home -> Lainnya -> 10 Hama Rumah Dan Cara Mengusirnya
29 Januari 2022 14:17

10 Hama Rumah Dan Cara Mengusirnya

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada October 22, 2021

Hama adalah sebutan untuk hewan atau binatang yang kehadirannya membawa dampak negatif pada manusia. Kehadiran hama ini jelas akan sangat mengganggu apalagi jika sampai masuk ke dalam rumah kita. Di saat kita ingin istirahat tenang di rumah malah diganggu oleh hama ini. Sejumlah kerusakan pasti terjadi ketika hama mulai menyerang. Semakin dibiarkan, maka akan semakin bertambah kacau dan rusak perabotan yang ada di rumah. Tak menutup kemungkinan kesehatan penghuni rumah juga bisa terganggu. Agar hidup di rumah bisa tenang, sehat, dan tak ada kerusakan, berikut ini sejumlah hama yang sering muncul di rumah dan cara mengusirnya.

10. Silverfish

Silverfish

Mulai dari hewan silverfish. Di Indonesia, hewan ini lebih dikenal dengan nama gegat. Kalian yang hobi membaca buku lebih baik berhati-hati dengan hewan satu ini. Gegat diketahui sangat menyukai kertas. Karena menu makanan utamanya adalah kertas, gegat sering juga disebut dengan kutu buku. Semakin banyak buku atau kertas, maka besar kemungkinan hewan satu ini akan muncul.

Gegat termasuk dalam serangga yang tak bersayap. Selain kertas, gegat akan mencari makanan yang mengandung karbohidrat dan amilum. Untuk mengusir gegat bisa dengan cara sederhana yakni menggunakan koran bekas. Gulung koran menggunakan karet di kedua ujung dan basahi dengan air. Kondisi lembab sangat disukai oleh gegat. Letakkan gegat di tempat yang gelap dan lembap.

Di pagi hari akan terlihat gegat yang ada di koran tersebut. Buang koran tersebut ke tempat sampah. Lakukan secara rutin hingga tak menemukan gegat di rumah.

9. Tawon

wasps

Kalau kalian menemukan lebah di rumah, cukup kalian usir tanpa harus membunuhna. Lebah masih bisa dimafaatkan karena dapat menghasilkan madu. Tapi jika itu adalah tawon, maka wajib kalian menyingkirkan atau bahkan membunuhnya. Tawon memiliki sengatan yang menyakitkan dan bisa menyengat berkali-kali. Tingkat berbahaya sengatannya ini tergantung dari tingkat alergi seseorang. Seseorang yang memiliki masalah alergi bila mendapat sengatan dari tawon bisa berbahaya.

Jika disengat lebah, maka kalian bisa mencabut sengat tawon tersebut dengan hati-hati. Cuci hingga bersih lalu kompres dengan air dingin. Untuk mengusirnya, kita cukup menggunakan yang namanya cuka. Cukup campurkan satu sendok makan cuka ke 1/4 air lalu masukkan ke botol penyemprot. Semprotkan air campuran cuka tersebut ke sarang tawon untuk mengusir mereka dari rumah.

8. Laba-Laba

spiders

Laba-laba, hewan berkaki delapan ini meski terlihat kecil namun sangatlah menakutkan. Bahkan beberapa orang ada yang fobia dengan hewan ini. Jelas keberadaan laba-laba di rumah akan sangat mengganggu. Mereka bisa bersembunyi di tempat gelap dan sempit lalu membuat sarang yang bisa mengotori rumah.

Cara mengusir laba-laba bisa dengan menggunakan bahan alami seperti menanam kayu putih, menyebarkan cinnamon di rumah, menggosok area yang sering ditemukan laba-laba dengan kulit lemon, dan menyemprotkan cuka. Laba-laba diketahui sangat membenci aroma yang dikeluarkan dari benda-benda tersebut.

7. Rayap

termites

Begitu senangnya kita jika bisa membeli furniture baru di rumah. Kebanyakan furniture terbuat dari kayu pilihan, semakin mahal berarti kualitas kayu dari furniture tersebut juga semakin bagus. Tahukah kalian apa musuh besar dari furniture dan perabot rumah lain yang terbuat dari kayu? Musuh besar itu adalah rayap.

Rayap adalah hewan yang bisa merusak perabotan kesayangan kalian yang terbuat dari kayu. Mereka dalam sekejap bisa membuat kayu menjadi rusak karena habis mereka makan. Agar perabotan kayu kalian aman, gunakan kabur barus dan letakkan di sekitar perabotan kayu kalian. Atau bisa juga membuat jebakan kardus. Basahi kardus dan letakkan di tempat yang dianggap banyak rayap.

Rayap akan datang ke kardus tersebut dan kalian bisa buang rayap tersebut ke tempat sampah atau membunuhnya dengan menyiramnya dengan air sabun.

6. Semut

ants

Ukuran mereka kecil, tapi jika sampai digigit maka bisa menyebabkan rasa gatal dan sakit di sekitar area gigitannya. Semut merah yang biasanya sering ditemukan dan memiliki gigitan yang lebih menyakitkan daripada semut hitam. Tapi bisa dikatakan bahwa keberadaan semut merah atau hitam sama-sama mengganggu kenyamanan.

Memang sekarang sudah banyak semprotan pembasmi serangga yang efektif mengusir hama ini, tapi tentunya tidak menyehatkan untuk kita manusia kalau menghirupnya. Cara lain yang lebih aman dan efektif adalah menaburkan bubuk merica di tempat yang sering didatangi semut. Bisa juga mencampurkan bubuk merica dengan air panas lalu menyemprotnya ke arah semut atau sarangnya.

5. Kecoak

cockroach

Kita semua pasti setuju bahwa kecoak adalah hewan sangat menyebalkan. Mereka bisa bertambah menyebalkan sekaligus menyeramkan ketika mereka membuka sayapnya dan mulai terbang. Meski dikatakan bahwa kecoak terbang ke arah yang tak tentu, tapi entah kenapa mereka seringnya terbang ke arah kita.

Kecoak bisa menjadi tanda bahwa rumah kita tidak dalam keadaan bersih. Untuk mengusir kecoak, yang utama yang harus dilakukan adalah sudah jelas membersihkan rumah dari sampah. Cara lain adalah dengan menggunakan soda kue. Campurkan soda kue ke makanan manis dan taruh di tempat yang sering kecoak lewati. Kecoak yang makan makanan manis yang sudah dicampur soda kue pasti akan mati.

4. Kutu Kasur

bed bug

Pernahkah kalian merasa gatal di bagian tubuh kalian setelah tidur? Gatal tersebut disertai dengan ruam atau bengkak merah dan jumlahnya tidak hanya satu tapi beberapa di bagian tubuh. Jika iya, bisa jadi bahwa kalian sudah digigit oleh binatang yang disebut tungau atau kutu kasur. Kutu kasur hidup dengan menghisap darah dari manusia ketika tidur.

Tentu tidak mengenakan apabila setiap bangun tidur kita harus mengalami gatal-gatal. Makanya kita harus rajin membersihkan tempat tidur kita agar tidak diganggu oleh kutu kasur. Bisa menggunakan alat penghisap debu untuk menyingkirkan kutu kasur. Kalau kutu kasurnya ada banyak, kalian bisa menjemur kasur serta bantal di bawah terik matahari.

3. Nyamuk

mosquito

Selain kutu kasur, masih ada lagi hewan yang juga suka menghisap darah manusia. Hewan itu adalah nyamuk. Nyamuk ini merupakan serangga yang sangat mengganggu. Tidak ada manfaat yang diberikan oleh mereka selain penyakit. Demam berdarah dan malaria adalah 2 penyakit berbahaya yang disebabkan oleh nyamuk.

Untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah, kalian bisa menggunakan kawat serangga yang dipasang di jendela atau celah rumah. Agar lebih aman lagi, kalian bisa menggunakan bawang putih, kulit jeruk, lavender, dan cinnamon. Aroma dari bahan-bahan tersebut sangat efektif untuk mengusir nyamuk yang ada di rumah.

2. Lalat

flies

Ada satu lagi serangga yang tidak membawa hal positif apapun di kehidupan manusia selain penyakit. Serangga itu adalah lalat. Lalat biasa hinggap di tempat-tempat kotor dan terbang kesana-kemari sampai hinggap ke makanan atau minuman. Mereka menjadi penyebab seseorang mengalami gangguan pencernaan akibat menyebarkan bakteri kotor.

Memang bisa mengusir lalat dengan menggunakan obat pembasmi serangga, tapi sebelum itu lebih baik kita menggunakan bahan alami yang lebih aman untuk kesehatan kita. Ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk mengusir serangga seperti cuka, garam, merica, dan kulit jeruk. Lalat membenci aroma dari kulit jeruk. Sedangkan cuka, garam, dan merica yang dicampur air dan disemprotkan ke lalat, efektif untuk membunuh serangga ini.

1. Tikus

rats

Ada banyak penyakit yang datang dari tikus seperti pes, leptospirosis, rat bite fever (RBF), Lymphocytic chorio-meningitis (LCM), dan Hemorrhagic fever with renal syndrome (HFRS). Belum lagi hewan pengerat ini juga bisa merusak perabot rumah tangga kita dengan menggigitnya dan menciptakan lubang. Makanan sisa dan sampah yang tidak dibersihkan sangat bisa memancing kehadiran hewan pengerat ini.

Ada 2 hewan yang merupakan musuh alami dari tikus yakni ular dan kucing. Dua hewan ini bisa membuat tikus jauh-jauh dari rumah. Tapi jika ingin menggunakan cara lain, kalian bisa menggunakan perangkat tikus dan lem tikus. Bisa juga gunakan lada dan minyak peppermint karena aroma menyengatnya sangat dibenci tikus.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas