian, adakah orang yang tidak mengeluarkan pendapatnya selama berdiskusi?

Mereka yang enggan mengeluarkan pendapat biasanya karena mereka tidak percaya diri. Ada ketakutan bahwa pendapat mereka salah atau tidak akan didengar. Orang yang memiliki masalah ini jangan dijauhkan atau didiamkan. Justru kita harus membantu mereka untuk mengungankapkan apa yang mereka pikirkan. Kalau ada yang salah, bukan berarti orang tersebut bisa jadi bahan bully. Kalau sampai dibully, besar kemungkinan orang tersebut akan semakin enggan berpendapat.

3. Merasa Tidak Berharga

tidak berharga

Orang yang memiliki percaya diri tinggi dan bisa berpikir positif pasti tahu bahwa setiap orang itu unik dan berharga. Makanya ia bisa memberikan rasa hormat dan menghargai semua orang. Berbeda kasus dengan mereka yang tidak memiliki rasa percaya diri. Mereka justru menilai bahwa dirinya adalah orang yang rendah dan tidak berharga.

Merasa diri sendiri tak berharga akan membuat orang ini akan menjauh dari orang-orang, menilai dirinya tidak pantas mendapat pujian, dan bisa melakukan tindakan kekerasan pada diri sendiri. Orang yang memiliki masalah ini harus dibantu entah oleh teman dekat, keluarga, psikolog, atau bahkan psikiater. Kembali lagi seperti yang sudah dijelaskan bahwa setiap orang itu berharga, jangan sampai mereka berpikir mereka tidak berpikir dan memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

2. Menarik Diri Dari Pegaulan

pergulan

Ada dua kemungkinan ketika melihat seseorang yang menarik diri dari pergaulan. Kemungkinan pertama adalah dia orang yang tertutup atau introvert. Kalau memang dia introver, kita bisa merasa tenang karena ada waktunya dia akan kembali. Kemungkinan kedua adalah orang tersebut tidak memiliki rasa kepercayaan diri yang cukup.

Bisa dan ada orang yang tak percaya diri saat bergaul. Jika digali alasan yang membuat mereka menarik diri dari lingkungan sosial bisa bermacam-macam alasannya. Salah satu alasan bisa karena mereka tidak berharga. Mereka merasa ada jarak yang jauh antara dirinya dengan teman-teman pergaulannya yang membuatnya merasa dirinya tidak akan bisa masuk. Daripada kecewa, mereka lebih memilih untuk menarik diri dan menyendiri.

1. Selalu Minta Maaf

sorry

Sudah menjadi hal yang wajar apabila kita berbuat salah dan minta maaf. Hanya orang tak sadar diri dan kurang ajar yang sudah berbuat salah tapi malah ngotot, marah, dan tidak mau minta maaf. Ada juga tipe orang yang sebenarnya dia tidak berbuat salah tapi selalu minta maaf. Selalu minta maaf bisa jadi salah satu tanda adanya masalah kepercayaan diri.

Orang yang selalu minta maaf menandakan dia tidak percaya diri. Daripada kena masalah lebih besar, mereka lebih memilih untuk minta maaf terlebih dahulu. Atau, mereka selalu merasa apapun yang dilakukan adalah salah, makanya mereka minta maaf. Orang seperti ini perlu dibantu untuk mengetahui apakah yang ia lakukan salah atau tidak agar tidak perlu terus menerus minta maaf. Apalagi jika memang tidak berbuat salah, buat apa minta maaf.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas