home -> Lainnya -> 10 Atlet Sepakbola Usia 30 Yang Masih Aktif Bermai...
27 November 2021 23:59

10 Atlet Sepakbola Usia 30 Yang Masih Aktif Bermain

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada October 12, 2021

Bagi seorang atlet sepakbola, usia adalah musuh utama yang mereka harus hadapi. Semakin tua umur mereka, maka akan semakin turun juga fisik dan performanya. Biasanya usia 30 tahun adalah puncak karir bagi kebanyakan atlet sepakbola. Tapi ternyata ada banyak juga pemain sepakbola yang meski usianya sudah mencapai 30 tahun bahkan lebih, masih tetap aktif bermain sepakbola di tim yang besar dan terkenal. Bahkan beberapa di antara mereka ada yang merupakan pemain inti. Siapa saja pemain sepakbola dengan usia 30 tahun lebih namun masih aktif bermain? Inilah mereka.

10. Marco Reus

Marco Reus

Ada banyak pemain bagus yang bermain di tim berbeda di Bundesliga. Borussia Dortmund era jurgen klopp memiliki banyak pemain muda dan berkualitas. Dan tipikal Bundesliga, pemain bagus dari setiap tim biasanya akan dibeli oleh Bayern Munich. Dortmund menjadi tim di Bundesliga yang kehilangan banyak pemain bintang yang pergi ke Bayern.

Dari sekian banyak pemain bintang yang Dortmund miliki, Marco Reus adalah salah satu pemain yang tak tergoda oleh tawaran Bayern Munich. Sementara itu rekan-rekannya seperti Mats Hummels, Robert Lewandowski, dan Mario Gotze pergi merapat ke Bayern. Usia Reus sekarang sudah 32 tahun tapi masih aktif bermain di Dortmund dan perannya adalah sebagai gelandang serang sekaligus kapten tim.

9. Robert Lewandowski

Robert Lewandowski

Usia sepertinya tak menjadi penghalang bagi Robert Lewandowski untuk bermain sepakbola. Striker asal Polandia ini kini sudah menginjak usia 33 tahun dan masih aktif berkarir. Seperti yang banyak orang tahu, Robert Lewandowski adalah salah satu striker mengerikan di dunia yang kini bermain untuk tim Bayern Munich.

Benar-benar beruntung Bayern Munich bisa mendatangkan sosok striker seperti Robert Lewandowski. Robert Lewandowski menjadi pemain kesekian yang berhasil direkrut Bayern Munich dari saingannya yakni Borussia Dortmund. Bayern sukses mendatangkan Robert Lewandowski tanpa harus membayar sejumlah uang pada Dortmund karena Robert Lewandowski berstatus free transfer.

8. Karim Benzema

Karim Benzema

Sungguh beruntung Real Madrid bisa mendapatkan tanda tangan Karim Benzema. Benzema yang merupakan striker muda asal Perancis, menjadi striker andalan dari Olympique Lyon. Ia dibeli dari usia muda dari Lyon dengan harga 35 juta Euro. Ia kini telah berkostum Real Madrid selama kurang lebih selama 12 tahun.

Sepeninggal Cristiano Ronaldo, Karim Benzema menjadi striker andalan dari L:os Blancos. Meski usianya sudah 33 tahun, ia tetap rajin mencetak gol ke gawang lawan. Beberapa pertandingan Real Madrid berhasil menang berkat gol yang dibuat oleh Benzema. Selain Lewandowski, Benzema menjadi striker lain yang tak kalah menakutkan.

7. Giorgio Chiellini

Giorgio Chiellini

Serie A atau Liga Italia banyak diisi dengan pemain yang sudah berumur. Tidak hanya satu tapi ada banyak klub yang masih mempertahankan pemainnya meski usianya sudah menginjak angka 30 tahun. Dan Juventus adalah salah satu klub di Italia yang memiliki banyak pemain yang usianya sudah 30 tahun ke atas.

Palang pintu dari Juventus yakni Giorgio Chiellini sekarang sudah berusia 37 tahun dan masih aktif bermain. Meski sudah tua, dia masih tetap menjadi pemain bertahan tangguh yang sulit untuk dilewati oleh penyerang lawan. Bahkan dirinya berhasil membawa timnas Italia menjuarai Euro 2020 dengan mengalahkan timnas Inggris.

6. Thiago Silva

thiago silva

Lini pertahanan Chelsea yang rapuh membuat mereka cukup sering dijebol oleh tim lawan. Untuk itulah Chelsea di bawah kepelatihan thomas tuchel berusaha membenahi lini pertahanan mereka. Agar pertahanannya makin kuat, Chelsea memutuskan untuk membeli defender handal. Sosok defender yang dianggap handal tersebut ternyata adalah Thiago Silva.

Thiago Silva yang bermain apik di Paris Saint-Germain dibeli oleh Chelsea dengan status free transfer di tahun 2020. Ini cukup mengejutkan karena usia sang pemain yang sudah tidak muda lagi. Thiago Silva berusia 37 tahun diragukan dapat bisa bermain di Premier League yang terkenal akan permainan fisiknya yang keras. Nyatanya, Silva yang sudah tua masih bisa melawan para pemain lawan yang lebih muda darinya.

5. Luka Modric

Luka Modric

Karim Benzema bukanlah satu-satunya pemain berumur yang dimiliki oleh Real Madrid. Raksasa Spanyol ini masih ada pemain tua lain yaitu Luka Modric. Pemain dengan posisi sebagai gelandang serang ini adalah otak dari serangan Real Madrid selama beberapa musim. Kehadirannya benar-benar tak bisa tergantikan.

Pemain asal Kroasia ini dibeli dari Tottenham Hotspur pada tahun 2012 dengan harga 35 juta Euro. Ia kini telah membela Madrid selama 9 tahun dan tetap mendapatkan tempat di tim utama. Passing dan umpan akuratnya ke Benzema yang membuat Madrid tetap menjadi tim dengan kekuatan serang yang menakutkan. Dengan usia yang sudah mencapai 36 tahun, entah bisa bermain berapa lama lagi Modric untuk Real Madrid.

4. Manuel Neuer

Manuel Neuer

Di olahraga sepakbola, posisi yang paling memungkinkan untuk bertahan dalam jangka waktu yang lama adalah goalkeeper atau penjaga gawang. Kalian bisa melihat banyak goalkeeper yang tetap bisa berkarir meski usianya sudah lebih dari 30 tahun. Bahkan gianluigi buffon yang sudah berusia 43 tahun masih bermain untuk Parma.

Selain Buffon, ada goalkeeper lain yang sudah memasuki usia 30 tahun namun masih bermain untuk tim besar. Dia adalah Manuel Neuer. Neuer merupakan kiper utama dari Bayern Munich dan juga timnas Jerman. Kemampuan dan leadershipnya menjadikannya tetap bisa bermain meski usianya sudah 33 tahun.

3. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic terkenal sebagai sosok striker yang menyeramkan. Dia tinggi, punya kontrol bola yang bagus, finishing yang bagus, dan tubuh yang kuat. Dengan fisiknya yang seperti itu, Ibra sama sekali tidak takut menghadapi pemain bertahan seperti siapa pun. Pemain bertahan juga pastinya akan kesulitan jika harus menjaga striker jangkung seperti Ibra.

Melihat fisik dan permainannya yang masih top, ternyata Ibra sudah termasuk pemain yang tua. Usianya sekarang sudah mencapai 39 tahun dan masih aktif bermain. Pemain yang sering berpindah-pindah klub ini sekarang bermain untuk tim AC Milan. Sebelumnya, ia pernah membela tim besar seperti Juventus, Inter, Paris Saint-Germain, Barcelona, dan Manchester United. 

2. Lionel Messi

Lionel Messi

Ada dua pemain sepakbola yang selalu dibanding-bandingkan dan menjadi GOAT (Greatest of All Time). Mereka adalah Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Kedua pemain tersebut sama-sama sudah menyentuh angka 30 untuk usia mereka. Yang membuat mereka semakin hebat, meski sudah memasuki usia tua, mereka masih tetap aktif bermain sepakbola.

Lionel Messi yang merupakan legenda Barcelona, memutuskan untuk hengkang ke Paris Saint-Germain dengan status free transfer di tahun 2021. Messi lebih muda 2 tahun dari Cristiano Ronaldo yakni 34 tahun. Dengan pindahnya ke Paris Saint-Germain, Messi bermain kembali dengan Neymar dan mendapat kesempatan bermain bersama Kylian Mbappe yang merupakan striker muda calon bintang di masa depan.

1. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo

Tidak banyak atlet sepakbola yang fisiknya sudah berubah ketika memasuki usia 30 tahun. Padahal jika melihat karirnya yang masih aktif, sudah semestinya seorang atlet menjaga fisiknya dengan baik agar performanya tidak turun. Dari sekian banyak atlet, Cristiano Ronaldo yang termasuk sebagai atlet yang paling menjaga tubuhnya.

Diet sehat, istirahat, dan rajin olahraga membuat tubuhnya tetap prima. Padahal jika melihat usianya, Cristiano Ronaldo bukan lagi pemain yang muda. Di usia yang sudah menginjak 36 tahun, ia masih lincah seperti pemain usia 20an. Berbeda sekali jika dibandingkan dengan pemain berusia 30an tahun lainnya. Ia bahkan masih bisa bermain di liga yang katanya paling keras di dunia yakni Premier League.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas