home -> Lainnya -> 10 Bahasa Yang Paling Banyak Digunakan Di Dunia
29 Januari 2022 13:35

10 Bahasa Yang Paling Banyak Digunakan Di Dunia

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada October 26, 2021

Untuk komunikasi diperlukan yang namanya bahasa. Setiap negara tentunya memiliki bahasa yang berbeda-beda satu dengan yang lain. Agar memudahkan terjadinya komunikasi, disepakati harus ada satu bahasa yang dijadikan bahasa utama. Bahasa tersebut adalah bahasa Inggris. Negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya ada sangat banyak. Selain bahasa Inggris, ada juga beberapa bahasa lain yang cukup sering digunakan di beberapa negara di dunia. Apa saja? Berikut daftarnya.

10. Bahasa Portugal

portuguese

Bahasa Portugal diketahui memiliki relasi dengan bahasa Spanyol, Perancis, Italia, dan Romani. Bahasa Portugal memiliki akar di Medieval Galicia yang berada di sebagian Utara Portugal dan Barat Laut Spanyol. Namun hanya sebagian kecil dari penutur asli bahasa Portugal yang benar-benar tinggal di Portugal.

Tahukah kalian bahwa pada awalnya, bahasa Portugal tidak mengenal apa itu huruf k, w, dan y. Sampai akhirnya pada tahun 2009, ketiga huruf tersebut baru dimasukan dalam kamus bahasa Portugal. Beberapa negara menggunakan bahasa Portugal sebagai bahasa utama seperti Guinea-Bissau, Mozambique, Equatorial Guinea, dan Cape Verde.

9. Bahasa Rusia

russian

Bahasa Rusia menjadi bahasa paling banyak digunakan di dunia urutan ke-9. Karena tingkat kesulitannya, bahasa Rusia justru menjadi bahasa yang terkenal. Bahasa Rusia menjadi salah satu bahasa yang cukup sering digunakan di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan menghasilkan beberapa karya sastra terkenal seperti Dostoyevsky, Nabokov, Chekhov, Gogol, Tolstoy, dan Pushkin..

Sedikit fakta unik mengenai bahasa Rusia, kebanyakan teknologi luar angkasa menggunakan alat-alat dari Rusia. Karenanya, bahasa manualnya menggunakan bahasa Rusia. Karena bahasa Rusia yang sulit, maka siapa saja yang mendaftar sebagai astronot terlebih dahulu harus bisa bahasa Rusia. Bahasa Rusia meski rumit, jumlah kata yang mereka miliki tergolong sedikit, hanya 200.000 kata. Tapi, satu kata kadang bisa memiliki lebih dari satu arti.

8. Bahasa Jerman

german

Ketika kalian liburan ke Jerman, jangan kaget apabila kalian sulit menemukan bahasa Inggris di negara tersebut. Setelah keluar dari bandara, kalian akan dihadapkan dengan bahasa Jerman yang rumit. Makanya perlu membawa kamus bahasa Jerman agar bisa traveling dengan aman di Jerman. Mendengar orang Jerman berbicara bahasa Jerman, bagi kita yang tidak paham, mereka seperti berbicara tanpa titik dan koma.

Ada sebanyak 100 juta orang di dunia yang termasuk native speaker bahasa Jerman. Di beberapa negara di Eropa, banyak juga yang berbicara menggunakan bahasa Jerman. Selain di Jerman, negara lain seperti Austria, Liechtenstein, Swiss, dan Luxembourg, menjadikan bahasa Jerman sebagai bahasa utama.

7. Bahasa Bengali

bengali

Bengali, bagi sebagian orang ada yang lebih kenal bahasa ini dengan sebutan Bangla. Ratusan juga orang yang diketahui fasih berbicara dan mengerti bahasa Bengali. Ada dua negara di dunia yang penduduknya sering berbicara bahasa Bengali. Negara tersebut adalah Bangladesh dan India. Dianggap oleh beberapa orang bahwa bahasa Bengali sama indahnya dengan bahasa Perancis.

Orang-orang Barat yang mempelajari bahasa Bengali mengakui bahasa ini cukup sulit untuk dipelajari. Huruf konsonan dan vokalnya sangat berbeda dalam pengucapannya sehingga sulit untuk diucapkan oleh lidah orang Barat. Bahasa Bengali diketahui sudah mengalami perkembangan sejak lebih dari 1300 tahun.

6. Bahasa Arab

arabic

Banyaknya orang yang memeluk agama Islam, sedikit banyak menjadi faktor penentu semakin banyaknya orang yang mengerti dan bisa berbicara bahasa Arab. Bagaimana tidak, untuk bisa mengerti maksud dari Al-Qur'an, seseorang harus bisa belajar bahasa Arab terlebih dahulu. Ini juga yang membuat bahasa Arab cukup banyak penggunanya di dunia.

Uni Emirat Arab terdiri dari beberapa negara yang masing-masing juga menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa utama. Tapi masing-masing negara memiliki dialek yang berbeda-beda sehingga disepakati satu bahasa Arab yang dijadikan bahasa utama. Ini mirip seperti bahasa Mandarin yang memiliki juga memiliki banyak dialek.

5. Bahasa Perancis

french

Tahukah kalian bahwa orang Perancis memiliki rasa kebanggaan yang tinggi terhadap negaranya. Bahkan mereka sangat mencintai bahasa mereka sendiri. Ini yang membuat bahasa Perancis tetap menjadi bahasa utama di negeri tersebut. Mereka tidak mau menggunakan bahasa Inggris meskipun bahasa Inggris sangat banyak digunakan di beberapa negara lain sebagai bahasa utama.

Selain di Perancis, kalian juga bisa menemukan sejumlah orang berbicara menggunakan bahasa Perancis ketika berkunjung ke negara seperti Kanada, Belgia, dan Swiss. Bahasa Perancis mendapatkan pengaruh dari bahasa Celtic dan Jerman. Ini juga yang membuat bahasa Perancis cukup sulit untuk dipelajari.

4. Bahasa Hindi

hindi

Orang-orang di India berkomunikasi menggunakan bahasa yang dinamakan bahasa Hindi. Di dunia, bahasa ini menjadi bahasa ketiga dengan pengguna terbanyak setelah bahasa Inggris dan Mandarin. Dikatakan bahwa bahasa Hindi ada kemiripan dengan bahasa Urdu. Bahasa lain yang termasuk dalam keluarga bahasa Hindi seperti Indo-Ayran.

Jika kalian pernah mendengar kata guru, jungle, karma, yoga, bungalow, cheetah, dan avatar, itu adalah beberapa kata yang merupakan serapan dari bahasa Hindi. Negara seperti Nepal, Fiji, Mauritius, dan Guyana diketahui menggunakan bahasa Hindi sebagai bahasa utama. Barulah bahasa keduanya menggunakan bahasa Inggris.

3. Bahasa Spanyol

spanish

Bukan cuma negaranya yang menarik, bahasa Spanyol ternyata juga menarik untuk disimak. Bahasa Spanyol menjadi salah satu bahasa yang cukup sering digunakan oleh banyak orang. Bukan cuma digunakan oleh orang Spanyol, bahasa ini juga digunakan di mayoritas negara yang ada di Selatan dan Tengah Amerika.

Sebanyak 22 negara yang diketahui mengguankan bahasa Spanyol sebagai bahasa utama dalam berkomunikasi dan juga menjadi salah satu bahasa yang banyak dipelajari di dunia. Diyakini oleh banyak orang bahwa apabila bahasa Spanyol terus berkembang seperti ini, bahasa ini bisa menjadi bahasa yang bisa menyaingi bahasa Mandarin dan Inggris.

2. Bahasa Mandarin

mandarin

Termasuk bahasa yang cukup sulit untuk dipelajari, ternyata ada banyak orang yang menggunakan bahasa Mandarin sebagai bahasa setiap hari. Bahasa Mandarin adalah bahasa utama dari Cina, Taiwan, dan Singapura. Di Indonesia sendiri, bahasa Mandarin menjadi bahasa kedua setelah Inggris yang sering digunakan. Bahkan bahasa Mandarin sudah masuk dalam daftar pelajaran di sejumlah sekolah.

Ada alasan kenapa bahasa Mandarin sulit untuk dipelajari. Selain ada banyak karakter atau aksara Mandarin yang harus dihafal, pengucapan serta nada yang salah bisa membuat pesan yang ingin disampaikan jadi salah. Ada ribuan karakter Mandarin yang harus dihafal untuk bisa mengerti tulisan Mandarin. Setelah itu barulah belajar cara pengucapan yang benar beserta nadanya.

1. Bahasa Inggris

english

Sudah pasti semua orang tahu bahwa bahasa yang paling sering sering digunakan hampir di seluruh negara adalah bahasa Inggris. Bahasa yang ditetapkan sebagai bahasa internasional ini bahkan sudah diajarkan sejak dini yakni di Taman Kanak-Kanak. Tentu masing-masing negara memiliki aksen yang berbeda dengan yang lainnya.

Ratusan juga orang diketahui menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari. Hanya di beberapa negara saja yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Namun yang selain itu menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Bahasa Inggris juga digunakan sebagai salah satu patokan seseorang ketika bekerja. Jika fasih dalam berbicara bahasa Inggris biasanya akan menjadi nilai tambah.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas