home -> Entertainment -> 10 Aktor Dan Aktris Legendaris Cina
29 Januari 2022 14:59

10 Aktor Dan Aktris Legendaris Cina

Oleh serba_tahu dalam Entertainment pada October 15, 2021

Pada zaman dulu, industri perfilman Hong Kong sangat terkenal. Ada begitu banyak film yang diproduksi dan dijual hingga ke internasional. Kebanyakan film tersebut bergenre action dan juga romance. Mereka yang lahir dan besar di era 80 sampai 90an pastinya ada beberapa kali menonton tayangan tersebut. Berbicara film pastinya tidak lepas dari aktor dan aktris yang bermain di film tersebut. Beberapa di antara mereka sekarang sudah masuk usia tua, beberapa di antara mereka ada yang masih berkarya di industri film. ada juga yang sudah tidak, dan ada juga yang sudah meninggal dunia. Untuk mengingat mereka, berikut ini sejumlah aktor dan aktris legendaris Hong Kong pada masa itu.

10. Chow Yun-Fat

Chow Yun-Fat

Mengawali daftar aktor dan aktris legendaris Cina pada zaman dulu dengan nama Chow Yun-Far. Aktor satu ini begitu ikonik dengan gaya rambutnya yang disisir ke belakang. Ia lahir di Lamma Island, Hong Kong pada 18 Mei 1955. Sudah jelas ia bukan lagi aktor yang muda. Usianya yang sudah 66 tahun ini, semakin sedikit ia muncul di layar kaca.

Meski jarang sekali ia bermain film, kita masih bisa mencari film-film lamanya di internet. Chow Yun-Fat terkenal bermain di film laga. Jika kalian ingat God of Gambler, Chow Yun-Fat bermain dalam film tersebut sebagai Dewa Judi. Aktingnya yang pada masa itu sangat bisa membuat orang terpukau dan membayangkan diri sendiri sebagai seseorang yang jago judi seperti Dewa Judi.

9. Michelle Yeoh

Michelle Yeoh

Tak hanya aktor, ada juga aktris Cina yang legendaris seperti Michelle Yeoh. Terkenal pada masanya, Michelle Yeoh ini ternyata punya cerita yang unik. Lahir di Ipoh, Malaysia, memiliki warga negara Malaysia, tapi berkarir sebagai aktris di Hong Kong. Sudah banyak film yang ia mainkan dan kebanyakan bergenre action.

Sebut saja beberapa film yang pernah ia terlibat seperti Crouching Tiger, Hidden Dragon, Memoirs of A Geisha, Police Story, bahkan pernah juga terlibat adu akting dengan Pierce Brosnan di film James Bond berjudul Tomorrow Never Dies. Meski sudah berumur, ia tetap aktif bermain di dunia film. Belum lama ini ia terlibat dengan film superhero Marvel berjudul Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings.

8. Maggie Cheung

Maggie Cheung

Maggie Cheung menjadi salah satu aktris senior di industri perfilman Hong Kong. Aktris yang lahir di tahun 1964 ini mengawali karirnya justru bukan sebagai artis, melainkan model. Ia keluar menjadi juara 2 dalam ajang Miss Hong Kong Pageant di tahun 1983. Ini yang menjadi modal awalnya untuk terjun dalam dunia film.

Maggie Cheung meraih sukses besar sebagai aktris di era 80an sampai 2000. Ia masih bermain film sampai tahun 2004 dalam film berjudul Clean. Sisanya, ia masih bermain film tapi dengan karakter kecil atau sebagai cameo. Di eranya, ia pernah berakting bersama dengan aktor terkenal lain seperti Jackie Chan, Leslie Cheung, Andy Lau, Carina Lau, dan Leon Lai.

7. Anita Mui

anita mui

Membahas aktris Cina yang sudah jadi legenda, tentu saja harus menyebut nama Anita Mui. Seorang wanita yang multi talenta bisa dibilang, tak hanya jago dalam berakting, ia juga memiliki suara yang indah. Berkontribusi di dunia film dan juga musik, Anita Mui dianggap sebagai sosok penting di dunia musik Cantopop. Atas karyanya tersebut, ia mendapatkan banyak penghargaan.

Di dunia film, Anita Mui sudah banyak bermain film dan bekerja sama dengan banyak aktor terkenal. Mungkin yang paling dikenal oleh kita yang pernah dihibur oleh lagu dan filmnya adalah Andy Lau. Ia diberitakan sangat menyukai sosok Andy Lau namun cintanya tak terbalas hingga akhirnya ia meninggal dunia. Anita Mui meninggal dunia pada 30 December 2003 karena kanker serviks.

6. Tony Leung

Tony Leung

Di film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, Michelle Yeoh bukan cuma aktris Cina satu-satunya yang bermain dalam film tersebut. Ada satu lagi sosok legendaris yakni Tony Leung. Tony Leung dianggap sebagai salah satu aktor berdarah Asia yang sukses tidak hanya di Hong Kong tapi juga sampai internasional.

 Aktor berusia 59 tahun ini memiliki penampilan yang sanagt memukau ketika ia bermain dengan Chow Yun-Fat yang juga aktor legendaris Hong Kong di film Hard Boiled. Sudah puluhan judul film yang sudah ia mainkan dari tahun 90an, ia sekarang diketahui masih aktif berakting. Dengan tampilnya di film garapan Marvel, Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings ini, diharapkan ia bisa tampil di film Hollywood lain.

5. Jackie Chan

jackie chan

Jika kebanyakan aktor laga berakting dengan gayanya yang keren, Jackie Chan memiliki konsep lain yang ia usung. Tidak ingin terlihat keren, ia justru berakting sebaliknya. Ia tetap mempertunjukkan keahlian beladiri namun ditambah dengan komedi. Ini salah satu yang membuat dirinya terkenal bukan cuma di Hong Kong tapi sampai ke Hollywood.

Hal lain yang membuatnya menarik adalah, ia termasuk dalam salah satu aktor gila yang memilih untuk melakukan adegan berbahaya sendiri tanpa bantuan stuntman. Meski sudah mengatakan bahwa ia tak akan melakukan adegan berbahaya lagi, ia hingga kini masih tetap bermain film. Masih ada banyak rencana film yang ia siapkan untuk tayang hingga beberapa tahun ke depan.

4. Ng Man-tat

Ng Man-tat

Tahun 2021 bisa dibilang sebagai tahun yang berat. Tak hanya pandemi yang belum usai, ada banyak tokoh terkenal yang meninggal dunia. Bukan cuma meninggal karena pandemi ini, tapi juga karena faktor kesehatan. Seperti yang terjadi dengan Ng Man-Tat. Aktor asal Cina ini meninggal dunia pada 27 Februari 2021 di usia 69 tahun.

Ng Man-Tat juga termasuk aktor yang legendaris. Selain sering bermain film dengan Stephen Chow, dialah karakter Paman lucu yang sering bermain dengan Hao Shaowen dan Shi Xiaolong dalam film Shaolin Popey. Meninggalnya Ng Man-Tat memunculkan duka yang mendalam bagi industri film Hong Kong. Banyak artis terkenal dan sahabatnya datang ke rumah duka untuk melakukan bela sungkawa, termasuk Stephen Chow yang dikenal sebagai sahabat dekat Ng Man-Tat.

3. Stephen Chow

stephen chow

Berkali-kali namanya disebut ketika membahas almarhum Ng Man-Tat, inilah dia Stephen Chow. Sahabat dari Ng Man-Tat ini bukan cuma sekedar aktor biasa, tapi juga sekaligus sutradara dan produser film. Seperti kebanyakan aktor Hong Kong, Stephen Chow juga cukup sering bermain dalam film laga atau action.

Stephen Chow ini juga ada kemiripan dengan Jackie Chan, tak hanya selalu soal beladiri dan action, Stephen Chow menyelipkan juga komedi di setiap filmnya. Ini yang membuat penonton tak bosan ketika menonton film yang ada Stephen Chow atau film-film yang ia sutradarai. Kung fu Hustle, Shaolin Soccer, CJ7, Fight Back To School, Royal Trump, adalah beberapa film action-comedy yang ada Stephen Chow.

2. Andy Lau

andy lau

Andy Lau Tak-Wah, aktor, penyanyi, penulis lagu, sekaligus produser film. Benar-benar pria yang bisa apa saja. Dia menjadi salah satu aktor Hong Kong di era 80an. Coba bayangkan saja, ia sudah berperan dalam lebih dari 160 film dan mampu menyeimbangkan karir di dunia film dengan karirnya sebagai penyanyi.

Bermain dalam film dengan genre romance, action, bisa ia lakoni dengan baik. Memang benar bahwa semakin tua seorang aktor, maka pengalamannya juga sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Usianya kini sudah 60 tahun tapi masih terbilang aktif bermain film. Sudah memiliki keluarga yang harmonis dengan hampir tak ada gosip miring yang menimpa ia dan keluarganya.

1. Bruce Lee

bruce lee

Tidak lengkap rasanya bila tidak menyebut nama Bruce Lee dalam daftar aktor dan aktris Cina legendaris. Pemilik nama asli Lee Jun-Fan, adalah seorang aktor, ahli beladiri, sutradara, instuktur beladiri, dan philosopher. Satu-satunya hal yang disayangkan adalah, Bruce Lee meninggal terlalu cepat di usia 33 tahun.

Bisa dikatakan bahwa Bruce Lee yang memperkenalkan kung fu Cina pada dunia. Beberapa aktor yang pernah terlibat bermain film dengannya seperti Jackie Chan, Yen Biao, dan Sammo Hung mendapatkan influence dari sosok Bruce Lee. Meski sudah tiada, film-film Bruce Lee tetap dicari dan ditonton oleh banyak orang di era modern ini.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Entertainment
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  3. 3
    oleh raza dalam Entertainment
  4. 4
    oleh raza dalam Entertainment
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  6. 6
    oleh raza dalam Entertainment
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  9. 9
    oleh admin dalam Entertainment
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  1. 1
    oleh raza dalam Entertainment
  2. 2
    oleh raza dalam Entertainment
  3. 3
    oleh admin dalam Entertainment
  4. 4
    oleh raza dalam Entertainment
  5. 5
    oleh admin dalam Entertainment
  6. 6
    oleh raza dalam Entertainment
  7. 7
    oleh admin dalam Entertainment
  8. 8
    oleh admin dalam Entertainment
  9. 9
    oleh admin dalam Entertainment
  10. 10
    oleh raza dalam Entertainment
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas