home -> Unik -> 10 Hewan Yang Terlihat Mirip Tapi Berbeda
09 Desember 2021 08:22

10 Hewan Yang Terlihat Mirip Tapi Berbeda

Oleh serba_tahu dalam Unik pada November 02, 2021

Dunia hewan itu sangat besar. Ada banyak jenis hewan yang bila dilihat oleh orang awam sepertinya sama atau mirip, tapi ternyata bila ditelusuri lebih dalam, kedua hewan atau binatang tersebut ternyata ada banyak bedanya. Contohnya saja seperti kura-kura dan penyu. Masih ada banyak orang yang sulit membedakan antara kedua hewan tersebut. Selain kedua hewan tersebut, masih ada lagi banyak hewan yang dilihat sepertinya mirip tapi nyatanya berbeda. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

10. Katak Dan Kodok

toad and frog

Mulai dari katak dan kodok, kalian bisa bedakan yang mana katak dan mana yang kodok? Katak yang kanan sementara kodok yang kiri. Terlihat sama tapi masih ada perbedaan antara kedua hewan kecil yang hobi melompat ini. Satu hal yang sama antara keduanya adalah ordo. Katak dan kodok berasal dari ordo Anura.

Secara umum, katak memiliki kulit yang lebih halus daripada kodok. Bagian kaki juga berbeda dimana katak memiliki kaki yang lebih panjang serta mata yang besar dan menonjol. Perbedaan lainnya terdapat pada telur. Kodok umumnya bertelur membentuk sebuah untaian. Kalau katak bertelur dan mengaturnya seperti dalam sebuah kelompok, kira-kira mirip seperti anggur.

9. Kura-Kura Dan Penyu

turtle and tortoise

Dan yang cukup sering orang salah membedakan yang mana kura-kura dan yang mana penyu. Ada yang bahkan tertukar mengira kura-kura sebagai penyu lalu melepasnya ke air. Kura-kura dan penyu bukan cuma memiliki habitat yang berbeda tapi juga bentuk yang berbeda. Dari gambar sudah bisa dilihat bahwa penyu tinggal laut sementara kura-kura di darat.

Kura-kura dan penyu memang termasuk dalam hewan reptil dan ordo Chelonia. Penyu menghabiskan waktunya lebih banyak di air. Untuk membantu mereka berenang, penyu memiliki bentuk kaki yang flat dan tempurung yang ringan. Sementara kura-kura memiliki kaki yang yang besar dan memiliki cakar. Ini membantu kura-kura untuk berjalan dan menggali. Tempurung kura-kura juga lebih berat.

8. Llama Dan Alpaca

llama and alpaca

Sosoknya yang lucu membuat orang tertarik dengan sosok llama dan alpaca. Yang menjadi permasalahan, bagaimana cara membedakan mereka berdua karena alpaca dan llama terlihat tidak ada bedanya? Jika dibandingkan secara langsung maka akan terlihat jelas beda antara llama dan alpaca karena ukuran dan beberapa anggota tubuh mereka ada yang berbeda.

Sama-sama berasal dari family Camelidae, llama memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada alpaca. Kalau diamati bagian telinga juga terlihat berbeda. Llama memiliki telinga yang panjang dan melengkung sementara alpaca pendek. Llama memiliki wajah yang lebih panjang daripada alpaca. Satu lagi pembeda antara kedua hewan ini, llama memiliki kecenderungan lebih sering meludah.

7. Kelinci Dan Hares

rabbit and hare

Sebenarnya jika dilihat dari gambar, ada satu hal yang menjadi pembeda antara kelinci dan hare. Pembeda itu adalah telinga. Kelinci memiliki telinga yang lebih pendek dan kecil, sedangkan hare memiliki telinga yang lebih besar dan panjang. Tapi selain telinga, masih ada beberapa hal yang membedakan antara kelinci dan hare.

Di bagian kaki belakang, hare memiliki kaki belakang yang lebih panjang, besar, dan kuat ketimbang kelinci. Ini berpengaruh terhadap bagaimana cara mereka melarikan diri dari predator. Karena memiliki kaki belakang yang lebih panjang dan kuat, ini memungkinkan hare untuk berlari lebih jauh dan lama. Kesempatan hare lari dari kejaran predator lebih besar daripada kelinci. Hare juga memiliki pembeda di bulunya yang ada tanda hitam.

6. Leopard Dan Jaguar

leopard and jaguar

Melihat sekilas mungkin kita mengira bahwa kedua hewan di atas adalah hewan yang sama. Ternyata tidak. Kedua hewan tersebut berbeda, yang satu adalah jaguar dan yang satunya adalah leopard. Lalu bagaimana cara membedakan antara jaguar dan leopard mengingat mereka sama-sama termasuk kucing besar dan memiliki corak hitam di tubuhnya?

Leopard dan jaguar hidup di habitat yang berbeda. Leopard hhidup di Afrika dan Asia, sementara jaguar hidup di Amerika Selatan dan Tengah dan bebebrapa di Barat Daya Amerika Serikat. Corak yang mereka miliki juga berbeda. Jaguar memiliki bintik kecil di dalam setiap cluster. Dari segi fisik, leopard memiliki bentuk yang lebih dan slender ketimbang jaguar. Ekor leopard juga lebih panjang.

5. Lumba-Lumba Dan Porpoises

dolphin and porpoise

Melihat dari gambar, apakah kalian bisa membedakan yang nama lumba-lumba dengan porpoise? Dilihat dari bentuknya, terlihat perbedaan antara kedua binatang air tersebut. Lumba-lumba memiliki moncong yang panjang sementara porpoise memiliki moncong yang pendek. Malah lebih terlihat seperti membulat.

Selain fisik yang berbeda, kedua binatang ini juga berasal dari family yang berbeda. Lumba-lumba berasal dari family Delphinidae, sedangkan porpoise dari family Phocoenidae. Lumba-lumba diketahui memiliki 32 spesies sedangkan porpoise hanya 7 spesies. Bentuk gigi mereka juga berbeda. Lumba-lumba memiliki gigi berbentuk seperti cone sementara porpoise berbentuk sekop.

4. Kadal Dan Salamander

lizard and salamander

Apakah ada yang mengira salamander termasuk dalam reptil karena fisiknya mirip dengan kadal? Jika ada, maka kalian salah. Kedua hewan ini meski bentuknya mirip, keduanya adalah dua hewan yang berbeda. Kadal termasuk dalam reptil, sama seperti ular dan kura-kura. Sedangkan salamander termasuk amfibi seperti katak.

Jika diamati lebih teliti, ada perbedaan antara salamander dengan kadal. Kadal memiliki cakar di bagian kakinya, sedangkan salamander tidak memiliki cakar. Salamander memiliki kulit yang halus, lembab, dan berlendir. Beberapa jenis salamander tidak memiliki paru-paru. Mereka menggunakan kulitnya sebagai pengganti paru-paru.

3. Hedgehog Dan Porcupine

hedgehog and porcupine

Semakin kesini, semakin banyak orang yang memilih hedgehog sebagai hewan peliharaan. Mereka kecil, lucu, dan jinak. Mungkin ada yang membandingkannya dengan landak atau porcupine karena memiliki kemiripan yakni rambut belakang yang berupa duri. Perlu diketahui bahwa hedgehog dan porcupine adalah dua hewan yang berbeda.

Porcupine dibagi menjadi dua grup yaitu porcupine New World dan Old World. Masing-masing memiliki perbedaan di bagian tulang belakang hasil evolusi. Hedgehog memiliki relasi dengan spineless hedgehog dan mereka berdua termasuk dalam kategori mamalia yang disebut gymnures dan moonrats. Porpucipne termasuk dalam golongan Rodentia alias hewan pengerat. Lihat saja gigi depan dari porcupine, mirip seperti hewan pengerat.

Makanan porcupine dan hedgehog juga berbeda. Porcupine termasuk herbivora sedangkan hedgehog termasuk hewan omnivora. Hedgehog bisa ditemukan di beberapa bagian dari Eropa, Afrika, dan Asia. Hedgehog tidak ada di Amerika Utara dan Selatan.

2. Ngengat Dan Kupu-Kupu

moth and butterfly

Sama-sama serangga dan sama-sama memiliki sayap yang indah, orang sering tertukar antara kupu-kupu dengan ngengat. Kedua serangga ini nyatanya berbeda. Orang mengira bahwa kupu-kupu terbang di siang hari, mencari bunga untuk diambil nektarnya. Sementara ngengat terbang di malam, mencari sumber cahaya. Tapi bukan itu perbedaannya.

Baik kupu-kupu dan ngengat termasuk dalam ordo yang sama yaitu Lepidoptera. Di dalam ordo tersebut masih ada banyak lagi grup serangga yang serupa tapi tak sama. Tidak semua ngengat aktif di malam, ada juga yang aktif di siang hari, terbang di sekitar bunga dan menghisap nektar. Perbedaan lain yang membedakan antara kupu-kupu dengan ngengat adalah antena.

Ngengat memiliki antena yang kecil namun berbulu. Antena tersebut meruncing ke suatu titik. Sedangkan kupu-kupu memiliki antena yang membesar di area ujung.

1. Aligator Dan Buaya

crocodile and alligator

Orang sering tertukar antara buaya dan aligator karena penampilan mereka yang mirip. Memang benar bahwa mereka berdua memiliki hubungan, mereka berasal dari ordo yang sama yaitu Crocodilia. Ada banyak pembeda antara buaya dan aligator mulai dari bentuk fisik, habitat, dan toleransi terhadap garam.

Buaya memiliki tingkat toleransi terhadap garam yang baik. Ini dikarenakan mereka memiliki kelenjar yang dapat membantu untuk mengeluarkan garam. Makanya buaya lebih sering ditemukan di habitat perairan asin. Aligator berbeda, mereka tidak memiliki kelenjar tersebut. Ini membuat aligator lebih mudah ditemukan di perairan tawar.

Satu lagi pembeda antara buaya dan aligator adalah bentuk kepala. Buaya memiliki bentuk kepala seperti hufur V. Sementara itu, aligator memiliki bentuk kepala yang berbentuk seperti huruf U.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas