home -> Lifestyle -> 10 Hobi Yang Bisa Mendatangkan Uang
23 Januari 2022 04:39

10 Hobi Yang Bisa Mendatangkan Uang

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada October 25, 2021

Ketika bosan, kebanyakan orang akan melakukan hal yang mereka sukai atau hobi. Ada yang hobi olahraga, melukis, belanja, makan, dan lain sebagainya. Nah, dari sekian banyak hobi tersebut, ada banyak hobi yang ternyata bisa dijadikan pekerjaan. Mau dijadikan pekerjaan tetap atau sampingan, hobi-hobi tersebut berpeluang untuk mendatangkan uang bagi kita. Tentu sangat menyenangkan bukan, bisa melakukan hal yang disuka dan dibayar karenanya. Inilah dia sejumlah hobi yang bisa mendatangkan uang.

10. Traveling

traveling

Adakah di antara kalian yang hobinya jalan-jalan atau traveling? Traveling bisa dilakukan bukan cuma ke luar negeri saja, bisa juga traveling di dalam negeri. Siapa tahu saja ada tempat-tempat wisata menarik yang belum terkenal. Hobi traveling ini ternyata bisa juga dijadikan sebagai pekerjaan yang mendatangkan uang untuk pelaku hobi tersebut.

Traveling pastinya kita akan mengabadikan tiap momen menarik dengan foto dan juga video. Kalian bisa mengupload foto dan video tersebut di blog, website, atau sosial media kalian. Kalian bisa ceritakan mengenai tempat wisata yang kalian kunjungi. Mulai dari lokasinya, waktu tepat untuk jalan-jalan, biaya, serta makanan khas dari daerah yang kalian kunjungi.

9. Makan

food reviewer

Makan adalah salah satu kegiatan penting yang dilakukan oleh manusia. Tanpa makan, kita bisa kelaparan lalu mati. Namun, sekarang ini makan tidak hanya dijadikan kebutuhan utama melainkan hobi. Ketika bosan, jalan ke suatu tempat lalu berburu makanan yang sekiranya menarik untuk dicoba. Rasa bosan hilang, perut juga jadi kenyang.

Daripada hanya sekedar makan dan pergi begitu saja, cobalah sesekali mengupload foto makanan tersebut atau bahkan mengvideokan perjalanan kalian ketika berburu makanan tersebut. Kalian bisa menjadikan hobi makan ini menjadi suatu pekerjaan. Pekerjaan yang dimaksud adalah food reviewer. Selain kalian bisa makan makanan enak, kalian juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

8. Bermain Video Game

video game

Hampir semua orang hobi bermain video game. Jika dulu bermain video game hanya bisa dilakukan di rumah, kini main video game bisa dilakukan di mana saja. Ini dikarenakan sudah banyak gadget yang diciptakan untuk bermain video game secara mobile. Bahkan smartphone kita juga bisa digunakan untuk bermain game.

Hobi bermain game juga menjadi salah satu cara untuk mendapatkan uang. Kalian kenal dengan sosok Pewdiepie? Dia adalah seorang YouTuber yang hobi bermain video game dan menguploadnya ke YouTube. Kalian bisa juga menjadi seperti Pewdiepie bila kalian melakukannya dengan serius dan tekun. Tidak harus mengupload ke YouTube, sekarang ini sudah ada banyak platform yang bisa menjadi wadah kalian melakukan streaming game.

7. Musik

playing music

Siapa yang tak suka dengan musik? Jika hati sedang dalam keadaan sedih atau marah, mendengarkan musik bisa menjadi salah satu opsi untuk menghilangkan bad mood. Bisa saja kita meluangkan waktu ke tempat karaoke untuk bernyanyi menyanyikan lagu yang kita suka. Atau bahkan untuk mereka yang memiliki kemampuan memainkan alat musik bisa tempat studio menyewanya dalam jangka waktu tertentu dan memainkan alat musik yang kalian bisa mainkan.

Karena sekarang ini hampir semua orang punya yang namanya sosial media, kalian yang punya hobi menyanyi atau memainkan alat musik bisa coba mengupload saat kalian bernyanyi atau bermain alat musik. Jika malu melakukan sendiri, coba lakukan bersama dengan teman-teman. Apabila sukses, bisa saja mendapatkan uang dan popularitas dari musik.

6. Mekanik

mechanic

Otomotif sekarang bukan cuma jadi milik pria saja. Ada banyak juga wanita yang hobi di bidang otomotif. Karena menyebut otomotif, berarti bisa saja hobi motor, mobil, atau keduanya. Kesukaan di bidang otomotif ini tidak menutup kemungkinan membuat seseorang suka dengan bongkar pasang atau memodifikasi kendaraan yang dimiliki.

Kalian bisa saja memanfaatkan kemampuan kalian dalam bongkar pasang atau modifikasi ini menjadi sesuatu yang mendatangkan uang. Kalian bisa menjadi seorang mekanik atau bahkan membuka usaha bengkel atau toko sendiri. Tentu dengan melakukan hobi yang disuka dan dijadikan pekerjaan, melakukannya setiap hari tentu tidak akan mudah bosan.

5. Video Editor

video editor

Di balik sebuah video pastinya ada seseorang yang dinamakan video editor. Tugas video editor adalah melakukan editing terhadap suatu video, bisa menambahkan suatu efek, mengurangi kecerahan, atau meningkatkan warna. Intinya, di momen inilah dilakukan berbagai macam usaha untuk membuat video tersebut menjadi bagus sebelum diupload ke suatu platform.

Kalian yang memiliki kemampuan di bidang editing video atau bahkan hobi melakukan editing video, bisa menjadikan ini sebagai pekerjaan yang mendatangkan uang. Seorang video editor yang berpengalaman bisa mendapatkan bayaran yang besar dari client yang menyewa jasanya. Dengan semakin bertambah banyak orang yang melakukan vlog, tentu akan membutuhkan yang namanya video editor. Dan kalian bisa menawarkan jasa dan bayaran yang kalian mau pada mereka yang memerlukan jasa video editor.

4. Fitness

fitness

Semakin ke sini muncul berbagai macam penyakit yang siap menyerang siapa saja. Mereka yang tidak dalam kondisi sehat, bisa saja terkena penyakit. Sekali sudah sakit, butuh uang dan waktu untuk kembali ke kondisi sehat. Untuk mencegah hal tersebut terjadi adalah dengan melakukan olahraga. Dan salah satu olahraga yang bisa dilakukan adalah ngegym.

Ada banyak orang yang sekarang ini hobi ngegym atau fitness. Tidak hanya sehat, tubuh juga bisa menjadi lebih ideal dengan angkat beban di gym. Tapi angkat beban tidak bisa asal-asalan. Butuh yang namanya teknik agar tidak salah dan cidera. Di sinilah butuh yang namanya instruktur fitness. Kalian yang sudah hobi gym dalam jangka waktu yang lama tentunya memiliki pengetahuan yang banyak. Manfaatkan pengetahuan tersebut dan coba melamar jadi fitness instructor.

3. Memasak

cooking

Satu hal lagi yang memiliki kaitan dengan makan yakni masak. Jika makan makanan di luar rumah secara terus menerus termasuk boros, masak makanan sendiri di rumah bisa menjadi solusi. Memasak sendiri di rumah selain lebih bersih dan sehat, kita juga bisa melakukan eksperimen terhadap makanan apa yang ingin dibuat.

Bagi sebagian orang ada yang menjadikan memasak ini sebagai hobi. Jika kalian termasuk orang yang hobi memasak dan bereksperimen dengan makanan, bisa membagikan resep kalian di video atau dalam bentuk tulisan. Dengan melakukan hal demikian, kalian bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari hobi memasak kalian.

2. Menulis

writing

Ada banyak orang yang memiliki hobi menulis ternyata bisa menjadi sukses. Di era sekarang di mana teknologi sudah maju, orang bisa menulis sesuatu di sosial media, blog, atau bahkan website. Hobi menulis bisa dipelajari secara otodidak. Bisa dari banyak belajar dan membaca artikel yang ada di internet bisa membuat orang paham bagaimana caranya menulis dengan baik dan benar.

Bagi kalian yang ingin mencari uang tambahan dan memang memiliki hobi menulis, bisa saja menjadikan ini sebagai solusi untuk mendapatkan uang tambahan. Sering-sering mengupload tulisan kalian ke website, blog, atau sosial media dan dapatkan perhatian dari netizen. Jika satu tulisan belum berhasil, coba lagi dan lagi sampai kalian mendapatkan apa yang kalian incar seperti kemampuan menulis dan berbahasa yang semakin baik, penggemar, dan pekerjaan.

1. Fotografi

photography

Satu lagi hobi yang bisa mendatangkan uang yakni fotografi. Fotografi tidak mengharuskan seseorang harus menggunakan kamera terbaru, lensa lengkap, dan harga yang mahal. Sebagai permulaan bisa dimulai dengan alat sederhana yakni handphone. Handphone zaman sekarang sudah dilengkapi dengan fitur canggih seperti kamera digital.

Kita bisa belajar mengambil foto dengan menggunakan kamera handphone. Objek bisa apa saja yang ada di sekitar kita. Dari sering latihan pastinya kita semakin paham mengenai fotografi. Dengan memanfaatkan sosial media seperti Instagram, Pinterest, dan lain sebagainya, kita bisa mengupload hasil jepretan kita dan mengambil keuntungan dari sana.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas