home -> Lainnya -> Bagaimana Memilih Karir yang Benar-Benar Cocok unt...
24 November 2017 23:53

Bagaimana Memilih Karir yang Benar-Benar Cocok untuk Anda

Oleh admin dalam Lainnya pada September 13, 2013

Terkadang menentukan karir kita sangatlah membingungkan, apakah kita akan buka usaha sendiri atau bekerja dengan orang lain? apakah pekerjaan yang kita lakukan cocok untuk kita? Kita berpikir kita telah mengambil keputusan yang benar tetapi ternyata kita merasa ada yang kurang di pekerjaan tersebut. Berikut tips dan cara bagaimana memilih karir yang benar-benar cocok untuk Anda.

Memilih karir yang benar itu memang tidak mudah

Career Decision

Kebanyakan masalah terkait pekerjaan atau karir kita sering terjadi karena kesalahan dalam mengambil karir yang akan ditekuni. Terlebih bagi orang-orang yang baru saja akan mulai memasuki dunia kerja.

Bahkan, faktanya adalah pada awalnya hanya 5% orang yang berhasil memilih karir yang tepat untuk mereka. Orang-orang ini disebut adalah "fast starter", uniknya adalah orang-orang ini tidak lebih kreatif, semangat, inovatif dibandingkan yang lainnya, tapi untungnya adalah karena hal inilah mereka dapat menentukan karir mereka dengan cepat karena generalitas ini.

Beberapa lainnya sudah bekerja tetapi mereka merasa ada kekurangan dalam pekerjaan yang mereka lakukan. Kita tentunya ingin mengambil keputusan yang tepat terkait kehidupan kita sendiri, jadi berikut ini adalah penuntun untuk Anda dalam menentukan apakah Anda sudah benar-benar memilih jalur karir yang tepat, baik bagi Anda yang baru mulai mau masuk dunia kerja ataupun bagi Anda yang sudah memiliki 5 karir sebelumnya.

Jangan percaya tanpa adanya bukti jelas

Jangan langsung percaya apapun yang Anda pikirkan

Kita sering sekali melihat pekerjaan-pekerjaan lain yang sepertinya sangat mudah dan enak, namun jangan percaya tanpa adanya bukti jelas. Sebagai contoh adalah Anda mungkin melihat menjadi seorang owner (bos) sangatlah enak, tapi yang Anda tidak tahu adalah jalan menuju keberhasilan mereka penuh dengan halangan. Faktanya hanya 25% perusahaan start-up yang benar-benar masih bertahan pada tahun pertamanya terlebih untuk sektor Teknologi Informasi (IT).

Yang Anda harus tahu adalah di dunia ini tidak ada yang namanya pekerjaan mudah dan enak, setiap pekerjaan selalu memiliki pro dan kontranya tersendiri. Jangan percaya sebelum Anda benar-benar telah mengerjakan tugas Anda untuk meneliti lebih lanjut mengenai karir terkait.

Pilih gaya hidup, jangan jabatan pekerjaan

Lifestyle

Lihatlah kehidupan yang dimiliki orang lain dan tanyakan kehidupan seperti siapa yang Anda inginkan. Mungkin terdengar sangat mudah, tapi mari kita lihat lebih dalam. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, untuk menentukan karir yang benar-benar cocok untuk Anda, Anda harus melakukan penelitian terlebih dahulu terkait kehidupan seperti apa yang dialami oleh orang-orang yang sukses di karir tersebut.

Sebagai contoh, untuk menjadi founder dari sebuah perusahaan start-up sangatlah tidak mudah, bahkan sebenarnya sangat buruk. Keuangan Anda akan benar-benar buruk, Anda tidak akan punya waktu untuk hal-hal lain di kehidupan Anda, terlebih lagi perusahaan Anda beresiko menghadapi kegagalan. Yang kita bicarakan founder di sini adalah benar-benar "founder" yaitu mereka yang benar-benar bekerja untuk membangun perusahaan tersebut tanpa terikat dengan pekerjaan lain.

Ketahuilah jika Anda sudah salah

Know When You're Wrong

Walaupun terkadang dianggap ide yang tidak baik, mencoba berbagai macam pekerjaan adalah ide yang bagus. Hal itu menunjukkan bahwa Anda sedang mencoba mengetahui apa yang benar-benar cocok untuk Anda. Tapi sulitnya adalah mengetahui kapan Anda harus berhenti dari posisi Anda.

Poin paling penting adalah ketahui jika Anda sudah salah memilih karir, contoh paling sederhana adalah pada saat kuliah. Kita tahu dengan title pendidikan yang maka seseorang akan memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk mendapatkan gaji yang lebih baik. Tapi apakah itu benar-benar karir yang cocok Anda? Anda mungkin melihat orang-orang yang berhenti kuliah karena dikatakan "tidak dapat menghadapi tekanan kuliah," pada kenyataannya orang-orang ini mungkin telah sadar bahwa kuliah tidak sesuai dengan karir yang mereka benar-benar inginkan. Dan mungkin saja dengan berhentinya dari kuliah mereka dapat menjadi lebih besar daripada yang mereka bayangkan sebelumnya bahkan melebihi para professor-professor universitas tersebut.

Di sini yang ingin disampaikan adalah ketahuilah jika Anda sudah salah dalam mengambil keputusan karir. Jika Anda merasa Anda tidak dapat hidup senang dalam karir Anda karena berbagai macam hal, maka lihatlah lagi karir yang lain sebelum Anda keluar dari karir Anda tersebut.

10 Pertanyaan untuk Membantu Anda

Tanyakan Diri Sendiri

Untuk membantu Anda menjawab apakah Anda sudah benar-benar memilih karir yang tepat, 10 pertanyaan berikut ini akan mempermudah Anda.

  1. Apakah karir ini sesuai dengan passion saya?
  2. Apakah saya memilih karir ini karena orang lain?
  3. Apakah karir ini sesuai dengan kepribadian saya?
  4. Apakah saya introvert atau ekstrovert? (Introvert tidak cocok bekerja sebagai customer service)
  5. Apakah saya bisa sukses di karir ini?
  6. Yang mana yang saya inginkan, uang atau berkecukupan?
  7. Apakah saya memiliki keahlian untuk karir ini?
  8. Bagaimana dengan pesaing dan apakah saya mudah digantikan di karir ini?
  9. Bagaimana dengan rencana B?
  10. Apakah saya benar-benar siap untuk berjuang di karir ini?
Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas